8 Tips Mencari Karyawan Barbershop, Temukan yang Terbaik!

Tips mencari karyawan barbershop adalah salah satu aspek yang harus kamu perhatikan dalam bisnis ini.

Kamu harus mempekerjakan karyawan yang kompeten di bidangnya agar usaha semakin maju.

Mereka juga akan merepresentasikan bisnis di depan pelanggan. Karena itu, kamu perlu mengetahui tips mencari karyawan barbershop yang tepat.

8 Tips Mencari Karyawan Barbershop

Berikut ini adalah beberapa tips untuk mencari karyawan barbershop yang tepat agar kamu bisa menemukan talenta terbaik.

1. Identifikasi Calon Karyawan yang Memang Kamu Butuhkan

Sebelum mencari karyawan, identifikasilah calonnya lebih dulu. Ketika kamu membuka lowongan pekerjaan mendadak, jangan mengganti karyawan karena suka dengan suka. Misalnya, salah satu anggota staff senior kamu mengundurkan diri dan mungkin kamu memiliki pekerja lain yang sudah siap untuk promosi.

Ketika mengalami kondisi seperti ini, jangan langsung putuskan untuk mempromosikan staff tersebut. Karena, kondisi seperti itu sebenarnya membuat kamu bebas memutuskan siapa yang kamu butuhkan untuk membantu bisnis terus berjalan. Hal yang perlu kamu perhatikan adalah mana karyawan yang benar-benar kamu butuhkan.

Jangan lupakan juga bahwa, banyak kandidat terampil yang akan mencari pekerjaan yang ditinggalkan tersebut. Oleh karena itu, ketika kamu telah mengetahui dengan jelas mengenai siapa yang kamu butuhkan dalam bisnis barbershop. Barulah kamu dapat memasang iklan lowongan kerja di posisi tersebut.

2. Menyeleksi CV

Agar waktu kamu tidak terbuang percuma ketika mencari karyawan barbershop, sebaiknya lakukan screening CV terlebih dahulu. Perhatikan dengan cermat setiap CV yang masuk agar bisa menemukan calon potential dan sesuai dengan apa yang kamu inginkan.

Menyeleksi CV bisa memangkas waktu kamu, karena nantinya kamu hanya akan bertemu calon karyawan dengan spesifikasi yang kamu cari. Namun, kamu juga harus tahu bahwa tidak semua orang jujur dalam menulis CV. Oleh karena itu, mintalah calon barber menjelaskan kembali isi CV secara langsung di hadapan kamu.

3. Memilih SDM Bersertifikat

Ketika mencari karyawan, kamu pasti ingin bekerja sama dengan orang-orang yang sudah terampil di bidangnya. Namun, tidak sedikit dari mereka yang sudah handal dan berpengalaman lebih memilih untuk membuka usahanya sendiri.

Karena itu, untuk memastikan kamu mendapatkan karyawan yang kompeten, salah satu hal yang bisa kamu lakukan adalah merekrut SDM bersertifikat. Sertifikat disini berfungsi sebagai bukti bahwa calon karyawan tersebut kompetensinya sudah diakui oleh lembaga tertentu.

Karyawan yang sudah memiliki sertifikat juga memiliki dasar pengetahuan yang kuat, mengingat pada prosesnya mereka harus mengikuti sejumlah pelatihan terlebih dahulu. Jadi, kamu tidak butuh waktu lama lagi untuk melatih mereka. Karena itu, perhatikan apakah calon karyawan kamu telah memiliki sertifikat atau belum.

4. Mengetes Kemampuan Calon karyawan

Menguji kemampuan kandidat adalah salah satu tips mencari karyawan barbershop yang tepat. Sebab, cara ini bagus untuk mengukur keterampilan kandidat dengan cara yang praktis dan tepat sasaran.

Pastikan kamu memberi tahu kandidat tentang apa yang akan kamu sediakan dan apa yang perlu mereka bawa ketika akan melakukan tes. Beri tahu calon karyawan tentang berapa lama tes akan berlangsung dan apa yang sebenarnya yang kamu cari.

Kamu bisa membuat daftar keterampilan yang harus kandidat miliki saat mencari karyawan. Daftar ini juga akan membantu kamu menilai kinerja calon karyawan dengan lebih cepat menggunakan skala 1 (buruk) hingga 5 (sangat baik).

Selain itu, jangan lupa untuk mencatat komentar saat tes berlangsung. Fungsinya untuk membantu kamu meninjau kandidat kamu setelahnya dengan lebih mudah. Catatan kamu juga bisa menjadi feedback bagi calon karyawan yang gagal dalam tes.

5. Lakukan Wawancara

Tips selanjutnya adalah melakukan wawancara. Saat wawancara berlangsung, ingatlah kandidat seperti apa yang kamu inginkan dan tetap objektif. Jangan biarkan emosi mengambil alih kamu dalam memilih calon karyawan. Gunakan pertanyaan yang kamu siapkan sebagai petunjuk dan buat catatan untuk setiap jawaban.

Ajukan juga pertanyaan terbuka yang mendorong calon karyawan berbicara, daripada pertanyaan tertutup yang hanya membutuhkan jawaban ‘ya’ dan ‘tidak’. Contohnya, jangan tanyakan “Apa Anda suka memotong rambut?”, melainkan cobalah ubah menjadi “Mengapa Anda suka memotong rambut?”.

6. Tanya Referensi dari Tempat Kerja Mereka Sebelumnya

Referensi bukanlah hal yang wajib ketika mencari karyawan barbershop, tetapi ini bisa sangat membantu kamu menemukan barber yang bagus. Jika terdapat referensi atau rekomendasi positif dari tempat kerja sebelumnya, maka kandidat tersebut memiliki nilai tambah. Hal tersebut juga akan sangat membantu kamu dalam mengambil keputusan.

