Memulai Usaha Angkringan dengan Modal Minim? Bisa!

Usaha angkringan dapat menjadi sebuah peluang bisnis yang mempunyai prospek tinggi.

Bagaimana tidak? Harganya yang terjangkau dan juga tempatnya yang nyaman untuk bersantai menjadikan angkringan titik kumpul yang empuk.

Selain itu, modal usaha angkringan pemula juga relatif minim.

Cara Memulai Usaha Angkringan dengan Modal Minim

Untuk bisa memulai usaha angkringan, kamu bisa mengikuti beberapa cara berikut ini, agar usaha kamu lebih sukses kedepannya:

1. Tentukan Konsep 

Hal pertama yang harus kamu lakukan sebelum memulai bisnis cafe kecil ini, yaitu dengan menentukan konsep yang akan kamu usung dalam bisnis tersebut. Hal ini bertujuan agar ladang usaha kamu ini mempunyai konsep yang jelas. Selain itu, konsep ini juga bertujuan untuk menarik perhatian konsumen, terutama anak muda.

Dengan adanya sebuah konsep yang unik, maka konsumen akan jadi penasaran untuk mau nongkrong atau sekedar jajan di usaha angkringan yang kamu jalankan tersebut. Jadi, pastikan kamu membuat konsep yang terstruktur rapi dengan suasana yang unik, agar konsumen nyaman berada di cafe mini tersebut.

Banyak pemilihan konsep yang bisa kamu gunakan agar bisa menarik hati konsumen. Di antaranya, konsep lesehan, konsep warkop, konsep tradisional, dan masih banyak lagi konsep unik yang bisa menjadi senjata awal pembuatan usaha cafe mini ini.

2. Cari Lokasi Usaha yang Strategis

Kemudian, setelah menentukan konsep yang unik, langkah selanjutnya untuk bisa mulai membuka usaha angkringan adalah dengan mencari lokasi yang strategis. Tanpa adanya lokasi strategis, maka sebagus apapun konsep yang kamu buat, tidak akan berpengaruh terhadap intensitas pengunjung. 

Selain itu, penentuan lokasi yang strategis untuk usaha angkringan pemula ini juga bertujuan agar para konsumen lebih mudah saat hendak mengakses lokasi menuju cafe mini yang kamu kelola. Kamu bisa memilih lokasi seperti di pinggir jalan, dekat pusat kota, kampus, sekolah, dekat pusat bisnis, dan lain sebagainya.

Namun, biasanya untuk modal usaha angkringan di lokasi yang sangat strategis ini tentunya membutuhkan biaya sewa yang relatif lebih mahal. Jadi, pastikan modal dan biaya sewa lokasi sesuai dengan budget kamu, agar kamu tidak bingung untuk mengelola keuangannya.

3. Pilih Bahan Dagangan dan Menu Utama

Setelah membuat konsep unik dan mendapatkan lokasi usaha yang strategis, langkah selanjutnya adalah memilih bahan dagangan serta menentukan menu andalan di usaha angkringan yang kamu kelola. 

Untuk bahan dagangan, pada umumnya cafe mini hanya membutuhkan bahan seperti kopi, gula, mie instan, jajanan ringan, rokok, nasi kucing, dan lain sejenisnya. Selain itu, kamu juga harus menentukan menu andalan dengan cara memberi nama unik yang mudah diingat oleh konsumen.

Agar konsumen tertarik dengan menu unik tersebut, kemudian mempunyai hasrat untuk mencicipinya. Hal ini juga bisa menjadi strategi khusus untuk menarik hati konsumen lain, terutama anak-anak muda yang menyukai hal-hal yang unik untuk keperluan konten Instagram.

4. Mulai Jalankan Usaha

Jika semua aspek telah terpenuhi, maka kamu sudah bisa memulai untuk membuka usaha angkringan ini. Sebagai langkah awal, kamu bisa memulainya sendirian untuk menghemat budget, tanpa harus membayar gaji karyawan. 

Namun, jika kedepannya kamu melihat potensi tinggi dari intensitas konsumen dan penjualan, ada baiknya kamu mempekerjakan sebanyak satu atau dua orang  karyawan. Agar kegiatan operasional cafe mini tersebut jadi lebih cepat dan efisien.

Selain itu, dengan memperkerjakan karyawan, artinya usaha angkringan pemula yang kamu buat ini telah mengalami kemajuan. Jadi, langkah selanjutnya adalah dengan menentukan strategi pemasaran yang efektif agar bisnis cafe mini ini terus berkembang.

Modal Usaha Angkringan Pemula

Nah, setelah mengetahui bagaimana cara memulai bisnis cafe mini ala anak tongkrongan, berikut ini adalah gambaran singkat tentang berapa jumlah modal usaha angkringan

1. Skala Kecil

Untuk bisa memulai bisnis cafe mini dengan skala kecil, budget yang perlu kamu keluarkan adalah sekitar Rp3.000.000,00 sampai Rp5.000.000,00. Rinciannya adalah sebagai berikut:

  • Bahan dagangan secara keseluruhan Rp2.000.000,00.
  • Biaya keperluan pendukung, seperti meja, piring, gelas, dan lain sebagainya sekitar Rp1.500.000,00. 
  • Untuk sewa lokasi usaha, cafe mini skala kecil ini mungkin bisa kamu kembangkan di rumah terlebih dahulu, untuk menghemat budget.

