Daftar Marketplace yang Ada di Indonesia dan Cocok untuk Usaha

Marketplace yang ada di Indonesia sangatlah banyak.

Namun, hanya ada beberapa saja yang populer dan cocok untuk para pebisnis seperti kamu. Kira-kira apa saja marketplace tersebut? Simak artikel ini sampai selesai, yuk!

Manfaat Marketplace untuk Perkembangan Usaha

Sebelum membahas apa saja contoh marketplace yang ada di Indonesia, ada baiknya kamu mengetahui apa saja manfaat dari platform satu ini. Secara umum terdapat 3 manfaat yang bisa kamu rasakan jika menggunakan platform ini sebagai wadah untuk berjualan. Ketiga manfaat tersebut antara lain:

1. Mudah Mendapatkan Konsumen

Sama seperti media sosial, jangkauan dari wadah jual-beli online memang lebih banyak ketimbang offline. Marketplace, apalagi yang populer akan mempermudah kamu dalam mendapatkan banyak konsumen meski bisnis yang kamu rintis terbilang masih baru.

Perubahan gaya hidup masyarakat yang saat ini cenderung nyaman berbelanja melalui platform online merupakan alasan utama mengapa kemunculan marketplace di Indonesia sangat banyak jumlahnya.

Melalui platform ini semua orang bisa lebih mudah mencari dan membandingkan produk yang sama dengan toko yang berbeda. Selain itu, beberapa promo menarik juga lebih banyak bermunculan di platform belanja online ketimbang toko offline. Sehingga pengguna platform belanja online semakin banyak jumlahnya.

Nah, jumlah pengguna yang banyak inilah yang akan mempermudah kamu mendapatkan konsumen yang sesuai dengan target bisnis milikmu. Sangat menguntungkan, bukan?

2. Meningkatkan Brand Awareness

Manfaat marketplace berikutnya adalah bantu meningkatkan brand awareness. Adanya fitur seperti pencarian, membuat pengguna platform belanja online akan mudah menemukan produk atau toko tempat kamu berjualan.

Agar produk atau toko milikmu muncul pada halaman pencarian, kamu perlu menentukan keyword untuk setiap produk yang kamu jual. Misalnya, kamu menjual blouse Korea, maka gunakanlah keyword “blouse Korea” pada nama produk dan deskripsi produk.

Selain itu, kamu juga bisa mengiklankan produk-produk milikmu pada keyword yang paling populer dan relevan dengan produk yang kamu jual. Cara ini akan membantu kamu yang memiliki bisnis kecil dan masih terbilang baru.

3. Meningkatkan Kepercayaan Konsumen

Manfaat terakhir adalah membantu meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap brand atau bisnis. Hal tersebut terjadi karena adanya fitur penilaian di marketplace untuk para pembeli. Lewat fitur ini, pembeli bisa memberikan penilaian secara jujur dengan kualitas produk atau pelayanan yang mereka rasakan.

Penilaian ini akan menjadi acuan penjual untuk melakukan evaluasi. Selain itu, dampak paling penting dari fitur ini adalah sebagai referensi calon pelanggan sebelum membeli produk milikmu. Artinya, fitur penilaian akan mempengaruhi tingkat kepercayaan konsumen terhadap bisnis.

Supaya mendapatkan penilaian yang baik, pastikan kamu memberikan pelayanan yang memuaskan dan menjual produk-produk berkualitas. Semakin baik penilaian yang kamu terima, maka semakin meningkat pula kepercayaan konsumen terhadap bisnis milikmu.

Daftar Marketplace Populer di Indonesia

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, keberadaan marketplace yang ada di Indonesia cukup banyak. Namun, hanya beberapa saja yang paling populer atau paling banyak penggunanya. Sehingga cocok untuk kamu yang ingin mengembakan bisnis. Contoh marketplace yang ada di Indonesia adalah sebagai berikut:

1. Tokopedia

Contoh pertama adalah Tokopedia. Platform belanja online asli Indonesia ini sudah beroperasi sejak tahun 2009. Kini, Tokopedia berhasil menjadi salah satu platform belanja online paling berkembang dan mendapatkan status sebagai startup unicorn di Indonesia.

Berdasarkan jumlah pengunjung setiap bulannya di kuartal pertama 2021 sebesar 135 juta, Tokopedia berada di urutan pertama sebagai marketplace paling populer. Terdapat 3 jenis barang yang paling banyak dicari, yaitu elektronik, produk fashion, dan bahan makanan.

Sebagai pelopor platform belanja online lokal, tidak heran jika merchant di Tokopedia didominasi oleh para UMKM. Beberapa fitur yang bisa kamu gunakan jika berjualan di Tokopedia antara lain statistik toko, fitur promosi, keuangan, broadcast chat, dan masih banyak lagi.

Sebagai marketplace urutan pertama, jangkauan Tokopedia sudah sangat luas, yaitu sekitar 99% kota yang ada di Indonesia. Hal tersebut akan mempermudah kamu dalam menjangkau lebih banyak konsumen.

2. Shopee

Di urutan kedua ada Shopee yang memiliki pengunjung sebanyak 127 juta. Ini merupakan platform belanja online yang pertama kali berdiri di negara Singapura. Tidak butuh waktu yang lama, akhirnya Shopee juga mencoba peruntungan di pasar marketplace Indonesia.

Salah satu alasan mengapa banyak konsumen yang memilih Shopee adalah harga produk yang lebih terjangkau daripada produk di Tokopedia. Jenis produk yang paling populer di Shopee antara lain fashion, makeup, peralatan rumah tangga, dan perlengkapan sekolah atau kantor.

