6 Manfaat Tik Tok untuk Mengembangkan UKM, Omset Jadi Berlipat!

Perkembangan zaman membuat sosial media memiliki banyak kegunaan. Selain menjadi media komunikasi, orang-orang juga memanfaatkan sosial media untuk promosi produk. Tik Tok menjadi salah satu platform pilihan. Selain viral, manfaat Tik Tok sangatlah besar untuk UKM. Sehingga, membantu pelaku usaha untuk mengembangkan bisnisnya.

Salah satu manfaat dari platform ini ialah lebih mudah mendapatkan views tanpa harus bergantung pada pengikut atau followers. Dengan begitu, kamu bisa lebih mudah membuat konten viral, meskipun baru bergabung menjadi pengguna. Akan tetapi, pernahkah kamu bertanya bagaimana cara mereka bisa membuat konten yang menarik?

Ditambah video mereka bisa muncul di beranda setiap akun atau bahasa gaulnya FYP. Bagi pengguna biasa, persoalan ini tidak akan terlalu dipikirkan. Namun, bagi para pebisnis seperti kamu, satu video berhasil FYP dapat menjadi peluang emas untuk menarik perhatian calon pembeli. Lalu, sebenarnya apa sih manfaat Tik Tok itu? Berikut penjelasannya.

Apa Saja Manfaat Tik Tok untuk UKM?

Tiktok merupakan aplikasi platform online yang menyediakan berbagai video musik berdurasi singkat. Pencipta aplikasi ini adalah seorang developer yang berasal dari Tiongkok.

Sampai sekarang, sudah ada 10 juta lebih pengguna aktif dari Indonesia yang ikut berkontribusi untuk membuat konten.

Inilah 7 manfaat Tik Tok yang wajib kamu ketahui.

1. Dapat Menyesuaikan Bisnis dengan Tren

Tik Tok adalah sosial media yang sekarang berada di puncak kejayaannya. Hampir setiap harinya pasti ada tren yang ramai diperbincangkan oleh warga Tik Tok. Inilah yang dapat membantu kamu untuk menjadikan bisnis tetap relevan.

Kamu bisa membuat konten sesuai dengan tren yang viral untuk membantu brand dikenal oleh khalayak umum. Manfaat Tik Tok yang satu ini tidak akan ada matinya. Sekalipun tren yang saat ini sudah hilang, pasti besok atau lusa akan muncul lagi hal-hal unik yang dapat dijadikan ide untuk menciptakan konten promosi.

2. Lebih Hemat Biaya Promosi

Saat kamu memilih Tik Tok sebagai media untuk promosi, akan muncul berbagai keuntungan yang tidak akan bisa diperoleh ketika melakukan promosi offline. Kamu dapat menghemat pengeluaran untuk melakukan iklan. Karena tidak ada brosur, pamflet, baliho, ataupun spanduk untuk promosi.

Cukup manfaatkan fitur yang ada untuk membuat konten dan kemudian bagikan. Apabila konten kamu menarik, dalam hitungan jam pun bisa segera muncul di beranda orang lain. Bahkan kamu tak perlu repot menyewa tempat untuk berpromosi. Kecepatan internet dapat menjadi kekuatan besar untuk memviralkan konten kamu.

3. Lebih Mudah Menjangkau Audiens

Manfaat Tik Tok yang ketiga adalah lebih mudah menjangkau audiens. Aplikasi ini dibuat dan diluncurkan pada tahun 2016 lalu. Sejak saat itu, masyarakat memberikan respon positif untuk membuat akun dan berpartisipasi dalam membuat konten. Sampai saat ini, tercatat sudah ada 2 miliar lebih pengguna yang mengunduh Tik Tok melalui Play Store.

Itu artinya, penggunanya tidak hanya orang-orang Indonesia saja, melainkan seluruh penduduk dunia dari berbagai negara. Menariknya lagi, kamu tidak perlu pusing untuk mencari followers terlebih dahulu saat awal bergabung. Cukup aktif dan fokus membuat konten agar dapat menarik perhatian pengguna lain.

Jadi, sekalipun belum memiliki followers, tetap saja konten kamu berkemungkinan besar masuk ke halaman pertama atau FYP. Dengan begitu, kamu bisa lebih mudah dalam menjangkau lebih banyak target pasar melalui Tik Tok. Apalagi, Tik Tok juga digunakan oleh orang-orang dari berbagai kalangan usia, jenis, kelamin, sampai profesi.

