7 Kelemahan Bisnis Online dan Tips Menghindari Kegagalannya

Walaupun memiliki banyak kelebihan, namun sebagai pebisnis kamu harus waspada terhadap kelemahan bisnis online ini.

Karena jika kamu acuh dan tidak hati-hati, kelemahan tersebut bisa saja menghancurkan usaha yang kamu lakukan.

Oleh sebab itu, kamu wajib mempelajari kelemahan bisnis dan cara menghindarinya.

Apa Saja Kelemahan Bisnis Online?

Setiap usaha pastinya punya risiko dan kelemahan yang harus kamu tanggung.

Hal ini sudah menjadi tatanan kehidupan dalam berbisnis.

Bahkan bisnis online yang punya  banyak keunggulan dan berpeluang besar pastinya punya kelemahan yang harus kamu waspadai.

Lalu, apa saja kelemahan tersebut? Ini dia penjelasannya.

1. Beberapa Bisnis Membutuhkan Modal yang Lebih Besar

Jika kamu pernah mendengar biaya perawatan dan operasional dari bisnis online lebih ringan, memang tidak salah seratus persen. Namun pada beberapa kasus bisnis online ternyata membutuhkan modal awal yang lebih besar daripada bisnis konvensional.

Hal ini pastinya karena pembangunan sistem dan teknologi yang terintegrasi membutuhkan modal yang cukup besar. Kelemahan bisnis online ini tentu saja menjadi salah satu hal yang harus pebisnis sikapi dengan bijak. Penentuan skema bisnis serta tujuannya harus seimbang dengan realisasi dan budgeting yang perusahaan miliki.

2. Tingkat Persaingan Bisnis yang Cukup Besar

Mungkin kamu tertarik mencoba peruntungan pada bisnis online karena melihat peluang yang besar dengan jangkauan pasar yang luas. Namun kamu juga harus ingat, hal ini juga terpikirkan oleh jutaan orang yang ikut terjun pada bidang bisnis yang sama.

Bahkan semakin mudahnya teknologi menghubungkan penjual dan pembeli, tingkat persaingan juga akan semakin tinggi. Bahkan bisnis yang punya modal lebih kecil bisa saja terasingkan oleh persaingan bisnis karena memiliki modal yang terbatas jika dibandingkan dengan kompetitornya.

3. Kelemahan Bisnis Online pada Tingkat Keamanan Transaksi

Walaupun punya keunggulan karena mudah untuk melakukan transaksi, namun tingkat keamanan dari bisnis online cukup mengkhawatirkan. Hal ini membuat banyak orang masih ragu untuk melakukan transaksi secara online

Belum lagi banyaknya kasus penipuan bisnis online abal-abal yang cukup meresahkan, bahkan karena ada risiko kejahatan siber yang menggunakan pembayaran online. Oleh sebab itu pebisnis, harus membangun sistem keamanan berlapis. Namun terkadang, sistem keamanan tersebut masih memiliki risiko kebocoran data dan sebagainya.

4. Rawan Krisis Kepercayaan Pelanggan 

Karena hanya bisa melihat gambar katalog dan membaca spesifikasi, pastinya akan terjadi krisis kepercayaan pelanggan pada produk yang penjual tawarkan. Oleh sebab itu, pebisnis harus bisa menggiring dan membentuk kepercayaan pelanggan dengan beragam cara.

Apalagi, tidak adanya kesempatan untuk mencoba produk yang kamu jual akan bisa jadi masalah di kemudian hari jika pelanggan merasa tidak puas dengan produk. Tak heran jika perlu effort yang lebih tinggi untuk menumbuhkan kepercayaan pelanggan.

5. Kemungkinan Terjadinya Situs Crash 

Karena sangat bergantung pada teknologi dan internet, kelemahan bisnis online yang berikutnya adalah kemungkinan terjadi situs crash. Hal ini pastinya akan sangat memengaruhi kepuasan pelanggan serta kredibilitas dari bisnis yang kamu jalankan. 

Apalagi, masih ada kemungkinan terjadi pelebaran kasus yang mengharuskan untuk membawanya ke jalur hukum. Hal tersebut tentu akan mengganggu aktivitas operasional bahkan berisiko merusak tatanan bisnis. Tak heran jika pada proses bisnis online, butuh jalur koneksi yang stabil sekaligus aman.

6. Bisnis Online Tidak Sepraktis yang Kamu Bayangkan

Walaupun menjadi bisnis yang lebih mudah penanganannya daripada bisnis konvensional, namun kenyataannya tidak akan sepraktis yang kamu bayangkan. Terkait operasional bisnis seperti ini lebih memakan banyak waktu dan tenaga, apalagi terkait masalah transaksi, packaging, dan pengiriman.

Jadi, untuk menggeluti bisnis ini, setidaknya kamu akan butuh lebih banyak SDM jika ingin bisnis lebih berkembang. Selain itu kamu juga harus memiliki tenaga IT yang senantiasa siap mengatasi masalah yang terjadi. 

Tak heran beberapa pebisnis menggunakan aplikasi pendukung bisnis untuk mengurangi kebutuhan dan pengeluaran untuk gaji.

7. Kelemahan Bisnis Online Terkait Regulasi Hukum

Masalah terbesar dari bisnis online adalah terkait hukum siber yang masih kurang optimal khususnya di Indonesia. Karena pada beberapa hukum yang berlaku, masih banyak istilah hukum yang belum spesifik dan menimbulkan celah bagi oknum tak bertanggung jawab.

Belum lagi terkait keamanan dari badan pengawas yang belakangan ini sering terbobol oleh hacker. Hal ini pastinya akan sangat merugikan pebisnis jika data perusahaan jatuh ke tangan pihak yang tidak bertanggung jawab tanpa perlindungan hukum yang jelas. 

