Cara Ampuh Meningkatkan Penjualan Lewat WhatsApp

Cara Ampuh Meningkatkan Penjualan Lewat WhatsApp – Pada era digital seperti sekarang ini, rasanya penggunaan SMS atau telepon sudah tidak lagi banyak diminati oleh banyak orang. Fitur yang terbatas menjadi alasan mengapa akhirnya banyak orang meninggalkan layanan-layanan tersebut dan beralih ke platform online, dan salah satu yang paling banyak dipakai adalah aplikasi messenger bernama WhatsApp.

Sampai saat ini, WhatsApp bisa dibilang sebagai aplikasi messenger nomor 1 di dunia. Hal ini juga sesuai dengan data dari Statista yang menyebutkan bahwa jumlah user yang menggunakan WhatsApp adalah yang terbanyak jika dibandingkan aplikasi messenger lainnya, hanya berada 1 peringkat di bawah Facebook yang merupakan aplikasi media sosial.

Baca Juga: Strategi Bisnis Offline Agar Tetap Eksis di Zaman E-commerce

Oleh karena itu, kamu sebagai pemilik bisnis sudah seharusnya mengetahui lebih jauh lagi tentang fitur-fitur yang dihadirkan oleh aplikasi messanger seperti WhatsApp. Fungsinya adalah untuk menjangkau lebih banyak lagi orang-orang yang bisa menjadi calon konsumenmu.

Nah, pada artikel ini, marilah kita bahas cara-cara apa saja sih yang bisa kamu gunakan lewat WhatsApp untuk meningkatkan penjualanmu. Simak yuk!


Cara Ampuh Meningkatkan Penjualan Lewat WhatsApp

1
Broadcast Message

chat whatsapp

Jika kita lihat tren terdahulu di mana smartphone Blackberry merajai pasar, fitur yang paling digemari adalah broadcast message, di mana user bisa mengirim pesan ke semua kontak yang mereka miliki. Dulu, cara ini sangat membantu pebisnis untuk menginformasikan promo dan produk update dari bisnisnya.

Sama halnya seperti Blackberry, WhatsApp pun mempunyai fitur broadcast ini. Tapi berbeda dengan Blackberry, WhatsApp tidak memperbolehkan kamu mengirimkan semua pesan ke seluruh kontak yang ada. Jadi, kamu harus memilih terlebih dahulu mana kontak yang dianggap akan tertarik dengan produk milikmu.

Baca Juga: 5 Teknik Ampuh Menulis Deskripsi Produk Bisnis Online

Tipsnya adalah sebagai berikut:

Pertama, buat broadcast list sesuai ketertarikan kontak akan produk tertentu.

Kedua, jangan terlalu langsung to the point dalam mengirimkan pesan broadcast. Buatlah sapaan misalnya dua atau tiga patah kata, ini untuk memberikan kesan bahwa mereka bisa lebih berempati terhadap pesan yang kamu kirimkan.


2
WhatsApp Status

whatsapp status notifikasi

Trik yang satu ini juga seringkali kita jumpai di akun online shop dalam kontak WhatsApp yang kita miliki. Fitur ini pada dasarnya sama seperti Instastories pada Instagram, user bisa mem-posting statusnya untuk dilihat oleh seluruh orang yang memiliki kontaknya.

Kamu bisa mem-posting status yang berisikan product update, limited offer, limited discount, info-info komunitas, hingga product launch di sana. Kamu juga bisa menginformasikan hal-hal tersebut khusus hanya bagi kontak WhatsApp kamu saja sehingga mereka merasa lebih spesial.

Gunakanlah warna-warna yang menarik perhatian misalnya hijau tosca, biru retro, pink fanta, atau warna lainnya yang sesuai dengan profil produkmu.

Jangan lupa juga sertakan detail penawaran kamu. Jangan hanya post gambarnya saja tanpa ada Call-to-Action bagi si calon pembeli. Misalnya dengan menulis: “Reply status ini jika kamu mau tahu diskonnya”. Dengan begitu kamu juga akan tahu kontak mana saja yang memang benar-benar tertarik dengan produkmu.


3
Click-to-Chat

click chat klik

Apa itu click-to-chat? Pada halaman F.A.Q WhatsApp, dijelaskan bahwa click-to-chat adalah fitur yang memungkinkan kita untuk memulai chat dengan orang lain, tanpa harus memiliki nomor mereka atau ter-save di kontak HP kita.

Lalu bagaimana caranya kita bisa chat tanpa memiliki nomor HP mereka? Hal ini bisa dilakukan dengan link khusus yang disediakan oleh pihak WhatsApp. Cara membuat link tersebut adalah dengan melibatkan nomor HP kita dan dikombinasikan dengan kode-kode khusus yang dapat dibaca oleh WhatsApp langsung.

Baca Juga: 5 Jenis Kopi Lokal yang Diminati di Dunia Internasional

Untuk membuat link khusus tersebut, gunakan barisan kode di bawah ini:

https://api.whatsapp.com/send?phone=

Setelah tanda “=”, masukkan nomor telepon yang diinginkan. Maka link tersebut menjadi:

https://api.whatsapp.com/send?phone=6285712345678

Untuk menerapkannya, Copy-paste barisan kode yang menyerupai link di atas lalu posting di social-media milikmu, misalnya dengan manaruhnya di bio profil Instagram. Maka ketika ada calon pembeli yang lihat dan tertarik, lalu mereka klik link tersebut maka mereka akan langsung tersambung ke nomor WhatsApp tersebut, yang artinya itu adalah nomor kamu.


4
WhatsApp Group

whatsapp group web

Kebanyakan dari kamu mungkin sudah tahu cara penggunaan WhatsApp group ini. Ya, kita sebagai user bisa membuat sebuah grup dan mengundang banyak orang yang ada dalam kontak kita agar dapat berbagi informasi dan chat di dalam satu tempat yang sama.

Kamu bisa memanfaatkan fitur grup ini untuk mempromosikan produk milikmu. Undanglah orang-orang yang memiliki ketertarikan terhadap produkmu dalam sebuah grup yang kamu buat, kamu bisa membagian semua informasi tentang bisnis dan produkmu dalam grup itu.

Selain itu, kamu juga bisa membuka sesi tanya jawab atau melakukan survey langsung di dalam grup tanpa perlu chat semua orang di kontakmu satu persatu.


Nah itu dia beberapa trik yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan penjualan melalui WhatsApp. Selain melalui media messenger seperti ini, kamu juga bisa lho meningkatkan penjualan dengan promosi melalui #LokalSupportLokal.

Baca Juga: Menggunakan TikTok untuk Promosi Bisnis, Bagaimana Caranya?

Buat kamu yang belum tau apa itu #LokalSupportLokal, ini adalah sebuah gerakan inisiatif dari KoinWorks untuk membantu para UKM yang ada di Indonesia dalam mempromosikan bisnis dan produknya tanpa dipungut biaya apapun.

Kamu hanya perlu mendaftar dan mengisi form singkat terkait usaha dan produk yang akan dipromosikan, setelah itu KoinWorks akan mempromosikannya untukmu melalui situs #LokalSupportLokal dan semua aset sosial media yang dimiliki KoinWorks.

Menarik bukan? Jadi, tunggu apalagi? Yuk promosikan bisnismu sekarang juga dan tingkatkan penjualanmu lebih tinggi lagi!