5 Ide Bisnis yang Bisa Berkembang di Era New Normal

5 Ide Bisnis yang Bisa Berkembang di Era New Normal – Saat ini, pasti kita sering mendengar sebuah istilah yang bernama ‘New Normal’. Baik itu di media sosial, ataupun di media elektronik.

Tapi apa sih sebenarnya New Normal itu? New normal adalah langkah percepatan penanganan COVID-19 dalam bidang kesehatan, sosial, dan ekonomi dan semuanya sudah mulai beraktivitas normal kembali tetapi dengan protokol kesehatan yang ketat.

Baca Juga: Bisnis Jadi Laris Manis Berkat Merchandise yang Menarik

New Normal ini dapat mengubah perilaku masyarakat, seperti berhati-hati dalam manajemen keuangan, dan banyaknya peralihan dari kegiatan langsung menjadi online, karena adanya pembatasan di hal-hal tertentu.

Tentunya, hal ini juga berdampak pada sektor bisnis, termasuk para UMKM yang sehari-harinya mendapatkan penghasilan dari berjualan. Ada yang penjualannya semakin laris, tapi ada juga yang mengalami hal sebaliknya.

Untuk itu, KoinWorks akan memberikan kamu beberapa ide bisnis yang mempunyai potensi untuk dapat berkembang pesat di era New Normal ini. Mau tau apa aja? Langsung cek aja, yuk!


5 Ide Bisnis yang Bisa Berkembang di Era New Normal

1
Makanan Frozen

bisnis-new-normal-pandemi-corona-covid

Sebelum pandemi ini ada, kita mungkin lebih sering mengonsumsi makanan-makanan yang tidak tahan lama karena kebebasan kita untuk bepergian membeli ini dan itu.

Tapi, di era New Normal sekarang, adanya pengurangan interaksi antara manusia, membuat kita menjadi terbiasa dengan mengonsumsi makanan yang tersaji dengan cepat, praktis, ekonomis, namun tetap dapat memenuhi kebutuhan gizi dan kesehatan.

Baca Juga: Cara Mengurus Izin BPOM dan Cara Cek Produk BPOM

Bahkan, beberapa orang lebih menyukai makanan yang dapat disimpan tahan lama agar tidak sering keluar dan dapat mengolah sendiri makanannya di rumah.

Frozen food atau makanan beku yang dapat tahan lama tentu bisa jadi solusi bagi masyarakat yang enggan bepergian keluar rumah. Oleh karena itu, kamu bisa menjadikan ini sebagai ide bisnis baru. Misalnya, dengan menjual sayuran, lauk, atau camilan ringan yang bisa diolah sendiri di rumah.


2
Coffee to Go atau Coffee at Home

bisnis-new-normal-pandemi-corona-covid

Sebagian orang memang sudah melakukan aktivitas di luar rumahnya lagi, seperti ngantor atau berdagang. Tapi, masih ada sebagian lagi yang memang harus menetap di rumah karena pertimbangan tertentu.

Untuk menyasar kedua pasar ini, kamu bisa memulai bisnis kopi. Mengapa kopi? Karena kopi bisa dinikmati oleh semua kalangan, dari kelas bawah hingga atas, dan dari remaja hingga dewasa. Karenanya, kini bisnis kopi sedang menjamur di Indonesia.

Nah, kamu bisa membuat bisnis coffee to go atau coffee at home. Kamu hanya perlu membuat menu-menu sederhana saja dengan rasa yang nikmat dan pengemasan yang menarik. Coffee to go dapat ditujukan untuk orang-orang yang sudah kembali beraktivitas di luar, sementara coffee at home ditujukan untuk orang-orang yang lebih sering berada di rumah.

Khusus untuk coffee at home, kamu bisa memproduksi varian dengan kemasan botol 1 liter atau family package. Selain karena bisa menarik perhatian masyarakat dengan harga yang lebih hemat, varian ini juga dipilih karena shareable dan bisa lebih tahan lama tanpa harus memesannya secara berulang.


