Ide Bisnis Food Truck untuk Dimulai, Banyak Peminat!

Ingin membuka usaha makanan, tapi menyewa tempat butuh budget banyak? Kalau kamu sedang mengalami permasalahan ini, memulai bisnis food truck bisa menjadi penyelamat kamu. Namun, kamu harus menjalankannya dengan cara yang benar. Nah, bagaimana cara memulainya? Yuk, simak ide bisnis food truck berikut ini!

Apa itu Food Truck?

Sebelum membahas lebih lanjut, alangkah baiknya kamu mengenal apa itu food truck. Food truck adalah konsep bisnis food and beverages (F&B) yang memanfaatkan kendaraan besar, seperti van, trailer, serta truk. Di dalamnya, ada perlengkapan untuk memasak dan menyajikan layaknya restoran di dalam ruangan. 

Salah satu keunggulan dari bisnis ini adalah penggunaan modal yang relatif rendah. Berbeda dengan bisnis kuliner konvensional, kamu tidak perlu menyewa ataupun mendirikan bangunan usaha. Kamu hanya perlu memiliki kendaraan yang memungkinkan kamu untuk berpindah-pindah tempat dan mendatangi pelanggan. 

Selain itu, ide bisnis food truck ini sedang menjadi perbincangan hangat di kalangan anak muda yang tertarik di dunia bisnis. Pasalnya, kebanyakan food truck menyajikan makanan yang simple, bisa dibawa kemana-mana, dan trendy. Apalagi, banyak orang di perkotaan yang membutuhkan makanan cepat saji dan mengenyangkan.

Ide Bisnis Food Truck untuk Dimulai

Peluang bisnis ini termasuk cukup luas. Kamu hampir bisa mengaplikasikan ide-ide kreatif apapun yang kamu miliki.

Berikut adalah beberapa ide umum dan menarik untuk kamu yang berencana memulai terjun ke usaha ini. 

1. Makanan Vegetarian

Kalangan vegetarian seringkali kesusahan mencari makanan yang cocok dengan mereka. Nah, kamu bisa menggunakan peluang ini dengan menargetkan para vegetarian dengan menyajikan makanan yang berbahan dasar tumbuhan. 

Selain itu, masyarakat juga mulai lebih peduli terhadap kesehatan. Jadi, kamu bisa memberikan pilihan makanan sehat untuk mereka. 

2. Street Food

Ide bisnis food truck ini menargetkan pelanggan yang tidak mau mengonsumsi makanan berat. Jadi, makanan ringan atau jajanan-jajanan yang biasa ada di jalanan bisa menjadi pilihan menu jualan, seperti martabak, telur gulung, crepes, dan roti. 

Namun, usahakan untuk memberikan konsep ke menu kamu sehingga semuanya bisa lebih terukur. Contohnya seperti jajanan khas Indonesia, Tiongkok, Korea, dan sebagainya. 

3. Makanan Siap Saji

Food truck ini akan serupa dengan drive-thru makanan siap saji. Akan tetapi, kamu bisa mendatangi tempat ramai dibandingkan hanya menunggu pelanggan di restoran. Beberapa tempat ramai yang bisa didatangi adalah event sekolahan, hari besar, dan ulang tahun universitas. 

4. Waffle Food Truck

Seperti crepes, waffles adalah salah satu menu yang kerap dijual di kalangan pebisnis food truck. Selain mudah dibawa, cemilan ini sangat cocok untuk pelanggan nikmati saat ingin bersantai. 

Kamu bisa showcase cara pembuatan waffles kepada pelanggan yang lalu lalang supaya menjadi daya tarik tersendiri. Selain itu, kamu pun juga bisa menawarkan makanan yang serupa seperti pancake, churros, dan ice cream sandwich

5. Fried Chicken Truck

Ide bisnis food truck yang satu ini cocok untuk masyarakat Indonesia yang gemar menyantap hidangan ayam. Fried chicken bisa kamu taruh di display, sehingga bisa menarik perhatian orang-orang, apalagi kalau kamu menyajikan fried chicken dengan saus menarik dan beraroma menggiurkan. 

6. Ice Cream Truck

Di hari yang panas, orang-orang pasti mencari jajanan yang segar, apalagi kalau di sekitar lokasi jualan ada kalangan anak-anak. Dengan berjualan ice cream menggunakan food truck, kamu dijamin akan dikelilingi banyak pelanggan. 

Untuk membedakan kamu dengan yang lain, kamu bisa menjual es krim yang spesifik, seperi Korean shaved ice, gelato, es krim Turkey, dan es krim rasa Indonesia. 

Kenapa Harus Memulai Bisnis Food Truck?

Ada beberapa alasan kenapa food truck adalah pilihan bisnis yang bagus, terutama bagi kamu yang terkendala dengan modal.

Berikut penjelasannya.

