Peluang Usaha Jualan Seblak Lengkap Beserta Modalnya

Di Indonesia, banyak orang yang menyukai olahan makanan dengan rasa rempah kuat, legit, dan bertekstur kental satu ini. Hal itulah yang menjadi salah satu alasan semakin ramai orang yang membuka usaha kuliner seblak. Jika kamu juga tertarik memulai usaha ini, simak informasi peluang usaha jualan seblak berikut!

5 Peluang Usaha Jualan Seblak

Sebelum memulai usaha kuliner, sebaiknya kamu perlu mengetahui terlebih dahulu tentang peluang usaha tersebut. Berikut ini beberapa peluang usaha kuliner seblak yang perlu kamu ketahui: 

1. Tidak Perlu Modal Besar

Salah satu hal penting sebelum memulai usaha adalah modal. Banyak pebisnis yang harus memutar otak untuk mendapatkan modal besar sebelum menjalankan bisnis. Namun, berbeda dengan bisnis seblak. Karena kamu tidak harus memiliki modal besar. 

Mulai dari budget Rp5.000.000,00 juta saja, kamu sudah bisa mulai berjualan. Selain itu, bisnis seblak juga lebih mudah untuk mencapai keuntungan atau minimal balik modal. Karena rasa makanan ini memang sangat disukai dan cocok dengan lidah orang Indonesia. 

2. Target Market Besar

Mengingat bahan dasarnya yang mengandung rempah-rempah, maka tidak mengherankan jika seblak selalu memiliki banyak peminat di Indonesia. Terutama jika kamu bisa melakukan inovasi terhadap bisnis seblak, seperti menambahkan topping daging atau mozarella, tentu konsumen semakin tertarik dan banyak berdatangan.

3. Bahan Baku Murah dan Mudah

Jika kamu ingin jualan seblak, maka tidak perlu khawatir untuk mempersiapkan bahan bakunya. Karena bahan-bahannya mudah didapat di pasar tradisional dan tentunya murah. Bahan baku tersebut antara lain telur ayam, kerupuk kanji mentah, seledri, bawang, penyedap rasa, cabai rawit, kecap, dan kencur. 

Kamu juga bisa membeli franchise dengan bahan baku yang sudah dicampur dengan topping. Namun, pastikan untuk selalu memilih bahan yang kualitasnya bagus dan masih segar. 

4. Marketing Mudah 

Peluang selanjutnya dari usaha seblak, yaitu marketing yang perlu kamu lakukan tidak sulit. Cukup dengan memanfaatkan media sosial, kemudian membuat foto atau gambar semenarik mungkin untuk kamu posting nantinya. Selanjutnya, kamu bisa memberikan promo untuk menarik minat konsumen. 

Tambahkan juga desain lokasi atau signature seperti logo brand pada kemasan seblak. Sehingga bisnis kamu akan lebih mudah untuk konsumen ingat. 

5. Pembuatan Mudah

Selain bahan baku yang mudah kamu dapatkan, cara pembuatan seblak juga cukup simpel. Berikut langkah-langkahnya yang bisa kamu coba: 

  1. Rendam kerupuk kanji dalam air panas sampai mengembang, lalu tiriskan. Tuangkan sedikit minyak goreng ke dalam rendaman agar kerupuk tersebut tidak lengket.
  2. Selanjutnya, haluskan bumbu dan tumis hingga harum, jangan lupa tambahkan daun bawang dan seledri, lalu aduk hingga merata. 
  3. Masukkan kerupuk yang sudah direndam dan topping lain ke dalam wajan bumbu tumis. Tambahkan telur dan orak arik.
  4. Masukkan garam dan penyedap rasa lain, aduk hingga menguap. Lalu, tambahkan kecap dan air, tunggu hingga matang.
  5. Sajikan seblak selagi hangat dalam sebuah mangkuk. 

Estimasi Modal dan Keuntungan Usaha Seblak

Setelah mengetahui peluang jualan seblak, saatnya kamu mulai memperhitungkan estimasi modal yang kamu perlukan dan keuntungan yang bisa diperoleh. Berikut adalah gambaran perhitungannya:

Modal Awal Usaha Seblak

Kamu bisa memperkirakan modal awal dan biaya operasional sebesar Rp5.000.000,00, dengan rincian sebagai berikut : 

  • Kompor dan Tabung Gas: Rp 300.000,00
  • Alat masak seperti wajan, panci, dan sejenisnya: Rp 300.000,00.
  • Peralatan makan dan minum: Rp100.000,00
  • Blender: Rp100.000,00
  • Meja dan Kursi: Rp300.000,00

Maka, total modal awal adalah sebesar Rp1.100.000,00. Asumsinya modal tersebut merupakan modal untuk bisnis seblak kelas menengah. Kamu bisa membuat estimasi lebih tinggi atau lebih murah tergantung budget yang sudah kamu siapkan. 

Biaya Operasional Per Bulan

Berikut estimasi rincian untuk biaya operasional setiap bulannya: 

  • Sewa Tempat: Rp1.000.000,00
  • Bahan untuk membuat seblak: Rp1.500.000,00
  • Karyawan 1 orang: Rp1.000.000,00

Maka total biaya operasional adalah Rp 3.500.000,00. Dari estimasi biaya operasional di atas kamu bisa mengetahui bahwa pembelian terbesar ada pada bahan baku pembuatan seblak. Oleh sebab itu, kamu perlu mencari tempat pembelian bahan yang menjual harga termurah untuk meminimalisir pengeluaran bisnis kamu. 

