Ide Bisnis Selain Kuliner di Era New Normal

Ide Bisnis Selain Kuliner di Era New Normal – Pandemi COVID-19 yang melemahkan sendi perekonomian Indonesia membuat kita memutar otak untuk terus bisa bertahan dan bergerak maju. Di media sosial bisa kita jumpai banyak kerabat yang mulai berjualan kreasi kuliner mereka.

Memang, usaha kuliner cukup menjanjikan di masa seperti ini karena membutuhkan modal yang tidak terlalu besar tapi punya banyak peminat sehingga laris manis terjual.

Namun, ada juga beberapa peluang usaha lainnya yang patut dilirik dan dicoba. Yuk, kita simak bareng-bareng!


Ide Bisnis Selain Kuliner di Era New Normal

1
Jasa desain grafis

grafik desainer bisnis usaha

Dengan banyaknya orang yang baru saja memulai usaha, tentunya mereka membutuhkan logo atau visual dalam mempromosikan barang yang mereka jual. Maka dari itu, buat kamu yang punya keterampilan menggunakan tools untuk medesain, kamu bisa menawarkan jasa membuat logo, materi promosi, atau template. Kamu bisa menawarkan dari teman ke teman, atau membuat ad  di media sosial untuk menarik peminat atas jasa yang kamu tawarkan.


2
Virtual photoshoot

virtual photoshoot bisnis

Buat para peminati peminat fotografi, salah satu peluang yang bisa dimanfaatkan adalah dengan menawarkan jasa sesi pemotretan secara virtual. Cukup bermodalkan kamera dan koneksi internet yang mumpuni, kamu bisa membantu para pelangganmu untuk mengadakan sesi pemotretan dari rumah masing-masing.


3
Fashionable loungewear

fashionable loungewear bisnis rumahan baju

Karena kita akan menghabiskan lebih banyak waktu di rumah dibanding di luar, berjualan baju rumah yang nyaman juga merupakan ide bisnis yang cukup menjanjikan. Pilihan bahan yang tepat dan style yang masih terlihat cukup rapi akan membuat produkmu diminati banyak orang. Bahkan sekarang pun banyak yang memakai loungewear untuk berkegiatan di luar rumah!


4
Home decoration

home decoration decor bisnis

Banyak waktu yang dihabiskan di rumah tentunya membuat penghuni rumah ingin mengadakan sedikit “penyegaran” di sisi-sisi rumah. Hal ini bisa dimanfaatkan sebagai peluang bisnis, terutama buat yang punya segudang ide dan suka bikin kerajinan tangan. Mulai dari hiasan, sarung bantal untuk sofa, atau furnitur sederhana seperti meja dan kursi untuk dipakai bekerja di rumah yang dibuat dengan desain menarik tentunya bakal menarik banyak peminat untuk memilikinya.


5
Perangkat new normal

new normal starter kit pack bisnis

Ketika harus kembali berkegiatan di luar rumah, tentunya ada serangkaian kebiasaan baru untuk melindungi diri dari virus. Selain masker dan hand sanitizer, ada beberapa inovasi yang bisa dijadikan ide bisnis yang bakal mengundang minat pembeli, terutama apabila produk yang kamu promosikan menolong para penggunanya untuk meminimalisir sentuhan dengan objek-objek yang berada di tempat umum. Misalnya helm pribadi buat yang bepergian naik ojek online, peralatan makan pribadi, serta alat bantu buka pintu.


Nah, demikianlah lima ide bisnis yang layak dicoba di situasi new normal yang akan segera kita hadapi bersama.

Seperti yang sudah disebutkan di atas, bagi kamu yang baru saja mempertimbangkan untuk memulai bisnis atau bahkan bagi yang sudah menjalankannya, kamu bisa memanfaatkan media sosial seperti Instagram, Twitter, Facebook, dan masih banyak lagi untuk mempromosikan usahamu. Selain itu, kamu juga bisa membuat akun di situs-situs e-commerce untuk membantumu mengatur pesanan yang datang.

Selain platform-platform yang disebutkan di atas, kamu juga bisa mempromosikan produk atau jasamu lewat #LokalSupportLokal, sebuah inisiatif dari KoinWorks untuk memberdayakan UMKM Indonesia agar bisa terus maju dan mendapatkan perhatian lebih dari market yang lebih luas dengan memaksimalkan aset berupa microsite dan akun Instagram sebagai wadah promosi.

Semuanya dijamin bebas biaya dan caranya mudah. Cukup dengan registrasi bisnismu, dan produkmu bisa mulai dipromosikan dalam waktu beberapa jam setelah registrasi.

Menarik, kan? Ayo mulai promosikan produkmu dengan #LokalSupportLokal untuk dapatkan lebih banyak keuntungan!