1. Banyak yang Minat

Makanan adalah salah satu kebutuhan primer masyarakat. Akan tetapi, berdiam di restoran yang menetap membutuhkan upaya pemasaran yang kuat, karena belum tentu orang-orang bersedia untuk datang. 

Berbeda dengan bisnis food truck yang bisa membantu kamu mendatangi orang-orang seperti di pusat keramaian, tempat hiburan, serta event besar.

Strategi jemput bola ini adalah keuntungan besar. Sebab, peluang usaha kamu untuk menjadi terkenal lebih tinggi dan memungkinkan kamu bercengkrama dengan pelanggan lebih dalam. 

2. Sangat Fleksible 

Restoran dalam gedung atau ruangan umumnya bersifat statis. Lagi pula, kamu harus menarik minat calon pelanggan untuk datang dan makan di restoran kamu. Apalagi, persaingan bisnis juga cukup kuat terutama kalau kamu tidak berinovasi secara berkala. 

Namun, konsep bisnis food truck agak sedikit berbeda, karena kamu bisa berjualan di berbagai tempat. 

Katakanlah tempat A kurang menghasilkan. Kamu bisa berpindah ke lokasi lain yang mungkin lebih ramai dan menguntungkan. Bagaimana, ide-idenya sangat menarik, bukan?

3. Kendala Bisnis Minim

Semua usaha memang punya permasalahan masing-masing, termasuk bisnis food truck. Salah satu kendala yang paling umum adalah kurang cocoknya pelanggan dengan jenis kuliner yang kamu jual. Pastikan kamu telah menganalisa minat makanan di masyarakat serta menyelaraskannya dengan konsep food truck kamu. 

Selain itu, cuaca seringkali menghalangi, terutama saat hujan. Karena konsep food truck adalah tidak berada di dalam ruangan, otomatis pelanggan menjadi kurang nyaman menyantap hidangan dalam keadaan cuaca kurang mendukung. Namun, kendala bisnis food truck termasuk minim daripada restoran konvensional.

Siap Memulai Bisnis Food Truck Sekarang Juga?

Itulah penjelasan singkat beserta dengan ide bisnis food truck. Bisnis ini sangat tepat bagi kamu yang ingin memulai usaha dengan modal relatif ringan.

Apapun pilihan konsep kamu, pastikan kamu sudah menganalisa minat masyarakat.

Tujuannya supaya jualan kamu tidak sepi.

Selamat mencoba!


Temukan inspirasi lainnya tentang tips bisnis hanya di lokalsupportlokal.id

Mimpinya kembangkan bisnis di pasar global
Kenyataannya masih kurang modal


Eits .. Jangan sedih!
KoinBisnis bisa kasih kamu pinjaman modal sampai dengan Rp. 2 Miliar

Simulasikan pinjamanmu sekarang!
Kalkulator Simulasi Pinjaman
Ketahui maksimum pinjaman dan cicilan per bulan
+62
Estimasi jumlah maksimum pinjaman

Rp

Estimasi cicilan bulanan
  • Tenor 6 bulan: Rp
  • Tenor 12 bulan: Rp
  • Tenor 24 bulan: Rp

Install aplikasi KoinWorks dan mulai ajukan pinjaman di KoinBisnis!

Ajukan Pinjaman Sekarang

Cek SKOR Kredit

Klik Gambar Dibawah!

Artikel Terpopuler

usaha-barbershop

Tips Sukses Memulai Usaha Barbershop

Tips Sukses Memulai Usaha Barbershop - Ingin memulai bisnis barbershop namun bingung mulai dari mana? Usaha barbershop (pangkas rambut) memang berkembang cukup pesat terutama...
Simply Fresh Laundry

Simple, Ini Cara Raih Untung dengan Bisnis Waralaba Simply Fresh Laundry!

Bagi kamu yang pernah tinggal di kawasan pemukiman dan daerah kampus di Yogyakarta, pasti sudah tidak asing dengan brand Simply Fresh Laundry. Berawal dari usaha...
usaha bengkel mobil

Tertarik Usaha Bengkel Mobil? Ini Estimasi Modal dan Tips Suksesnya

Indonesia merupakan salah satu negara yang dikenal dengan tingginya jumlah pengguna mobil. Hal ini pun terlihat dari padatnya ruas jalan di kota-kota besar—yang dipenuhi oleh...
cara memilih supplier usaha kuliner

7 Tips Mencari Supplier yang Tepat Untuk Usaha Kuliner Kamu

Peluang usaha kuliner semakin bersinar di tahun 2021. Meski di tengah pandemi corona, usaha kuliner tidak terlalu terkena dampak ekonomi yang menurun. Sebaliknya, justru semakin banyak keuntungan bisnis yang...
bisnis sambal kemasan

Alasan Untuk Segera Memulai Bisnis Sambal Kemasan

Alasan Untuk Segera Memulai Bisnis Sambal Kemasan - Sambal masih menjadi primadona yang identik dengan kebanyakan santapan khas Indonesia. Rasanya yang pedas dan lezat menambah...

Artikel Terkait