Pentingnya Kemasan Produk dalam Berbisnis, Ini 5 Alasannya

Pentingnya Kemasan Produk, Ini 5 Alasannya – Bagi seorang pebisnis, kemasan produk atau packaging adalah hal penting lho yang harus diperhatkan. Apalagi, jika kamu berjualan secara online, produk yang difoto dengan packaging yang bagus tentu lebih menarik perhatikan konsumen.

Saking pentingnya, hal ini uga bisa dibilang bagian dari branding untuk memasarkan dan mengenalkan produk kamu ke pasaran.

Sayangnya, banyak lho pebisnis yang dirasa kurang memperhatikan dan berpikir bahwa yang terpenting adalah kualitas produk.

Padahal, kemasan yang baik sangat mempengaruhi penjualan, karena produk akan lebih terlihat menarik di mata konsumen.

5 Alasan Kenapa Kemasan Produk Penting Dalam Berbisnis

1
Membuat Produk Lebih Menarik

kemasan-produk-1

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa kemasan produk penting untuk bisa membuat konsumen tertarik akan apa yang kita jual.

Jangan setengah-setengah, bila perlu cari dan pekerjakan seorang desainer yang lebih ahli dan paham untuk membuat kemasan untuk kamu.

Kamu bisa memberitahukan desainer tersebut, tentang bisnis kamu dan apa yang ingin kamu tunjukan kepada konsumen.

Dengan begitu, mereka akan lebih mudah dalam menentukan desain, bentu, material yang baik, cocok dengan produkmu dan tentunya unik.

2
Produk Lebih Terlindungi

kemasan-produk-2

Hal penting lainnya kenapa kemasan produk penting adalah ia bisa melindungi produk supaya tidak cepat rusak.

Hal in tentu saja sangat menguntungkan, terlebih untuk kamu yang jualan online, karena kamu pasti akan sering melakukan pendistribusian atau pengiriman produk.

Resiko produk menjadi rusak pun bisa diminimalisir dengan adanya packaging.

3
Produk Terlihat Lebih Spesial

kemasan-produk-3

Ada kalanya kamu menjual produk yang sama dengan orang lain, nah di sinilah fungsi kemasan produk.

Dengan memiliki packaging, produk kamu akan terlihat berbeda dan spesial. Tak hanya itu, konsumen juga akan lebih mudah mengingat produk dari bisnis kamu.

4
Sarana Dalam Promosi Produk

kemasan-produk-4

Dengan menggunakan kemasan produk, kamu bisa menaruh beragam informasi tentang bisnis kamu seperti logo, tagline, harga, alamat website, akun media sosial dan lainnya.

Nah, informasi-informasi di atas adalah bagian dari cara promosi dalam rangka memperkenalkan keunggulan produk.

Tetapi, usahakan informasi tersebut jangan berlebihan dan memenuhi desain kemasan karena akan menjadi tidak menarik dan tak enak dilihat.

Nah berbicara tentang promosi, kamu bisa lho mempromosikan produk kamu secara online dengan mengikuti program #LokalSupportLokal dari KoinWorks.

Dengan program #LokalSupportLokal, para pelaku UKM akan dibantu dalam mempromosikan usahanya khalayak banyak dengan cara:

  • Menginformasikan secara lengkap tentang produk/jasa dari bisnis UKM yang terdaftar dalam microsite ini.
  • Mempromosikan bisnis UKM ke lebih dari 36k followeres melalui Instagram dan Twitter resmi KoinWorks.

Yuk, segera daftarkan bisnis kamu!

5
Membangun Kepercayaan Konsumen

kemasan-produk-5

Tahukah kamu? bahwa kemasan produk juga bisa meningkatkan kepuasan pelanggan, lho apalagi untuk kamu penggiat bisnis online.

Ya, tentu konsumen akan sangat senang jika produk sampai di tangannya dalam keadaan bagus dan baik. Alasannya, karena packaging yang melindungi seluruh isi produk.

Kalau konsumen sudah merasa puas dengan layanan kita, tentu bukan hal yang tak mungkin mereka akan melakukan pembelian ulang karena telah percaya dengan bisnis kamu.

Itulah 5 alasan kenapa hal ini penting adanya, jadi pastikan produk kamu memiliki kemasan produk yang baik, ya!