Franchise Kopi Kulo: Biaya, Peluang Usaha, dan Cara Bergabung

Besarnya peluang bisnis kopi membuat banyak pebisnis tertarik untuk bergabung dengan franchise brand kopi ternama di Indonesia. Salah satunya adalah franchise Kopi Kulo. Peluang bisnis kerja sama ini termasuk pilihan usaha waralaba yang memiliki keuntungan besar.

Makanya, tak heran jika kini kamu bisa menemukan banyak kedai Kopi Kulo di berbagai daerah di Indonesia. Lantas, bagaimana cara memulai franchise Kopi Kulo dan harganya? Bagi yang penasaran, langsung saja simak pemaparan di bawah ini, ya.

Sekilas tentang Kopi Kulo

Kopi Kulo adalah brand kopi lokal yang sudah beroperasi sejak tahun 2017. Bisa dibilang, kedai Kopi Kulo ini membawa gebrakan market coffee-to-go di Indonesia. Berbeda dari kebanyakan bisnis kopi lainnya, menu yang tersedia di Kopi Kulo ini terbilang unik dengan cita rasa yang khas.

Misalnya, menu Avocatto yang memadukan pahitnya espresso dengan jus alpukat bertoping es krim. Menariknya, hingga kini menu Avocatto tersebut menjadi salah satu minuman andalan di Kopi Kulo.

Bukan hanya itu, semua produk kopi di sini juga menggunakan 100% kopi lokal Indonesia. Sekarang ini, setidaknya sudah tersebar lebih dari 200 outlet Kopi Kulo di seluruh Indonesia dalam kurun waktu 2 tahun sejak beroperasi.

Modal Mendaftar Franchise Kopi Kulo

Jika menilik dari website resmi KULO Group, sebenarnya tidak ada informasi resmi terkait dengan investasi bisnis franchise atau kemitraan Kopi Kulo ini. Namun, beberapa sumber menyatakan bahwa harga franchise Kopi Kulo berkisar mulai dari Rp125.000.000 hingga Rp155.000.000.

Dengan biaya terendahnya, yakni Rp125.000.000, kamu sudah mendapatkan segala kebutuhan operasional bisnis waralaba Kopi Kulo dan berbagai perlengkapan jualan.

Akan tetapi, jika kamu ingin mendapatkan fasilitas yang lebih lengkap, maka sebaiknya pilih paket franchise seharga Rp155.000.000. Adapun rincian harga untuk paket lengkap franchise Kopi Kulo adalah sebagai berikut:

  • Perlengkapan awal: Rp30.000.000
  • Desain outlet atau booth: Rp2.000.000
  • Renovasi tempat: Rp50.000.000
  • Biaya franchise selama 3 tahun: Rp70.000.000
  • Biaya pemasaran di media sosial: Rp3.000.000
  • Total: Rp155.000.000

Sayangnya, di luar biaya paket lengkap tersebut, kamu masih harus menyiapkan tempat untuk outlet atau booth sebagai lokasi operasional bisnis yang sesuai dengan syarat dan ketentuan. 

Selain itu, biasanya harga franchise Kopi Kulo akan mengalami perubahan dari tahun ke tahun. Jadi, sebaiknya kamu bisa menghubungi kontak KULO Group untuk mendapatkan informasi yang valid.

Perkiraan Omset Franchise Kopi Kulo

Sebagai brand lokal, harga minuman yang ada di Kopi Kulo terbilang relatif terjangkau. Jadi, kelas menengah juga bisa ikut menikmati kopi di sini. Makanya, tak heran jika peluang bisnis ini sangatlah besar. Hal ini karena kamu tidak akan kesulitan untuk memasarkannya di berbagai daerah.

Adapun rata-rata penjualan waralaba Kopi Kulo di setiap kedainya bisa mencapai 100 cup per hari. Artinya, estimasi omset yang bisa kamu dapatkan berkisar antara Rp2.000.000 sampai dengan Rp4.000.000 per harinya. 

Dengan kata lain, sebagai mitra bisnis, kamu bisa mendapatkan omset mencapai Rp120.000.000 per bulan.

Menariknya lagi, kamu tidak perlu membayar royalty fee bulanan jika bergabung dengan franchise Kopi Kulo, lho. Jadi, kamu hanya perlu memperpanjang biaya kemitraan setelah tiga tahun.

