Peran Instagram Ads Manager untuk Perkembangan Bisnis

Seiring dengan semakin berkembangnya promosi bisnis online di media sosial, Instagram Ads Manager kini menjelma menjadi sebuah tools penting untuk meningkatkan brand awareness sebuah produk. Bahkan, tools ini juga mampu meningkatkan omset penjualan serta menargetkan iklan promosi.

Pemanfaatan tools iklan ini memang terbilang masih sangat baru. Karena dulu, orang-orang berjualan online dan melakukan promosi secara manual di media sosial tanpa adanya pengelolaan yang efisien. Lantas, apa itu Instagram Ads Manager? Agar lebih paham tentang manfaat dan fungsinya, simak artikel ini sampai habis! 

Apa itu Instagram Ads Manager?

Bagi kamu yang belum mengetahuinya, Instagram Ads Manager adalah tools pengelolaan iklan yang memungkinkan penggunanya untuk membuat serta memanage periklanan di Facebook dan Instagram Ads. 

Selain itu, tools ini juga akan memberikan kemudahan bagi akun Instagram bisnis untuk mendapatkan brand awareness dengan jumlah yang besar. Tools ini juga akan memaksimalkan fitur iklan dalam Instagram dan Facebook secara otomatis. Bahkan, tools ini juga dapat memaksimalkan SEO bagi postingan konten di Instagram.

Strategi Periklanan Instagram yang Efektif

Nah, agar bisnis online yang kamu kelola menjadi lebih optimal dari segi promosi. Ini dia strategi periklanan Instagram yang efektif untuk meningkatkan brand awareness. Simak penjelasan lengkapnya berikut:

1. Specific

Langkah pertama agar periklanan dalam tools Instagram Ads Manager menjadi lebih optimal, maka strategi yang perlu kamu lakukan adalah specific. Artinya, kamu harus melakukan perumusan terlebih dahulu terkait tujuan iklan tersebut dibuat.

Tujuannya agar budget yang akan kamu gunakan untuk keperluan pembuatan iklan tidak terbuang sia-sia. Kemudian, strategi periklanan ini juga mencakup aspek-aspek mendetail yang perlu kamu pertimbangan. Seperti, target iklan, konten, produk yang ditawarkan, dan lain sebagainya.

2. Measurable

Measurable merupakan strategi periklanan dalam tools manager satu ini yang fungsinya untuk mengukur kinerja iklan yang telah kamu buat. Jadi, dengan strategi ini, kamu perlu melakukan analisa terkait strategi promosi dan iklan yang kamu posting di Instagram secara keseluruhan.

Analisa tersebut mencakup beberapa aspek. Seperti bagaimana iklan tersebut bekerja secara optimal, respon audiens terhadap iklan yang kamu posting, dan jumlah penonton keseluruhan dari iklan tersebut.

Selain itu, measurable merupakan strategi periklanan yang berfungsi untuk mengevaluasi konten atau iklan digital. Sehingga kedepannya, manajemen periklanan dan pembuatan konten menjadi lebih tertarget secara optimal.

3. Achievable

Jika kamu sudah membuat dan mengelola target iklan, langkah strategi periklanan Instagram Ads Manager selanjutnya adalah achievable. Melalui strategi iklan ini, kamu harus bisa memastikan bahwa iklan yang tayang di Instagram tersebut tampil dan sesuai dengan target promosi, serta tujuan periklanan. 

Contohnya, jika tujuan iklan adalah untuk meningkatkan omset penjualan, maka kamu harus membuat iklan semaksimal mungkin dengan kalimat promosi yang sulit ditolak oleh konsumen. Penekanan ini bertujuan agar fungsi iklan lebih terarah sesuai dengan achievement dan tujuan pembuatannya.

4. Relevant

Selanjutnya adalah relevant yang bertujuan untuk memaksimalkan fungsi iklan agar selaras dengan tujuan, serta visi dan misi brand yang kamu kembangkan. Selain itu, strategi periklanan ini berfungsi untuk meningkatkan brand awareness dari sebuah produk atau merek tertentu.

Nantinya, strategi ini akan mengusung tema tertentu secara mendetail dalam sebuah brand untuk membentuk identitas tersendiri. Setelah identitas terbentuk, maka diharapkan audiens dapat mengetahui secara jelas tentang brand atau produk yang kamu kembangkan.

5. Time Bound

Strategi periklanan time bound dalam Instagram Ads Manager berfungsi untuk menentukan durasi iklan yang akan tampil dalam Instagram. Melalui strategi ini, kamu dapat menentukan tema serta menyesuaikan antara isi iklan dengan durasi yang tepat. Sehingga inti iklan dapat tersampaikan dengan padat dan jelas.

Selain itu, time Bound juga dapat kamu jadikan sebagai acuan penentu warna utama dalam konten iklan yang akan kamu buat. Kemudian, dari wanra utama inilah nantinya iklan tersebut akan memiliki tampilan visual yang pas dan sesuai dengan durasi iklan.

Manfaat Instagram Ads Manager untuk Perkembangan Bisnis

Setelah mengetahui strategi efektif untuk memaksimalkan iklan, berikut adalah manfaat iklan Instagram yang wajib kamu ketahui:

1. Meningkatkan Brand Awareness

Manfaat pertama yang akan kamu dapatkan dari sistem pengelolaan iklan Instagram adalah meningkatnya brand awareness. Bagi pebisnis online, brand awareness merupakan hal yang sangat penting agar produk atau brand yang mereka tawarkan lebih terkenal di mata masyarakat luas.

