Ide Konsep Salon Rumahan, Mudah dan Nyaman!

Bagi pengusaha yang ingin membangun bisnis salon, rumah menjadi pilihan terbaik jika tidak punya cukup modal untuk menyewa ruko. Namun masalahnya, bagaimana cara mendesain rumah sebagai salon.

Berikut ini ide konsep salon rumahan yang pastinya mudah dan nyaman untuk kamu terapkan.

Yuk, simak ulasannya!

Ide Konsep Salon Rumahan

Adapun konsep salon rumahan yang bisa kamu coba antara lain:

1. Salon Modern Homey

Konsep pertama yaitu modern homey yang terlihat simple namun berkelas. Jika kamu memiliki cukup ruangan di rumah, konsep ini cocok untuk kamu.

Salon sebaiknya diletakkan di bagian depan rumah sehingga mempermudah dalam proses lalu lalang pelanggan kamu nantinya. Adapun untuk catnya, kamu bisa memberikan warna putih dengan tambahan lis emas di beberapa sisi dinding. 

Ini mungkin terdengar sederhana, namun akan terlihat sangat berkelas dan modern. Kamu juga bisa menambahkan pencahayaan ciamik agar salon kamu tampil lebih elegan.

Tidak hanya itu, untuk membuat salon tampil lebih memukau, kamu bisa menambahkan aksen kayu di dalamnya, baik pada rak tempat menyimpan peralatan ataupun mejanya. Peralatan dari kayu sudah ada banyak di pasaran, jadi pasti akan sangat mudah untuk mendapatkannya. Tertarik menerapkan konsep salon modern homey?

2. Salon Monokrom

Walaupun salon rumahan, tentunya kamu juga harus memperhatikan desainnya sehingga pelanggan bisa nyaman saat berada di salon milikmu. Salah satu desain yang bisa kamu coba yaitu monokrom.

Desain ini bisa membantu untuk membuat salon yang minimalis menjadi kelihatan mewah. Kamu bisa memberikan cat perpaduan antara warna hitam dan putih. 

Selain itu, sebaiknya kamu menambahkan lampu downlight berwarna kuning sehingga bisa memberikan aksen pencahayaan yang elegan dan cantik. 

Adapun untuk mempercantik salon tersebut, kamu juga bisa menambahkan beberapa furniture seperti meja, rak, ataupun lukisan. Untuk meja dan raknya, kamu bisa menggunakan warna putih atau hitam sesuai dengan selera, ya.

Adapun untuk lukisannya sebaiknya menggunakan warna yang berbeda sehingga ruangan salonmu tampak lebih hidup. Untuk kesan yang lebih menawan, sebaiknya kamu menggunakan keramik warna putih, ya.

3. Salon Modern Elegan

Ide konsep salon rumahan selanjutnya yaitu salon dengan konsep modern elegan. Namun konsep ini cocok untuk kamu yang memiliki ruangan yang cukup luas untuk membuat salon. 

Adapun warna cat yang bisa kamu coba yaitu abu-abu. Warna ini bisa menciptakan kesan elegan dan modern pada ruangan. Tidak hanya itu, ini menjadi pilihan juga karena bisa memberikan kenyamanan dan ketenangan untuk setiap orang. 

Namun karena menggunakan warna abu-abu, maka sebaiknya kamu menggunakan pencahayaan yang cukup. Cahaya yang kurang bisa menciptakan suasana suram bahkan membosankan pada salon kamu.

Untuk mengakali hal ini, kamu bisa memberikan satu lampu besar di tengah-tengah. Atau jika tidak memungkinkan, kamu bisa memberikan beberapa lampu di salon sampai pencahayaannya cukup baik.

Kamu juga bisa memberikan beberapa furniture berwarna putih seperti rak, meja, ataupun kursi. Pastinya ini akan menambah keindahan salon kamu sehingga para pelanggan akan semakin nyaman dan akan terus kembali lagi.

4. Salon Modern Industrial

Walaupun kamu membuat salon di rumah, kamu bisa mencoba konsep ini. Apalagi jika kamu memiliki ruangan yang cukup luas untuk membangun sebuah salon.

Konsep modern industrial bisa kamu mulai dengan memajang kaca besar vertikal dan bingkai dengan kemiringan tertentu. Bisa dipastikan ini akan membuat pengunjung tertarik karena mereka merasa seperti berada dalam sebuah bingkai tersebut.

Adapun untuk temboknya, kamu bisa memberikan motif batu-batuan berwarna putih. Bagian inilah yang akan memberikan efek industrial pada salon kamu.

Tidak hanya itu, kamu juga bisa menambahkan lampu di bagian langit-langit untuk menambah kesan modernnya. Konsep ini tidak banyak orang gunakan sehingga bisa membuat salon kamu unik dan berbeda daripada salon lainnya.

Ini tentunya akan menarik banyak pelanggan dan meningkatkan profit bisnis salon yang kamu jalankan. Jadi walaupun kamu menjalankan salon di rumah, pengunjung tetap akan datang karena keunikan salon yang kamu miliki.

5. Salon Gaya Klasik

Ide konsep salon rumahan selanjutnya yaitu salon gaya klasik. Gaya ini lebih menonjolkan style yang sederhana tapi tetap nyaman dilihat.

Konsep ini sangat sederhana sehingga pasti sangat mudah untuk kamu terapkan. Jika memiliki ruangan minimalis di rumah, gaya klasik menjadi pilihan terbaik. Kamu bisa meletakkan dua tempat untuk mencuci rambut, kemudian memberikan desain kayu pada lantai ataupun dinding.

