Peluang Bisnis Daur Ulang Lengkap dengan Contohnya

Bisnis daur ulang menjadi rekomendasi terbaik untuk kamu yang ingin bisnisnya terlihat unik namun tetap memerlukan jumlah modal yang minim. Bahkan saat ini, peluang bisnis tersebut cukup besar dan bisa menghasilkan keuntungan yang tidak main-main. Lalu bagaimana peluang bisnis daur ulang

Peluang Bisnis Daur Ulang

Tingginya jumlah sampah atau limbah saat ini bisa menjadi peluang bisnis yang cukup menggiurkan. Apalagi bisnis daur ulang belum banyak yang melakukannya, sehingga bisa menjadi peluang bisnis yang menjanjikan. 

Hal ini karena banyak orang yang masih menganggap sebelah mata jika berusaha dengan sampah. Padahal jika kamu cukup kreatif, maka sampah pun bisa menjadi suatu produk yang memiliki nilai jual yang tinggi. 

Ada beberapa pengusaha terkenal dalam bidang ini, salah satu contohnya yaitu Eni Aryani. Dia merupakan pendiri dari Wastraloka yang merupakan sebuah perusahaan yang bergerak di bidang hiasan dan dekorasi rumah. 

Dalam hal ini, Eni menggunakan berbagai jenis kaleng bekas untuk membuat kerajinan tangannya. Setiap produk yang dia hasilkan memiliki desain dan motif yang berbeda-beda sehingga mampu menarik perhatian para pelanggan. 

Tidak kaleng-kaleng, hasil hiasan yang Eni buat harganya ternyata cukup tinggi. Bahkan untuk kisaran harga yang Eni patok mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

Menariknya lagi, hiasan kaleng tersebut juga berhasil menembus pasar Jepang dan Australia. Nah jika kamu ingin mengikuti jejaknya, 7 ide peluang bisnis daur ulang ini wajib kamu tahu.

Ide Bisnis Daur Ulang Berpeluang

Adapun bisnis daur ulang yang mungkin bisa kamu coba yaitu.

Berikut ini ulasannya.

1. Bisnis Daur Ulang Kain

Bahan pertama yang bisa kamu pilih untuk bisnis ini yaitu kain. Kain ternyata bisa didaur ulang, loh? 

Bisnis ini memiliki peluang yang cukup besar, apalagi jika mengingat bahwa kain merupakan penyumbang sampah yang cukup tinggi di TPA dan belum banyak yang melakukan bisnis ini. Bahkan, jenis bisnis ini masih sangat jarang kamu temukan di tengah masyarakat. 

Kamu bisa memanfaatkan peluang bisnis daur ulang ini dengan mengumpulkan beberapa kain bekas dari orang terdekat. Daripada baju itu tidak terpakai, bukankah jauh lebih baik jika kamu mengubahnya menjadi produk bernilai ekonomis?

Pada setiap baju bekas, tentunya ada bagian yang masih layak terpakai. Nah kamu bisa mengambil bagian tersebut, kemudian menjahitnya menjadi sebuah produk. 

Contoh beberapa produk yang bisa kamu buat dari kain yaitu selimut, tas, atau sarung bantal. 

Untuk membuat selimut, kamu bisa menyambungkan beberapa kain bekas dengan cara dijahit. Kemudian lakukan langkah modifikasi dengan memberikan pewarna atau motif unik lainnya. 

Adapun untuk sarung bantal, hampir sama caranya dengan selimut yaitu dengan menyambungkan beberapa kain. Selanjutnya berikan sedikit motif, lalu tambahkan busa untuk bantalnya. Kelihatannya mungkin simpel, tapi jika kamu bisa mengolahnya sekreatif mungkin, ini bisa bernilai jual tinggi, loh. Tertarik mencoba?

2. Daur Ulang Kertas Bekas

Kertas menjadi salah satu peluang bisnis daur ulang yang wajib kamu coba selanjutnya. Hal ini karena kertas merupakan salah satu limbah yang cukup banyak masyarakat jumpai pada saat ini. 