3
Minuman Herbal

bisnis-new-normal-pandemi-corona-covid

Pandemi yang terjadi saat ini mengharuskan kita untuk menjaga imunitas dan kesehatan tubuh agar selalu dalam kondisi yang prima. Inilah yang membuat bisnis minuman herbal bisa jadi salah satu opsi berbisnis kamu di era New Normal.

Terbukti dengan naiknya harga rempah di pasaran mulai dari jahe, kunyit, kencur, dan rempah lainnya. 

Konsumsi jamu dan minuman herbal lainnya adalah usaha preventif masyarakat untuk menjaga kesehatan di tengah wabah virus Corona. Kebiasaan baru ini yang membuat bisnis empon-empon atau ramuan rempah menjadi naik daun. Terbukti dengan naiknya harga rempah di pasaran mulai dari jahe, kunyit, kencur, dan rempah lainnya. 

Baca Juga: Atasi Kekhawatiran Bisnis Menurun Karena Virus Corona, Yakinkan dengan 5 Hal Ini! 

Selagi naik daun, kesempatan ini bisa kamu ambil untuk mendapatkan keuntungan yang lumayan. Karena bisnis bisa dilakukan hanya dengan modal yang kecil saja.


4
Alat Sanitasi dan Perlindungan Diri

bisnis-new-normal-pandemi-corona-covid

Menghadapi era New Normal, semua orang diharuskan untuk menggunakan alat perlindungan diri untuk menghentikan penyebaran virus ini, seperti masker, hand sanitizer, face shield dan yang lainnya.

Baca Juga: Ingin Coba Bisnis Masker Kain di Tengah Pandemi? Cek Dulu Hal-Hal Berikut 

Katakanlah kamu berkeinginan untuk berbisnis masker atau hand sanitizer. Kamu bisa mulai dengan memberikan desain yang menarik dan berbeda dari yang lain. Misalnya, dengan membuat desain kekinian atau tulisan di masker atau hand sanitizer yang berfungsi sebagai pengingat mereka untuk tetap melakukan protokol kesehatan.


5
Produk Kecantikan

bisnis-new-normal-pandemi-corona-covid

Selama pandemi ini, banyak orang yang tidak bisa pergi ke salon dan akhirnya memutuskan untuk merawat dirinya di rumah. Hal ini bisa kamu manfaatkan untuk menjual produk kecantikan yang biasa digunakan oleh salon dan langsung menjualnya ke para pelanggan.

Sebagai awal, kamu bisa riset terlebih dahulu trend kecantikan apa yang sedang ramai dan produk apa yang laris dipakai masyarakat. Setelah mendapatkan hasilnya, kamu bisa bertindak sebagai reseller atau dropshipper.


Nah, itu dia 5 ide bisnis yang bisa kamu lakukan dan mempunyai potensi untuk berkembang di era New Normal sekarang ini.

Baca Juga: Akses Modal Tambahan untuk Pemilik Online Shop Selama Pandemi COVID-19

Bagi kamu yang sudah menjalankan bisnis di atas, atau baru saja ingin memulainya, kamu  bisa menjual dan mempromosikan berbagai produkmu di media sosial, seperti Instagram, Twitter, YouTube atau melalui berbagai e-commerce di Indonesia.

Selain itu, kamu juga bisa mempromosikannya lewat situs #LokalSupportLokal. Sebuah situs inisiasi dari KoinWorks yang mendukung para UMKM untuk terus maju dan meraih pasar lebih luas lagi dengan memaksimalkan sebuah microsite dan media sosial yang dimiliki oleh KoinWorks.

Semuanya dijamin gratis, cukup daftarkan bisnismu dan promosikan produkmu hanya dalam hitungan jam. Menarik bukan?

Jadi, tunggu apalagi? Yuk coba 5 ide bisnis di atas dan promosikan produknya melalui #LokalSupportLokal agar bisnismu bisa mendapatkan lebih banyak keuntungan!