Ide Bisnis Teknologi Modal Minim Langsung Dari Rumah

Ide bisnis teknologi tidak melulu membutuhkan dana hingga puluhan juta, pasalnya ada beberapa ide yang membutuhkan modal minim dan bisa kamu kerjakan dari rumah.

Sayangnya masih banyak yang belum menyadari bisnis rumahan terutama ide bisnis berbasis teknologi, ternyata dapat mendatangkan keuntungan yang besar.

Ide Bisnis Teknologi Modal Minim

Tidak semua ide bisnis harus kamu mulai dengan modal yang besar, ada kalanya bisnis rumahan dengan treatment yang tepat akan lebih menghasilkan.

Seperti beberapa ide bisnis kreatif berbasis teknologi yang bisa kamu jalankan dari rumah di bawah ini.

1. Dropshipper, Jualan Online Modal Terjangkau

Mungkin kamu sudah tidak asing dengan istilah bisnis satu ini, ide bisnis yang sudah populer ini sebenarnya adaptasi dari salah satu bisnis tradisional. Prinsip bisnis ini sebenarnya adalah konsep retail yang memungkinkan penjual dapat mengklaim penjualan atas nama bisnisnya.

Dropship sebenarnya menghubungkan antara produsen dengan pembeli, dengan cara pemasaran dan penjualan produk yang penjual lakukan. Ide bisnis teknologi ini memfokuskan kamu dalam hal pemasaran dan penjualan produk saja, sedangkan produsen akan mengurus segala kebutuhan produksi hingga pengiriman.

Berbeda dengan bisnis stokis yang mengharuskan kamu mengambil barang sendiri, bisnis ini lebih fleksibel. Karena transaksi yang kamu lakukan ke produsen by pesanan pembeli. Alhasil, risiko penumpukan barang di gudang bisa diminimalisir. 

Bisnis ini lebih mengedepankan strategi penjual dalam mempromosikan produk dengan cara yang menarik. Media yang digunakan bisa melalui marketplace, sosial media, maupun website, yang bisa kamu kerjakan kapanpun dan dimanapun.

2. Tutorial Online, Berbagi Ilmu untuk Mencerdaskan 

Ide bisnis kedua yang bisa kamu lakukan adalah pembelajaran online, kata pembelajaran ini merujuk pada seluruh kegiatan. Cakupannya sangat luas, mulai dari bidang akademik, non akademik, hobi, dan berbagai kegiatan lainnya. 

Bahkan, ide bisnis teknologi ini semakin menjanjikan, mengingat teknologi dan platform online yang semakin maju.

Media yang bisa kamu jamah juga cukup bervariasi, kamu bisa membagikan dalam bentuk artikel atau e-book, video learning, maupun melalui media tatap muka online seperti zoom. Tak menutup kemungkinan, kamu membuka bisnis ini hanya dengan bantuan internet dari rumah saja,

Selain berpotensi mendatangkan keuntungan besar, bisnis ini juga mendatangkan manfaat bagi pelaku dan penikmatnya. Sebagai pengajar, dengan membagikan ilmu, kamu akan lebih mendalami ilmu dan mendapatkan uang. Sedangkan untuk penggunanya, mereka akan belajar hal yang ingin mereka pelajari.

3. Desain Grafis, Berkarya Supaya Kaya Raya

Ide bisnis berikut sangat cocok untuk kamu yang suka dengan dunia seni, khususnya menggambar. Karena bisnis ini memang sangat erat dengan gambar menggambar. Desain grafis adalah sebuah bahasa komunikasi visual dari sebuah pemikiran, ide, dan juga gagasan.

Menjadi seorang desainer grafis memungkinkan kamu merangkul berbagai bidang bisnis. Mulai dari bisnis edukatif, corporate, hingga entertainment. Alhasil, ide bisnis teknologi ini memang memiliki peluang yang besar, jika kamu treatment dengan benar.

Walaupun membutuhkan modal bisnis yang lumayan besar, namun hasil yang kamu dapatkan lebih besar lagi. Untuk sukses dalam bisnis ini, kamu harus mulai mengumpulkan pengalaman dan portofolio dalam bisnis ini. Kunci dari bisnis ini adalah mengikuti passion dan punya ciri khas tersendiri serta .

4. Content Writer, dari Buah Pikiran jadi Menguntungkan

Bagi kamu yang suka dengan dunia menulis, ide bisnis teknologi ini bisa kamu jadikan usahamu mencari pundi kekayaan. Pasalnya, dengan hobi menulis yang kamu miliki, kamu bisa dapat penghasilan rutin. Apalagi modal yang kamu butuhkan terbilang cukup minim, karena kamu hanya perlu hp atau laptop serta jaringan internet.

