Ide Bisnis Pecinta Hewan Yang Menguntungkan, Layak untuk Dicoba!

Ingin memulai bisnis dan menyukai hewan? Kami akan membagikan ide bisnis pecinta hewan yang mungkin cocok untuk dicoba.

Terlebih lagi, saat ini peralatan hewan seperti perawatan, makanan, aksesoris, dokter, dan bisnis terkait hewan peliharaan lainnya seperti jasa kesehatan masih sangat terbatas di Indonesia.

Apa Saja Ide bisnis Pecinta Hewan yang Menguntungkan?

Jika kamu tertarik untuk ikut memajukan kesejahteraan hewan peliharaan di Indonesia, berikut ide bisnis pecinta hewan yang bisa kamu jadikan inspirasi.

Pet Obedience

Jika kamu selalu ingin menghabiskan waktu rutinitas sehari-hari dengan hewan, memulai bisnis jenis pet obedience atau kepatuhan hewan peliharaan mungkin adalah peluang bisnis yang sempurna.

Anjing merupakan salah satu hewan peliharaan yang membutuhkannya. Sayangnya, di Indonesia sendiri layanan pelatihan anjing terbilang sangat kurang. Padahal bisnis ini sangat dicari oleh para pecinta anjing karena membantu pemilih hewan mengembangkan kepintaran dan kebiasaan yang baik untuk binatang peliharaan mereka. 

Tentunya, sebelum memulai ide bisnis pecinta hewan ini, kamu harus belajar terlebih dahulu dalam melatih anjing.

Kamu bisa melakukannya di rumah atau mencari informasi tempat les pelatihan anjing untuk mendapatkan sertifikasi resmi. Setelah itu, kamu bisa memulai bisnis pelatihan anjing di rumah atau di taman.

Terapi Hewan Peliharaan

Tidak hanya manusia saja yang membutuhkan terapi, hewan pun juga membutuhkannya. Terlebih lagi jika anjing atau kucing tersebut baru di adopsi ke satu keluarga. Pastinya mereka akan merasa kebingungan dan stress untuk beradaptasi di lingkungan yang baru.

Dengan adanya terapi hewan peliharaan ini, terapis akan membantu menciptakan hubungan yang harmonis antara pemilik dan hewan peliharaannya. Selain itu, terapi hewan peliharaan juga membantu perkembangan fisik dan emosional binatang tersebut.

Pastinya, kamu juga harus memperdalam ilmu ini terlebih dahulu sebelum menawarkan jasa ide bisnis pecinta hewan yang satu ini.

Dog Walker

Ide bisnis pecinta hewan yang satu ini sangat cocok bagi kamu yang memiliki dana terbatas tapi menyukai olahraga dan binatang, terutama anjing.

Biasanya, anjing membutuhkan latihan selama 30 menit hingga dua jam setiap harinya. Namun, sayangnya karena sibuknya pekerjaan atau tidak kuasa melawan rasa malas, biasanya tuan mereka selalu lupa untuk mengajak jalan-jalan anjing mereka.

Disinilah potensi buat kamu memulai bisnis dog walker ini. Jika kamu tinggal di sebuah perumahan yang memiliki banyak anjing, kamu bisa langsung membuat pesan broadcast atau poster jasa dog walker di komplek. Dijamin, dalam waktu 1 hingga 2 hari, akan ada pemilik hewan peliharaan yang akan menghubungi!

Pet Grooming

Biasanya para pemilik hewan peliharaan akan membutuhkan jasa pet groomer untuk merawat kecantikan hewan peliharaan. Mulai dari mandi, membersihkan telinga, memotong kuku, dan memberikan perawatan ekstra pada bulu hewan mereka.

Sebenarnya pemilik hewan bisa melakukan semua hal itu, namun jika hewan peliharaan mereka dipegang oleh seorang profesional, tentunya hasil grooming tersebut akan berbeda.

