Inspirasi Menu Rice Box Kekinian, Dijamin Laris dan Cuan!

Seiring persaingan bisnis yang semakin ketat, banyak orang mulai berlomba-lomba menciptakan suatu produk yang berbeda. Ide yang sedang banyak diminati masyarakat salah satunya yaitu rice box sebagai makanan praktis dan mengenyangkan. Artikel ini akan memberikan inspirasi menu rice box kekinian untuk kamu.

Daftar Menu Rice Box Andalan

Berikut ini rekomendasi menu rice box yang bisa kamu jadikan ide bisnis kuliner untuk semua kalangan.

1. Nasi Ayam Teriyaki

Ayam teriyaki ini sangat populer di kalangan orang Indonesia sehingga bisa menjadi pilihan untuk menu rice box. Selain ayam, daging sapi juga enak jika kamu masak dengan bumbu teriyaki. 

2. Nasi Goreng

Menu yang satu ini adalah menu yang hampir selalu cocok untuk lidah orang Indonesia pada umumnya. Kamu cukup menyajikan rice box dengan nasi goreng, telur mata sapi, suwiran ayam, dan beberapa sayuran saja, pasti akan banyak orang yang membelinya. Apalagi jika kamu menggunakan resep nasi goreng dengan cita rasa unik dan khas. 

3. Nasi BBQ

Menu rice box kekinian selanjutnya yang bisa kamu coba adalah bumbu BBQ dengan campuran daging sapi, ayam, atau daging lain yang kaya kandungan protein. Cara membuatnya juga cukup mudah dan pasti menguntungkan karena menu berbumbu BBQ ini sudah sangat terkenal.

4. Nasi Ayam Suwir dan Telur

Olahan ayam suwir dan telur adalah perpaduan lezat makanan yang mengandung protein dan mudah untuk kamu olah menjadi masakan apapun. Kedua bahan ini bisa kamu olah dengan bumbu kecap atau bumbu balado pedas. Cara membuatnya tidak sulit, dan jika kamu gabungkan pasti akan menjadi menu yang sangat lezat.

5. Nasi Salted Egg dan Daging

Bumbu salted egg menjadi bumbu yang sangat populer dalam beberapa tahun ini. Bahan utamanya adalah telur dengan balutan bumbu telur asin yang enak dan menggugah selera. Bumbu ini juga akan terasa semakin enak jika kamu tambah dengan ikan dan ayam goreng tepung.

6. Nasi Daging Sapi

Daging sapi bisa kamu olah dengan berbagai bumbu seperti bumbu teriyaki, bumbu cah cabai pedas, bumbu BBQ, dan masih banyak lagi. Kamu bisa mencari resep lezat daging sapi untuk membuat menu rice box kekinian.

7. Variasi Menu Bento

Bento adalah nasi kotak yang berasal dari Jepang yang biasanya sering menjadi menu bekal kerja atau sekolah di negara tersebut. Menu-menunya sangat sederhana seperti nasi dan lauk pauk berupa gorengan dalam kemasan kotak berbahan karton. 

Untuk menjaga agar kemasan tidak rusak, maka menu makanannya harus kering atau tidak boleh berair.

Oleh karena itu, jika kamu akan membuat rice box dengan menu bento, pastikan pilih lauk seperti tempura, sosis, nugget, atau gorengan lain. Kemudian untuk sayurannya, kamu bisa membuat salad serta saus pedas dan mayonaise. Rice box dengan menu bento ini tentunya lebih praktis dan bisa dikonsumsi kapan saja. 

8. Rice Box Olahan Ikan Dori

Sama seperti ayam, ikan dori juga merupakan bahan makanan yang mudah untuk kamu olah, sehingga cocok untuk menjadi menu rice box. Ikan dori sebenarnya sajian yang sudah sering menjadi menu pada restoran mewah hingga restoran biasa pada umumnya. Biasanya penyajiannya dalam bentuk goreng tepung.

Kamu bisa membuat olahan ikan dori dengan menu saus asam manis dan sambal matah. Kemudian ikannya kamu potong dadu agar lebih mudah untuk mengonsumsinya. Selain itu, kamu bisa memadukannya dengan kentang kering sebagai pelengkap rasa.