4. Banyak Audiens yang Aktif dan Partisipatif

Ciri khas dari Tik Tok adalah kolaborasi. Kamu tidak hanya memburu like, share, atau comment saja. Melainkan bisa mengajak sesama pengguna untuk ikut berpartisipasi secara langsung. Biasanya brand-brand yang berhasil terjual di Tik Tok akan lebih mudah dipromosikan oleh orang lain, apabila ada kepuasan penggunaan.

Bagi bisnis UKM seperti kamu, akan mendapatkan feedback positif untuk proses branding. Pengguna akan mengenal produk kamu meskipun belum pernah menggunakannya. Mungkin sekali dua kali promosi belum menghasilkan apapun. Namun, jika dilakukan secara berulang, kamu akan merasakan manfaat Tik Tok yang sesungguhnya.

5. Mudah dalam Membuat Konten

Kemudahan menggunakan Tik Tok tidak hanya dirasakan oleh orang-orang yang sudah lama bergabung. Akan tetapi mereka yang masih pemula pun tidak akan merasa kesulitan, karena fitur-fitur yang disediakan oleh aplikasi.

Bahkan, pihak Tik Tok sendiri mendukung fitur khusus pembuatan video. Bahkan untuk memudahkan promosi, kamu bisa menggunakan salah satu manfaat Tik Tok, yakni berkolaborasi. Strategi ini akan membuat bisnis kamu semakin terkenal.

Di lain sisi, penelitian juga menyebutkan bahwa sebanyak 86% pengguna lebih suka melihat video dari brand. Selain menarik dan menambah wawasan para pengguna, juga bisa mendapatkan harga terbaik dari promosi yang dilakukan oleh para pemilik brand.

6. Fitur Iklan Lebih Lengkap

Tahukah kamu bahwa manfaat Tik Tok yang keenam ini berkaitan dengan adanya berbagai fitur unggulan dari aplikasi? Jika dibandingkan dengan aplikasi penyedia konten video singkat lainnya, Tik Tok menjadi platform online yang memiliki format iklan paling lengkap.

Kamu hanya perlu memilih salah satu format yang sesuai dengan kebutuhan. Adapun format tersebut, seperti Top View Ads, In-Feed Ads, Brand Takeover Ads, dan Branded Hashtag Challenge.

Tik Tok Post yang Cocok untuk UKM

Jika kamu adalah seorang entrepreneur dengan keinginan besar mengembangkan bisnis yang tengah dijalankan, maka tanggap dalam membaca peluang menjadi skill yang paling dibutuhkan.

Kamu tidak boleh ketinggalan untuk menggunakan manfaat Tik Tok sebagai ajang promosi bisnis.

Berikut adalah ide post konten yang cocok untuk bisnis di Tik Tok.

1. Edukasi Bisnis

Konten edukasi bisnis memiliki alur yang menceritakan tentang manfaat dari setiap bahan yang digunakan untuk membuat brand. Tidak hanya itu, tapi kamu juga bisa menjelaskan tentang bagaimana cara memakai produk tersebut. Tujuannya agar target pasar bisa mengetahui detail dari brand milik kamu.

Untuk membuat konten ini, kamu tidak hanya butuh skill untuk mengedit video. Namun juga harus bisa menjelaskan isi konten secara terperinci, jelas, dan tidak berdurasi panjang. Gunakan kalimat pendek yang mudah untuk dipahami! Dengan begitu, audiens bisa mengetahui maksud dari konten yang kamu buat.

2. Katalog Produk

Jika dulu katalog produk hanya berupa kumpulan foto di dalam buku saja, namun saat ini bisa dibuat menjadi video berdurasi singkat. Misalnya saja, kamu menjual baju atau jilbab. Dalam video, kamu bisa membuat katalog dengan menggunakan salah satu model pakaian atau jilbab yang dijual.

3. Behind The Scene Packing Produk

Tidak jauh dari manfaat Tik Tok, karena kamu juga bisa membuat konten dengan memanfaatkan konsep behind the scene packing produk. Kamu harus membuat video tour yang menunjukkan bahan-bahan untuk membuat produk, proses pembuatan, hingga cara pemasarannya.