Terlebih lagi, jumlah pekerja kantoran, siswa, dan tenaga pendidik yang membutuhkan kertas dalam kegiatannya juga ikut memperbanyak jumlah limbah sampah yang ada.

Faktanya, masih banyak orang yang lebih memilih membuang kertas begitu saja setelah menggunakannya. Padahal jika diolah dengan baik, bisa menghasilkan suatu produk yang bernilai.

Kumpulan kertas bekas bisa kamu ubah menjadi kertas baru, kertas kado, atau bahkan mainan kunci. Adapun caranya yaitu dengan mengubah kertas tersebut menjadi bubur dengan beberapa bahan tambahan untuk perekatnya, kemudian ratakan tipis-tipis dan keringkan. 

Nah dari hasil inilah akan terbentuk produk kertas baru sesuai dengan keinginan kamu. Untuk membuatnya unik, kamu bisa memberikan beberapa pewarna alami atau motif tertentu. Tertarik memanfaatkan peluang bisnis daur ulang berbahan baku kertas bekas?

3. Kerajinan Kulit Telur

Jika memiliki kulit telur di rumah, sebaik kamu tidak langsung membuangnya, ya. Hal ini karena kulit telur ternyata juga bisa kamu ubah menjadi suatu produk bernilai. Apa saja itu?

Kulit telur ternyata bisa kamu sulap menjadi sebuah aksesoris cantik. Terutama aksesoris untuk menghias perabotan yang terbuat dari bahan tanah liat.

Apalagi jika kamu memiliki bisnis olahan tanah liat, bisnis pemanfaatan kulit telur menjadi pilihan yang tepat karena kamu bisa memanfaatkan limbah cangkang tersebut untuk hiasannya. Caranya pun sangatlah mudah, kamu hanya tinggal menempelkannya saja. 

Misalkan saja kamu ingin menghias sebuah pot berbahan dasar tanah liat. Kulit telur yang sudah kamu kumpulkan bisa dicuci bersih dengan menggunakan sabun kemudian jemur sampai benar-benar kering. 

Selanjutnya, kulit telur yang sudah kering bisa kamu pecahkan menjadi beberapa potongan kecil. Kamu bisa juga membentuk potongan yang unik sesuai selera dan kreativitas.

Pada proses pemotongan ini, sebaiknya kamu tidak memotong terlalu kecil ya agar tidak mempersulit dalam proses penempelan. Untuk proses penempelan kamu bisa menggunakan lem putih. 

Adapun untuk membuatnya lebih menarik, kamu bisa menambahkan beberapa cat pada kulit telur tersebut. Memberikan motif tertentu seperti bunga juga bisa menjadi pilihan yang tepat. Bila perlu kamu bisa memberikan efek blink-blink supaya lebih menarik.

4. Pemanfaatan Kayu Bekas

Peluang bisnis daur ulang selanjutnya yaitu kayu bekas. Kamu bisa memanfaatkan kayu yang berasal dari para pengusaha kayu atau dari furniture rumah yang sudah rusak. 

Jika kamu memiliki beberapa furniture rumah yang rusak dan ada bagian yang masih bagus, kamu bisa mengambilnya kemudian mengolahnya menjadi produk yang bernilai. 

Produk bernilai ini bisa berupa tempat tidur, kursi, meja, hingga rak buku. Namun ini hanya berlaku untuk kamu yang memiliki kemampuan teknis.

Jika tidak memungkinkan, kamu bisa mengolah kayu bekas tersebut menjadi tempat pensil, gantungan, mainan kunci, dan sebagainya. Kamu tinggal menyesuaikan saja dengan kemampuan sendiri. 

Namun jika tidak memiliki kemampuan tersebut sama sekali, kamu masih bisa menyewa tukang kayu untuk mengerjakannya dan tugasmu hanya membuat desain atau mencari bentuk referensi menarik. 