2. Skala Besar

Jika kamu ingin membuat cafe mini dengan skala besar, tentu saja modal usaha angkringan yang mesti kamu keluarkan juga relatif lebih tinggi. Selain itu, ada juga biaya tambahan untuk keperluan sewa lokasi usaha. Berikut perinciannya:

  • Bahan dagangan keseluruhan sebesar Rp4.000.000,00.
  • Pembelian alat pendukung, seperti meja, gelas, kompor, piring, dan lain sebagainya sekitar Rp3.000.000,00.
  • Biaya sewa lokasi usaha sekitar Rp2.000.000,00 sampai Rp3.000.000,00 per bulan. Jadi, total keseluruhan adalah sekitar Rp10.000.000,00.

Strategi Pemasaran Usaha Angkringan

Setelah kamu berhasil memulai cafe mini, agar bisa terus berkembang maju, maka kamu perlu sebuah strategi pemasaran. Agar bisnis yang kamu jalani ini semakin dikenal dan berkembang menjadi usaha yang besar. Ikuti langkah-langkah strategi pemasaran berikut ini:

1. Pasang Harga Terjangkau

Hal yang paling penting jika ingin bisnis maju dan berkembang, tentu saja harus mempunyai harga produk yang murah dan bersahabat dengan konsumen. Selain itu, harga murah ini juga menjadi sebuah strategi yang membuat konsumen jadi lebih tertarik. Terlebih lagi, untuk para anak muda dengan budget yang minim.

Jadi, pastikan kamu memulai usaha angkringan ini dengan mematok harga produk yang relatif murah. Singkatnya, jika pesaingmu memasang harga Rp3.000,00 untuk secangkir kopi, maka kamu bisa memasang harga Rp2.000,00 untuk secangkir kopi. Namun, hal ini juga harus dilakukan dengan perhitungan yang sesuai, ya.

2. Strategi Pemasaran di Media Sosial

Tidak bisa kita pungkiri bahwa pemasaran digital di media sosial, seperti Instagram dan Facebook sangat ampuh untuk menjaring banyak konsumen. Selain itu, pemasaran di media sosial juga terbukti sangat efektif dalam hal menaikkan omset penjualan. 

Kamu bisa memanfaatkan media sosial sebagai wadah berpromosi dan memperkenalkan usaha angkringan yang sedang kamu kelola. Terlebih lagi, biaya pemasaran di media sosial juga terbilang murah, bahkan cenderung gratis tanpa perlu merogoh kocek, asalkan kamu mengerti pola promosi yang benar.

Namun, jika pemasaran ingin lebih maksimal, kamu bisa berlangganan Facebook Ads atau Instagram Ads.

Siap Memulai Usaha Angkringan?

Nah, itu dia beberapa cara dan strategi untuk memulai usaha angkringan bagi pemula.

Pada intinya, ketika hendak membuka usaha dalam bentuk apapun, hal pertama yang perlu kamu tanamkan dalam diri adalah kemauan.

Oleh karena itu, pastikan kamu melakukannya dengan konsisten dan maksimal, ya!

Selamat mencoba!


Temukan inspirasi lainnya tentang tips bisnis hanya di lokalsupportlokal.id

Kalkulator Simulasi Pinjaman
Ketahui maksimum pinjaman dan cicilan per bulan
+62
Estimasi jumlah maksimum pinjaman

Rp

Estimasi cicilan bulanan
  • Tenor 6 bulan: Rp
  • Tenor 12 bulan: Rp
  • Tenor 24 bulan: Rp

Install aplikasi KoinWorks dan mulai ajukan pinjaman di KoinBisnis!

Ajukan Pinjaman Sekarang

Cek SKOR Kredit

Klik Gambar Dibawah!

Artikel Terpopuler

Contoh Buku Kas

3 Contoh Buku Kas Harian yang Sederhana dan Mudah Dimengerti

0
Contoh buku kas harian apa yang mudah untuk dicoba? Mengelola keuangan harus dilakukan dengan baik. Selain bisa bantu mengontrol pengeluaran, mengelola keuangan juga bisa mempermudah...
13 Rekomendasi Sepatu Running Lokal Terbaik dan Tahan Lama

13 Rekomendasi Sepatu Running Lokal Terbaik dan Tahan Lama

0
Running atau jogging merupakan olahraga yang paling murah dan gampang. Sebab, kamu hanya butuh sepatu untuk melakukannya. Saat ini, banyak sekali sepatu running lokal...
Contoh Kata Pengantar untuk Proposal yang Menarik

6 Contoh Kata Pengantar untuk Proposal Usaha yang Menarik

0
Menulis merupakan aktivitas penting yang tidak sulit dan sebenarnya bisa dilakukan semua orang jika mau menekuni aturan-aturan dalam kepenulisan. Contohnya menulis kata pengantar pada...
Peluang Usaha Franchise Teh Tong Tji

Tips Sukses Peluang Usaha Franchise Teh Tong Tji

0
Peluang Usaha Franchise Teh Tong Tji - Gerai aneka minuman manis yang disajikan dingin selalu menarik minat masyarakat terutama di hari yang terik. Mulai dari bisnis...
Apa Itu SRC? Yuk, Kenali Cara Daftar Mitra dan Syaratnya!

Apa Itu SRC? Yuk, Kenali Cara Daftar Mitra dan Syaratnya!

0
Membeli kebutuhan akan lebih mudah apabila ada banyak toko kelontong di sekitar kita. Namun di masa yang lebih modern ini, toko kelontong sudah mengalami...

Artikel Terkait