9. Nasi Ayam Geprek

Di Indonesia, siapa yang tidak tahu ayam geprek? Pasti sebagian besar orang Indonesia sudah mengenalnya atau bahkan menjadi makanan favoritnya. Pedasnya ayam dengan campuran sambal geprek tentu sangat menggugah selera makan. Nah, kamu bisa menjadikan menu ayam geprek ini sebagai menu rice box kekinian.

Kamu juga bisa berinovasi dengan memberikan level yang berbeda untuk tingkat kepedasannya, agar konsumen bisa menyesuaikan dengan pilihannya. Jangan lupa campurkan juga beberapa lalapan seperti timun, tomat, dan selada.

10. Nasi Bulgogi Deopbap

Resep nasi khas Korea ini juga bisa kamu jadikan inspirasi dengan menambahkan telur setengah matang dan Kimchi. Selain itu, untuk menambah kelezatannya, tambahkan juga daun bawang dan bawang bombay agar lebih mantap.

11. Nasi Kombinasi sesuai Selera Pembeli

Inspirasi menu selanjutnya yaitu sesuai dengan selera pembeli. Kamu perlu menyediakan kombinasi menu seperti macam-macam nasi, lauk, dan saus. Kemudian pembeli akan memilih sendiri nasi, lauk, serta sausnya sesuai selera. Sediakan juga topping berupa lauk kering seperti gorengan.

Berikut ini beberapa contoh kombinasi yang bisa kamu sediakan untuk pembeli:

  • Nasi: nasi uduk, nasi putih, nasi kari, nasi goreng, atau nasi merah.
  • Lauk: ayam, daging sapi, kambing, udang, ikan gurami, cumi, salmon, dan masih banyak lagi.
  • Saus: lada hitam, teriyaki, BBQ, sambal matah, sambal geprek, mayonnaise, saus asam manis, saus padang, saus mentega, saus telur asin, atau sambal dabu-dabu.
  • Topping tambahan: sosis, bakso, tempura, nugget, jamur, hingga pangsit.

12. Nasi Gudeg

Hingga saat ini, meskipun sudah ada sejak jaman dahulu, gudeg masih menjadi makanan favorit banyak orang. Nah, kamu bisa memanfaatkan peluang ini untuk membuat menu rice box kekinian dengan paduan telur dan opor ayam. 

Target pasar untuk bisnis menu gudeg adalah para wisatawan lokal maupun mancanegara yang mungkin membutuhkan makanan praktis saat berwisata. Kamu bisa menyajikannya dengan resep andalan dan kemasan menarik.

13. Nasi Ayam Crispy

Selain nasi ayam teriyaki, kamu juga bisa membuat ayam krispi yang biasanya cocok untuk lidah semua usia, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Kamu bisa memilih daging ayam bagian paha bawah atau atas dan potong secara memanjan. Lalu tambahkan dengan saus tomat, mayonnaise, dan taburan wijen agar lebih menarik.

14. Nasi Tahu 

Bagi sebagian orang yang tidak suka makan daging seperti daging sapi, kambing, ayam, atau ikan, pasti membutuhkan menu lain. Hal ini menjadi peluang bagi kamu yang menjalankan bisnis kuliner untuk menyajikan rice box dengan kreasi menu yang berasal dari bahan tahu. Kamu bisa mencampur tahu dengan bumbu pedas atau gurih.

15. Nasi Daging Sambal Matah

Sambal matah adalah salah satu jenis sambal yang rasanya bisa menggugah selera makan, terutama bagi orang yang suka makan pedas. Cara membuatnya juga cukup mudah, kamu hanya perlu bahan dasar daging yang sudah kamu iris tipis, bawang putih, lada halus, garam, dan kaldu jamur.

Campurkan semua bahan sambal tersebut lalu panaskan minyak dan tuang ke campuran sambal. Setelah itu siram sambal matah ke daging yang sudah matang. Jadilah menu rice box kekinian yang dijamin lezat, terutama jika kamu sajikan saat masih hangat.

16. Rice Box Nasi Gila

Menu yang satu ini biasanya sering menjadi makanan favorit anak kost. Terdiri dari nasi putih dengan topping berbagai macam lauk enak dan mengenyangkan. Oleh sebab itu, jika kamu berada pada lingkungan anak kost, menu rice box ini menjadi salah satu inspirasi bisnis yang menguntungkan.

