Franchise Menantea: Modal, Cara Bergabung, dan Tips Suksesnya

Sejak toko pertama buka, Menantea sudah mendapat perhatian. Bahkan, bisnis minuman kekinian yang satu ini berhasil viral. Sehingga, Menantea menawarkan opsi franchise terutama bagi kamu yang ingin berbisnis tapi terkendala modal.

Mengingat brand ini populer di masyarakat, tentu ada peluang untuk mendapat keuntungan besar. Namun, kamu perlu menerapkan strategi supaya tidak rugi. Oleh karena itu, pada kesempatan ini akan dibahas secara detail modal, cara bergabung, dan tips suksesnya. Yuk, simak!

Sekilas Tentang Menantea

Pada April tahun 2021, Jerome Polin dan Jehian merilis bisnis minuman kekinian Menantea. Agar bisnis tersebut berhasil, mereka menggandeng beberapa profesional yang sudah lama berkecimpung di dunia bisnis, terutama food and beverages.

Diantaranya, yaitu Sylvia Surya founder Kopi Soe, Hendy Setiono founder bisnis waralaba Baba Rafi Enterprise, serta Konsultan Bidang F&B Indonesia yaitu Bisma Adi Putra.

Tampaknya, perjuangan Jerome dan rekannya tersebut membuahkan hasil yang baik. Hingga bulan Oktober 2022, sudah ada 207 cabang di 76 kota seluruh Indonesia. Salah satu faktor kesuksesan ini adalah cita rasa minuman teh buah yang nikmat dan segar yang sudah disesuaikan dengan lidah orang Indonesia.

Selain itu, Menantea selalu mengedepankan penggunaan teknologi canggih untuk efisiensi kerja. Bahkan, para pegawai mendapat pelatihan secara rutin. Sehingga produktivitas kerja meningkat dan kualitas layanan semakin baik.

Modal Mendaftar Franchise Menantea

Jika tertarik menjadi salah satu pemilik bisnis franchise Menantea, jangan ragu untuk mendaftarkan dirimu. Pada dasarnya, harga yang dikeluarkan untuk biaya mendaftar franchise Menantea merupakan modal investasi. Saat ini ada dua tipe nilai investasi atau paket kemitraan yaitu tipe standar dan tipe autopilot. 

Khusus untuk tipe standar, biaya yang perlu kamu keluarkan sekitar Rp125.000.000,00. Namun, biaya tersebut belum termasuk mesin dan peralatan. Kemudian, dengan paket standar tersebut perkiraan balik modalnya sekitar 6-10 bulan.

Sebagai gambaran, berikut adalah contoh perhitungan untuk tipe standar. Misalnya, kamu memiliki target penjualan harian sebanyak 85 cup, maka gross margin Rp35.062.500,00. Selanjutnya, laba/rugi sebesar Rp15.550.000,00. Sedangkan payback period sekitar 11,3 bulan.

Perhitungan di atas berdasar pada gross margin yang sudah termasuk HPP (45%), laba/rugi sudah termasuk biaya karyawan, bonus untuk karyawan (1%), biaya operasional (5%), dan royalti (5%). 

Lalu, modal untuk paket autopilot yaitu sekitar Rp175.000.000,00. Jika memiliki paket ini, kamu akan mendapat mesin dan peralatan. Selain itu, tipe ini menerapkan sistem bagi hasil 50%. Selanjutnya, kamu bisa balik modal sekitar 9-20 bulan.

Gambarannya, kamu memiliki target penjualan harian sebanyak 85 cup. Kemudian gross margin yaitu Rp35.062.500,00. Maka, laba/rugi sebesar Rp23.737.000,00. Karena sistem bagi hasil (50%), kamu perlu merelakan Rp11.868.750,00. Sedangkan, laba investor berjumlah Rp6.868.750,00.

Pada contoh tersebut, perhitungan laba/rugi sudah termasuk gratis biaya royalty fee yaitu 0%. Selain itu, laba investor sudah meliputi perhitungan sewa atau beban investor.

Baca juga: 8 Tips Sukses Memilih Bisnis Franchise Makanan dan Minuman

Cara Bergabung Franchise di Menantea

Seperti yang sudah kamu lihat, bisnis Menantea menawarkan opsi franchise yang hingga saat ini cabangnya masih terus bertambah. Artinya, peminat minuman teh buah kekinian ini memang sangat banyak.

Maka dari itu, kondisi tersebut bisa menjadi peluang besar bagi kamu yang ingin memulai bisnis. Tanpa memikirkan produk, kamu sudah bisa menjadi pebisnis yang sukses.