Untuk memulai ide bisnis pecinta hewan ini, kamu harus mempelajari cara meng-handle hewan, kursus perawatan anjing, dan mencari-cari tempat magang. Setelah itu, kamu bisa memulai bisnis sendiri dengan menawarkan jasa grooming keliling secara online.

Pet Travel Service

Bepergian ke luar kota dengan anabul bisa membuatnya stres. Jika memiliki mobil van yang tidak terpakai, kamu bisa menawarkan jasa pet travel service yang berspesialisasi dalam mengangkut hewan peliharaan dari satu tempat ke tempat berikutnya.

Biasanya para pemilik hewan akan mencari ide bisnis pecinta hewan yang satu ini ketika mereka pindah rumah ke luar kota atau ke luar negeri. Disinilah kamu akan berperan penting untuk menyatukan antara hewan peliharaan dengan pemiliknya supaya tidak berpisah.

Penitipan Hewan

Ide bisnis pecinta hewan selanjutnya adalah penitipan hewan. Bisnis yang satu ini kerap dicari oleh pemilik hewan peliharaan saat pergi ke luar kota atau berlibur. Karenanya penitipan hewan atau pengasuh hewan peliharaan menjadi layanan yang mereka cari paling utama.

Disini, kamu bisa memulai bisnis jasa penitipan hewan dirumah kamu saja. Asalkan memang menyukai hewan, memiliki kandang yang banyak, memiliki makanan hewan yang baik, dan suasana yang nyaman.

Tidak itu saja, kamu juga harus menyiapkan beberapa peralatan grooming atau mengajak jalan-jalan hewan peliharaan tersebut supaya tidak stres. 

Tidak mau kan meninggalkan kesan yang buruk kepada klien?

Layanan Berlangganan Makanan

Ide bisnis pecinta hewan yang satu ini sedang populer di Amerika. Bisnis ini menawarkan layanan berlangganan makanan untuk hewan peliharaan secara online. Amazon merupakan platform yang memiliki fitur ini. Bahkan, Amazon menyatakan bahwa 39% dari total makanan hewan peliharaan online dan pangsa pasokan pada tahun 2020.

Restoran Hewan Peliharaan

Selanjutnya, ide bisnis pecinta hewan yang bisa kamu coba adalah restoran. Kamu bisa membuat sebuah cafe mini yang memberikan pengalaman bersantap dengan hewan peliharaan yang kamu miliki atau dari tamu cafe.

Disini, kamu bisa membuat anjing belajar bersosialisasi dengan anjing-anjing lainnya. Untuk menarik perhatian para pemilik hewan peliharaan, kamu bisa membuat event atau promo mingguan seperti “Dog’s Day” atau “Cat’s Fashion” dengan hadiah atau promosi menarik.

Toko Hewan Peliharaan dan Ritel

Jika kamu suka memanjakan hewan peliharaan, memiliki toko hewan peliharaan atau menjadi bagian dari industri ritel hewan peliharaan bisa menjadi pilihan ide bisnis pecinta hewan yang bagus untuk dicoba.

Untuk membuka bisnis ini, kamu tidak memerlukan keahlian spesifik atau pelatihan formal. Kamu hanya perlu membuat perizinan usaha, membuat rekening bisnis, dan perizinan lainnya. 

Namun jika tidak memiliki dana yang cukup untuk membayar perizinan tersebut, kamu bisa membuat sebuah toko perlengkapan hewan di marketplace yang tersedia. Disana kamu bisa menawarkan berbagai jenis perlengkapan hewan peliharaan secara online.

Blogger Hewan

Ide bisnis pecinta hewan yang satu ini cocok bagi kamu yang memiliki hobi menulis, membuat konten, dan memiliki hewan peliharaan. Sebagai seorang blogger, kamu dapat berbagi foto, tips pelatihan, atau bahkan resep buatan sendiri yang lezat untuk pembaca kamu.

