Franchise Es Teh Indonesia, Cara Bergabung dan Tips Suksesnya

Franchise Es Teh Indonesia menjadi salah satu bisnis waralaba minuman kekinian yang populer.

Memiliki pamor yang cukup terkenal, tentu saja franchise minuman ini sangat menguntungkan.

Nah, buat kamu yang ingin membuka bisnis Es Teh Indonesia, simak caranya di artikel ini!

Sekilas Tentang Es Teh Indonesia

Es Teh Indonesia merupakan salah satu brand minuman kekinian yang cukup populer. Brand ini didirikan oleh Haidhar Wurjanto pada tahun 2018 dan saat ini menunjuk Nagita Slavina sebagai salah satu CEO-nya. 

Berada di bawah naungan PT Es Teh Indonesia, brand ini mengusung konsep Tea To Go atau menggunakan konsep penyajian dengan gaya kekinian. Karena menggunakan bahan utama teh, tidak heran jika hampir seluruh minumannya disukai oleh banyak orang, mulai dari anak-anak, remaja, hingga orang tua.

Pada awal 2020 lalu, franchise Es Teh Indonesia memiliki 20 cabang dengan kebun sebanyak 504. Kini data terbaru di website-nya menunjukkan terdapat 700 lebih outlets dan 1.030 kebun yang tersebar di seluruh Indonesia.

Brand minuman lokal ini memiliki visi yaitu menjadi market leader perusahaan F&B. Serta, menghasilkan pengusaha Indonesia yang berkualitas melalui media pengembangan dan pembelajaran berbasis teknologi.

Sedangkan misinya, yaitu:

  • Menciptakan merek F&B bertaraf internasional.
  • Mewujudkan 7.000 pengusaha berkualitas di tahun 2026 dengan semangat gotong royong.
  • Menunjang lingkungan belajar enterpreneur yang bermanfaat.

Modal Mendaftar Franchise Es Teh Indonesia

Memiliki kepopuleran yang cukup besar, pasti kamu bertanya-tanya berapa harga franchise Es Teh Indonesia saat ini? Jika kamu tertarik ingin bergabung menjadi bagian dari franchise minuman kekinian ini, kamu harus menyiapkan modal sekitar Rp120.000.000,00 lengkap dengan lisensi selama 4 tahun. 

Estimasi modal ini juga sudah termasuk perlengkapannya seperti desain logo, roll banner, flyer, menu, apron, baju polo, dan topi. Sedangkan untuk pembangunan dan renovasinya kamu harus menyiapkan dana berbeda, tergantung luas tempat yang kamu sewa atau miliki. 

Estimasi biaya sewa booth dan renovasi adalah sebesar Rp250.000.000,00. Jadi, keseluruhan modal mendaftar franchise Es Teh Indonesia yang harus kamu siapkan mencapai Rp258.000.000,00. 

Keseluruhan biaya ini sudah termasuk deposit sebesar Rp30.000.000,00, biaya renovasi tempat minimal Rp60.000.000,00, dan estimasi biaya sewa tempat sebesar Rp48.000.000,00 per tahun.

Modal ini sudah meliputi gaji 3 pegawai, bonus pegawai sebesar 2% dari penjualan, biaya variabel termasuk HPP sebesar 45%, royalty free sebesar 5%, dan pajak PPN atau PBI sebesar 10%.

Cara Bergabung Franchise di Es Teh Indonesia

Berkat kepopulerannya, omset Es Teh Indonesia bisa mencapai miliaran rupiah per bulan. Tentu saja ini sangat menggiurkan.

Namun, untuk bergabung dengan Es Teh Indonesia terdapat seleksi yang sangat ketat.

Berikut tata cara untuk bergabung franchise Es Teh Indonesia yang bisa kamu coba.

1. Menghubungi Call Center Es Teh Indonesia

Cara pertama yang perlu kamu lakukan jika tertarik ingin bergabung menjadi mitra Es Teh Indonesia adalah menghubungi kontak dari tim marketing mereka. Kamu bisa menghubungi nomor 082221111437 atau mengontak email mereka di [email protected].

2. Mengisi Formulir Kemitraan di Website

Setelah menghubungi kontak dari tim marketing, kamu akan disarankan untuk mengisi formulir kemitraan di website Es Teh Indonesia. Formulir ini berisi data diri kamu dan pastikan untuk mengisinya dengan tepat. Setelah itu, kirim formulir tersebut dan tunggu informasi selanjutnya.