Biaya pembuatan perabotan dari kayu bekas ini tidak terlalu mahal, apalagi untuk menyewa tukang kayu. Jika kamu tidak yakin, kamu bisa meminta kerja tukang kayu dengan cara membagi hasil dari penjualan produk nantinya. 

Untuk sistemnya kamu bisa tentukan sendiri ya, sebaiknya usahakan agar tidak ada yang dirugikan. Tertarik mencoba?

5. Bisnis Daur Ulang Bahan Plastik

Plastik menjadi salah satu bahan bisnis daur ulang yang punya peluang keuntungan besar dan sangat menjanjikan. Apalagi jumlah sampah plastik Indonesia terbilang sangat banyak pada saat ini. Jadi kamu tidak akan kesulitan untuk mendapatkan sampah plastik untuk diolah. 

Selain itu, sudah banyak juga komunitas yang menekuni bisnis daur ulang sampah plastik. Jadi kamu sangat bisa untuk belajar kepada mereka cara pengolahannya. 

Tidak hanya itu, komposisi dari sampah plastik yang ringan dan mudah untuk dibentuk menjadi alasan utama bisnis ini patut dipertimbangkan. 

Nah kamu bisa mengolah plastik menjadi beberapa bahan kerajinan yang bernilai ekonomis. Misalkan saja pot dari botol plastik, tas, mainan kunci, bantal, dan banyak lagi. Kamu tinggal membuatnya seunik mungkin dan berbeda dari yang lain sehingga bisa mendapatkan hasil yang maksimal. 

Salah satu contoh kerajinan unik dari plastik yaitu membuat pigura lampu dari sendok plastik bekas. Lalu bagaimana cara pembuatannya?

Kamu bisa mengumpulkan sendok plastik dari bekas nasi kotak, kemudian potong dan ambil bagian kepala sendok saja. Bentuk kepala sendok tersebut menjadi sebuah kap lampu dan tempel menggunakan lem, pigura pun jadi. 

Jika kamu masih bingung, di zaman serba teknologi seperti sekarang ini ada banyak sekali tutorial di YouTube. Nah kamu bisa memanfaatkannya sebagai panduan untuk membuat beberapa kreasi dari sampah plastik. 

6. Daur Ulang Kardus dan Karton

Peluang bisnis daur ulang selanjutnya yaitu kardus dan karton. Kamu tentunya sering mendengar bukan bahwa kardus dan karton bisa didaur ulang. Nah kamu bisa memanfaatkan ini untuk membuat sebuah produk bernilai dari kardus dan karton bekas. 

Karton dan kardus tersebut antara lain dari bekas kotak pizza, kotak sereal, atau kardus lainnya. Daripada kotak tersebut kamu buang begitu saja, bukankah akan jauh lebih baik jika kamu mengolahnya kemudian dijual menjadi suatu produk yang bernilai?

Adapun beberapa contoh kerajinan yang bisa kamu buat dari limbah ini yaitu kotak tisu, celengan kardus, pigura foto, dan lampu gantung. 

Proses pembuatannya pun sangatlah mudah. Contohnya saja celengan, membuat celengan dari kardus bekas bisa kamu lakukan dengan membuat pola kardus terlebih dahulu.

Selanjutnya potong pola dan bentuk menyerupai celengan yang kamu inginkan. Berikan lem sedikit dan beberapa hiasan, celengan kardus pun akan jadi. 

7. Daur Ulang Kaca atau Kaleng Bekas

Daur ulang kaca dan kaleng bekas menjadi salah satu peluang bisnis yang cukup menjanjikan untuk kamu coba. Nah, limbah kaca tersebut bisa kamu kumpulkan berdasarkan beberapa kategori sesuai dengan kebutuhan kamu. 

Kaca pecahan besar bisa kamu pisahkan dari kaca yang kecil. Kaca dengan bahan tebal kamu pisahkan dengan bahan tipis. Nah setelah kamu pilih, kamu bisa memotong kaca tersebut sesuai selera, kemudian dibersihkan. 