Pada dasarnya, tidak ada syarat khusus untuk bergabung dalam bisnis ini. Asalkan, kamu bisa membayar harga atau modal investasi franchise Menantea. Apabila kamu tertarik, ada beberapa prosedur yang perlu dilakukan.

Pertama, kamu perlu mengisi formulir kemitraan yang sudah tersedia dan bisa kamu coba cek melalui akun Instagram Menantea Toko. Selanjutnya, tunggu sampai mendapat approval lokasi termasuk alamat di Google Maps. Setelah itu, lakukan agreement atau menandatangani surat perjanjian kemitraan.

Berikutnya, kamu wajib melakukan pembayaran commitment fee sebesar 20% dan DP (down payment) 30% dari keseluruhan total lisensi. Jika sudah, kamu bisa mulai menyiapkan tempat untuk outlet dan melakukan renovasi. 

Setelah itu, lakukan pelunasan sebesar 50% dari total lisensi. Apabila semua prosedur sudah kamu lakukan, proses selanjutnya adalah pengiriman mesin, bahan baku, dan training. Nah, jika sudah semuanya sudah siap, langkah berikutnya adalah grand opening outlet.

Baca juga: Tips Sukses Peluang Usaha Franchise Teh Tong Tji

Tips Sukses Menjalankan Bisnis Menantea

Di bawah ini adalah tips yang bisa kamu coba supaya sukses dalam menjalankan bisnis franchise Menantea.

1. Tentukan Lokasi yang Strategis

Pertama, kamu wajib memilih tempat yang strategis. Meskipun brand Menantea sudah populer di kalangan masyarakat, lokasi bisnis juga tetap perlu kamu pertimbangkan.

Pilihlah lokasi yang memiliki kemudahan akses, sehingga pembeli tidak kesulitan untuk mendatangi tokomu. Di samping itu, membuka outlet yang dekat dengan target pasar juga bisa menjadi solusi. 

Misalnya, area kampus, sekolah, tempat bimbingan belajar, dan sebagainya. Lokasi tersebut dipilih, karena peminat minuman kekinian sebagian besar merupakan siswa dan mahasiswa.  

2. Kenali Target Pasar

Berkaitan dengan lokasi outlet, kamu perlu mengenali target pasar yang sesungguhnya dari franchise ini. Oleh karena itu, saat kamu sedang mengikuti training pahami betul materi yang disampaikan.

Sudah pasti informasi penting terkait potensi pasar akan masuk menjadi materi training. Setelah itu, kenali daya beli, minat, gaya hidup, dan tingkah laku dari masyarakat sekitar tempat kamu akan membuka outlet

Apabila kamu berhasil mengenali target pasar, tentu saja kemungkinan kamu mendapatkan balik modal akan lebih besar. Bahkan, peluang untuk sukses sangat terbuka lebar.

3. Buat Strategi Promosi yang Tepat

Ketiga, buatlah strategi promosi produk yang tepat. Meski sudah terkenal, target pasar tidak akan tahu ada cabang Menantea di daerahnya jika tidak dikenalkan. Kamu bisa menggunakan berbagai metode pemasaran produk seperti pemasaran  konvensional maupun pemasaran digital. 

Jika memakai metode konvensional, kamu bisa menyebarkan brosur atau menempelkannya di tempat yang banyak dilalui oleh orang banyak. Sementara itu, pemasaran digital bisa dilakukan dengan menggunakan media sosial. 

Misalnya, membuat konten khusus, kuis, giveaway, dan sebagainya. Jangan lupa untuk menandai akun media sosial bisnis utama supaya nanti dapat mereka unggah ulang atau repost

4. Tingkatkan Layanan

Selanjutnya, bisnis franchise Menantea bisa sukses jika kamu tetap meningkatkan layanan. Tidak melulu harus memberikan diskon, kamu bisa mulai dari meningkatkan kualitas karyawan. Sebagai contoh, berikan kesan positif kepada pelanggan.

Misalnya, memberikan respon cepat tanggap terhadap pembeli, tidak menunjukkan wajah yang cemberut, bersikap profesional, dan tidak terbawa emosi. Serta, menerima segala masukan dan keluhan pelanggan dengan terbuka.

Melalui layanan seperti ini, pembeli akan merasa mendapat pelayanan terbaik. Sehingga, terjalin hubungan yang harmonis dengan pelanggan. Hasilnya, kepercayaan pelanggan akan meningkat.

