10 Karakteristik Wirausahawan Ini Wajib Dimiliki Pebisnis

Karakteristik Wirausahawan – Menjalankan suatu usaha bukanlah hal yang mudah. Selain strategi bisnis dan pengetahuan yang cukup, diperlukan karakteristik kewirausahaan bagi pebisnis agar usaha terus berkembang.

Karakteristik kewirausahaan adalah hal yang berhubungan dengan ciri khas dan sikap seseorang untuk mewujudkan ide-ide kreatifnya ke dalam dunia usaha.

Dengan memiliki karakter kewirausahaan yang tepat, kamu pun berpeluang besar melakukan perubahan positif untuk masyarakat melalui jasa atau produk yang usaha kamu tawarkan. Selain itu, kamu juga berperan dalam menciptakan lapangan pekerjaan jika usahamu makin berkembang.

Itulah alasan mengapa memiliki karakteristik kewirausahaan sangat penting dalam menjalankan suatu bisnis. Tidak hanya berguna untukmu dan perkembangan bisnismu, tapi juga masyarakat luas!

Berikut 10 karakteristik kewirausahaan sukses yang perlu dimiliki pebisnis.


10 Karakteristik Wirausahan Sukses yang Wajib Dimiliki

1. Gigih

Menjalankan usaha tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Sekali mencoba belum tentu kamu langsung sukses alias berujung kepada kerugian. Namun pebisnis yang baik tentulah tidak mudah menyerah. Begitu mengalami kegagalan, ia akan berusaha untuk bangkit dan mencari cara lain untuk meraih kesuksesan.

Jack Ma, misalnya, ide-idenya sempat ditolak berulang kali oleh para investor sebelum sukses dengan Alibaba.

Berkat kegigihannnya, kini ia meraih kesuksesan.

Baca juga: 3 Kisah Pengusaha Sukses yang Memulai Bisnis dari Nol

2. Terus Belajar

Ketika gagal, pebisnis perlu memutar otak untuk mencari formula baru. Bahkan saat meraih kesuksesan, kamu juga harus mencari tahu bagaimana cara untuk mempertahankannya. Intinya, tidak ada kata berhenti untuk belajar.

Jika ingin menjadi pengusaha sukses, tentulah kamu harus memahami dunia bisnis yang digeluti. Belajar dari pengalaman satu orang saja tidaklah cukup—kamu juga perlu mempelajari kebutuhan maupun kesuksesan pihak lain yang terlibat. Mulai dari sisi kompetitor, pemasok hingga pelanggan.

Untuk menambah ilmu dan inspirasi bisnis, kamu juga bisa memperolehnya secara online, termasuk melalui https://lokalsupportlokal.id/berita-bisnis/.

Artikel dengan beragam topik mulai dari strategi negosiasi dalam bisnis hingga rekomendasi aplikasi penjualan yang berguna untuk bisnismu ada di sini!

3. Memiliki Kredibilitas yang Tinggi

Kejujuran adalah hal penting yang wajib dimiliki pebisnis. Tidak hanya kepada pihak luar, tapi juga diri sendiri. Jujur ke diri sendiri berarti bisa mengakui kesalahan atau kekurangan dari metode bisnis kamu.

Jujur ke orang luar mengindikasikan kalau kamu memberikan informasi sesuai kondisi nyata tanpa iming-iming tidak jelas. Jika ucapan dibarengi dengan bukti nyata dalam hal ini kualitas produk atau servis yang kamu jalankan, misalnya, maka konsumen tentulah akan mempercayai brand kamu dan berpeluang menjadi pelanggan setia.

Baca juga: Rekomendasi Franchise Minuman Terlaris dan Murah untuk Bisnis

4. Berkomitmen Penuh

Untuk meraih kesuksesan, pebisnis perlu mendedikasikan waktu dan tenaganya alias fokus. Jika setengah-setengah, maka hasil yang diraih juga tidak maksimal.

Bukan berarti kamu melupakan keluarga, ya. Hidup yang seimbang antara kepentingan pribadi dan bisnis tetaplah diperlukan. Namun di tengah jam kerja, kamu harus fokus untuk mencapai target yang ditetapkan sesuai prinsip wirausaha.

5. Kreatif dan Inovatif

Agar usahamu dikenal dan diterima masyarakat luas, kamu harus menciptakan sesuatu yang khas dan tidak pasaran. Oleh karena itu kreativitas sangatlah diperlukan—tidak sekadar menciptakan sesuatu yang sudah banyak tersedia di tengah masyarakat.

Seiring perkembangan zaman, kebutuhan masyarakat bisa berubah atau justru kembali ke masa sebelumnya. Oleh karena itu kamu harus berinovasi agar bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan mereka.

6. Berani Mengambil Risiko

Sebagai wirausaha kamu tidak boleh terjebak dalam zona nyaman. Soalnya, nih, usahamu bisa mentok jika kamu tidak berani melakukan perubahan. Jangan takut mengambil risiko tentunya setelah mempertimbangkan segala aspek, ya.

Jika setelah melakukannya ternyata belum membuahkan hasil, kamu dapat melakukan evaluasi dan kembali mencoba.

Baca juga: Pentingnya Rebranding untuk Bisnis, Lakukan 6 Langkah Ini

7. Memanfaatkan Peluang

Jelilah melihat peluang untuk mengembangkan bisnis kamu. Misalnya kamu memiliki usaha fashion dengan target anak muda.