Bentuk kaca sesuai keinginan atau kamu bisa mengolahnya bersamaan dengan komponen lain seperti pasir. Adapun caranya yaitu panaskan olahan kaca kemudian cairkan. 

Setelah itu, cetak menjadi bentuk dan jenis produk tertentu sesuai dengan keinginanmu. Namun dalam pengolahannya sebaiknya kamu lebih berhati-hati, ya karena kaca termasuk jenis benda tajam. Jadi untuk berjaga-jaga, kamu bisa menggunakan sarung tangan atau pengaman lainnya. 

Untuk kaleng bekas, kamu hanya perlu membersihkannya kemudian diolah menjadi berbagai bentuk kerajinan seperti vas bunga dan sebagainya. Menarik bukan?

Sedangkan produk yang bisa kamu buat dari olahan kaca ini yaitu kotak tisu, cermin, guci, vas bunga, kap lampu, jam dinding, wadah aroma terapi, dan kaligrafi. Bahkan gapura pernikahan dengan desain yang mengesankan pun bisa kamu buat dari kaca bekas.

Yuk, Coba Peluang Bisnis Daur Ulang Sekarang Juga!

Nah setelah kamu mengetahui beberapa contoh bisnis daur ulang tersebut, kamu tinggal menentukan pilihan untuk memulai bisnis yang mana.

Kamu bisa mulai dengan mencari tahu barang bekas apa saja yang paling banyak di rumahmu untuk kemudian bisa kamu olah dan daur ulang menjadi produk yang bernilai jual.

Semoga artikel ini bermanfaat ya!

Kalkulator Simulasi Pinjaman
Ketahui maksimum pinjaman dan cicilan per bulan
+62
Estimasi jumlah maksimum pinjaman

Rp

Estimasi cicilan bulanan
  • Tenor 6 bulan: Rp
  • Tenor 12 bulan: Rp
  • Tenor 24 bulan: Rp

Install aplikasi KoinWorks dan mulai ajukan pinjaman di KoinBisnis!

Ajukan Pinjaman Sekarang

Cek SKOR Kredit

Klik Gambar Dibawah!

Artikel Terpopuler

usaha bengkel mobil

Tertarik Usaha Bengkel Mobil? Ini Estimasi Modal dan Tips Suksesnya

0
Indonesia merupakan salah satu negara yang dikenal dengan tingginya jumlah pengguna mobil. Hal ini pun terlihat dari padatnya ruas jalan di kota-kota besar—yang dipenuhi oleh...
bisnis sambal kemasan

Alasan Untuk Segera Memulai Bisnis Sambal Kemasan

0
Alasan Untuk Segera Memulai Bisnis Sambal Kemasan - Sambal masih menjadi primadona yang identik dengan kebanyakan santapan khas Indonesia. Rasanya yang pedas dan lezat menambah...
usaha-barbershop

Tips Sukses Memulai Usaha Barbershop

0
Tips Sukses Memulai Usaha Barbershop - Ingin memulai bisnis barbershop namun bingung mulai dari mana? Usaha barbershop (pangkas rambut) memang berkembang cukup pesat terutama...
cara memilih supplier usaha kuliner

7 Tips Mencari Supplier yang Tepat Untuk Usaha Kuliner Kamu

0
Peluang usaha kuliner semakin bersinar di tahun 2021. Meski di tengah pandemi corona, usaha kuliner tidak terlalu terkena dampak ekonomi yang menurun. Sebaliknya, justru semakin banyak keuntungan bisnis yang...
Peluang Usaha Franchise Teh Tong Tji

Tips Sukses Peluang Usaha Franchise Teh Tong Tji

0
Peluang Usaha Franchise Teh Tong Tji - Gerai aneka minuman manis yang disajikan dingin selalu menarik minat masyarakat terutama di hari yang terik. Mulai dari bisnis...

Artikel Terkait