Digital Marketing untuk UKM, Ketahui Strategi Terbaiknya!

Penerapan strategi digital marketing untuk UKM merupakan salah satu cara adaptasi di era serba canggih ini agar usahamu semakin berkembang.

Dengan strategi pemasaran digital yang tepat kau akan menjangkau target audiens yang luas untuk UKM.

Nah, strategi apa saja yang kira-kira dapat kamu lakukan?

Kami kupas tuntas dengan penjelasan lengkap di bawah ini!

Manfaat Digital Marketing untuk UKM

Sebelum membahas strategi pemasaran digital untuk UKM, kamu perlu memahami pentingnya melakukan strategi promosi lewat digital marketing.

Dengan demikian, kamu akan semakin mantap dalam memilih strategi digital marketing yang tepat untuk usahamu.

Nah, kalau begitu, apa saja manfaatnya? Simak ulasan di bawah ini.

1. Biaya yang Lebih Terjangkau

Biaya untuk memasarkan produk secara online cenderung lebih murah ketimbang dengan strategi pemasaran konvensional. Hal ini karena internet yang kian mudah untuk diakses dengan pengeluaran minimum dibandingkan pemasaran konvensional.

2. Target Audiens Lebih Relevan

Digital marketing memiliki berbagai alat yang dapat kamu manfaatkan untuk mengidentifikasi dan menargetkan calon konsumen produk atau jasamu. Dengan kata lain, kamu dapat melakukan promosi lewat target demografis yang relevan dengan produk.

Oleh karena itu, dengan menargetkan promosi dengan target audiens spesifik, kamu dapat menyasar calon konsumen yang relevan dengan produkmu.

3. Lebih Fleksibel

Strategi promosi secara konvensional, mengharuskan kamu menghabiskan dana yang cukup besar untuk melakukan promosi. Selain itu, modal besar tersebut harus kamu bayar di awal promosi, sehingga kalau promosi gagal, maka biaya akan hangus tanpa jejak.

Selanjutnya, strategi digital marketing untuk UKM, memungkinkan kamu untuk melakukan penyesuaian modal. Dengan demikian, digital marketing dapat kamu mulai dengan modal seminim mungkin sesuai dengan modal yang kamu miliki.

4. Performa Bisnis Jadi Terukur

Selain modal yang cukup besar, strategi promosi secara konvensional juga memiliki kekurangan terhadap cara mengukur kinerja promosi. Namun, fakta ini tidak terjadi pada promosi digital karena strategi ini memiliki berbagai tools untuk mengukur performa promosi.

Mengukur kinerja atau performa promosi akan sangat mudah pada strategi digital marketing. Nah, performa ini dapat kamu ukur melalui berbagai cara, misalnya berapa jumlah tayangan, komentar, likes, dan jumlah klik pada iklan.

5. Meningkatkan Kepercayaan Pelanggan

Calon pelanggan cenderung memiliki tingkat kepercayaan tinggi kepada bisnis yang telah melakukan digitalisasi bisnis dan produk.

Misalnya, jika bisnismu memiliki laman web, testimoni online, dan akun media sosial, digitalisasi tersebut membuat pelanggan akan lebih mudah menjangkau dan memiliki kepercayaan terhadap bisnismu.

Strategi Digital Marketing untuk UKM

Nah, kamu telah mengetahui berbagai manfaat dari strategi digital marketing pada pembahasan sebelumnya.

Selanjutnya, strategi apa saja yang dapat kamu lakukan untuk mulai memasarkan produk secara digital?

Yuk, simak daftar strateginya di bawah ini!

1. Manfaatkan Media Sosial untuk Promosi

Saat ini, media sosial tidak hanya berfungsi untuk membagikan konten untuk memenuhi kebutuhan personal. Namun, tren media sosial berkembang untuk kebutuhan profesional, seperti media promosi produk. 

Selain itu, opsi Social Media Ads dapat kamu manfaatkan agar iklan langsung terhubung ke marketplace atau situs website milikmu.

Social Media Ads mampu menjaring konsumen di media sosial yang sudah atau belum mengetahui produkmu. Nah, cara ini menggunakan algoritma tertentu agar bisnismu muncul ke pengguna media sosial yang melakukan pencarian terhadap kata kunci produkmu.

