Franchise Cucian Mobil: Ini Rekomendasi dan Tips Suksesnya!

Seiring dengan semakin bertambahnya jumlah pengguna kendaraan, tentunya membuat tempat cucian mobil semakin banyak dikunjungi dari hari ke hari. Membuka usaha tempat cucian mobil kini bukanlah hal yang sulit, karena telah tersedia franchise cucian mobil yang akan mempermudah kamu.

Tips Memilih Franchise Cucian Mobil

Memilih franchise cucian mobil memang akan mempermudah kamu membuka usaha tempat cuci mobil, namun ada beberapa hal atau tips penting yang perlu kamu ketahui terlebih dahulu sebelum menentukan franchise mana yang tepat untuk kamu. Berikut ini adalah beberapa tips memilih franchise tersebut untuk kamu:

1. Mengutamakan Kualitas Layanan

Tips memilih franchise cucian mobil yang pertama adalah harus mengutamakan kualitas layanan. Kualitas pelayanan menjadi hal penting dalam usaha cucian mobil, mengingat bahwa usaha ini menawarkan jasa untuk para pemilik kendaraan.

Kamu harus mendapatkan franchise cucian mobil yang mengutamakan beberapa hal. Mulai dari SDM atau karyawan yang telah terlatih, kualitas peralatan, sampai dengan kualitas cairan pembersih yang digunakan untuk membersihkan kendaraan.

2. Kemudahan Akses Pelayanan

Pelayanan tentu merupakan kunci keberhasilan dalam sebuah usaha. Karena hal tersebut, tentunya tips yang berikutnya adalah terdapat kemudahan dalam mengakses layanan dari franchise tersebut. 

Selain itu, akses pelayanan ini juga bisa digunakan oleh pelanggan tempat cucian mobil kamu. Sebagai contoh, apabila pelanggan ingin mengatur jadwal berlangganan untuk mencuci mobilnya, maka franchise harus memiliki teknologi agar akses pelayanan menjadi maksimal.

3. Kelengkapan Pelayanan

Tips yang berikutnya adalah terpenuhi berbagai kelengkapan pelayanan pendukung tempat cuci mobil. Sekarang ini sudah banyak sekali tempat cuci mobil yang tidak hanya memberikan pelayanan cuci mobil, tapi juga menawarkan berbagai layanan tambahan lainnya. 

Berbagai pelayanan tambahan tersebut, mulai dari perawatan interior mobil seperti vacum dan perawatan eksterior mobil seperti waxing, coating, detailing, serta yang lainnya. Adanya pelayanan tambahan ini, tentu nantinya usaha cucian mobil kamu akan semakin berkembang.

Rekomendasi Franchise Cucian Mobil

Setelah mengetahui tips memilih franchise cucian mobil, berikut ini ada beberapa rekomendasinya untuk kamu.

1. Franchise Autoglaze

Rekomendasi franchise cucian mobil yang pertama adalah Autoglaze. Autoglaze adalah salah brand ternama dalam bidang cuci mobil dan bahkan telah menjadi mitra resmi PT Pertamina Retail. 

Franchise ini sangat mengutamakan kualitas layanan dan manajemen yang baik. Autoglaze sendiri berani memperkirakan mitranya akan mendapatkan omset sampai dengan Rp 100 juta, jika mampu melayani 36 mobil setiap harinya. 

Bila ingin menjadi mitra Autoglaze, kamu harus mempersiapkan dana sebesar Rp 600 juta diluar biaya sewa tempat. Dana tersebut sudah termasuk peralatan cuci sampai dengan pelatihan manajemen dan SDM. Selain itu, kamu juga harus mempunyai lahan seluas 6 x 20 meter persegi untuk menjadi mitra Autoglaze.

2. MasterSnow Robotic Car Wash

Rekomendasi franchise cucian mobil yang kedua adalah MasterSnow Robotic Car Wash. MasterSnow sendiri sudah beroperasi sejak tahun 2007. Sesuai dengan namanya, MasterSnow memanfaatkan sistem robot yang akan mempermudah dalam mencuci sebuah mobil.

Waktu yang dibutuhkan dalam mencuci satu buah mobil juga menjadi sangat singkat, yaitu hanya 20 menit saja. Sistem robot yang digunakan dalam mencuci mobil menjadi daya tarik tersendiri, terutama bagi orang-orang di kota besar. Karena tentunya akan menghemat waktu mereka.

