Hindari Sekarang, 5 Kesalahan Menggunakan Instagram Dalam Bisnis Online

Hindari Sekarang, 5 Kesalahan Menggunakan Instagram Dalam Bisnis Online – Sampai dengan sekarang, Instagram menjadi salah satu media yang sangat populer.

Tidak hanya digunakan untuk masyarakat khususnya muda-mudi dalam membagikan foto kegiatannya, tetapi juga bagi bisnis online.

Negara Indonsia, bahkan menjadi salah satu negara yang memiliki pengguna Instagram terbanyak, lho.

Saking populernya media sosial ini, maka dari itu banyak yang memanfaatkan untuk menggunakan platform ini sebagai sarana untuk jualan secara online.

Tetapi, dengan banyaknya orang yang berjualan di Instagram, bagaimana caranya supaya produk kamu tetap menarik pembeli dan tidak “sepi”?

Pastikan, kamu menghindari 5 kesalahan menggunakan Instagram ini, ya!

5 Kesalahan Menggunakan Instagram Dalam Bisnis Online

1
Konten Tidak Menarik

kesalahan menggunakan instagram-5

Instagram adalah media sosial yang memperlihatkan foto sebagai mediumnya. Maka dari itu, kamu harus benar-benar memperhatikan kualitas foto yang diunggah.

Sebenarnya ada banyak kesalahan menggunakan Instagram yang bisa membuat konten kurang menarik yaitu, feed yang tidak rapi, foto kurang bagus dan caption yang asal.

Ketika menggunakan Instagram sebagai ladang berbisnis, kamu harus usahakan bahwa konten yang diunggah menarik ala selebgram profesional sehingga orang akan suka melihat dan explore feed kamu.

Baca Juga: Pentingnya Kemasan Produk, Ini 5 Alasannya

Selain itu, pastikan foto-foto yang ada di feed Instagram kamu memiliki kualitas baik dalam artian tidak pecah.

Kalau bisa ambil sendiri foto produk kamu menggunakan kamera saat ini sudah banyak lho, tutorial membuat foto produk yang menarik di YouTube atau Tiktok.

Kalau memang masih belum percaya diri membuat sendiri, kamu bisa mempertimbangkan untuk memperkerjakan seorang ahli.

Hal lainnya, kamu juga bisa bermain di dalam caption. Coba ceritakan dengan baik tentang produk dan jadikan tulisan kamu di caption sebagai “trigger” untuk berinteraksi dengan followers.

2
Kurang Berinteraksi dengan Followers

kesalahan menggunakan instagram-3

Kesalahan menggunakan Instagram berikutnya adalah tidak meluangkan waktu lebih untuk berinteraksi dengan followers. Tentu saja, followers adalah audiens penting bagi bisnis online, karena mereka tak hanya bisa melakukan keputusan pembelian, tapi bisa juga menjadi sarana promosi produk kamu.

Alasannya? karena ketika mereka puas akan layanan bisnis online kamu, bukan tidak mungkin mereka akan bagikan atau merekomendasikan produk kamu kepada followersnya atau rekan-rekannya.

Baca Juga: 5 Ide Bisnis yang Bisa Berkembang di Era New Normal

Dalam berbisnis online, rekomendasi orang terpercaya penting adanya dalam mempercepat angka penjualan. Maka tak heran, kalau fenomena influencer atau endorsement semakin marak.

Maka dari itu, pastikan kamu aktif berinteraksi dengan followers di Instagram. Respon komen mereka yang berupa pernyataan atau pertanyaan. Dengan begitu, mereka akan lebih merasa dihargai dan engage dengan bisnis kamu.

3
Tidak Aktif di Instagram Story

kesalahan menggunakan instagram-1

Jangan hanya memikirkan feed saja, tapi pastikan kamu aktif juga di Instagram Story. Salah satu fitur dari Instagram yang berlaku hanya 24 jam ini sangat populer karena kesan eksklusifnya.

Nah, melalui Instagram Story juga kamu bisa memperbanyak interaksi dengan followers. Entah untuk melontarkan pertanyaan untuk berdiskusi atau membahas sebuah topik yang sering dipertanyakan.

Kamu bisa memanfaatkan banyak fitur di Instagram Story seperti ask me question, polling dan lainnya.

Jangan lupa setelah membahas informasi penting di Instagram Story, masukan ke dalam highlight agar tetap bisa diakses oleh followers kamu ke depannya.

4
Kurang Bijak Menggunakan Hashtag

kesalahan menggunakan instagram-4

Hashtag memang sangat membantu sebuah postingan di Instagram untuk mendapatkan banyak exposure, tetapi kamu juga harus bijak menggunakannya.

Kesalahan menggunakan Instagram ini biasanya dialami oleh para pebisnis online di Instagram yang baru memulai.

Baca Juga: Bisnis Saat New Normal, Ini 6 Hal yang Harus Diperhatikan

Dengan alasan ingin mendapat tambahan exposure, mereka menaruh banyak hashtag pada setiap konten yang diposting, walaupun tidak begitu sesuai dengan produk bisnis.

Hal ini harus dihindari karena tidak efektif dan membuat kesan tidak profesional pada konten kamu. Sebaiknya, gunakan hashtag yang memang relevan dengan produk kamu, hal ini bisa membuat produk kamu terpapar kepada target market yang sesuai.

5
Melakukan Spamming

kesalahan menggunakan instagram-2

Kesalahan terakhir, jangan sampai kamu melakukan spamming di dalam komentar selebritis. Tak hanya itu, melakukan tag massal juga sebaiknya diurungkan.

Alasannya? kamu bisa sangat menganggu tidak hanya untuk selebritis tersebut tetapi juga dengan para fansnya. Alih-alih mendapatkan followers baru, akun kamu bisa saja terkena report atau block.

Setelah mengetahui kesalahan-kesalahan dalam menggunakan Instagram ini sekarang seharusnya kamu bisa lebih bijak dalam melakukan promosi.

Nah, berbicara tentang promosi, kalau kamu ingin produk bisnis online mendapatkan banyak exposure dari <30,000 followers ikuti program #LokakSupportLokal dari KoinWorks, yuk!

Dengan program #LokalSupportLokal, para pelaku UKM akan dibantu dalam mempromosikan usahanya khalayak banyak dengan cara:

  • Menginformasikan secara lengkap tentang produk/jasa dari bisnis UKM yang terdaftar dalam microsite ini.
  • Mempromosikan bisnis UKM ke lebih dari 36k followers melalui Instagram dan Twitter resmi KoinWorks.

Yuk, segera daftarkan bisnis kamu di sini!