Digitalisasi dalam Mempertahankan Bisnis di Era New Normal

Digitalisasi dalam Mempertahankan Bisnis di Era New Normal – Pelonggaran Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang mulai diberlakukan di beberapa titik di Tanah Air menandai era new normal dalam semua aspek kehidupan masyarakat, tak terkecuali sektor ekonomi. Bagaimana tidak, sektor ekonomi adalah salah satu sektor utama yang menopang stabilitas negara, bahkan dunia.

Maka dari itu, dalam membuatnya untuk terus bergerak, diperlukan strategi yang matang agar tidak membawa dampak yang lebih buruk lagi di masa depan.

Karena era ini disebut sebagai new normal atau secara harfiahnya bisa diterjemahkan sebagai kenormalan yang baru, maka seperti hal-hal lainnya, di sini juga dibutuhkan kemampuan untuk beradaptasi secara gesit agar bisa mempertahankan bisnis yang dimiliki.

Karena pada akhirnya, yang mampu beradaptasi-lah yang bisa bertahan. Sementara yang mengalami kesulitan untuk menyesuaikan diri lama kelamaan akan gugur dengan sendirinya. Memang terdengar agak kejam, tapi demikianlah realitanya.

Digitalisasi disebut-sebut sebagai salah satu metode yang akan amat sangat menolong para pengusaha dalam mempertahankan bisnisnya. Meski memang sudah banyak UMKM yang memanfaatkan platform digital, namun di fase new normal ini kita harus meninggalkan cara kerja yang serba analog dan beralih ke metode-metode yang bersifat digital.

Salah satu alasan utamanya adalah karena dengan situasi di mana kita masih rentan terpapar virus, digitalisasi membantu kita untuk meminimalisir kontak dan risiko penularan COVID-19.

Namun, di samping itu, masih ada beberapa alasan kenapa kita harus menggunakan platform digital dalam pengaturan bisnis/UMKM, antara lain:


Digitalisasi dalam Mempertahankan Bisnis di Era New Normal

 

1
Memangkas biaya operasional dan waktu yang dibutuhkan

cost biaya operasional

Digitalisasi membantu kamu untuk meminimalisir biaya operasional dan juga waktu. Kamu bisa mengatur target audience dan demografi yang sesuai dengan produk yang kamu jual. Selain itu, kamu juga gak perlu mengeluarkan biaya untuk menyewa atau membeli tempat sebagai toko fisik dan peralatan-peralatan yang berhubungan dengan penjualan secara analog.


 

 

2
Membentuk komunitas

komunitas

Dalam membangun UMKM, konsumen adalah advokat terbaik. Lewat word of mouth, mereka bisa meneruskan informasi tentang usahamu ke lingkar pergaulan mereka. Bukan hanya bebas biaya, namun orang-orang cenderung akan lebih percaya dengan review yang berasal dari orang yang dikenal.

Membangun komunitas juga mengumpulkan orang-orang yang benar-benar suka dengan produkmu. Kamu bisa menggunakan media sosial sebagai wadah testimoni mereka.


 

3
Branding lebih mudah

branding

Salah satu hal paling esensial dalam membangun UMKM adalah branding. Bukan hanya untuk menampilkan keunggulan produk yang kamu tawarkan, tapi juga untuk membuat brand-mu mudah diingat dengan konsistensi tone and manner, intensitas postingan media sosial, serta konten yang menarik bagi para follower dan konsumenmu. Hal ini bisa menambah jumlah follower dan juga peminat produk UMKM-mu!


4
Mempermudah mendapatkan pelanggan potensial baru

strategi promosi di twitter - pelanggan baru online

Pemanfaatan situs eCommerce adalah cara yang baik untuk melebarkan sayap dan menargetkan konsumen baru yang mengetahui keberadaan usahamu. Bisa dimulai dari komunitas penggemar brand-mu atau bahkan di tempat yang jauh dari lokasimu, eCommerce membuka lebih banyak peluang bagi UMKM untuk maju.

Kini masyarakat menggunakan search engine untuk menemukan apa pun yang mereka butuhkan. Dan yang terpenting untuk pertumbuhan bisnismu adalah kamu bisa menemukan orang-orang yang membutuhkan produkmu dengan sangat mudah.


5
Memungkinkan ekspansi bisnis ke tingkat internasional

bisnis internasional pengiriman

Keberadaan brand-mu di platform digital memperbesar kesempatan bagi usahamu untuk dilihat banyak orang. Bukan hanya dari area yang sama, namun juga bisa mencapai skala nasional, bahkan internasional!

Dengan demikian, maka hal ini akan membawa dampak baik bukan hanya bagi bisnismu, tapi juga membuka kesempatan buati UMKM-UMKM lokal lainnya dalam menjangkau pembeli-pembeli potensial dari mancanegara.


Demikianlah alasan kenapa kamu harus mengoptimalkan penggunaan platform digital dalam mengembangkan bisnismu di era new normal.

Selain platform media sosial dan eCommerce, kamu juga bisa mempromosikan bisnismu lewat #LokalSupportLokal, sebuah inisiatif dari KoinWorks untuk memberdayakan UMKM Indonesia agar bisa terus maju dan mendapatkan perhatian lebih dari market yang lebih luas dengan memaksimalkan aset berupa microsite dan akun Instagram sebagai wadah promosi.

Semuanya dijamin gratis dan bebas ribet. Cukup dengan daftarkan bisnismu, dan produkmu bisa mulai dipromosikan dalam waktu beberapa jam setelah registrasi.

Menarik, kan? Jangan tunda promosikan produkmu dengan #LokalSupportLokal untuk meraup lebih banyak keuntungan!