Jika ingin menjadi mitra MasterSnow, kamu harus mempersiapkan dana Rp 200 juta. Uang tersebut sudah termasuk peralatan cuci mobil, bahan untuk operasional, dan masih banyak lagi. Pihak MasterSnow juga mengatakan bahwa kamu dapat memperoleh keuntungan Rp 75 juta dalam satu bulan.

3. Auto Clean Waterless

Rekomendasi franchise cucian mobil yang selanjutnya adalah Auto Clean Waterless. Karena mengedepankan konsep green, Auto Clean Waterless bisa menjadi solusi untuk kamu yang ingin menghemat biaya operasional usaha cucian mobil. 

Sebab, Auto Clean Waterless hanya memerlukan 325 ml air untuk mencuci satu buah mobil, karena air tersebut sudah dicampur dengan bahan khusus dari mereka. Franchise yang satu ini kini sudah memiliki sekitar 72 mitra kerja.

Bila ingin menjadi mitra franchise ini, kamu dapat memilih dua jenis kemitraan. Kedua jenis tersebut adalah kemitraan express dengan modal Rp 34 juta dan kemitraan area provinsi dengan modal Rp 450 juta. 

Perihal peluang omset, kamu bisa mendapatkan hingga Rp 80 juta perbulan dengan keuntungan bersih Rp 25 juta.

4. Gorillaz

Rekomendasi yang terakhir adalah Gorillaz. Franchise cucian mobil ini tidak hanya menyediakan jasa untuk cuci mobil, tetapi juga menyediakan jasa lainnya, seperti detailing dan nano wax yang dapat mempercantik tampilan sebuah mobil.

Franchise Gorillaz memberikan tiga skema bagi orang-orang yang ingin menjadi mitra kerjanya, dimulai dari harga Rp 54,9 juta, Rp 59,9 juta, dan juga Rp 140 juta. 

Gorillaz juga bisa memberikanmu software untuk mempermudah operasional usaha. Mulai dari laporan keuangan, stok barang, sampai gaji karyawan dengan biaya Rp 300.000 per bulan.

Ketika menjadi mitra Gorillaz, kamu akan mendapatkan bimbingan atau training dan kamu juga bisa berkonsultasi tentang usaha kamu. Perihal estimasi omset, Gorillaz memperkirakan mitranya akan mendapatkan omset Rp 223 juta setiap bulannya dengan perkiraan biaya pengeluaran sebesar Rp 32 juta.

Tips Sukses Usaha Cucian Mobil

Agar bisa sukses dalam usaha cucian mobil, selain memilih rekan kerja franchise cucian mobil yang tepat. Kamu juga perlu mengetahui beberapa hal agar usaha cucian mobil kamu menjadi sukses. Berikut ini adalah beberapa tips tersebut:

1. Memilih Lokasi yang Strategis

Tips yang pertama agar usaha cucian mobil kamu bisa sukses adalah memilih lokasi yang strategis. Lokasi merupakan kunci keberhasilan dari usaha ini. Jika memilih lokasi strategis, seperti berada di jalan raya besar dan akses yang mudah dijangkau, maka akan semakin mudah orang menjangkau tempat cucian mobil kamu.

Sebaliknya, akan jauh lebih baik untuk usaha agar menghindari tempat-tempat yang kurang menguntungkan. Beberapa tempat yang kurang menguntungkan adalah seperti dekat dengan perumahan elit, karena biasanya sudah ada supir yang mencuci mobil, atau di daerah pedesaan yang minim kendaraan pribadi.

2. Mengelola Karyawan dengan Baik

Tips yang kedua adalah mengelola karyawan dengan baik. Di dalam sebuah usaha, tentu karyawan juga merupakan salah satu aset berharga agar sebuah usaha dapat terus berkembang, termasuk dalam usaha cucian mobil.

Contoh mengelola karyawan dengan baik dalam usaha ini adalah seperti mendiskusikan pendapatan upah yang akan karyawan terima. Apakah upah tersebut tergantung dari jumlah kendaraan yang mereka cuci atau mereka akan mendapatkan upah tetap setiap bulannya?

