7 Tips Mencari Supplier yang Tepat Untuk Usaha Kuliner Kamu

Peluang usaha kuliner semakin bersinar di tahun 2021.

Meski di tengah pandemi corona, usaha kuliner tidak terlalu terkena dampak ekonomi yang menurun. Sebaliknya, justru semakin banyak keuntungan bisnis yang bisa diraih.

Badan Pusat Statistik (BPS) membeberkan data bahwa jumlah pembelian bahan makanan selama masa pandemi meningkat hingga 51 persen.

Karenanya, ini menjadi momentum yang tepat bagi pelaku usaha kuliner untuk melakukan ekspansi bisnis.

Salah satu faktor yang menentukan keberhasilan usaha kuliner tidak terlepas dari mencari supplier yang tepat untuk memasok bahan makanan segar dan berkualitas.

Dalam artikel ini, akan dijelaskan tips mencari supplier yang tepat untuk usaha kuliner, mulai dari cara mencari supplier.

Sebelum mulai mencari supplier, ada beberapa hal yang harus diperhatikan terlebih dahulu.

Pastikan kamu mencari supplier tangan pertama dari sumber yang kredibel.

Pasalnya, cara mencari supplier tangan pertama yang bisa diandalkan perlu trik tersendiri.

Selain itu, ada beberapa tips mencari supplier yang tepat untuk usaha kuliner di antaranya:

1. Pastikan Pilih Supplier Bahan Baku dengan Kualitas Terpercaya

Tips mencari supplier yang tepat untuk usaha kuliner yang pertama harus dilakukan adalah memastikan supplier yang kamu pilih memiliki track record kredibel dan dapat diandalkan.

Supplier harus berpengalaman dalam memasok bahan-bahan makanan segar berkualitas dengan harga bersaing sesuai dengan anggaran yang sudah kamu tentukan.

Usahakan juga supplier adalah tangan pertama untuk memastikan mutu bahan makanan yang disuplai.

2. Pastikan Supplier Mampu Memasok Sesuai Jumlah dan Waktu yang Ditentukan

Berikutnya, tips mencari supplier yang tepat untuk usaha kuliner adalah mempertimbangkan supplier yang mampu memasok bahan makanan sesuai dengan jumlah yang dibutuhkan, dalam batas waktu yang telah ditentukan.

Jangan sampai, supplier yang dipilih tidak dapat memenuhi target dan tenggat yang telah kamu buat.

Kamu bisa menempuh cara mencari supplier dengan mengobservasi testimoni dari pelanggan-pelanggannya.

3. Pastikan Supplier Memberikan Harga yang Sesuai

Tips selanjutnya untuk cara mencari supplier tangan pertama yang harus diperhatikan adalah harga yang mereka berikan.

Misalnya, kamu butuh mencari supplier yang dapat membantu memasok bahan baku usaha kuliner seperti beras, minyak, gula, tepung, saus, maupun bahan lainnya, usahakan mencari supplier yang telah berpengalaman dan bisa memberikan harga yang sesuai.

Perhatikan juga supplier yang menggunakan sistem pembayaran jelas dan terperinci, misal bisa dengan sistem pembayaran kontan maupun kredit, atau pembayaran dengan menggunakan dompet digital.

Sesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan usahamu.

4. Pastikan Supplier Memiliki Pelayanan yang Baik

Dalam perjalanan mencari supplier terpercaya, hal lainnya yang tidak boleh terlewatkan adalah amati bagaimana cara supplier tersebut mengatasi berbagai masalah dan kendala yang ada.

Misalnya, jika ada kendala terkait distribusi, atau bahan baku yang produksinya terhambat untuk disalurkan, bagaimana cara supplier mengatasinya akan sangat berpengaruh bagi usaha kuliner yang kamu jalankan.

Supplier harus memiliki kemampuan quality control yang baik dan memberikan jaminan bahan baku sampai di tangan kamu dengan aman.

Pastikan kamu memilih supplier dengan kualitas pelayanan baik dan ramah, mampu mengatasi kendala yang ada.

5. Pastikan Supplier Memberikan Sampel

Cara mencari supplier tangan pertama selanjutnya yakni memastikan supplier mau memberikan sampel produknya secara cuma-cuma untuk memastikan kualitas yang diberikan.

Supaya bisa lebih memastikan, kamu bisa meminta sampel dari supplier untuk mengecek apakah bahan baku yang akan disuplai nanti sudah sesuai dengan ekspektasi dan standar yang kamu tentukan.

