10 Ide Bisnis Tanpa Modal yang Menguntungkan

Ide Bisnis Tanpa Modal – Tidak sedikit orang yang berharap bisa berhenti bekerja untuk orang lain dan menjalankan bisnis sendiri. Namun, seringkali harapan mereka kandas sebelum memulai karena terpentok masalah modal alias dana.

Padahal ada beberapa jenis bisnis yang bisa dijalankan tanpa modal plus memberikan keuntungan. Memang beberapa di antaranya memerlukan modal berupa keterampilan atau keahlian.Namun, ada juga yang tidak memerlukan modal selama kamu bisa mendedikasikan waktu dan usaha untuk menjalaninya.

Baca juga: Ide Bisnis Kerajinan Tangan dari Kain Flanel, Modal Kecil, Omset Puluhan Juta!

Berikut 10 ide bisnis tanpa modal uang yang tetap berpotensi memberikan keuntungan.


10 Ide Bisnis Tanpa Modal. Wajib Dicoba!

1. Desain Grafis

Jika kamu yang memiliki keahlian desain, jangan ragu untuk menjadikannya sebagai ladang bisnis. Keahlian desain grafis diperlukan untuk banyak hal, seperti desain kemasan produk, desain logo perusahaan, desain materi promosi, dan lain-lain.

Kamu pun bisa mengerjakannya di mana pun, tanpa perlu datang ke kantor. Untuk meraih banyak klien, kamu dapat bergabung ke platform freelancer lokal maupun internasional.

Namun tentunya, kamu perlu membangun portofolio yang baik agar klien percaya untuk memakai jasamu. Mulailah menawarkan bisnismu kepada orang-orang terdekat maupun jejaringmu.

2. Admin Media Sosial

Di tengah era digital seperti sekarang, hampir semua perusahaan memanfaatkan media sosial untuk berinteraksi dengan konsumen maupun pelanggan. Namun tidak semuanya memiliki staf khusus untuk menangani akun media sosial mereka.

Disinilah kamu berpeluang untuk menjalankan bisnis sebagai admin. Yakinkan calon klien dengan memberikan perencanaan media sosial yang matang untuk mempromosikan produk mereka dan meningkatkan engagement dengan para pengikut.

3. Jasa Titip

Usaha jastip alias jasa titip sangatlah populer. Maklum, tidak sedikit orang yang ingin memiliki suatu produk yang tidak dijual di kota mereka tinggal. Namun, bisa juga seseorang menggunakan jastip karena harga yang dijual di kota lain atau luar negeri lebih murah dibandingkan di kota mereka.

Jadi meski mereka harus membayar jasa titip, total biaya yang mereka keluarkan tetap lebih terjangkau. Bagi kamu yang memang sering bepergian, kamu pun bisa menjalankan bisnis jastip ini.

Namun pastikan kamu memiliki peraturan yang jelas terkait usaha ini, mulai dari dana yang harus mereka berikan di awal, cara pemesanan, hingga proses pengiriman. Dengan begitu kamu bisa terhindar dari masalah di kemudian hari.

Baca juga: 7 Ide Bisnis Jasa yang Bisa Dilakukan Sendiri dan Minim Modal

4. Dropshipper

Berbeda dengan reseller yang mengharuskan kamu stok barang di awal ketika melakukan usaha dagang, sebagai dropshipper kamu tidak perlu modal barang sama sekali.

Jadi, tidak perlu pusing memikirkan tempat penyimpanan stok barang. Kamu juga terhindar dari kerugian akibat penumpukan stok barang tersisa. Sebagai dropshipper kamu cukup mempromosikan barang dagangan kepada jejaring kamu atau di media sosial.

Lalu ketika ada orang yang tertarik membeli, barulah kamu melakukan pemesanan kepada pemasok dan mereka pun akan mengirimkannya langsung kepada pembeli.

Baca juga: 5 Rekomendasi Franchise Makanan Terlaris Mulai 20 Juta

5. Konsultan

Kamu memiliki keahlian tertentu, misalnya terkait desain interior atau investasi? Jangan sia-siakan—jadikan keahlianmu ini sebagai sumber pemasukan.

Promosikan usahamu ini di media sosial dan juga jejaringmu. Namun tentunya, nih, kamu perlu membuktikan kalau kamu memang ahli dalam hal tersebut.

Misalnya, melalui portofoliomu atau bisa juga dengan mengadakan sesi live di media sosial untuk membahas tema-tema terkait keahlianmu sehingga orang-orang bisa melihat kemampuanmu.

6. Jual beli barang bekas

Memiliki banyak barang menumpuk yang masih bisa digunakan? Kamu bisa memulai usaha jual beli barang bekas melalui barang-barang pribadimu.

Tidak sedikit, orang memilih untuk membeli barang bekas—selain lebih murah, bisa juga karena produknya sulit dicari di masa sekarang.

Berawal dari barang pribadi, selanjutnya kamu bisa hunting barang bekas ke pasar atau toko antik. Nantinya, kamu pun bisa menjual kembali barang tersebut dengan harga lebih tinggi sehingga memberikan keuntungan.