3. Melakukan Promosi

Tips penting berikutnya adalah melakukan promosi. Promosi tentu merupakan hal yang sangat penting dalam marketing bisnis. Promosi juga terbukti ampuh untuk mencari pelanggan baru bagi usaha cucian mobil. Karena semakin banyaknya pelanggan, tentu usaha kamu akan semakin berkembang.

Bentuk promosi yang bisa kamu gunakan adalah memberikan pelayanan cuci mobil gratis kepada pelanggan yang telah beberapa kali menggunakan jasa cuci di mobil di tempat kamu. Kamu juga bisa membuat promosi potongan harga pada waktu-waktu tertentu.

4. Memberikan Pelayanan Terbaik

Karena usaha ini bergerak dalam bidang jasa, pelayanan menjadi kunci utama dalam keberhasilan usaha ini. 

Oleh sebab itu, kamu harus memberikan pelayanan dan terbaik kepada semua orang yang menggunakan jasa cuci mobil di tempat kamu. Karena sangat berpengaruh terhadap nominal omset yang akan kamu dapatkan.

Selain itu, kamu juga harus memberikan harga yang sesuai dengan keadaan di pasar. Memberikan harga yang sesuai, juga termasuk dalam salah satu bentuk pelayanan yang bisa kamu berikan kepada orang-orang yang menggunakan jasa cuci mobil di tempat kamu.

Jalankan Usaha Cucian Mobil Sekarang Juga!

Itulah beberapa informasi penting mengenai franchise cucian mobil. Mulai dari beberapa tips untuk memilih rekan atau mitra kerja, rekomendasi franchise cucian mobil terbaik, sampai dengan tips menjalankan usaha cucian mobil.

Usaha cucian mobil adalah sebuah bisnis yang tidak akan pernah sepi dari customer. Karena akan selalu ada orang yang membutuhkan jasa ini. Namun, semua tergantung dari bagaimana persiapan dan juga cara kamu menjalankan usaha ini. Semoga bermanfaat.


Temukan juga inspirasi lainnya seputar tips bisnis hanya di lokalsupportlokal.id

Baca juga:

Kalkulator Simulasi Pinjaman
Ketahui maksimum pinjaman dan cicilan per bulan
+62
Estimasi jumlah maksimum pinjaman

Rp

Estimasi cicilan bulanan
  • Tenor 6 bulan: Rp
  • Tenor 12 bulan: Rp
  • Tenor 24 bulan: Rp

Install aplikasi KoinWorks dan mulai ajukan pinjaman di KoinBisnis!

Ajukan Pinjaman Sekarang

Cek SKOR Kredit

Klik Gambar Dibawah!

Artikel Terpopuler

usaha bengkel mobil

Tertarik Usaha Bengkel Mobil? Ini Estimasi Modal dan Tips Suksesnya

0
Indonesia merupakan salah satu negara yang dikenal dengan tingginya jumlah pengguna mobil. Hal ini pun terlihat dari padatnya ruas jalan di kota-kota besar—yang dipenuhi oleh...
bisnis sambal kemasan

Alasan Untuk Segera Memulai Bisnis Sambal Kemasan

0
Alasan Untuk Segera Memulai Bisnis Sambal Kemasan - Sambal masih menjadi primadona yang identik dengan kebanyakan santapan khas Indonesia. Rasanya yang pedas dan lezat menambah...
usaha-barbershop

Tips Sukses Memulai Usaha Barbershop

0
Tips Sukses Memulai Usaha Barbershop - Ingin memulai bisnis barbershop namun bingung mulai dari mana? Usaha barbershop (pangkas rambut) memang berkembang cukup pesat terutama...
cara memilih supplier usaha kuliner

7 Tips Mencari Supplier yang Tepat Untuk Usaha Kuliner Kamu

0
Peluang usaha kuliner semakin bersinar di tahun 2021. Meski di tengah pandemi corona, usaha kuliner tidak terlalu terkena dampak ekonomi yang menurun. Sebaliknya, justru semakin banyak keuntungan bisnis yang...
Peluang Usaha Franchise Teh Tong Tji

Tips Sukses Peluang Usaha Franchise Teh Tong Tji

0
Peluang Usaha Franchise Teh Tong Tji - Gerai aneka minuman manis yang disajikan dingin selalu menarik minat masyarakat terutama di hari yang terik. Mulai dari bisnis...

Artikel Terkait