Apalagi usaha barbershop sangat memperhatikan pelayanan dan kepuasan pelanggan. Jadi, jika karyawan kamu mendapat referensi yang kurang baik, maka dampaknya langsung pada bisnis kamu.

Jika karyawan tersebut kurang baik, maka pelanggan bisa saja tidak suka dengan karyawan tersebut. Akhirnya hal tersebut meninggalkan pengalaman buruk bagi pelanggan dan memutuskan untuk tidak lagi menggunakan jasa kamu lagi. Oleh sebab itu, tidak ada salahnya meminta referensi dari tempat kerja sebelumnya.

7. Pertimbangkan Karyawan yang Ingin Terus Berkembang

Mempertimbahkan kandidat yang ingin terus berkembang adalah tips mencari karyawan selanjutnya. Carilah seseorang yang haus akan ilmu baru, karena hal tersebut menjadi faktor pendorong yang akan membuat usaha kamu terus maju.

Bisnis barbershop mau tidak mau akan terus mengikuti perkembangan tren gaya rambut. Jika karyawan kamu merasa nyaman dan tidak perlu belajar hal baru, maka bisnis kamu bisa saja kalah oleh para kompetitor yang lebih up to date dan dinamis.

Banyak sekali pelanggan yang datang ke barbershop dan bingung untuk memilih gaya rambut yang diinginkan. Pada saat itu terjadi, karyawan kamu perlu memberikan saran tentang gaya rambut apa yang sedang hits.

Tren dalam dunia barbershop juga bukan hanya style rambut saja. Tren tersebut bisa berupa alat-alat atau metode baru yang bisa membuat pekerjaan barber dalam melayani pelanggan jadi lebih mudah.

8. Berikan Pelatihan yang Memadai

Setelah kamu mencari karyawan barbershop dan menemukan kandidat yang kamu inginkan, langkah selanjutnya adalah memberikan pelatihan. Pastikan kamu memberi mereka pelatihan yang mereka butuhkan untuk bekerja dan melakukan peningkatan keterampilan. 

Sebab, dengan berinvestasi dalam pengembangan pekerja akan menunjukan bahwa kamu peduli kepada karyawan. Karena setiap barbershop berbeda, jangan lupa untuk memberikan pengenalan yang tepat kepada karyawan baru kepada tim.

Baca juga: 6 Cara Mengurangi Biaya Operasional untuk Memaksimalkan Keuntungan

Gaji Karyawan Barbershop

Dibutuhkan kemampuan dan sertifikat untuk para tukang cukur agar bisa bekerja di barbershop. Setelah mengetahui tips mencari karyawan, kamu perlu mengetahui berapa biaya yang harus kamu keluarkan untuk menggaji mereka. Dilansir dari Blackgarlic.id, gaji karyawan barbershop adalah sebagai berikut:

  • Kasir = Rp1.300.000,00 – Rp1.500.000,00.
  • Barberman = Rp1.400.000,00 – Rp4.000.000,00.

Sudah Tahu Tips Mencari Karyawan Barbershop yang Tepat?

Itulah beberapa tips mencari karyawan barbershop dengan spesifikasi yang kamu inginkan. Agar bisa sukses dalam bisnis barbershop, maka kamu butuh support dari orang-orang yang tepat.

Namun, jika kamu tidak bisa menemukan karyawan yang diinginkan, maka jadilah leader yang bisa membuka potensi diri para karyawannya.

Kalkulator Simulasi Pinjaman
Ketahui maksimum pinjaman dan cicilan per bulan
+62
Estimasi jumlah maksimum pinjaman

Rp

Estimasi cicilan bulanan
  • Tenor 6 bulan: Rp
  • Tenor 12 bulan: Rp
  • Tenor 24 bulan: Rp

Install aplikasi KoinWorks dan mulai ajukan pinjaman di KoinBisnis!

Ajukan Pinjaman Sekarang

Cek SKOR Kredit

Klik Gambar Dibawah!

Artikel Terpopuler

usaha bengkel mobil

Tertarik Usaha Bengkel Mobil? Ini Estimasi Modal dan Tips Suksesnya

0
Indonesia merupakan salah satu negara yang dikenal dengan tingginya jumlah pengguna mobil. Hal ini pun terlihat dari padatnya ruas jalan di kota-kota besar—yang dipenuhi oleh...
bisnis sambal kemasan

Alasan Untuk Segera Memulai Bisnis Sambal Kemasan

0
Alasan Untuk Segera Memulai Bisnis Sambal Kemasan - Sambal masih menjadi primadona yang identik dengan kebanyakan santapan khas Indonesia. Rasanya yang pedas dan lezat menambah...
usaha-barbershop

Tips Sukses Memulai Usaha Barbershop

0
Tips Sukses Memulai Usaha Barbershop - Ingin memulai bisnis barbershop namun bingung mulai dari mana? Usaha barbershop (pangkas rambut) memang berkembang cukup pesat terutama...
cara memilih supplier usaha kuliner

7 Tips Mencari Supplier yang Tepat Untuk Usaha Kuliner Kamu

0
Peluang usaha kuliner semakin bersinar di tahun 2021. Meski di tengah pandemi corona, usaha kuliner tidak terlalu terkena dampak ekonomi yang menurun. Sebaliknya, justru semakin banyak keuntungan bisnis yang...
Peluang Usaha Franchise Teh Tong Tji

Tips Sukses Peluang Usaha Franchise Teh Tong Tji

0
Peluang Usaha Franchise Teh Tong Tji - Gerai aneka minuman manis yang disajikan dingin selalu menarik minat masyarakat terutama di hari yang terik. Mulai dari bisnis...

Artikel Terkait