Lakukan dengan detail, agar tidak terjadi miss komunikasi. Bagaimana dengan bisnis jasa? Tetap saja kamu bisa membuat konten dengan konsep ini. Poin penting dalam pembuatan konten adalah kreatifitas. 

Semakin pandai kamu berinovasi, maka semakin baik pula kontennya. Jadi, kamu memang harus berusaha keras untuk mengeluarkan semua ide, agar menghasilkan konten yang menarik.

4. Kolaborasi dengan Influencer

Influencer Tik Tok sekarang jumlahnya sangat banyak. Jadi, kamu bisa mengajak mereka bekerjasama untuk mempromosikan bisnis. Untuk mencobanya, ada satu fitur Tik Tok yang dapat kamu gunakan. Namanya adalah fitur Stitch. Fungsinya adalah menanggapi atau memberikan komentar terhadap konten orang lain.

5. Launching Produk Terbaru

Konsep membuat konten promosi brand yang terakhir adalah launching produk terbaru. Jenis konten ini berguna untuk mendapatkan kepercayaan dari customer terhadap brand bisnis kamu. Dengan begitu, para pengguna bisa mengetahui apa kelebihan produk, bagaimana kualitasnya, berapa harganya, dan apa kegunaannya.

Yuk, Segera Rasakan Manfaat Tik Tok Pada Bisnis Kamu!

Dari penjelasan tentang manfaat Tik Tok dan ide konten yang sudah disampaikan tadi, semoga kamu bisa menggunakan aplikasi ini dengan sebaik mungkin. Jadikan media sosial seperti Tik Tok untuk membuat bisnis kamu berkembang.

Dengan begitu, bisnis akan semakin besar dan tidak mudah goyah oleh pesaing.


Temukan inspirasi lainnya seputar tips bisnis hanya di lokalsupportlokal.id

Mimpinya kembangkan bisnis di pasar global
Kenyataannya masih kurang modal


Eits .. Jangan sedih!
KoinBisnis bisa kasih kamu pinjaman modal sampai dengan Rp. 2 Miliar

Simulasikan pinjamanmu sekarang!
Kalkulator Simulasi Pinjaman
Ketahui maksimum pinjaman dan cicilan per bulan
+62
Estimasi jumlah maksimum pinjaman

Rp

Estimasi cicilan bulanan
  • Tenor 6 bulan: Rp
  • Tenor 12 bulan: Rp
  • Tenor 24 bulan: Rp

Install aplikasi KoinWorks dan mulai ajukan pinjaman di KoinBisnis!

Ajukan Pinjaman Sekarang

Cek SKOR Kredit

Klik Gambar Dibawah!

Artikel Terpopuler

usaha-barbershop

Tips Sukses Memulai Usaha Barbershop

Tips Sukses Memulai Usaha Barbershop - Ingin memulai bisnis barbershop namun bingung mulai dari mana? Usaha barbershop (pangkas rambut) memang berkembang cukup pesat terutama...
Simply Fresh Laundry

Simple, Ini Cara Raih Untung dengan Bisnis Waralaba Simply Fresh Laundry!

Bagi kamu yang pernah tinggal di kawasan pemukiman dan daerah kampus di Yogyakarta, pasti sudah tidak asing dengan brand Simply Fresh Laundry. Berawal dari usaha...
usaha bengkel mobil

Tertarik Usaha Bengkel Mobil? Ini Estimasi Modal dan Tips Suksesnya

Indonesia merupakan salah satu negara yang dikenal dengan tingginya jumlah pengguna mobil. Hal ini pun terlihat dari padatnya ruas jalan di kota-kota besar—yang dipenuhi oleh...
cara memilih supplier usaha kuliner

7 Tips Mencari Supplier yang Tepat Untuk Usaha Kuliner Kamu

Peluang usaha kuliner semakin bersinar di tahun 2021. Meski di tengah pandemi corona, usaha kuliner tidak terlalu terkena dampak ekonomi yang menurun. Sebaliknya, justru semakin banyak keuntungan bisnis yang...
bisnis sambal kemasan

Alasan Untuk Segera Memulai Bisnis Sambal Kemasan

Alasan Untuk Segera Memulai Bisnis Sambal Kemasan - Sambal masih menjadi primadona yang identik dengan kebanyakan santapan khas Indonesia. Rasanya yang pedas dan lezat menambah...

Artikel Terkait