Lauk nasi gila bisa terdiri dari sosis ayam atau sapi, bakso ayam atau sapi, telur mata sapi. Kemudian tambahkan beberapa lalapan seperti timun, tomat, selada, dan topping kerupuk untuk menambah kenikmatan.

17. Nasi Telur Kecap

Bagi sebagian orang mungkin masih menyukai telur kecap. Apalagi jika dimakan bersama nasi hangat, tentu sangat nikmat. Kamu bisa menjual menu rice box nasi telur kecap dengan harga murah, sehingga cocok untuk pelanggan saat tanggal tua. Selain itu, menu telur kecap juga menjadi menu andalan anak kecil.

18. Rice Box Salad

Bagi pelanggan vegetarian mungkin akan selalu mencari menu sayuran untuk makan sehari-hari. Nah, jika kamu menjalankan bisnis rice box, sebaiknya sediakan menu khusus nasi dan salad sayur. 

Namun untuk porsi nasinya sedikit saja dan sayurnya lebih banyak. Tambahkan saus mayonaise, saus tomat, serta suwiran ayam agar semakin lezat.

Yuk Mulai Bisnis Kuliner dengan Menu Rice Box Kekinian!

Bagi kamu yang ingin memulai bisnis kuliner, rice box adalah salah satu ide yang tepat. Itulah beberapa menu rice box kekinian yang bisa kamu jadikan pilihan dalam bisnismu. Jangan lupa untuk menyesuaikan menu dengan target pasar.


Temukan inspirasi lainnya seputar tips bisnis hanya di lokalsupportlokal.id

Mimpinya kembangkan bisnis di pasar global
Kenyataannya masih kurang modal


Eits .. Jangan sedih!
KoinBisnis bisa kasih kamu pinjaman modal sampai dengan Rp. 2 Miliar

Simulasikan pinjamanmu sekarang!
Kalkulator Simulasi Pinjaman
Ketahui maksimum pinjaman dan cicilan per bulan
+62
Estimasi jumlah maksimum pinjaman

Rp

Estimasi cicilan bulanan
  • Tenor 6 bulan: Rp
  • Tenor 12 bulan: Rp
  • Tenor 24 bulan: Rp

Install aplikasi KoinWorks dan mulai ajukan pinjaman di KoinBisnis!

Ajukan Pinjaman Sekarang

Cek SKOR Kredit

Klik Gambar Dibawah!

Artikel Terpopuler

usaha-barbershop

Tips Sukses Memulai Usaha Barbershop

Tips Sukses Memulai Usaha Barbershop - Ingin memulai bisnis barbershop namun bingung mulai dari mana? Usaha barbershop (pangkas rambut) memang berkembang cukup pesat terutama...
Simply Fresh Laundry

Simple, Ini Cara Raih Untung dengan Bisnis Waralaba Simply Fresh Laundry!

Bagi kamu yang pernah tinggal di kawasan pemukiman dan daerah kampus di Yogyakarta, pasti sudah tidak asing dengan brand Simply Fresh Laundry. Berawal dari usaha...
usaha bengkel mobil

Tertarik Usaha Bengkel Mobil? Ini Estimasi Modal dan Tips Suksesnya

Indonesia merupakan salah satu negara yang dikenal dengan tingginya jumlah pengguna mobil. Hal ini pun terlihat dari padatnya ruas jalan di kota-kota besar—yang dipenuhi oleh...
cara memilih supplier usaha kuliner

7 Tips Mencari Supplier yang Tepat Untuk Usaha Kuliner Kamu

Peluang usaha kuliner semakin bersinar di tahun 2021. Meski di tengah pandemi corona, usaha kuliner tidak terlalu terkena dampak ekonomi yang menurun. Sebaliknya, justru semakin banyak keuntungan bisnis yang...
bisnis sambal kemasan

Alasan Untuk Segera Memulai Bisnis Sambal Kemasan

Alasan Untuk Segera Memulai Bisnis Sambal Kemasan - Sambal masih menjadi primadona yang identik dengan kebanyakan santapan khas Indonesia. Rasanya yang pedas dan lezat menambah...

Artikel Terkait