Selain itu, dengan brand awareness brand akan memiliki identitas tersendiri. Sehingga memiliki ciri khas yang mudah untuk dihafal dan melekat di benak konsumen.

2. Analisis Iklan Jadi Lebih Spesifik

Manfaat selanjutnya dari sistem pengelolaan iklan di Instagram Ads Manager adalah untuk memudahkan analisis iklan menjadi lebih spesifik. Melalui tools ini, iklan atau konten yang kamu unggah di Instagram akan terorganisir dengan patokan data posting dari iklan tersebut.

Data yang mencakup jumlah audiens yang menonton iklan, hingga jumlah ketukan audiens yang menuju situs jual beli dapat kamu analisis melalui tools ini. 

Analisa iklan ini tentu saja sangat bermanfaat sebagai bahan evaluasi pembuatan konten serta iklan. Supaya kedepannya konten yang kamu buat lebih berkualitas dan tertarget.

3. Pilihan Format Iklan yang Beragam

Terdapat 3 jenis format iklan dalam sistem pengelolaan iklan Instagram yang dapat kamu gunakan untuk memaksimalkan iklan. Format tersebut antara lain gambar, video, dan beberapa layout  foto dalam satu unggahan.

Dari banyaknya pilihan jenis serta format iklan ini, maka dapat membuat audiens semakin tertarik untuk menggunakan produk yang kamu tawarkan tersebut. Mereka juga biasanya akan memberikan, komentar, like, atau mungkin saja memutuskan untuk mengikuti (follow) akun bisnis Instagram kamu.

Namun, perlu kamu ketahui juga bahwa, untuk memaksimalkan tools ini dalam periklanan Instagram. Maka, kamu perlu membuat konten iklan yang inovatif dan variatif. 

Misalnya, kamu bisa membuat konten gambar pada hari Senin dan Selasa. Lalu, konten video pada hari Kamis dan Jumat. Tentunya penentuan ini harus sesuai dengan manajemen konten yang kamu kelola.

4. Meningkatkan Omset Bisnis

Manfaat yang sangat pasti dari penggunaan iklan Instagram Ads Manager adalah meningkatkan omset bisnis. Melalui strategi iklan yang terkelola, terarah, dan tertarget dengan optimal, maka peluang audiens untuk membeli produk yang kamu tawarkan juga sangatlah besar.

Berbeda dengan iklan manual, iklan dengan tools ini akan membawa audiens langsung menuju situs marketplace atau toko online yang kamu kelola. Tentu saja, hal ini akan memudahkan proses transaksi. Karena arah periklanan menuju langsung ke toko yang menjual produk.

Sudah Paham Tentang Instagram Ads Manager?

Sekian pembahasan kali ini tentang manfaat dan strategi periklanan Instagram Ads Manager.

Intinya, sistem periklanan ini adalah metode yang sangat tepat untuk meningkatkan brand awareness.

Selain itu, strategi iklan ini juga akan memudahkan audiens untuk melakukan pembelian terhadap produk yang kamu tawarkan.


Temukan inspirasi lainnya tentang bisnis online dan tips bisnis lainnya hanya di lokalsupportlokal.id

Kalkulator Simulasi Pinjaman
Ketahui maksimum pinjaman dan cicilan per bulan
+62
Estimasi jumlah maksimum pinjaman

Rp

Estimasi cicilan bulanan
  • Tenor 6 bulan: Rp
  • Tenor 12 bulan: Rp
  • Tenor 24 bulan: Rp

Install aplikasi KoinWorks dan mulai ajukan pinjaman di KoinBisnis!

Ajukan Pinjaman Sekarang

Cek SKOR Kredit

Klik Gambar Dibawah!

Artikel Terpopuler

usaha bengkel mobil

Tertarik Usaha Bengkel Mobil? Ini Estimasi Modal dan Tips Suksesnya

0
Indonesia merupakan salah satu negara yang dikenal dengan tingginya jumlah pengguna mobil. Hal ini pun terlihat dari padatnya ruas jalan di kota-kota besar—yang dipenuhi oleh...
bisnis sambal kemasan

Alasan Untuk Segera Memulai Bisnis Sambal Kemasan

0
Alasan Untuk Segera Memulai Bisnis Sambal Kemasan - Sambal masih menjadi primadona yang identik dengan kebanyakan santapan khas Indonesia. Rasanya yang pedas dan lezat menambah...
usaha-barbershop

Tips Sukses Memulai Usaha Barbershop

0
Tips Sukses Memulai Usaha Barbershop - Ingin memulai bisnis barbershop namun bingung mulai dari mana? Usaha barbershop (pangkas rambut) memang berkembang cukup pesat terutama...
cara memilih supplier usaha kuliner

7 Tips Mencari Supplier yang Tepat Untuk Usaha Kuliner Kamu

0
Peluang usaha kuliner semakin bersinar di tahun 2021. Meski di tengah pandemi corona, usaha kuliner tidak terlalu terkena dampak ekonomi yang menurun. Sebaliknya, justru semakin banyak keuntungan bisnis yang...
Peluang Usaha Franchise Teh Tong Tji

Tips Sukses Peluang Usaha Franchise Teh Tong Tji

0
Peluang Usaha Franchise Teh Tong Tji - Gerai aneka minuman manis yang disajikan dingin selalu menarik minat masyarakat terutama di hari yang terik. Mulai dari bisnis...

Artikel Terkait