Menurut perhitungan dari founder KULO Group, sebagai mitra, kamu sudah bisa balik modal kurang dari 12 bulan. Namun, tentunya hal ini juga dapat terjadi jika strategi pemasaran yang kamu lakukan sudah maksimal.

Cara Bergabung Franchise di Kopi Kulo

Bagi kamu yang tertarik bergabung sebagai mitra KULO Group, berikut adalah tata cara bergabung kemitraan Kopi Kulo.

  • Kunjungi laman resmi KULO Group untuk melakukan pendaftaran secara online dengan mengisi formulir yang tersedia.
  • Lengkapi data diri dengan benar, seperti nama, nomor telepon, hingga rencana lokasi usaha.
  • Selanjutnya, pilih “Kedai Kopi Kulo”. Jangan sampai lewatkan tahapan ini karena KULO Group memiliki banyak sektor bisnis lainnya.
  • Tulis pertanyaan tambahan tentang tata cara pendaftaran yang harus kamu lakukan.
  • Setelah itu, klik “Kirim”.
  • Nantinya pihak manajemen akan menghubungi kamu secara pribadi untuk menjelaskan terkait detail selanjutnya.

Selain mengisi formulir online, kamu juga bisa mendaftar kemitraan dengan mengirimkan proposal usaha ke alamat email mereka, yakni [email protected].

Baca juga: Franchise Menantea: Modal, Cara Bergabung, dan Tips Suksesnya

Alur Persiapan Buka Usaha Franchise Kopi Kulo

Setelah mengetahui cara mendaftar kemitraan bisnis, berikut ini adalah alur persiapan usaha waralaba Kopi Kulo yang perlu kamu ketahui:

  • Pihak manajemen Kopi Kulo harus mengetahui titik pasti rencana lokasi outlet.
  • Jika manajemen sudah menyetujui lokasi setelah survei, kamu akan masuk ke tahap ketiga.
  • Nantinya, mitra akan melakukan pembayaran uang muka dengan batas waktu pelunasan selama tujuh hari.
  • Jika pelunasan sudah selesai, mitra wajib mengirimkan layout lokasi sesuai dengan rencana pada tahap pertama untuk pembuatan desain.
  • Tunggu selama tujuh hari kerja dan kamu akan mendapatkan desain 3 dimensi.
  • Selanjutnya adalah tahap renovasi yang mengacu pada desain dari manajemen Kopi Kulo.
  • Setidaknya proses renovasi berlangsung selama dua minggu dan mitra sudah boleh mengambil perlengkapan jualan.
  • Setelah itu, akan ada training karyawan dengan minimal tiga orang di salah satu kantor pusat.
  • Jika outlet dan karyawan sudah siap, kamu bisa memulai operasional bisnis.

Tips Sukses Menjalankan Bisnis Kopi Kulo

Adapun berbagai tips sukses menjalankan franchise Kopi Kulo yang bisa kamu terapkan adalah sebagai berikut.

1. Memilih Lokasi yang Strategis

Hal pertama yang perlu kamu lakukan ketika memutuskan untuk bermitra dengan Kopi Kulo adalah mencari lokasi yang strategis agar nantinya pihak manajemen bisa menyetujuinya. 

Meski brand minuman kopi lokal ini sudah terkenal, namun jika lokasinya tidak sesuai, maka omset yang kamu dapatkan jadi tidak maksimal. Oleh karena itu, sebaiknya pilihlah lokasi yang strategis dan ramai misalnya di area perkantoran atau kampus. 

Selain itu, pilihlah lokasi yang membuat outletmu terlihat jelas. Maksud dari jelas di sini adalah pastikan lokasi usaha milikmu tidak tersembunyi dan mudah orang-orang temukan.

2. Mengenali Franchise Kopi Kulo

Sebagai mitra, kamu juga perlu mengenal waralaba Kopi Kulo dengan baik. Mulai dari ketentuan fee hingga sistem operasionalnya. Hal ini bertujuan untuk menjaga brand awareness sekaligus mempertahankan standar operasional perusahaan.

3. Mengenali Potensi Pasar

Meski nama brand Kopi Kulo sudah terkenal oleh mayoritas masyarakat Indonesia, namun kamu juga perlu memahami segmentasi pasar dari bisnis ini. Jangan sampai nantinya kamu justru salah langkah dalam menetapkan target pasar.

4. Mengikuti Sistem

Pada dasarnya, sebagai mitra bisnis, kamu hanya perlu mengikuti sistem yang sudah ada dari pihak manajemen. Makanya, kamu juga perlu memperhatikan dengan seksama setiap panduan dan juga pelatihan yang mereka berikan. 

