Cara Mudah Membuat Blog untuk Usaha Rumahan

Cara Mudah Membuat Blog untuk Usaha Rumahan – Semua bisnis pasti memerlukan strategi pemasaran yang tepat agar produknya dikenal luas.

Salah satu cara terbaik memasarkan produk adalah dengan mengandalkan tulisan serta gambar.

Jika kamu baru saja memulai bisnis dan belum berafiliasi dengan aplikasi atau market place, kamu bisa memanfaatkan blog sebagai media promosi.

Gunanya, saat nanti konsumen mengetik kata kunci di google, produk bisnis kamu yang tertera di blog bisa muncul di halaman pencarian.

Kini ada banyak cara membuat blog untuk usaha rumahan tanpa perlu mengeluarkan uang.

Banyak platform gratis dengan fitur-fitur menarik yang bisa kamu coba.

Cara penggunaan blog pun mudah, yuk simak langkah-langkahnya berikut ini!


Memilih Platform Blog Sesuai Kebutuhan

Mungkin kamu masih sering bingung membedakan blog dengan website.

Blog merupakan salah satu jenis website yang memuat tulisan/postingan dengan berbagai topik yang umumnya disajikan dari postingan terbaru ke postingan lama.

Blog kerap dijadikan platform untuk mengembangkan kemampuan menulis, manajemen konten, dan cara belajar web development.

Kamu bebas berkreasi mengolah template, menulis, dan membagikan hobi sambil juga membangun komunitas blogger online.

Salah satu cara membuat blog untuk usaha rumahan yang menguntungkan adalah dengan bergabung di program afiliasi atau menampilkan iklan di blog.

Jika rajin mengisi blog, kamu juga bisa memanfaatkannya sebagai portofolio atau bahkan lahan untuk berjualan produk bisnis rumahan.

Umumnya blog terdiri atas teks, gambar, GIF, video, musik dan sebagainya. Audiens bisa menuliskan komentar dan berkomunikasi secara virtual dengan penulis blog di kolom chat atau komentar.

Berbeda misalnya dengan website perusahaan yang kontennya cenderung statis dan audiens tidak bisa meninggalkan komentar kecuali mengirim kritik atau saran melalui email yang tertera.

Memilih platform atau jasa penyedia jasa blog juga harus disesuaikan dengan minat kamu. Meski secara garis besar fungsinya sama, tampilan dan cara penggunaan tiap platform berbeda.

Tak ada salahnya mencoba lebih dari satu agar kamu bisa menemukan mana yang paling cocok dengan seleramu.

Baca Juga: Tips Memilih Mesin Fotocopy untuk Usaha


Cara Membuat Blog untuk Usaha Rumahan, Pilih yang Gratis atau Berbayar?

Agar terlihat lebih profesional, kamu bisa membeli hosting serta domain sendiri.

Biaya yang dikeluarkan pun cenderung terjangkau, sekitar Rp 300.000 untuk satu tahun.

Namun jika kamu mau menekan budget, memakai blog gratis adalah pilihan tepat. Sekaligus kamu juga bisa menilai kemampuanmu mengisi konten secara konsisten.

Beberapa platform blog gratis yang populer dan memiliki fitur apik diantaranya;

  • Blogspot/Blogger
  • WordPress.com
  • Wix
  • Medium

Sebagaimana umumnya layanan gratis, ada batasan yang harus dipatuhi. Yakni, penggunaan subdomain platform di belakang URL blog (mis: kripikpedas.blogspot.com) dan tidak bisa menonaktifkan iklan yang terpasang di blog.

Jika ingin lebih bebas mengontrol iklan dan memakai URL tanpa embel-embel nama platform, maka kamu bisa memilih platform self-hosted.

Baca Juga: Cari Modal Usaha? Yuk Cermati Bunga Pinjaman Bank Mandiri tahun 2021!


Cara Membuat Blog untuk Usaha Rumahan dengan Platform Self-Hosted

Dengan platform self-hosted, kamu bisa menggunakan nama domain unikmu sendiri tanpa embel-embel nama penyedia platform.

Kamu juga bebas menginstall Sistem Manajemen Konten CMS. Biasanya CMS bersifat open-source dan gratis.

Beberapa contoh CMS populer adalah WordPress, Joomla, dan Drupal.

Platform self-hosted tentunya tidak gratis, ya. Kamu harus merogoh kocek untuk berlangganan web hosting, membuat domain, lalu mengaktifkan CMS.

Tentunya blog kamu akan terlihat makin profesional jika memakai nama unik.

WordPress adalah CMS paling populer untuk membuat blog karena menawarkan kemudahan setup.

CMS sudah banyak digunakan karena gratis, meski tentu saja untuk penggunaannya perlu custom domain dan web hosting.