5. Ikuti Sistem Bisnis Utama

Setiap bisnis franchise, toko utama sudah pasti memiliki sistem sedemikian rupa yang teratur dan terstruktur. Selain itu, keberhasilan sistem tersebut juga sudah teruji. Sehingga, kamu wajib mengikuti sistem tersebut. 

Oleh karena itu, sudah sepatutnya kamu mengikuti pelatihan yang sudah dijadwalkan. Pelajari semua ilmu yang Menantea berikan. Sehingga, harga yang kamu keluarkan untuk memulai bisnis franchise Menantea bisa terbayar.

6. Perhatikan Kondisi Keuangan

Tips sukses berikutnya yaitu kamu perlu memperhatikan kondisi keuangan. Bagaimanapun juga, kamu harus mampu membuat manajemen keuangan yang terorganisir. Sehingga, kamu bisa memperkirakan kapan bisa balik modal.

Apabila keuangan dalam keadaan baik, laba dari bisnis franchise ini bisa kamu jadikan sebagai modal untuk membuka cabang di lokasi lain.

7. Evaluasi Rutin

Terakhir, kamu harus melakukan evaluasi secara rutin. Ketika melakukan evaluasi, kamu bisa mengetahui kesalahan, kekurangan, kendala, dan capaian dari strategi yang sudah diterapkan. Setelah mengetahui kondisi tersebut, kamu bisa menganalisisnya. Kemudian, menentukan strategi baru yang lebih sesuai. 

Misalnya, strategi promosi dengan brosur tidak efektif. Maka, sebaiknya jangan lakukan kembali. Sebisa mungkin mengurangi anggaran untuk suatu hal yang tidak mempengaruhi peningkatan penjualan. 

Ingin Miliki Bisnis Franchise Menantea yang Laris?

Itulah informasi seputar harga yang perlu dikeluarkan untuk modal biaya bisnis franchise Menantea, cara bergabung, hingga tips sukses menjalankannya. Sekarang kamu sudah semakin siap untuk miliki outlet sendiri. Jangan lupa untuk selalu mencoba meningkatkan kualitas layanan. 

Sehingga, semakin banyak pelanggan yang datang untuk membeli minuman Menantea di tempatmu dan bisnis akan laris, sukses, serta mendapat keuntungan berlipat.

Semoga sukses!

Kalkulator Simulasi Pinjaman
Ketahui maksimum pinjaman dan cicilan per bulan
+62
Estimasi jumlah maksimum pinjaman

Rp

Estimasi cicilan bulanan
  • Tenor 6 bulan: Rp
  • Tenor 12 bulan: Rp
  • Tenor 24 bulan: Rp

Install aplikasi KoinWorks dan mulai ajukan pinjaman di KoinBisnis!

Ajukan Pinjaman Sekarang

Cek SKOR Kredit

Klik Gambar Dibawah!

Artikel Terpopuler

usaha bengkel mobil

Tertarik Usaha Bengkel Mobil? Ini Estimasi Modal dan Tips Suksesnya

0
Indonesia merupakan salah satu negara yang dikenal dengan tingginya jumlah pengguna mobil. Hal ini pun terlihat dari padatnya ruas jalan di kota-kota besar—yang dipenuhi oleh...
bisnis sambal kemasan

Alasan Untuk Segera Memulai Bisnis Sambal Kemasan

0
Alasan Untuk Segera Memulai Bisnis Sambal Kemasan - Sambal masih menjadi primadona yang identik dengan kebanyakan santapan khas Indonesia. Rasanya yang pedas dan lezat menambah...
usaha-barbershop

Tips Sukses Memulai Usaha Barbershop

0
Tips Sukses Memulai Usaha Barbershop - Ingin memulai bisnis barbershop namun bingung mulai dari mana? Usaha barbershop (pangkas rambut) memang berkembang cukup pesat terutama...
cara memilih supplier usaha kuliner

7 Tips Mencari Supplier yang Tepat Untuk Usaha Kuliner Kamu

0
Peluang usaha kuliner semakin bersinar di tahun 2021. Meski di tengah pandemi corona, usaha kuliner tidak terlalu terkena dampak ekonomi yang menurun. Sebaliknya, justru semakin banyak keuntungan bisnis yang...
Peluang Usaha Franchise Teh Tong Tji

Tips Sukses Peluang Usaha Franchise Teh Tong Tji

0
Peluang Usaha Franchise Teh Tong Tji - Gerai aneka minuman manis yang disajikan dingin selalu menarik minat masyarakat terutama di hari yang terik. Mulai dari bisnis...

Artikel Terkait