Setiap sistem juga perlu kamu ikuti dengan maksimal agar bisa mengikuti kesuksesan bisnis induknya.

5. Menetapkan Tujuan dan Perencanaan Bisnis

Setiap bisnis tentunya memiliki tujuan dan perencanaannya sendiri. Meskipun kamu mengikuti sistem dari manajemen KULO Group, namun bukan berarti kamu tidak bisa menetapkan tujuan bisnis sendiri.

Artinya, kamu bisa melakukan sedikit modifikasi terkait tujuan dan perencanaan bisnis. Namun, pastikan jika bisnis franchise Kopi Kulo tersebut tidak mengurangi atau melanggar sistem yang telah berlaku, ya.

6. Meningkatkan Pemasaran

Strategi pemasaran menjadi hal penting yang tak boleh ketinggalan jika ingin mendapatkan keuntungan bisnis yang maksimal. Tidak peduli di mana lokasi outlet bisnismu, kamu tetap harus menetapkan strategi pemasaran secara efektif agar bisa mendapat konsumen secara signifikan.

7. Meningkatkan Layanan Konsumen

Peningkatan pelayanan kepada konsumen bukan hanya sekadar memberikan diskon atau promo besar-besaran. Sebab, kamu juga bisa melakukan hal-hal sederhana untuk membuat konsumen merasa senang dan puas dengan pelayanan yang kamu berikan.

Misalnya, memberi sambutan ketika konsumen datang ke outlet, membantu memilihkan menu unggulan, hingga melakukan layanan terbaik saat konsumen berkunjung.

Tertarik Membuka Bisnis Franchise Kopi Kulo?

Itu dia informasi singkat mengenai bisnis waralaba Kopi Kulo. Setelah menyimak penjelasan di atas, apakah kamu semakin tertarik untuk bergabung dengan kemitraan Kopi Kulo?

Sebelum bergabung menjadi pebisnis waralaba Kopi Kulo, pastikan kamu mempelajari aturan penting dari manajemen KULO Group, modal usaha, dan bentuk persiapan lainnya.

Kalkulator Simulasi Pinjaman
Ketahui maksimum pinjaman dan cicilan per bulan
+62
Estimasi jumlah maksimum pinjaman

Rp

Estimasi cicilan bulanan
  • Tenor 6 bulan: Rp
  • Tenor 12 bulan: Rp
  • Tenor 24 bulan: Rp

Install aplikasi KoinWorks dan mulai ajukan pinjaman di KoinBisnis!

Ajukan Pinjaman Sekarang

Cek SKOR Kredit

Klik Gambar Dibawah!

Artikel Terpopuler

usaha bengkel mobil

Tertarik Usaha Bengkel Mobil? Ini Estimasi Modal dan Tips Suksesnya

0
Indonesia merupakan salah satu negara yang dikenal dengan tingginya jumlah pengguna mobil. Hal ini pun terlihat dari padatnya ruas jalan di kota-kota besar—yang dipenuhi oleh...
bisnis sambal kemasan

Alasan Untuk Segera Memulai Bisnis Sambal Kemasan

0
Alasan Untuk Segera Memulai Bisnis Sambal Kemasan - Sambal masih menjadi primadona yang identik dengan kebanyakan santapan khas Indonesia. Rasanya yang pedas dan lezat menambah...
usaha-barbershop

Tips Sukses Memulai Usaha Barbershop

0
Tips Sukses Memulai Usaha Barbershop - Ingin memulai bisnis barbershop namun bingung mulai dari mana? Usaha barbershop (pangkas rambut) memang berkembang cukup pesat terutama...
cara memilih supplier usaha kuliner

7 Tips Mencari Supplier yang Tepat Untuk Usaha Kuliner Kamu

0
Peluang usaha kuliner semakin bersinar di tahun 2021. Meski di tengah pandemi corona, usaha kuliner tidak terlalu terkena dampak ekonomi yang menurun. Sebaliknya, justru semakin banyak keuntungan bisnis yang...
Peluang Usaha Franchise Teh Tong Tji

Tips Sukses Peluang Usaha Franchise Teh Tong Tji

0
Peluang Usaha Franchise Teh Tong Tji - Gerai aneka minuman manis yang disajikan dingin selalu menarik minat masyarakat terutama di hari yang terik. Mulai dari bisnis...

Artikel Terkait