Nah, Instagram dan Facebook merupakan salah satu contoh media sosial yang dapat kamu manfaatkan untuk memasang iklan dan menjalankan strategi digital marketing untuk UKM. Dengan demikian, dua media sosial ini dapat kamu kolaborasikan untuk memasang iklan. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Bukalah fitur Facebook Ads Manager.
  • Setelah terbuka, pilih opsi “Pembuatan Iklan Terpadu”.
  • Selanjutnya, pilihlah “Jenis Iklan”.
  • Di halaman ini, kamu dapat menulis iklan dan promo milikmu.
  • Selanjutnya, pilihlah target pemasaranmu.
  • Langkah berikutnya, pilihlah jadwal penayangan dan penempatan iklan.
  • Nah, hubungkanlah iklan tersebut dengan akun Instagram bisnismu.
  • Selanjutnya, pilih format iklan dan tulis caption promosi.
  • Cantumkan gambar produk atau jasamu serta link pemesanan di marketplace atau website bisnis.
  • Langkah terakhir, yaitu melakukan pembayaran promosi melalui transfer bank, kartu kredit, atau akun PayPal.

2. Menggunakan Search Engine Marketing (SEM)

Search Engine Marketing (SEM) merupakan salah satu strategi digital marketing untuk UKM dengan menggunakan mesin pencari (search engine), contohnya Google. Nah, strategi dengan cara ini menggunakan pencarian keyword atau kata kunci di mesin pencari yang terkait dengan produkmu.

Oleh karena itu, strategi ini akan memunculkan gambar dan harga dari produk dengan memaksimalkan peluang muncul di halaman awal mesin pencari. 

  •  Biaya Beriklan di Search Engine

Nah, biaya yang kamu keluarkan akan menyesuaikan dengan jumlah pengunjung yang mengklik website, yaitu dikenal sebagai metode Pay Per Click (PPC).

Oleh sebab itu, metode ini membutuhkan modal yang dapat menyesuaikan dengan dana yang kamu miliki.

  • Langkah-Langkah Beriklan di Search Engine (Google Ads)

Jika kamu melihat hasil pencarian di Google, maka website yang menggunakan jasa SEM memiliki logo “Iklan” atau “Ad” di sisi kiri tampilan website. Nah, SEM menggunakan Google biasa dikenal sebagai Adwords atau Google Ads. 

Berikut adalah langkah-langkah untuk mengaktifkan strategi digital marketing untuk UKM dengan metode ini:

  • Bukalah situs Google Ads lewat browser.
  • Selanjutnya, masuk ke akun atau klik daftar jika belum pernah mendaftar.
  • Di menu selanjutnya, pilihlah “Mulai Sekarang” dan pilih “Tipe Iklan” sesuai keinginanmu. Nah, pilihlah “Search” jika ingin menggunakan SEM.
  • Setelah memilih “Website Visit”, masukkan alamat website usahamu.
  • Setelah itu, isilah nama iklan sesuai dengan keinginanmu.
  • Pada menu selanjutnya, kamu dapat memilih jenis jangkauan iklan tujuan.
  • Nah, pada halaman ini, kamu dapat memilih akun usahamu untuk disebarkan pada situs mitra Google atau mesin pencarian Google.
  • Selanjutnya, pilih durasi dan kapan iklan akan dimulai.
  • Pilih target pemasaran, yaitu usia, kota, negara, dan lain-lain.
  • Isilah berapa biaya iklan per hari sesuai keinginan.
  • Tentukanlah kata kunci yang berkaitan dengan website bisnis. Nah, kata kunci inilah yang nantinya akan digunakan untuk mesin pencarian Google.
  • Isilah lima kolom yang meliputi headline dan penjelasan terkait iklan.
  • Isilah nomor kontak bisnis yang nantinya akan muncul dalam iklan.
  • Selanjutnya, tentukanlah opsi pembayaran paket Google Ads yang memiliki periode pembayaran per bulan.
  • Terakhir, transaksi pembayaran dapat dilakukan lewat transfer bank, PayPal, atau kartu kredit dan debit.

3. Membangun Blog untuk Bisnis

Manfaatkanlah blog untuk bisnis sebagai strategi digital marketing untuk UKM. Nah, blog ini tidak hanya berisi produk-produk yang ingin kamu jual. Namun, bahaslah topik-topik sesuai dengan produkmu dalam bentuk konten artikel.

Alhasil, blogmu akan memiliki manfaat untuk pembaca melalui artikel sekaligus sarana untuk menampilkan produk yang kamu tawarkan. Berikut ini merupakan langkah untuk membuat blog bisnismu:

  • Memilih Topik Blog

Kamu memiliki keleluasaan untuk memilih tema atau topik dari blog. Namun, pilihlah topik yang memang relevan dengan produk yang kamu jual. Selain itu, kamu dapat memberikan value tambahan untuk blog, yaitu menampilkan berbagai artikel yang sesuai dengan bisnis UKM milikmu.

