Cara Mudah Urus Izin Edar BPOM, Sudah Cek Kelengkapan Dokumen?

Cara Mudah Urus Izin Edar BPOM, Sudah Cek Kelengkapan Dokumen? – Jika kamu berencana untuk mendistribusikan produk usaha secara masif, maka persoalan izin edar harus disiapkan sejak jauh hari.

Izin edar adalah bentuk persetujuan registrasi untuk produk seperti kosmetik, suplemen makanan dan lain sebagainya yang dikeluarkan oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan Republik (BPOM) agar produk tersebut dapat diedarkan secara sah.

Mengapa kamu perlu mengurus BPOM?

Tak hanya membuat aturan, regulasi, dan standarisasi bahan pangan serta minuman yang boleh beredar di Indonesia, BPOM juga berfungsi untuk;

  • Mengeluarkan lisensi dan sertifikasi untuk industri di bidang farmasi
  • Mengevaluasi sebuah produk (makanan, minuman, dll) sebelum diizinkan beredar
  • Sebagai auditor sebelum dan sesudah iklan atau promosi suatu produk
  • Melaksanakan riset kebijakan pengawasan obat dan makanan
  • Memberikan informasi dan edukasi publik, termasuk memperingatkan tentang bahan kimia berbahaya
  • Mengecek bahan makanan dan menjamin agar tidak menggandung bahan berbahaya

Keuntungan Memiliki Izin BPOM

Adanya izin BPOM jelas akan menguntungkan bisnis kamu, misalnya:

  1. Legalitas yang akan menjamin kualitas produk.
  2. Sebagai garansi keamanan produk.
  3. Kestabilan harga dari produk yang berizin BPOM.
  4. Citra produk akan meningkat dibandingkan produk pesaing yang belum berizin BPOM.
  5. Mudah masuk ke dalam pasar yang lebih luas.

Bagaimana, tertarik mengetahui cara mengurus dan cek izin BPOM? Simak aturan berikut ya!

Tahapan pendaftaran produk untuk mendapatkan izin edar BPOM

Input data perusahaan dan spesifikasi produk dapat dilakukan baik secara manual maupun online.

Pendaftaran Izin edar secara secara manual

Pada pendaftaran manual, persyaratan berkas yang harus dipenuhi terdiri dari:

  1. Fotokopi izin industri dari Departemen Perindustrian dan Perdagangan atau Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM).
  2. Berkas asli hasil uji laboratorium tentang produk yang berlaku selama enam bulan. Mencakup; klaim gizi, zat yang diklaim pada label, uji kimia, cemaran mikrobiologi dan cemaran logam.
  3. Rancangan label sesuai dengan yang akan diedarkan sekaligus contoh produknya.
  4. Formulir pendaftaran yang telah diisi lengkap. Kamu bisa mendapatkannya di bagian Tata Usaha Direktorat Penilaian Keamanan Pangan BPOM.

Syarat Dokumen Izin Edar Produk Luar Negeri

Ingin menjadi distributor produk luar negeri? Lengkapi persyaratan berkas berikut ya:

  1. Salinan Surat Penunjukan dari negara asal.
  2. Health Certificate (izin dari departemen kesehatan negara asal).
  3. Hasil uji laboratorium.
  4. Label berwarna.
  5. Sampel produk minimal tiga buah atau Angka Pengenal Importir (API).
  6. Data komposisi dan spesifikasi produk.
  7. Salinan Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP)
  8. Pendaftaran Izin Edar Secara Online

Syarat Registrasi Produk secara Online

Bagi yang memilih melakukan registrasi produk secara online, kamu bisa mengakses layanan e-Registration.

Caranya mudah, berikut langkah pendaftarannya:

  1. Pastikan usaha kamu telah terdaftar di layanan online BPOM untuk dapat mengakses e-Registration Pangan maupun Bahan Tambahan Pangan (BTP).
  2. Untuk mendaftarkan produk, pilih menu Registrasi, pengajuan dokumen, dan isi data registrasi produk.
  3. Isi daftar komposisi tabel.
  4. Klik tombol Hasil Analisa.
  5. Isi dan simpan data hasil analisis produk.
  6. Klik tombol Informasi Gizi dan masukkan data informasi produk.
  7. Klaim produk.
  8. Kirimkan data pada verifikator.

Mendapatkan izin edar terbilang mudah setelah kamu sukses mendapatkan sertifikat resmi BPOM, izin dari Kementrian Kesehatan, atau izin dari Departemen Kesehatan.

Bagi kamu yang ingin mulai bisnis obat-obatan, mulai akhir tahun 2019 kemarin, izin edar obat sudah diambil alih oleh Kementrian Kesehatan.

Lalu bagaimana dengan produksi industri rumah tangga (PIRT)? Cara mengurus izin PIRT terbilang mudah lho.

Bagi kamu yang memiliki industri makanan dan minuman berskala rumahan, PIRT amat berguna untuk menjamin keamanan produk milikmu.

Umumnya PIRT disertakan dalam label kemasan produk, berupa deretan nomor yang terdaftar pada Dinas Kesehatan di Kota atau Kabupaten setempat.

Ingin mulai usaha tapi takut bisnis lesu karena virus corona?

Agar usahamu tidak menurun, kamu bisa ajukan pinjaman modal ke KoinBisnis secara cepat dan mudah!

Dapatkan pinjaman modal mulai dari Rp5 juta – Rp2 miliar dengan bunga flat terjangkau mulai dari 0,75% setiap bulannya.

Tidak perlu khawatir dengan keamanannya, KoinBisnis sudah memiliki izin resmi dan diawasi langsung oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Yuk, kembangkan bisnis kamu bersama Super Financial App KoinWorks.