Platform dari pembuatan blog sendiri ada yang berbayar dan juga gratis, jadi secara garis besar, modal yang kamu butuhkan masih bisa terjangkau dengan apa yang kamu miliki. Untuk menghasilkan artikel yang berkualitas, kamu harus belajar membuat artikel dengan basis copywriting dan SEO. 

Blog sendiri bisa kamu isi dengan berbagai tema, contohnya kamu bisa menceritakan tentang siapa dirimu, cerita fiktif dan non fiktif, berita terkini, hiburan, dan masih banyak lagi. Selain melalui monetisasi platform blogger, kamu juga bisa mendapat penghasilan lain melalui jalur affiliate.

5. IT Support, Mengatasi Berbagai Masalah Teknologi

Ide bisnis berbasis teknologi berikutnya merupakan salah satu incaran para bisnis besar. Pasalnya, masih banyak orang yang masih awam dengan kemajuan teknologi. Apalagi masih banyak pebisnis yang sudah berusia senja maupun yang tidak mengikuti perkembangan teknologi masa kini.

Secara garis besar, IT Support adalah penyedia jasa yang menyediakan bantuan untuk individu maupun organisasi mengenai perangkat terkait teknologi. Adanya bisnis ini, dapat membantu banyak hal terkait masalah teknologi. Hal ini mencakup pemasangan, pengaturan, konfigurasi, perawatan, dan troubleshooting teknologi.

Tugasnya adalah mengoptimalkan kinerja jaringan dan menggunakannya, mewujudkan potensi penuh pada pemanfaatan teknologi dan mengatasi masalah teknologi lainnya. Dengan kemampuan dan skill troubleshooting serta pengetahuan lebih pada teknologi, kamu bisa membuka bisnis ini dengan modal minim sekalipun.

6. Jasa Pembuatan Website, Ide Bisnis Teknologi Populer di Era Milenial

Semakin berkembangnya dunia digital membuat banyak pelaku bisnis meningkatkan tampilan websitenya. Hal ini terjadi karena website merupakan salah satu penilaian customer dalam memilih penyedia jasa atau produk yang menurutnya masih baru.

Tak heran jika jasa pembuatan website makin berkembang dan banyak di cari. Bermodal dengan kemampuan develop, manajemen bisnis, hingga analisa web. Bisnis pembuatan website akan lebih proper. Untuk jadi penyedia jasa pembuatan website, kamu harus mempelajari web developer, SEO, dan digital marketing.

Selain itu, kamu perlu mempercantik caramu dalam mempromosikan jasa pembuatan website yang kamu buat. Pastikan juga kamu membuat perjanjian kontrak kerja, jika ingin membuat watermark pada website yang kamu buat. Pasalnya, watermark menjadi salah satu portofolio terbaik untuk jasa pembuatan website.

7. Content Creator, Profesi yang Jadi Impian Gen Z

Ide bisnis kreatif berbasis teknologi selanjutnya adalah menjadi seorang content creator. Pasalnya, banyak peluang mendapatkan penghasilan dari pembuatan konten. Contohnya, creator akan berkesempatan mendapat endorsement, kerja sama bisnis, hingga menjadi brand ambassador sebuah produk ternama.

Apalagi banyak platform yang mendukung kamu dalam mengapresiasikan diri dalam berkonten. Khususnya sosial media seperti Tik Tok, Instagram, dan Youtube yang memberikan keunggulannya masing-masing. Bahkan, platform seperti Youtube memiliki sistem monetisasi yang membuka kesempatan mendapat tambahan uang.

Untuk menjadi seorang creator yang baik, kamu harus peka dan mengikuti berita yang sedang viral, terutama yang berkaitan dengan bidang konten yang kamu buat. Kamu bisa membuat penjadwalan konten serta ide konten untuk bisa mengembangkan platform menjadi lebih baik.

Yang lebih unik adalah satu content creator dapat memiliki lebih dari 1 akun untuk berkarya. Bahkan, 1 konten yang sama bisa kamu olah pada berbagai platform. Alhasil, ini akan lebih membuka peluang kamu mendapatkan pundi rupiah yang lebih besar lagi.

8. Live Streamer, Profesi Unik Penghasilan Menarik

Semakin berkembangnya media sosial dan platform sejenisnya, membuat banyak bermunculan ide bisnis teknologi dengan modal minim. Salah satu contohnya adalah menjadi live streamer, pada beberapa platform jejaring sosial yang kamu miliki.