3. Tanda Tangan Kontrak, Survey, dan Pembayaran

Jika pengajuan kemitraan yang kamu tawarkan mendapat persetujuan, maka langkah berikutnya yang harus kamu lakukan adalah membaca kontrak dan menyetujui commitment fee tersebut.

Kemudian pihak terkait akan melakukan survei lokasi sesuai dengan data informasi yang kamu isi di formulir kemitraan. Tahapan survei ini bertujuan untuk menentukan design pembangunan outlet yang tepat. Setelah tahapan ini selesai, berikutnya kamu harus melunasi lisensi fee yang sudah disepakati bersama.

4. Persiapan dan Launching

Ketika lisensi fee sudah kamu lunasi, pihak Es Teh Indonesia akan segera mengirim peralatan, perlengkapan, sekaligus bahan baku sebelum launching outlet milikmu. Demi menjaga kualitas pelayanan dan minuman, pihak Es Teh Indonesia akan melakukan training terlebih dahulu kepada para pegawai.

Setelah proses persiapan selesai, outlet milikmu sudah siap untuk opening. Tidak usah khawatir soal promo, sebab nantinya informasi opening tersebut akan diunggah oleh tim marketing pusat. Jadi, kamu hanya tinggal menunggu konsumen berdatangan.

Jika ingin lebih banyak pembeli, kamu bisa mengajak kerja sama para food vlogger lokal untuk ikut mempromosikan opening outlet milikmu. Bagaimana? Masih tertarik untuk bergabung dengan franchise Es Teh satu ini?

Baca juga: Franchise Menantea, Modal, Cara Bergabung, dan Tips Suksesnya

Tips Sukses Menjalankan Franchise Es Teh Indonesia

Sebelum menjadi brand terkenal dan memiliki 1.000 lebih outlets yang tersebar di seluruh Indonesia, Es Teh adalah usaha minuman biasa.

Namun, karena kemampuan marketing owner-nya, brand ini dapat tumbuh pesat.

Nah, berikut tips sukses menjalankan franchise Es Teh Indonesia yang harus kamu coba.

1. Ide dan Kreativitas

Menjadi seorang pengusaha, tentu kamu ingin bisnis yang dijalankan saat ini sukses dan memiliki banyak pelanggan. Namun, kamu juga harus peka bahwa akan ada persaingan ketat yang terjadi untuk merebut target pasar yang sama.

Supaya menang dari persaingan sesama bisnis minuman kekinian, kamu harus memiliki ide-ide brilian dan mengemasnya dengan kreatif. Misalnya, menata ruangan agar menarik dan membuat pelanggan nyaman atau inovasi menarik lainnya yang berbeda dari kompetitor.

Tercapai atau tidaknya ide yang kamu miliki tergantung pada para pegawai yang bekerja. Jadi, pastikan kamu mengadakan rapat rutin untuk mengevaluasi kinerja dan tim serta menjabarkan ide-ide berikutnya.

2. Optimalkan Promosi di Media Sosial

Menjangkau konsumen bisa kamu lakukan melalui media sosial. Karena platform ini jangkauannya sangat luas, sehingga efektif dijadikan sebagai media promosi outlet milikmu.

Memang sudah ada tim marketing dari pusat yang bantu memasarkan outlet milikmu. Namun, kamu juga harus berupaya untuk menyiapkan dan menerapkan strategi digital marketing khusus untuk outlet milikmu sendiri.

Apalagi banyaknya outlet membuat tim marketing dari pusat sangat sibuk dan harus membuat jadwal promosi untuk masing-masing outlet yang ada di Indonesia. Nah, jika kamu hanya mengandalkan marketing dari pusat, maka outlet milikmu bisa kalah saing dengan kompetitor yang juga menjual minuman kekinian lainnya.

Kamu bisa mencoba membuat akun sendiri untuk outlet milikmu. Misalnya, dengan nama “estehindonesia_cabangbogor” dan nama akun lainnya sesuai dengan cabang outlet milikmu.

Kemudian maksimalkanlah promosi. Mulai dari mengunggah produk dengan foto dan video yang berkualitas, aktif menyapa konsumen, membagikan tips seputar minuman, dan konten menarik lainnya.

Selain platform media sosial, kamu juga bisa bekerjasama dengan mitra ojek online seperti GrabFood atau GoFood untuk menambah jangkauan konsumen di sekitar. Jangan lupa untuk memberikan promo menarik seperti paket bundling, potongan harga, dan diskon pengiriman.