Tips Menghindari Kegagalan dalam Bisnis Online

Dari beberapa kelemahan bisnis online tersebut, dapat kamu simpulkan bahwa menjalankannya butuh effort yang lebih besar.

Namun beberapa tips ini bisa kamu aplikasikan ke dalam bisnis milikmu, agar kelemahan-kelemahan tersebut dapat kamu minimalisir.

1. Lakukan Riset Pasar Mendalam untuk Penyesuaian Bisnis

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah melakukan riset dan niche pasar yang ingin kamu targetkan. Kamu tidak bisa asal menjual barang, pemahaman terhadap target juga menjadi poin penting dalam riset pasar. Intinya, kamu perlu memiliki data yang akurat serta tujuan yang jelas.

2. Buat Sistem dan Jalur Bisnis yang Aman

Untuk menghindari kegagalan, ada baiknya kamu mengutamakan pembuatan jalur bisnis yang aman. Tentunya, kamu bisa memilih supplier dan distributor terpercaya, serta membangun keamanan sistem yang mutakhir. Dengan keamanan super ketat akan menghindarkan bisnis pada pailit di kemudian hari.

3. Membuat SOP yang Jelas untuk Seluruh Tim 

Tips ketiga yang harus kamu lakukan adalah menyamakan persepsi dan standar pada bisnis. Caranya adalah dengan membuat SOP yang harus menjadi pedoman bisnis seluruh tim yang bertugas. Dengan penyelarasan standar ini, pastinya kelemahan bisnis online bisa sedikit teratasi.

4. Lakukan Perencanaan Bisnis yang Matang

Langkah berikutnya yang harus kamu lakukan adalah membuat rencana bisnis yang matang. Hal ini pastinya bisa kamu lakukan setelah mendapatkan hasil riset pasar. Dari informasi tersebut, kamu bisa memilih strategi terbaik yang harus kamu rencanakan di awal.

Perencanaan ini meliputi banyak hal, mulai dari operasional, target SDM, target omset, cara meraih omset, pemasaran produk, distribusi, dan tentunya perencanaan keuangan. Untuk rancangan keuangan sendiri sudah termasuk standarisasi penulisan laporan dan skema operasional yang berlaku.

5. Mengatasi Kelemahan Bisnis Online Melalui Kelayakan Teknologi

Selain jalur yang aman, kamu juga harus menggunakan teknologi yang mendukung. Hal ini mencakup kebutuhan hardware dan software pendukung, maupun teknologi server yang berpengaruh pada kinerja dan performa perusahaan.

6. Membuka Diri Terhadap Kritikan 

Salah satu alasan seseorang, lembaga, maupun bisnis dapat berkembang adalah membuka diri terhadap kritikan. Melalui kritikan, kamu bisa tahu kelemahan apa yang harus jadi prioritas utama. Bahkan melalui kritikan kamu bisa bertumbuh jadi lebih baik. 

Tertarik Membuat Bisnis Online Kamu Sendiri?

Dari penjelasan tersebut kamu bisa menyimpulkan bahwa semakin besar peluang bisnis yang kamu terima, maka akan semakin besar pula risiko yang kamu ambil.

Namun kamu bisa meminimalisir kelemahan bisnis online tersebut, dengan menjalankan usaha secara cerdas.

Selamat mencoba!


Temukan inspirasi lainnya seputar tips bisnis hanya di lokalsupportlokal.id

Kalkulator Simulasi Pinjaman
Ketahui maksimum pinjaman dan cicilan per bulan
+62
Estimasi jumlah maksimum pinjaman

Rp

Estimasi cicilan bulanan
  • Tenor 6 bulan: Rp
  • Tenor 12 bulan: Rp
  • Tenor 24 bulan: Rp

Install aplikasi KoinWorks dan mulai ajukan pinjaman di KoinBisnis!

Ajukan Pinjaman Sekarang

Cek SKOR Kredit

Klik Gambar Dibawah!

Artikel Terpopuler

usaha bengkel mobil

Tertarik Usaha Bengkel Mobil? Ini Estimasi Modal dan Tips Suksesnya

0
Indonesia merupakan salah satu negara yang dikenal dengan tingginya jumlah pengguna mobil. Hal ini pun terlihat dari padatnya ruas jalan di kota-kota besar—yang dipenuhi oleh...
bisnis sambal kemasan

Alasan Untuk Segera Memulai Bisnis Sambal Kemasan

0
Alasan Untuk Segera Memulai Bisnis Sambal Kemasan - Sambal masih menjadi primadona yang identik dengan kebanyakan santapan khas Indonesia. Rasanya yang pedas dan lezat menambah...
usaha-barbershop

Tips Sukses Memulai Usaha Barbershop

0
Tips Sukses Memulai Usaha Barbershop - Ingin memulai bisnis barbershop namun bingung mulai dari mana? Usaha barbershop (pangkas rambut) memang berkembang cukup pesat terutama...
cara memilih supplier usaha kuliner

7 Tips Mencari Supplier yang Tepat Untuk Usaha Kuliner Kamu

0
Peluang usaha kuliner semakin bersinar di tahun 2021. Meski di tengah pandemi corona, usaha kuliner tidak terlalu terkena dampak ekonomi yang menurun. Sebaliknya, justru semakin banyak keuntungan bisnis yang...
Peluang Usaha Franchise Teh Tong Tji

Tips Sukses Peluang Usaha Franchise Teh Tong Tji

0
Peluang Usaha Franchise Teh Tong Tji - Gerai aneka minuman manis yang disajikan dingin selalu menarik minat masyarakat terutama di hari yang terik. Mulai dari bisnis...

Artikel Terkait