7. Web programmer

Suatu perusahaan profesional pada umumnya mendirikan situs atau aplikasi untuk memudahkan pelanggan mendapatkan informasi mengenai mereka. Oleh karena itulah web programmer diperlukan—untuk menciptakan website yang dinamis dan mudah digunakan oleh berbagai pihak.

Dengan begitu, pengunjung web tidak mengalami kesulitan saat mengoperasikannya. Bila kamu ahli dalam coding dan membuat suatu program, maka kamu pun bisa menjadikannya sebagai sumber pemasukan.

Sebagai langkah awal, jika belum punya portofolio, kerjakan proyek untuk kenalanmu dengan modal kepercayaan dan harga persahabatan. Begitu portofolio sudah lengkap, maka kamu pun dapat mulai memasarkan bisnismu di lingkup lebih luas.

8. Agen properti

Jual beli properti bukanlah suatu hal yang mudah. Namun jika memiliki jejaring yang luas, kamu dapat memanfaatkannya dengan menjadi agen properti.

Agen properti dapat membantu calon pembeli rumah atau apartemen dengan memberikan alternatif rumah sesuai kebutuhan mereka.Bagi penjual, mereka pun berkesempatan untuk mendapat lebih banyak tawaran jika dibantu agen.

Selain itu, agen jugalah yang nantinya membantu proses transaksi jual beli sehingga tidak menghabiskan banyak waktu penjual. Sebagai agen kamu pun dapat memperoleh komisi dari tiap penjualan.

Baca juga: 6 Ide Bisnis Olahraga dari Modal kecil Hingga Besar

9. Jasa SEO

Keahlian Search Engine Optimization (SEO) kini menjadi hal yang dicari bagi perusahaan. Dengan adanya keahlian ini, website mereka akan menjadi yang teratas di mesin pencari.

Jadi ketika kamu mencari kata ‘kardigan stylish’ misalnya, maka situs yang kontennya dibuat berdasarkan SEO akan muncul di urutan paling atas.

Hasilnya, pencari informasi pun langsung klik situs tersebut dan berpeluang besar untuk membeli produk di situ—penjualan brand itu pun meningkat.

Jadi jika kamu ahli dalam bidang SEO, bisnis ini pilihan pas.

10. Penulis lepas

Kemampuan menulis yang baik tidak dimiliki semua orang. Jika selama ini tulisanmu enak dibaca sehingga membuat pembaca terhanyut, kamu dapat mempertimbangkan menjadi penulis cerita fiktif.

Bila kamu mampu menghasilkan tulisan berisi analisa dan fakta dari suatu kejadian, kamu pun bisa menjadi mengisi konten suatu media atau situs.

Bisnis ini tidak mengharuskan kamu bekerja di kantor alias bisa dilakukan di mana pun. Kamu juga dapat menjadi penulis untuk media atau platform yang berbeda.

Baca juga: 8 Ide Bisnis Makanan Ringan Khas Indonesia


Setelah membaca 10 ide bisnis tanpa modal di atas, mana yang kira-kira cocok untukmu?

Kunjungi LokalSupportLokal untuk memperoleh informasi pengembangan bisnis lainnya.

Cek SKOR Kredit

Klik Gambar Dibawah!

Artikel Terpopuler

bisnis sambal kemasan

Alasan Untuk Segera Memulai Bisnis Sambal Kemasan

Alasan Untuk Segera Memulai Bisnis Sambal Kemasan - Sambal masih menjadi primadona yang identik dengan kebanyakan santapan khas Indonesia. Rasanya yang pedas dan lezat menambah...
usaha bengkel mobil

Tertarik Usaha Bengkel Mobil? Ini Estimasi Modal dan Tips Suksesnya

Indonesia merupakan salah satu negara yang dikenal dengan tingginya jumlah pengguna mobil. Hal ini pun terlihat dari padatnya ruas jalan di kota-kota besar—yang dipenuhi oleh...
foundation untuk kulit kering

5 Rekomendasi Foundation Lokal Untuk Kulit Kering

5 Rekomendasi Foundation Lokal Untuk Kulit Kering - Bicara soal foundation untuk kulit kering, brand lokal sudah bisa menjadi rekomendasi. Terlebih gaya dewy look yang...
bisnis singkong keju - cemilan singkong keju

3 Cara Memulai Bisnis Cemilan Singkong Keju

3 Cara Memulai Bisnis Cemilan Singkong Keju - Olahan singkong memang selalu menarik perhatian para pengusaha pemula. Singkong merupakan bahan makanan rendah lemak, rendah kolesterol...
bunga pinjaman bank mandiri

Cari Modal Usaha? Yuk Cermati Bunga Pinjaman Bank Mandiri tahun 2021!

Cari Modal Usaha? Yuk Cermati Bunga Pinjaman Bank Mandiri tahun 2021! - Bingung mencari pinjaman modal usaha terbaik? Bagi kamu yang berniat merintis bisnis,...

Artikel Terkait