3. Menjaga Kualitas Minuman

Kunci sukses berikutnya jika ingin menjadi bagian dari franchise Es Teh Indonesia adalah mampu menjaga kualitas rasa minuman yang dijual. Saat ini, ada 22 varian rasa produk Es Teh Indonesia yang sudah terkenal dan memiliki banyak penggemar.

Jadi, usahakan seluruh varian minuman tersebut memiliki cita rasa yang tidak berubah-ubah. Misalnya, rasa asam dan manis dari varian Chizu Red Velvet harus seimbang. Jangan sampai varian ini justru lebih dominan manis yang membuat rasa asamnya hilang.

Sebab, masing-masing varian memiliki cita rasa yang unik dan pelanggan pun menyukai varian tersebut berdasarkan cita rasanya. Jika rasa sudah berubah, maka pelanggan akan kecewa dan beralih ke kompetitor.

4. Menjaga Hubungan Baik dengan Pelanggan

Terakhir adalah menjaga hubungan baik dengan para pelanggan. Ini merupakan kunci penting untuk membuat bisnis yang kamu jalankan sukses di pasaran, meski persaingannya cukup ketat.

Menjaga hubungan baik dengan pelanggan bisa kamu lakukan dengan cara menyapa pelanggan ketika datang, memberikan pelayanan yang terbaik, dan mengucapkan terima kasih.

Meski sederhana, kenyataannya cara-cara di atas bisa membuat pelanggan merasa senang dan dihargai keberadaannya. Rasa senang tersebut akan membuat mereka menjadi pelanggan yang loyal dan terus melakukan pembelian produk-produk minuman di outlet milikmu secara rutin.

Sudah Siap Bergabung dengan Franchise Es Teh Indonesia?

Itulah informasi lengkap mengenai harga franchise Es Teh Indonesia, cara mendaftar, dan tips sukses menjalankan bisnis waralaba brand tersebut.

Bagaimana?

Sudah siap bergabung dengan brand yang dipimpin oleh Nagita Slavina ini?

Jika sudah siap, segera coba untuk menerapkan tips-tips di atas, ya!

Kalkulator Simulasi Pinjaman
Ketahui maksimum pinjaman dan cicilan per bulan
+62
Estimasi jumlah maksimum pinjaman

Rp

Estimasi cicilan bulanan
  • Tenor 6 bulan: Rp
  • Tenor 12 bulan: Rp
  • Tenor 24 bulan: Rp

Install aplikasi KoinWorks dan mulai ajukan pinjaman di KoinBisnis!

Ajukan Pinjaman Sekarang

Cek SKOR Kredit

Klik Gambar Dibawah!

Artikel Terpopuler

usaha bengkel mobil

Tertarik Usaha Bengkel Mobil? Ini Estimasi Modal dan Tips Suksesnya

0
Indonesia merupakan salah satu negara yang dikenal dengan tingginya jumlah pengguna mobil. Hal ini pun terlihat dari padatnya ruas jalan di kota-kota besar—yang dipenuhi oleh...
bisnis sambal kemasan

Alasan Untuk Segera Memulai Bisnis Sambal Kemasan

0
Alasan Untuk Segera Memulai Bisnis Sambal Kemasan - Sambal masih menjadi primadona yang identik dengan kebanyakan santapan khas Indonesia. Rasanya yang pedas dan lezat menambah...
usaha-barbershop

Tips Sukses Memulai Usaha Barbershop

0
Tips Sukses Memulai Usaha Barbershop - Ingin memulai bisnis barbershop namun bingung mulai dari mana? Usaha barbershop (pangkas rambut) memang berkembang cukup pesat terutama...
cara memilih supplier usaha kuliner

7 Tips Mencari Supplier yang Tepat Untuk Usaha Kuliner Kamu

0
Peluang usaha kuliner semakin bersinar di tahun 2021. Meski di tengah pandemi corona, usaha kuliner tidak terlalu terkena dampak ekonomi yang menurun. Sebaliknya, justru semakin banyak keuntungan bisnis yang...
Peluang Usaha Franchise Teh Tong Tji

Tips Sukses Peluang Usaha Franchise Teh Tong Tji

0
Peluang Usaha Franchise Teh Tong Tji - Gerai aneka minuman manis yang disajikan dingin selalu menarik minat masyarakat terutama di hari yang terik. Mulai dari bisnis...

Artikel Terkait