Ide Bisnis Kerajinan Tangan dari Kain Flanel, Modal Kecil, Omset Puluhan Juta!

Ide Bisnis Kerajinan Tangan dari Kain Flanel, Modal Kecil, Omset Puluhan Juta! –  Memasuki penghujung tahun 2020, Presiden Jokowi mengumumkan bahwa Indonesia resmi berada dalam resesi.

Itu artinya, kita harus pintar-pintar memutar otak agar bisa bertahan menghadapi imbas ekonomi.

Salah satu cara bertahan di tengah resesi adalah dengan mendongkrak konsumsi rumah tangga.

Kok justru menambah konsumsi, bukannya harus menabung? Well, menjaga keuangan agar tetap aman selama guncangan resesi memang penting, tapi kalau memikirkan kesejahteraan masyarakat bersama, tidak ada salahnya lho berbelanja.

Kamu bisa mulai dari membeli atau berinvestasi pada produk UMKM atau justru memulai bisnismu sendiri agar bisa merekrut pekerja.

Jika kamu belum pernah berbisnis, kini ada banyak ide-ide unik usaha yang bisa kamu coba.

Tak perlu khawatir akan modal usaha, kamu bisa kok memulai bisnismu dengan modal di bawah 10 juta.

Salah satu peluang bisnis yang bisa kamu coba adalah usaha kerajinan tangan flanel.

Mengapa Memilih Usaha Kerajinan Tangan Flanel?

Bisnis kerajinan dari kain flanel memerlukan modal yang relatif kecil karena; harga bahan dasarnya murah, tekstur kain mudah dibentuk, serta mudah didapatkan.

Usaha ini sangat cocok untuk ibu rumah tangga karena bisa dilakukan dari rumah sembari mengurus keluarga.

Jenis kain flanel yang umum dipakai adalah kain flanel akrilik, kain flanel bamboo, Kain flanel blend, serta kain flanel polyester.

Jika kamu sedang mencari ide usaha ramah lingkungan , sebaiknya memilih produk kerajinan tangan berbahan dasar kain flanel bamboo yang terbuat dari serat bambu dan serat.

Produk ini tergolong eco friendly karena mudah terurai alam, tak heran jika kerajinan tangan kain flanel bambu sering digunakan untuk bahan sepatu bayi

Ragam Produk Kerajinan Tangan Kain Flanel

Bagaimana, tertarik menekuni usaha kerajinan tangan dari kain flanel? Ada beragam hasil produk yang bisa kamu kreasikan loh, diantaranya:

1. Hadiah Spesial dari Kain Flanel

Banyak orang merayakan hari bahagianya dengan memberikan bouqet bunga, bingkai foto, boneka idol atau gantungan nama yang memakai bahan dasar kain flanel.

Jika kamu menghadiri wisuda teman, pasti banyak menemui boneka pajangan lengkap dengan selempang gelar dan toganya, bukan?

Begitu pula dengan hiasan bunga dari kain flanel yang banyak diserbu pembeli karena dinilai lebih tahan lama dibanding bunga yang cepat layu.

Harganya yang murah pun jadi pertimbangan khusus mengapa produk berbahan dasar kain flanel kerap laris di acara-acara besar seperti wisuda atau konser.

2. Souvenir dari Kain Flanel

Wah, kamu bisa untung besar nih kalau sukses menjadi vendor souvenir pernikahan atau acara kantor.

Selain pemesanan dalam jumlah besar, kamu juga bisa memasarkan produkmu secara luas dengan menaruh label nama di souvenir.

Produk kerajinan tangan kain flanel yang umumnya dijadikan souvenir adalah gantungan kunci, bros jilbab, dompet, bingkai foto, dan tas.

3. Perabotan Rumah Tangga dari Kain Flanel

Jika kamu menargetkan Ibu rumah tangga sebagai konsumen utama, maka pilihlah produk yang tak hanya cantik namun juga fungsional. Misalnya toples, tatakan piring, pembungkus botol/vas kecil, dan kotak tisu.

Akan lebih baik lagi jika kamu memiliki target pemasaran yang jelas. Misalnya, produk toples kain flanel khusus Idul Fitri atau wadah kue dengan hiasan natal.

Hasilkan Omset Jutaan Rupiah dengan Bisnis Kerajinan Tangan Kain Flanel 

Fleurify adalah salah satu kisah sukses usaha kerajinan tangan kain flanel yang meraih omset puluhan juta rupiah.

Pemiliknya, Natura Kusumadewi (Nana), memulai usahanya dengan modal awal Rp 600 ribu dan menghasilkan omset hingga Rp 50 juta dalam sebulan.

Dilansir dari interviewnya dengan JPNN , Nana menawarkan premium bouqet bunga dengan beragam model, ukuran, dan warna.

Seperti bouqet bunga mawar, matahari, dan krisan yang sangat mirip dengan bunga aslinya.

Nana juga menyiapkan produk lain seperti flower board, flower basket, dan flower frame dengan tulisan di dalamnya.

Untuk menjangkau konsumen, Nana memasarkan produknya melalui instagram dan cara ini terbukti efektif.

Kamu pun juga bisa meraup omset besar dengan berjualan online, loh. Kuncinya, jangan ragu memulai bisnismu sendiri!

Walaupun di tengah resesi, kamu tetap bisa mengembangkan bisnis dengan pinjaman modal usaha melalui KoinBisnis dari KoinWorks.

Dengan bunga flat mulai dari 0.75% per bulan, KoinBisnis dari KoinWorks menawarkan jumlah pinjaman minimal Rp5 juta hingga Rp2 miliar.

Tak hanya itu, KoinWorks juga akan membantu promosi produkmu melalui Instagram dan Twitter resmi KoinWorks secara gratis dengan mengikuti program #LokalSupportLokal.

Yuk, manfaatkan hobi kamu menjadi bisnis beromset puluhan juta rupiah bersama Super Financial App KoinWorks!