  • Memanfaatkan Jasa Pembuatan Blog

Setelah mengetahui tema dari blog bisnismu, manfaatkan jasa pembuatan blog sebagai strategi marketing digital. Nah, jasa ini diperlukan agar blog bisnis UKM milikmu terlihat profesional dan meyakinkan bagi pengunjung.

Namun, jangan khawatir terhadap biaya dari jasa pembuatan blog karena layanan ini mempunyai penawaran harga yang cenderung terjangkau untuk bisnis UKM. Nah, variasi harga dari layanan ini berkisar Rp530.000,00 per tahun.

4. Strategi lewat Email Newsletter

Selanjutnya, penggunaan Email Newsletter memiliki peran penting agar UKM memiliki koneksi dengan pelanggan secara berkelanjutan. Nah, newsletter dapat kamu kirimkan ke alamat email dari konsumen yang telah kamu miliki sebelumnya.

Kamu dapat mengirimkan berbagai informasi tentang bisnis atau produkmu, misalnya informasi tentang promo, unggahan artikel, penawaran menarik ke pelanggan, dan lain-lain. Namun, pastikan newsletter tersebut telah terjadwal dan memiliki segmentasi pasar yang sesuai dengan karakteristik produk.

Yuk, Terapkan Strategi Digital Marketing untuk UKM Sekarang!

Digital marketing memberikan kemudahan dalam memasarkan produk bisnismu. Oleh karena itu, jika usahamu belum melakukan digitalisasi dalam pemasarannya, maka terapkanlah strategi tersebut agar usahamu semakin berkembang.

Semoga pembahasan ini bermanfaat untukmu, ya!


Temukan inspirasi lainnya seputar tips bisnis hanya di lokalsupportlokal.id

Mimpinya kembangkan bisnis di pasar global
Kenyataannya masih kurang modal


Eits .. Jangan sedih!
KoinBisnis bisa kasih kamu pinjaman modal sampai dengan Rp. 2 Miliar

Simulasikan pinjamanmu sekarang!
Kalkulator Simulasi Pinjaman
Ketahui maksimum pinjaman dan cicilan per bulan
+62
Estimasi jumlah maksimum pinjaman

Rp

Estimasi cicilan bulanan
  • Tenor 6 bulan: Rp
  • Tenor 12 bulan: Rp
  • Tenor 24 bulan: Rp

Install aplikasi KoinWorks dan mulai ajukan pinjaman di KoinBisnis!

Ajukan Pinjaman Sekarang

Cek SKOR Kredit

Klik Gambar Dibawah!

Artikel Terpopuler

usaha-barbershop

Tips Sukses Memulai Usaha Barbershop

Tips Sukses Memulai Usaha Barbershop - Ingin memulai bisnis barbershop namun bingung mulai dari mana? Usaha barbershop (pangkas rambut) memang berkembang cukup pesat terutama...
Simply Fresh Laundry

Simple, Ini Cara Raih Untung dengan Bisnis Waralaba Simply Fresh Laundry!

Bagi kamu yang pernah tinggal di kawasan pemukiman dan daerah kampus di Yogyakarta, pasti sudah tidak asing dengan brand Simply Fresh Laundry. Berawal dari usaha...
usaha bengkel mobil

Tertarik Usaha Bengkel Mobil? Ini Estimasi Modal dan Tips Suksesnya

Indonesia merupakan salah satu negara yang dikenal dengan tingginya jumlah pengguna mobil. Hal ini pun terlihat dari padatnya ruas jalan di kota-kota besar—yang dipenuhi oleh...
cara memilih supplier usaha kuliner

7 Tips Mencari Supplier yang Tepat Untuk Usaha Kuliner Kamu

Peluang usaha kuliner semakin bersinar di tahun 2021. Meski di tengah pandemi corona, usaha kuliner tidak terlalu terkena dampak ekonomi yang menurun. Sebaliknya, justru semakin banyak keuntungan bisnis yang...
bisnis sambal kemasan

Alasan Untuk Segera Memulai Bisnis Sambal Kemasan

Alasan Untuk Segera Memulai Bisnis Sambal Kemasan - Sambal masih menjadi primadona yang identik dengan kebanyakan santapan khas Indonesia. Rasanya yang pedas dan lezat menambah...

Artikel Terkait