Tips Sukses Manajemen Rumah Makan, Pemula Wajib Tahu!

Meskipun bisnis kuliner merupakan bisnis yang menjanjikan dan berpenghasilan besar, namun tidak sedikit tantangan yang akan kamu hadapi.

Sebagai pebisnis pemula, kamu harus memahami manajemen rumah makan yang baik, agar bisnismu bisa bertahan dan berkembang.

Manajemen Alur Kerja dalam Rumah Makan

Kamu harus bisa menentukan mana yang harus kamu tangani sendiri dan mana yang bisa kamu delegasikan pada tim.

Sehingga, potensi konflik atau masalah bisa teratasi dengan pemetaan tersebut. Simak uraian alur kerja pada masing-masing posisi berikut ini:

1. Pengadaan Bahan

Agar perkiraan persediaan bahan makanan tidak meleset, kamu bisa menggunakan perhitungan biaya makanan per porsi untuk menghitung biaya makanan keseluruhan.

Selain itu, biaya makanan per porsi berguna sebagai dasar mematok harga menu, sedangkan biaya keseluruhan untuk memberikan gambaran omset.

Kamu perlu mencatat semua bahan yang kamu butuhkan beserta rincian harganya dalam pembuatan satu porsi menu.

Setelah itu, perkirakan jumlah porsi yang akan terjual dalam satu hari. Jadi, perkiraan biaya dan bahan → pembelian → pasokan datang → penyimpanan/penggunaan.

2. Pelayanan Pelanggan

Pramusaji akan berinteraksi langsung dengan pelanggan, termasuk saat menyambut, menyarankan tempat, memberikan daftar menu, dan mencatat pesanan.

Maka, sebaiknya para pramusaji harus selalu update menu apa yang masih tersedia sekaligus bisa menjelaskan secara detail tentang menu rumah makan.

Update menu bisa pramusaji dapatkan dari juru masak atau asistennya.

Jadi, pramusaji update menu → menyambut → menyarankan tempat → memberikan daftar menu →  mencatat pesanan → menyerahkan ke dapur → mengantarkan makanan.

3. Penyajian Makanan

Juru masak atau chef dan asistennya yang bertanggung jawab pada proses manajemen rumah makan ini.

Ketika pramusaji memberikan catatan pesanan, asisten chef langsung mengambil dan menyiapkan bahan agar chef bisa mengolah bahan tersebut.

Alurnya, pesanan datang → asisten mengambil bahan → chef mengolah.

4. Pembayaran

Kasir tidak hanya bertugas menerima pembayaran tapi harus menjelaskan pembayaran yang bisa pelanggan pilih, menjelaskan promosi tertentu, serta merekap transaksi yang terjadi selama shiftnya. 

Jadi, alurnya sudah jelas, menerima salinan pesanan dari pramusaji → mencatat pesanan dengan rincian harganya → menginformasikan metode pembayaran dan promosi → merekap transaksi.

Tips Manajemen Rumah Makan yang Baik

Setelah kamu memahami alur kerjanya, kini simak tips-tips yang bisa kamu lakukan dalam manajemen rumah makan agar daya saing bisnis kamu meningkat berikut ini:

1. Membuat Konsep Rumah Makan yang Menarik

Sebenarnya, kamu tidak perlu menggali ide baru untuk membuat rumah makanmu ramai pelanggan.

Sebagai gantinya, kamu hanya perlu mengambil konsep lawas dan mengemasnya dengan kekreatifan kamu. Setelah itu, teruslah berinovasi hingga keunikan itu muncul dengan sendirinya.

Contoh konsep rumah makan yang menarik bisa kamu lihat di bawah ini!

2. Menyajikan Menu Khusus atau Menerapkan Penjadwalan Menu

Pelanggan tidak hanya datang untuk makan saja, tapi mereka seringkali berniat untuk berwisata kuliner atau mencoba menu-menu yang belum pernah mereka coba. 

Nah, manfaatkan kesempatan ini untuk menjadwalkan menu dan menyajikan menu khusus, misalnya menu sehat atau menu bahan yang sedang tren, seperti gambar di bawah ini!

3. Mengadakan Event Khusus

Kamu bisa mengadakan event khusus sebagai alternatif pemasukan ketika rumah makanmu sedang sepi.

Selanjutnya, berlakukan sistem denda sebesar 10-50% dari biaya pengadaan event, bilamana pelanggan membatalkan event di waktu yang mepet. Maka, uang tersebut bisa kamu gunakan untuk menutup biaya pengadaan.

Kamu tertarik mencoba cara ini tapi tidak mau ribet? Nah, tidak ada salahnya kalau kamu mengajak kerjasama dengan manajer event profesional yang memang sudah ahli menangani segala kebutuhan pengadaan event

4. Manfaatkan Teknologi

Tugas manajemen rumah makan kamu akan jauh lebih mudah menggunakan bantuan teknologi canggih saat ini.

Mulai dari perencanaan, komunikasi, marketing, hingga pelayanan. Kamu bisa membentuk tim khusus pada masing-masing bidang atau sangat mungkin bila kamu ingin mencoba melakukannya sendiri.

Misalnya, penggunaan sistem POS (Point Of Sales) untuk digitalisasi kasir rumah makan kamu.

Aplikasi POS bisa memudahkan segala aktivitas, sehingga dapat mengoptimalkan kinerja komponen rumah makan milikmu. Berikut adalah contoh penggunaan software POS untuk komunikasi jadwal kerja atau bertukar shift.

5. Manajemen Karyawan

Ada baiknya bila kamu menghormati hak-hak karyawanmu agar operasional rumah makan tidak terhambat.

Karena 46% manajer dan pemilik rumah makan mengatakan bahwa manajemen karyawan adalah tantangan nomor satu mereka.