Selain memiliki peluang yang besar, profesi ini bisa kamu jalankan dari rumah dengan modal yang sangat minim. Bahkan,ada beberapa contoh streamer sukses yang mengawali profesi ini hanya bermodalkan smartphone yang mereka miliki.

Apalagi beberapa platform menyediakan komisi bagi streamer dengan kalkulasi keaktifan, jam tayang, pengunjung serta fitur saweran yang bisa mendatangkan pundi-pundi rupiah. Tak heran, jika profesi ini banyak jadi incaran gen Z yang hobi eksis di depan kamera.

9. Podcasting, Ide Bisnis Teknologi berkesan Radio dalam Tampilan Visual

Podcasting dalam bentuk visual di Indonesia mulai populer semenjak naiknya konten serupa dari Deddy Corbuzier, selain memunculkan konsep baru penikmatnya juga lumayan besar. Dengan peluang sebesar ini tak heran banyak podcaster baru yang muncul meramaikan bidang tersebut.

Selain itu, bidang ini memiliki cakupan yang sangat luas, karena dalam istilah podcast hampir semua topik dan tema bisa kamu eksekusi. Hal ini yang membuat profesi ini mulai banyak yang melirik, dengan sentuhan karakter dan keunikan pembawaannya masing-masing.

Mana Ide Bisnis Teknologi yang Cocok Denganmu?

Dari penjelasan tersebut, ada sebuah fakta bahwa tidak semua bisnis butuh modal yang besar, seperti contoh ide bisnis teknologi di atas.

Selain modal yang minim, kamu juga bisa menjalankan bisnis ini dari rumah.

Dengan terus belajar dan konsisten menjalankannya, kamu bisa mengembangkan ide bisnis ini jadi lebih baik lagi.

Selamat mencoba dan sukses selalu!


Temukan inspirasi lainnya seputar tips bisnis hanya di lokalsupportlokal.id

Mimpinya kembangkan bisnis di pasar global
Kenyataannya masih kurang modal


Eits .. Jangan sedih!
KoinBisnis bisa kasih kamu pinjaman modal sampai dengan Rp. 2 Miliar

Simulasikan pinjamanmu sekarang!
Kalkulator Simulasi Pinjaman
Ketahui maksimum pinjaman dan cicilan per bulan
+62
Estimasi jumlah maksimum pinjaman

Rp

Estimasi cicilan bulanan
  • Tenor 6 bulan: Rp
  • Tenor 12 bulan: Rp
  • Tenor 24 bulan: Rp

Install aplikasi KoinWorks dan mulai ajukan pinjaman di KoinBisnis!

Ajukan Pinjaman Sekarang

Cek SKOR Kredit

Klik Gambar Dibawah!

Artikel Terpopuler

usaha-barbershop

Tips Sukses Memulai Usaha Barbershop

Tips Sukses Memulai Usaha Barbershop - Ingin memulai bisnis barbershop namun bingung mulai dari mana? Usaha barbershop (pangkas rambut) memang berkembang cukup pesat terutama...
Simply Fresh Laundry

Simple, Ini Cara Raih Untung dengan Bisnis Waralaba Simply Fresh Laundry!

Bagi kamu yang pernah tinggal di kawasan pemukiman dan daerah kampus di Yogyakarta, pasti sudah tidak asing dengan brand Simply Fresh Laundry. Berawal dari usaha...
usaha bengkel mobil

Tertarik Usaha Bengkel Mobil? Ini Estimasi Modal dan Tips Suksesnya

Indonesia merupakan salah satu negara yang dikenal dengan tingginya jumlah pengguna mobil. Hal ini pun terlihat dari padatnya ruas jalan di kota-kota besar—yang dipenuhi oleh...
cara memilih supplier usaha kuliner

7 Tips Mencari Supplier yang Tepat Untuk Usaha Kuliner Kamu

Peluang usaha kuliner semakin bersinar di tahun 2021. Meski di tengah pandemi corona, usaha kuliner tidak terlalu terkena dampak ekonomi yang menurun. Sebaliknya, justru semakin banyak keuntungan bisnis yang...
bisnis sambal kemasan

Alasan Untuk Segera Memulai Bisnis Sambal Kemasan

Alasan Untuk Segera Memulai Bisnis Sambal Kemasan - Sambal masih menjadi primadona yang identik dengan kebanyakan santapan khas Indonesia. Rasanya yang pedas dan lezat menambah...

Artikel Terkait