WordPress dilengkapi dengan live editor sehingga kamu bisa mengubah dan memodifikasi tampilan blog.

WordPress juga ideal untuk para penulis sebab block editingnya menawarkan beragam fitur lengkap. Ada pula tool SEO, sistem keamanan, dan manajemen blog yang bisa kamu manfaatkan.

Baca Juga: 7 Tips Menjalankan Usaha Produk Herbal, Intip Peluangnya Di Sini


Menentukan Niche Market untuk Blog

Memilih niche blog memang susah-susah gampang. Jika kamu masih clueless, sebaiknya jangan gegabah dan lebih memperdalam riset.

Berikut adalah langkah-langkah yang bisa kamu coba:

  • List apa saja hal yang kamu kuasai dan tidak. Suka fashion? Kamu bisa unggah gaya OOTD harianmu atau mereview busana artis. Suka drama korea? Review saja serial yang kamu sukai dengan opini orisinalmu.
  • Riset, riset, riset! Gali informasi apakah ada kompetitor sekitar yang mengambil niche sama. Cek target pasar untuk mengetahui apakah niche yang dipilih dapat digali lebih dalam atau tidak. Buatlah tulisan yang lebih spesifik agar menonjol dari blog lain.
  • Ingin segera hasilkan uang dari iklan? Fokuslah mencari niche yang ‘menjual’. Jangan lupa pasang banner iklan agar sponsor tergerak mengisi. Untuk ini, kamu harus rajin menggali ilmu dan belajar dari yang lebih ahli.
  • Kalau ingin blog dibaca luas oleh warganet, jangan asal-asalan menulis ya! Apalagi kalau isinya hanya copy-paste dari berbagai situs. Nah supaya kamu konsisten menulis, pilih tema yang kamu sukai dan dengan senang hati akan kamu lakukan meski tanpa dibayar.
  • Budayakan blogwalking. Sering melihat kalimat “Mampir blog saya ya!” di kolom komentar blog orang? Yup, dunia perbloggingan pun butuh relasi. Sebab, semakin banyak traffic ke blogmu berarti semakin besar uang adsense yang akan kamu peroleh. Budayakan meninggalkan komentar positif di blog orang. Hindari spam, berkomentarlah dengan tulus setelah membaca tulisan orang lain.

Baca Juga: Bisnis Gelato atau Yoghurt? Ini Tips Memilih Mesin Pembuat Es Krim yang Tepat!


Konsisten Mengunggah Postingan di Blog

Salah satu cara membuat blog untuk usaha rumahan yang menarik pengunjung adalah rutin mengisinya dengan artikel/gambar.

Jika tidak mampu menulis setiap hari, kamu bisa mempekerjakan penulis lepas untuk menulis artikel SEO sekaligus admin yang rutin menjawab komentar.

Agar lebih menarik, kamu bisa memakai jasa designer untuk membuat template khusus.

Dengan mengetahui cara membuat blog untuk usaha rumahan, kamu juga bisa menerapkan strategi pemasaran online yang efektif.

Jika kamu adalah produsen kerajinan tangan flanel atau hendak memasarkan produk keripik singkong keju, kamu cukup update secara berkala informasi tentang usaha rumahan kamu.

Misalnya dengan menceritakan proses di balik pembuatannya, menampilkan galeri karyawan dan testimoni pembeli, serta detail harga dan cara membelinya.

Pengunjung blog kamu akan semakin yakin membeli produk saat melihat proses pembuatan yang higienis dan dilakukan secara cermat.

Melihat galeri foto, kegiatan karyawan, serta cerita personal dari pemilik blog juga turut menambah rasa kedekatan dan meningkatkan interaksi audiens.

Nah, jika kamu terkendala modal saat ingin membuat blog untuk usaha rumahan, kamu bisa mengajukan pinjaman online ke fintech terpercaya.

Kamu bisa manfaatkan pinjaman modal usaha lewat program KoinBisnis dari KoinWorks yang bisa memberikan kamu pinjaman hingga Rp 2 Miliar.

Bunga yang ditawarkan pun cukup terjangkau lho, hanya mulai dari 0,75% per bulan!

Yuk, unduh aplikasi Super Financial App dan ajukan pinjaman modal usaha tanpa ribet!

Sudah tahu cara membuat blog untuk bisnis rumahan namun belum menentukan produk yang ingin dijual?

Kamu bisa cari inspirasi bisnis di #LokalSupportLokal yang juga menawarkan kemudahan bagi para pelaku UMKM yang ingin memasarkan produk melalui aset media sosial KoinWorks.

Cukup daftarkan usahamu dan nikmati kemudahan memulai bisnis sekarang juga!