Ini adalah langkah penting bagi kamu untuk memilah-milah dan menentukan supplier mana yang tepat untuk usaha kuliner yang kamu jalankan.

Bahan makanan berkualitas dengan sendirinya akan dapat meningkatkan kualitas makanan yang kamu pasarkan ke pelanggan.

6. Pastikan Supplier Memberikan Jaminan Pengembalian Produk

Saat melakukan kerja sama dengan supplier, berbagai masalah bisa saja terjadi.

Contohnya jika ada kerusakan bahan baku, masa kedaluwarsa bahan baku yang tidak sesuai dengan permintaan, dan sebagainya.

Tips mencari supplier yang tepat untuk usaha kuliner berikutnya yang harus kamu perhatikan, yaitu mencari supplier yang dapat memberikan jaminan pengembalian produk jika terjadi kerusakan maupun hal-hal yang tidak diinginkan di luar perjanjian.

Garansi ini sangat penting agar kamu tidak dirugikan di kemudian hari.

7. Pastikan Supplier Mampu Melakukan Pengiriman Tepat Waktu

Tips mencari supplier yang tepat untuk usaha kuliner selanjutnya adalah memastikan supplier dapat melakukan pengiriman bahan baku tepat waktu.

Jangan sampai ada keterlambatan yang dapat menghambat usaha kuliner kamu.

Jika memang ada keterlambatan yang tidak terelakkan dan masih dapat ditoleransi, pastikan juga ada kompensasi yang bisa kamu dapatkan dari supplier, seperti bonus bahan baku atau potongan harga bahan baku.

Dalam mencari supplier, kamu bisa menggunakan 7 tips di atas untuk menggali cara mencari supplier yang tepat.

Cara mencari supplier tangan pertama menjadi lebih mudah kalau kamu sudah mempraktekkan tips mencari supplier yang tepat untuk usaha kuliner idamanmu.

Bingung terkendala modal? Ajukan saja pinjaman melalui KoinBisnis dari KoinWorks berkomitmen membantu para pebisnis yang ingin mengembangkan dana atau memerlukan modal usaha.

Dapatkan pinjaman modal usaha mulai dari Rp5 juta hingga Rp 2 miliar, dengan bunga rendah mulai dari 0,75% hingga 1,67% flat per bulan.

Menarik, kan? Nggak ada alasan lagi deh buat menunda bisnismu.

Kalkulator Simulasi Pinjaman
Ketahui maksimum pinjaman dan cicilan per bulan
+62
Estimasi jumlah maksimum pinjaman

Rp

Estimasi cicilan bulanan
  • Tenor 6 bulan: Rp
  • Tenor 12 bulan: Rp
  • Tenor 24 bulan: Rp

Install aplikasi KoinWorks dan mulai ajukan pinjaman di KoinBisnis!

Ajukan Pinjaman Sekarang

Cek SKOR Kredit

Klik Gambar Dibawah!

Artikel Terpopuler

usaha bengkel mobil

Tertarik Usaha Bengkel Mobil? Ini Estimasi Modal dan Tips Suksesnya

Indonesia merupakan salah satu negara yang dikenal dengan tingginya jumlah pengguna mobil. Hal ini pun terlihat dari padatnya ruas jalan di kota-kota besar—yang dipenuhi oleh...
bisnis sambal kemasan

Alasan Untuk Segera Memulai Bisnis Sambal Kemasan

Alasan Untuk Segera Memulai Bisnis Sambal Kemasan - Sambal masih menjadi primadona yang identik dengan kebanyakan santapan khas Indonesia. Rasanya yang pedas dan lezat menambah...
usaha-barbershop

Tips Sukses Memulai Usaha Barbershop

Tips Sukses Memulai Usaha Barbershop - Ingin memulai bisnis barbershop namun bingung mulai dari mana? Usaha barbershop (pangkas rambut) memang berkembang cukup pesat terutama...
cara memilih supplier usaha kuliner

7 Tips Mencari Supplier yang Tepat Untuk Usaha Kuliner Kamu

Peluang usaha kuliner semakin bersinar di tahun 2021. Meski di tengah pandemi corona, usaha kuliner tidak terlalu terkena dampak ekonomi yang menurun. Sebaliknya, justru semakin banyak keuntungan bisnis yang...
foundation untuk kulit kering

5 Rekomendasi Foundation Lokal Untuk Kulit Kering

5 Rekomendasi Foundation Lokal Untuk Kulit Kering - Bicara soal foundation untuk kulit kering, brand lokal sudah bisa menjadi rekomendasi. Terlebih gaya dewy look yang...

Artikel Terkait