Kemudian juga ada fitur-fitur yang bisa kamu manfaatkan saat berjualan di marketplace satu ini. Contohnya, chat bot, statistik atau performa toko, asisten penjual, ShopeeLIVE, dan fitur lainnya yang tidak kalah menarik.

3. Bukalapak

Contoh marketplace yang ada di Indonesia selanjutnya adalah Bukalapak. Sekitar 34 juta orang telah mengunjungi Bukalapak untuk mencari produk-produk yang mereka butuhkan.

Bukalapak adalah platform belanja online lokal yang sudah berdiri sejak tahun 2010 yang kemudian statusnya berubah menjadi unicorn pada tahun 2017. Awalnya Bukalapak menjadi wadah bagi para UMKM lokal. Kini sudah lebih dari 6 juta merchant yang berjualan di Bukalapak.

Jenis atau kategori produk paling populer dari platform ini antara lain hobi, gaya hidup, dan elektronik. Terdapat 9 jenis pembayaran yang bisa dipilih oleh konsumen sehingga mempermudah proses transaksi.

Kemudahan transaksi juga menjadi salah satu penilaian penting para konsumen untuk berbelanja. Jadi, inilah salah satu keunggulan dari Bukalapak selain produk-produk di dalamnya. Sedangkan untuk fitur-fiturnya, Bukalapak menyediakan fitur unggulan seperti memantau kompetitor, inventaris barang, dan lain sebagainya.

4. Lazada

Contoh marketplace yang ada di Indonesia berikutnya adalah Lazada. Sebanyak 30 juta orang telah mengunjungi platform milik Alibaba Group ini dan membuatnya menempati urutan keempat di Indonesia.

Beberapa kategori produk yang populer di Lazada, antara lain adalah elektronik, perlengkapan rumah tangga, mainan, olahraga, fashion, dan kebutuhan sehari-hari. Marketplace ini juga didukung oleh beberapa layanan menarik seperti layanan pemasaran dan layanan data.

5. Blibli

Marketplace terakhir adalah Blibli. Platform milik Djarum Group ini berada di urutan kelima sebagai marketplace paling populer dengan jumlah pengunjung mencapai 19 juta.

Blibli merupakan model bisnis yang berfokus pada Business to Costumer (B2C), Business to Business (B2B), dan Business to Business to Consumer (B2B2C). Selain itu, Blibli mendapat kepercayaan dari konsumen karena seluruh produk di dalamnya memiliki kualitas yang baik.

Jenis produk yang paling banyak dicari antara lain elektronik dan smartphone. Jika kamu memiliki usaha elektronik atau smartphone, tidak ada salahnya mulai berjualan di Blibli. Karena kepercayaan konsumen terhadap produk-produk di dalamnya sangat tinggi sehingga omzet penjualan bisa meningkat.

Sudah Memilih Marketplace yang Cocok untuk Usaha Milikmu?

Tingginya angka belanja online perlu menjadi perhatian kamu dalam mengembangkan bisnis.

Jadi, pilihlah marketplace yang ada di Indonesia paling tepat dengan kebutuhan usaha milikmu.

Jika masih bingung, beberapa contoh di atas bisa menjadi referensi kamu untuk menentukan pilihan yang tepat.

Kalkulator Simulasi Pinjaman
Ketahui maksimum pinjaman dan cicilan per bulan
+62
Estimasi jumlah maksimum pinjaman

Rp

Estimasi cicilan bulanan
  • Tenor 6 bulan: Rp
  • Tenor 12 bulan: Rp
  • Tenor 24 bulan: Rp

Install aplikasi KoinWorks dan mulai ajukan pinjaman di KoinBisnis!

Ajukan Pinjaman Sekarang

Cek SKOR Kredit

Klik Gambar Dibawah!

Artikel Terpopuler

usaha bengkel mobil

Tertarik Usaha Bengkel Mobil? Ini Estimasi Modal dan Tips Suksesnya

0
Indonesia merupakan salah satu negara yang dikenal dengan tingginya jumlah pengguna mobil. Hal ini pun terlihat dari padatnya ruas jalan di kota-kota besar—yang dipenuhi oleh...
bisnis sambal kemasan

Alasan Untuk Segera Memulai Bisnis Sambal Kemasan

0
Alasan Untuk Segera Memulai Bisnis Sambal Kemasan - Sambal masih menjadi primadona yang identik dengan kebanyakan santapan khas Indonesia. Rasanya yang pedas dan lezat menambah...
usaha-barbershop

Tips Sukses Memulai Usaha Barbershop

0
Tips Sukses Memulai Usaha Barbershop - Ingin memulai bisnis barbershop namun bingung mulai dari mana? Usaha barbershop (pangkas rambut) memang berkembang cukup pesat terutama...
cara memilih supplier usaha kuliner

7 Tips Mencari Supplier yang Tepat Untuk Usaha Kuliner Kamu

0
Peluang usaha kuliner semakin bersinar di tahun 2021. Meski di tengah pandemi corona, usaha kuliner tidak terlalu terkena dampak ekonomi yang menurun. Sebaliknya, justru semakin banyak keuntungan bisnis yang...
Peluang Usaha Franchise Teh Tong Tji

Tips Sukses Peluang Usaha Franchise Teh Tong Tji

0
Peluang Usaha Franchise Teh Tong Tji - Gerai aneka minuman manis yang disajikan dingin selalu menarik minat masyarakat terutama di hari yang terik. Mulai dari bisnis...

Artikel Terkait