Tips Memulai Bisnis Jualan Seblak dengan Keuntungan Maksimal

Setelah mengetahui peluang dan estimasi modal jualan seblak, saatnya kamu mempelajari apa saja tips agar penjualan kamu dapat menghasilkan keuntungan yang maksimal. Berikut ini tips-tips yang bisa kamu terapkan: 

1. Menentukan Lokasi Usaha

Jika kamu adalah pebisnis pemula dengan modal pas-pasan, maka tidak ada salahnya jika mencoba membuka usaha seblak rumahan. Tujuannya adalah untuk meminimalisir pengeluaran penyewaan tempat. Sehingga kamu bisa tetap fokus pada kualitas bahan maupun pelayanan. 

2. Berani Berinovasi

Sebuah bisnis pada umumnya akan berumur panjang jika pemilik rutin melakukan inovasi. Sama halnya dengan bisnis kuliner seblak, kamu bisa melakukan eksperimen varian baru pada masakan agar menumbuhkan rasa penasaran dari konsumen. 

Selain dari rasanya, inovasi seblak bisa kamu lakukan dengan menambahkan topping yang lebih beragam. Seperti ayam suwir, jamur shirataki, daging asap yang dicincang, parutan keju, dan masih banyak lagi. 

3. Menyediakan Jasa Pesan Antar atau Delivery

Target pasar jualan seblak pada umumnya adalah anak muda. Oleh sebab itu, kamu perlu menyediakan jasa delivery. Sehingga pembeli hanya tinggal melakukan pemesanan secara online dan kurir dapat mengantarkan pesanan ke lokasi pembeli. 

Jika kamu sudah memiliki banyak modal, maka bisa menyewa kurir pribadi untuk mengantar makanan ke pembeli. Selain itu, lakukan kerja sama dengan aplikasi order makanan online yang sedang hits, seperti GoFood atau GrabFood.

4. Strategi Frozen Food

Saat bisnis kamu sudah berhasil, jangan lupa untuk mengembangkan bisnis agar semakin dikenal oleh banyak orang. Salah satu caranya, yaitu dengan mempersiapkan strategi frozen food atau seblak siap saji yang bisa dikonsumsi secara instan oleh pembeli dengan cara memanaskannya terlebih dahulu.

5. Perhitungkan Modal dengan Spesifik

Ketika memulai sebuah usaha, hal terpenting adalah memperhitungkan modal awal. Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, estimasi di atas bisa menjadi referensi kamu untuk menghitung modal. Pastikan perhitungan yang kamu lakukan sudah cukup spesifik agar kamu bisa meminimalisir risiko kerugian. 

6. Memberikan Pelayanan yang Terbaik

Sumber daya manusia juga menjadi salah satu kunci suksesnya sebuah bisnis. Pastikan kamu memberikan pelayanan terbaik kepada para konsumen. Jika kamu ingin mempekerjakan karyawan, maka pilihlah yang memiliki ketertarikan di dunia makanan, ramah, dan sabar. 

Tertarik untuk Memulai Bisnis Jualan Seblak?

Itulah beberapa peluang jualan seblak, estimasi modal yang perlu kamu siapkan, serta berbagai tips agar bisnis bisa mendapat keuntungan. Pastikan sebelum memulai bisnis, kamu telah melakukan riset terhadap target pasar untuk mengetahui minat pasar terhadap produk makanan yang akan kamu jual. Semoga berhasil!

Kalkulator Simulasi Pinjaman
Ketahui maksimum pinjaman dan cicilan per bulan
+62
Estimasi jumlah maksimum pinjaman

Rp

Estimasi cicilan bulanan
  • Tenor 6 bulan: Rp
  • Tenor 12 bulan: Rp
  • Tenor 24 bulan: Rp

Install aplikasi KoinWorks dan mulai ajukan pinjaman di KoinBisnis!

Ajukan Pinjaman Sekarang

Ajukan Modal Usaha UMKM

Artikel Terpopuler

Contoh Buku Kas

3 Contoh Buku Kas Harian yang Sederhana dan Mudah Dimengerti

0
Contoh buku kas harian apa yang mudah untuk dicoba? Mengelola keuangan harus dilakukan dengan baik. Selain bisa bantu mengontrol pengeluaran, mengelola keuangan juga bisa mempermudah...
13 Rekomendasi Sepatu Running Lokal Terbaik dan Tahan Lama

13 Rekomendasi Sepatu Running Lokal Terbaik dan Tahan Lama

0
Running atau jogging merupakan olahraga yang paling murah dan gampang. Sebab, kamu hanya butuh sepatu untuk melakukannya. Saat ini, banyak sekali sepatu running lokal...
Contoh Kata Pengantar untuk Proposal yang Menarik

6 Contoh Kata Pengantar untuk Proposal Usaha yang Menarik

0
Menulis merupakan aktivitas penting yang tidak sulit dan sebenarnya bisa dilakukan semua orang jika mau menekuni aturan-aturan dalam kepenulisan. Contohnya menulis kata pengantar pada...
11 Rekomendasi Merek Sepatu Kulit Lokal Terbaik dan Awet

11 Rekomendasi Merek Sepatu Kulit Lokal Terbaik dan Awet

0
Mencari sepatu kulit lokal berkualitas? Pada dasarnya, sepatu memiliki peran yang sangat penting untuk menunjang penampilan. Mengenakan sepatu berkualitas memberikan rasa percaya diri, terutama...

8 Merek Teh Terbaik di Indonesia dan Cara Pemasarannya

0
Apa saja merek teh terbaik yang tersedia di Indonesia? Siapa yang tidak kenal minuman teh? Di Indonesia sendiri, teh merupakan minuman yang digemari oleh semua...

Artikel Terkait