Jika kamu mendapatkan cukup banyak audiens online, kamu bisa mulai dibayar untuk berbagi iklan, produk hewan peliharaan baru, atau konten bersponsor lainnya.

Fotografer Hewan Peliharaan

Bisnis yang terakhir ini sangat cocok untuk pecinta hewan peliharaan dengan bakat seni, kamu dapat menawarkan layanan sebagai fotografer hewan peliharaan, di mana pelanggan akan datang untuk mengambil foto hewan peliharaan mereka yang sempurna.

Namun, untuk memulai bisnis yang sukses sebagai fotografer hewan peliharaan, kamu memerlukan beberapa hal seperti keterampilan dan teknik, peralatan yang tepat, situs web, dan opsi layanan atau paket foto yang berbeda.

Jangan khawatir, jika studio fotografi kehabisan anggaran saat ini, kamu dapat menawarkan layanan dengan bepergian ke pertunjukan atau kompetisi hewan peliharaan, penitipan anak, atau acara adopsi.

Siap Mencoba Ide Bisnis Pecinta Hewan yang Menguntungkan Di Atas?

Jadi itulah ide bisnis pecinta hewan yang bisa kamu coba.

Dari daftar diatas, kamu tertarik dengan ide bisnis yang mana? 

Pastikan untuk menjalaninya sesuai kemampuan dan minat, ya!


Temukan inspirasi lainnya tentan tips bisnis, bisnis jasa, bisnis online dan sebagainya hanya di lokalsupportlokal.id

Kalkulator Simulasi Pinjaman
Ketahui maksimum pinjaman dan cicilan per bulan
+62
Estimasi jumlah maksimum pinjaman

Rp

Estimasi cicilan bulanan
  • Tenor 6 bulan: Rp
  • Tenor 12 bulan: Rp
  • Tenor 24 bulan: Rp

Install aplikasi KoinWorks dan mulai ajukan pinjaman di KoinBisnis!

Ajukan Pinjaman Sekarang

Ajukan Modal Usaha UMKM

Artikel Terpopuler

Contoh Buku Kas

3 Contoh Buku Kas Harian yang Sederhana dan Mudah Dimengerti

0
Contoh buku kas harian apa yang mudah untuk dicoba? Mengelola keuangan harus dilakukan dengan baik. Selain bisa bantu mengontrol pengeluaran, mengelola keuangan juga bisa mempermudah...
13 Rekomendasi Sepatu Running Lokal Terbaik dan Tahan Lama

13 Rekomendasi Sepatu Running Lokal Terbaik dan Tahan Lama

0
Running atau jogging merupakan olahraga yang paling murah dan gampang. Sebab, kamu hanya butuh sepatu untuk melakukannya. Saat ini, banyak sekali sepatu running lokal...
Contoh Kata Pengantar untuk Proposal yang Menarik

6 Contoh Kata Pengantar untuk Proposal Usaha yang Menarik

0
Menulis merupakan aktivitas penting yang tidak sulit dan sebenarnya bisa dilakukan semua orang jika mau menekuni aturan-aturan dalam kepenulisan. Contohnya menulis kata pengantar pada...
11 Rekomendasi Merek Sepatu Kulit Lokal Terbaik dan Awet

11 Rekomendasi Merek Sepatu Kulit Lokal Terbaik dan Awet

0
Mencari sepatu kulit lokal berkualitas? Pada dasarnya, sepatu memiliki peran yang sangat penting untuk menunjang penampilan. Mengenakan sepatu berkualitas memberikan rasa percaya diri, terutama...

8 Merek Teh Terbaik di Indonesia dan Cara Pemasarannya

0
Apa saja merek teh terbaik yang tersedia di Indonesia? Siapa yang tidak kenal minuman teh? Di Indonesia sendiri, teh merupakan minuman yang digemari oleh semua...

Artikel Terkait