Maka di momen tertentu, misalnya di hari kasih sayang, kamu dapat memberikan promo beli satu gratis satu untuk pakaian wanita dan pria.

Jika kamu memiliki usaha toko bunga, maka kamu pun memberikan promo menarik di hari valentine maupun hari ibu untuk menarik pelanggan.

8. Keterampilan Komunikasi

Pebisnis tidak hanya bekerja di balik layar atau mengatur strategi, tapi juga harus berinteraksi dengan banyak orang. Mulai dari investor, pemasok, hingga konsumen.

Dengan kata lain, pebisnis dituntut untuk memiliki keterampilan komunikasi yang baik. Jika kamu merasa communication skills kamu masih kurang, kamu dapat berlatih. Keterampilan komunikasi yang baik akan membantu saat kamu menjelaskan dengan baik produk atau servis yang ditawarkan kepada pihak lain.

Dengan begitu, calon partner pun menjadi yakin untuk menjalankan kerja sama dan calon pelanggan pada akhirnya membeli.

9. Profesional

Jika ada masalah pribadi, cobalah untuk tidak membawanya ketika bekerja. Jangan sampai, tuh, karena ada masalah pribadi mood kamu memburuk sehingga berdampak kepada tim.

Memang tidak mudah mengontrol emosi dan pikiran yang bercabang. Tapi, sebagai pebisnis kamu harus mencoba yang terbaik agar usaha tidak ikut goyah.

Untuk meredakan emosi, kamu bisa beristirahat sejenak dengan berolahraga, menonton video lucu, atau melakukan hal lain yang menghibur.

10. Optimis

Seorang pebisnis harus percaya diri dengan kemampuannya dan timnya. Jika tidak percaya diri, bagaimana bisa yakinkan orang lain untuk membeli produk atau menggunakan jasa yang ditawarkan usahamu?

Kamu juga perlu bersikap optimis alias berpikir positif terhadap usaha yang dilakukan. Optimisme ini tentunya juga akan berkembang dan menular kepada tim kamu. Jadi cobalah untuk berpikir positif, terus berusaha, dan menilai sesuatu dari berbagai sudut pandang.


Selain 10 karakteristik wirausahawan diatas, kalian juga perlu tahu karakteristik wirausahawan menurut para ahli berikut:

Karakteristik Wirausahawan Menurut William Bygrave

  1. Dream (Mimpi)
  2. Decisiveness (Tegas)
  3. Doers (Pelaku)
  4. Determination (Ketetapan Hatu)
  5. Dedication (Dedikasi
  6. Devotion (Kesetiaan)
  7. Details (Rinci)
  8. Destiny (Nasib)
  9. Dollars (Uang)
  10. Distribute (Distribusi)

Karakteristik Wirausahawan menurut Mc Clelland

  1. Keinginan untuk Berprestasi
  2. Keinginan untuk Bertanggung Jawab
  3. Preferensi Kepada Resiko-resiko Menengah
  4. Persepsi Pada Kemungkinan Berhasil
  5. Rangsangan oleh Umpan Balik
  6. Aktifitas Enerjik
  7. Orientasi ke Masa Depan
  8. Keterampilan dalam Pengorganisasian
  9. Sikap Terhadap Uang

Sudah siap untuk menerapkan karakteristik kewirausahaan saat menjalankan usahamu? Semoga bermanfaat!

Cek SKOR Kredit

Klik Gambar Dibawah!

Artikel Terpopuler

bisnis sambal kemasan

Alasan Untuk Segera Memulai Bisnis Sambal Kemasan

Alasan Untuk Segera Memulai Bisnis Sambal Kemasan - Sambal masih menjadi primadona yang identik dengan kebanyakan santapan khas Indonesia. Rasanya yang pedas dan lezat menambah...
usaha bengkel mobil

Tertarik Usaha Bengkel Mobil? Ini Estimasi Modal dan Tips Suksesnya

Indonesia merupakan salah satu negara yang dikenal dengan tingginya jumlah pengguna mobil. Hal ini pun terlihat dari padatnya ruas jalan di kota-kota besar—yang dipenuhi oleh...
foundation untuk kulit kering

5 Rekomendasi Foundation Lokal Untuk Kulit Kering

5 Rekomendasi Foundation Lokal Untuk Kulit Kering - Bicara soal foundation untuk kulit kering, brand lokal sudah bisa menjadi rekomendasi. Terlebih gaya dewy look yang...
bisnis singkong keju - cemilan singkong keju

3 Cara Memulai Bisnis Cemilan Singkong Keju

3 Cara Memulai Bisnis Cemilan Singkong Keju - Olahan singkong memang selalu menarik perhatian para pengusaha pemula. Singkong merupakan bahan makanan rendah lemak, rendah kolesterol...
cara memilih supplier usaha kuliner

7 Tips Mencari Supplier yang Tepat Untuk Usaha Kuliner Kamu

Peluang usaha kuliner semakin bersinar di tahun 2021. Meski di tengah pandemi corona, usaha kuliner tidak terlalu terkena dampak ekonomi yang menurun. Sebaliknya, justru semakin banyak keuntungan bisnis yang...

Artikel Terkait