Di bawah ini adalah tips manajemen karyawan di rumah makan.

  • Komunikasi yang Baik

Sebelum mempekerjakan karyawan, sebaiknya latih mereka agar mengerti sepenuhnya akan tugas dan tanggung jawab yang mereka emban. Kemudian, komunikasikan semua hal dengan jelas agar tidak terjadi kesalahpahaman.

  • Menjaga Kekompakan Tim

Sebagai pemilik rumah makan yang sukses, kamu harus melibatkan karyawanmu dalam setiap proses. Rasa saling membutuhkan akan menumbuhkan sikap kepedulian satu sama lain. Akhirnya, kamu dan karyawanmu bisa saling melengkapi untuk meraih visi misi rumah makan yang kamu jalankan.

  • Menciptakan Lingkungan yang Menyenangkan

Tekanan pasti ada di setiap pekerjaan, namun kamu bisa memecahkan beban berat sebesar apapun dengan kerjasama tim yang baik di lingkungan yang menyenangkan. Maka, usahakan menyelesaikan permasalahan dengan kepala dingin.

  • Menyediakan Fasilitas yang Memadai

Fasilitas yang kurang lengkap dan tidak memadai tentu akan membuat pekerjaan terhambat. Oleh karena itu, perhitungkan dengan cermat fasilitas apa saja yang kamu butuhkan untuk menjalankan manajemen rumah makan kamu.

  • Menjadi Pemimpin yang Ramah dan Tegas

Hal tersebut di atas tidak berjalan kalau kamu tidak bisa menjadi pemimpin yang ramah dan tegas. Tetap berikan konsekuensi atas kesalahan yang karyawanmu buat, agar mereka jera dan segan padamu. 

Di samping itu, kamu juga harus bersikap ramah, terutama saat karyawanmu memiliki hal yang ingin mereka sampaikan.

6. Fokus Pada Pelayanan Pelanggan

Kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan slogan. “Pelanggan adalah Raja”. Bagi pebisnis, pelanggan harus selalu terpenuhi kebutuhannya dan mendapat pelayanan terbaik agar rantai bisnis kamu selalu berkesinambungan. Apalagi di era digital ini, mudah sekali untuk para pelanggan beralih ke produk atau jasa lainnya.

7. Jadwalkan Pertemuan Rutin Antar Tim Manajemen

Pertemuan rutin antar tim manajemen perlu kamu adakan meskipun hanya dua orang saja. Di pertemuan tersebut, kamu bisa memastikan bahwa bisnis kamu masih sejalan dengan visi misi awal. Selain itu, kamu bisa merencanakan tujuan dan rencana terbaru untuk satu minggu atau satu bulan mendatang.

Yuk, Terapkan Manajemen Rumah Makan yang Baik!

Rumah makan yang sukses adalah rumah makan yang memiliki manajemen yang baik dan terus melakukan inovasi.

Selain itu, manfaatkan teknologi yang ada untuk memudahkan bisnismu sehingga kesuksesan bisa segera kamu rasakan bersama dengan seluruh karyawanmu.

Selamat mencoba!


Temukan inspirasi lainnya tentang tips bisnis hanya di lokalsupportlokal.id

Mimpinya kembangkan bisnis di pasar global
Kenyataannya masih kurang modal


Eits .. Jangan sedih!
KoinBisnis bisa kasih kamu pinjaman modal sampai dengan Rp. 2 Miliar

Simulasikan pinjamanmu sekarang!
Kalkulator Simulasi Pinjaman
Ketahui maksimum pinjaman dan cicilan per bulan
+62
Estimasi jumlah maksimum pinjaman

Rp

Estimasi cicilan bulanan
  • Tenor 6 bulan: Rp
  • Tenor 12 bulan: Rp
  • Tenor 24 bulan: Rp

Install aplikasi KoinWorks dan mulai ajukan pinjaman di KoinBisnis!

Ajukan Pinjaman Sekarang

Cek SKOR Kredit

Klik Gambar Dibawah!

Artikel Terpopuler

usaha-barbershop

Tips Sukses Memulai Usaha Barbershop

Tips Sukses Memulai Usaha Barbershop - Ingin memulai bisnis barbershop namun bingung mulai dari mana? Usaha barbershop (pangkas rambut) memang berkembang cukup pesat terutama...
Simply Fresh Laundry

Simple, Ini Cara Raih Untung dengan Bisnis Waralaba Simply Fresh Laundry!

Bagi kamu yang pernah tinggal di kawasan pemukiman dan daerah kampus di Yogyakarta, pasti sudah tidak asing dengan brand Simply Fresh Laundry. Berawal dari usaha...
usaha bengkel mobil

Tertarik Usaha Bengkel Mobil? Ini Estimasi Modal dan Tips Suksesnya

Indonesia merupakan salah satu negara yang dikenal dengan tingginya jumlah pengguna mobil. Hal ini pun terlihat dari padatnya ruas jalan di kota-kota besar—yang dipenuhi oleh...
cara memilih supplier usaha kuliner

7 Tips Mencari Supplier yang Tepat Untuk Usaha Kuliner Kamu

Peluang usaha kuliner semakin bersinar di tahun 2021. Meski di tengah pandemi corona, usaha kuliner tidak terlalu terkena dampak ekonomi yang menurun. Sebaliknya, justru semakin banyak keuntungan bisnis yang...
bisnis sambal kemasan

Alasan Untuk Segera Memulai Bisnis Sambal Kemasan

Alasan Untuk Segera Memulai Bisnis Sambal Kemasan - Sambal masih menjadi primadona yang identik dengan kebanyakan santapan khas Indonesia. Rasanya yang pedas dan lezat menambah...

Artikel Terkait