Tidak hanya itu, kamu juga bisa memberikan hiasan lukisan dinding kecil untuk mempermanis ruangan. Apalagi jika ada tambahan rak kayu sebagai tempat menaruh shampo atau peralatan salon lainnya, maka kesan klasik pada ruangan tersebut akan lebih kentara.

Namun pastikan kamu meletakkan semua peralatan tersebut dengan rapi agar salon kamu akan tampak semakin cantik. Pengunjung tentu lebih suka salon yang tertata rapi dan bersih, bukan?

6. Salon Gaya Maskulin

Konsep salon rumahan ini cocok untuk diterapkan pada salon dengan target pasar laki-laki. Karena bentuk dan desainnya yang sangat cocok dengan gaya laki-laki pada umumnya. 

Adapun warna cat yang bisa kamu pilih yaitu warna gelap pada bagian dinding dan plafon. Mengapa warna gelap?

Karena laki-laki biasanya menyukai warna gelap, sehingga bisa menciptakan gaya maskulin dan menakjubkan. Untuk menyeimbangkan warnanya, kamu bisa memberikan pencahayaan yang cukup atau menambahkan furniture berwarna terang.

Jika semuanya berwarna gelap malah akan menimbulkan tampilan yang terkesan suram. Dengan pencahayaan yang cukup, warna asli dari dinding dan plafon akan jelas terlihat dan nyaman dipandang. 

Walaupun dalam ruangan sempit dan sederhana, tapi dengan desain yang tepat, tentunya pelanggan tetap akan merasa nyaman untuk berlama-lama di salon kamu. Tertarik menerapkan konsep salon ini?

7. Salon Minimalis Mewah 

Jika kamu sedang mencari konsep salon rumahan simpel tapi mewah, konsep ini menjadi pilihan terbaik. Dengan mengaplikasikan kaca cermin yang unik dengan aksen warna emas, bisa membuat salon kamu tampak menawan. 

Tidak hanya itu, kamu juga bisa menambahkan lampu gantung dekoratif di tengah salon dengan warna emas. Untuk bagian kursi dan mejanya, kamu bisa menggunakan warna putih. 

Bagian rak bisa kamu letakkan di bagian pojok sehingga tidak akan mengganggu  lalu lalang pelanggan. Untuk warnanya, kamu bisa memilih warna yang sesuai dengan warna kursi atau meja dan pastinya kontras dengan dindingnya.

Adapun untuk dinding, kamu bisa menggunakan perpaduan beberapa warna atau satu warna sesuai selera seperti di gambar. Maka, ini akan membuat salon kamu semakin cantik dan mewah.

Sudah Menemukan Ide Konsep Salon Rumahan?

Itu dia beberapa ide konsep salon yang bisa kamu aplikasikan saat membukanya di rumah.

Setelah kamu mengetahui beberapa ide konsep dalam membangun salon rumahan tersebut, kamu tinggal menentukan untuk menggunakan konsep yang mana, ya.

Pilih salah satu yang menurut kamu paling cocok untuk diterapkan di rumah, atau jika memungkinkan kamu bisa mengombinasikan beberapa ide tersebut.

Selamat mencoba!


Temukan inspirasi lainnya seputar tips bisnis hanya di lokalsupportlokal.id

Mimpinya kembangkan bisnis di pasar global
Kenyataannya masih kurang modal


Eits .. Jangan sedih!
KoinBisnis bisa kasih kamu pinjaman modal sampai dengan Rp. 2 Miliar

Simulasikan pinjamanmu sekarang!
Kalkulator Simulasi Pinjaman
Ketahui maksimum pinjaman dan cicilan per bulan
+62
Estimasi jumlah maksimum pinjaman

Rp

Estimasi cicilan bulanan
  • Tenor 6 bulan: Rp
  • Tenor 12 bulan: Rp
  • Tenor 24 bulan: Rp

Install aplikasi KoinWorks dan mulai ajukan pinjaman di KoinBisnis!

Ajukan Pinjaman Sekarang

Cek SKOR Kredit

Klik Gambar Dibawah!

Artikel Terpopuler

usaha-barbershop

Tips Sukses Memulai Usaha Barbershop

Tips Sukses Memulai Usaha Barbershop - Ingin memulai bisnis barbershop namun bingung mulai dari mana? Usaha barbershop (pangkas rambut) memang berkembang cukup pesat terutama...
Simply Fresh Laundry

Simple, Ini Cara Raih Untung dengan Bisnis Waralaba Simply Fresh Laundry!

Bagi kamu yang pernah tinggal di kawasan pemukiman dan daerah kampus di Yogyakarta, pasti sudah tidak asing dengan brand Simply Fresh Laundry. Berawal dari usaha...
usaha bengkel mobil

Tertarik Usaha Bengkel Mobil? Ini Estimasi Modal dan Tips Suksesnya

Indonesia merupakan salah satu negara yang dikenal dengan tingginya jumlah pengguna mobil. Hal ini pun terlihat dari padatnya ruas jalan di kota-kota besar—yang dipenuhi oleh...
cara memilih supplier usaha kuliner

7 Tips Mencari Supplier yang Tepat Untuk Usaha Kuliner Kamu

Peluang usaha kuliner semakin bersinar di tahun 2021. Meski di tengah pandemi corona, usaha kuliner tidak terlalu terkena dampak ekonomi yang menurun. Sebaliknya, justru semakin banyak keuntungan bisnis yang...
bisnis sambal kemasan

Alasan Untuk Segera Memulai Bisnis Sambal Kemasan

Alasan Untuk Segera Memulai Bisnis Sambal Kemasan - Sambal masih menjadi primadona yang identik dengan kebanyakan santapan khas Indonesia. Rasanya yang pedas dan lezat menambah...

Artikel Terkait