Contoh Surat Permohonan yang Benar dan Manfaatnya

Dalam banyak hal, seringkali kita membutuhkan surat permohonan untuk bisa melakukan ataupun mendapatkan sesuatu. Namun ketika dibutuhkan, kadang kita seringkali bingung, bagaimana contoh surat permohonan yang benar. Surat permohonan sendiri memiliki beberapa struktur yang perlu kamu perhatikan ketika membuatnya.


Apa itu Surat Permohonan?

Secara singkat surat permohonan adalah surat yang dibuat oleh perseorangan ataupun organisasi dengan tujuan memohon suatu hal pada pihak lain. Pada dasarnya, ini merupakan cara yang akan kamu lakukan ketika membutuhkan bantuan pihak lain dalam lingkup formal

Pada dasarnya ini merupakan surat resmi yang pada penggunaanya akan membutuhkan struktur yang detail dan rinci. Dalam beberapa hal, struktur yang ada pada surat ini juga cukup baku.


Format Surat Permohonan

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya jika surat permohonan merupakan dokumen resmi yang memiliki struktur ataupun format tertentu. Dalam hal ini, meskipun ada banyak jenis surat permohonan, namun secara umum semua surat tersebut memiliki format yang sama. Adapun format surat permohonan adalah sebagai berikut:

1. Kop Surat

Ini merupakan ciri dari sebuah dokumen atau surat resmi. Kop surat sendiri merupakan identitas dari pengirim atau dalam hal ini adalah pihak yang meminta permohonan. Kop surat sendiri akan terletak pada bagian paling atas dari sebuah surat.

Isi dari kop surat ini adalah nama dan juga alamat resmi dari pengirim. Biasanya, surat dengan kop surat ini akan kamu gunakan ketika melakukan korespondensi antar lembaga atau organisasi. Kop surat ini akan menunjukan seberapa penting dan resminya surat tersebut. Meskipun demikian, pada beberapa kasus, surat permohonan juga kadang tidak memerlukan surat dengan kop surat.

2. Nomor Surat

Bagian penting lainnya dari sebuah surat permohonan yang termasuk surat resmi adalah bagian nomor surat. Tujuan utama dari penggunaan nomor surat ini adalah untuk kemudahan pengarsipan. Biasanya, hal ini juga akan kamu butuhkan ketika menggunakan contoh surat permohonan untuk kebutuhan antar lembaga atau instansi

3. Tempat dan Tanggal Surat

Bagian lainnya yang juga harus ada pada sebuah surat resmi adalah tempat dan tanggal surat. Tujuan dari bagian ini adalah menjelaskan di mana dan kapan surat tersebut dibuat. Lebih lanjut, bagian ini juga bisa bertujuan untuk kemudahan pengarsipan.

4. Perihal dan Lampiran

Bagian perihal adalah bagian yang akan menjelaskan maksud dan tujuan dari surat tersebut secara singkat. Pada bagian perihal ini akan membuat orang yang membacanya tahu apa maksud surat tersebut meski tanpa membaca detaill. Sementara lampiran adalah bagian yang akan kamu perlukan jika kamu membutuhkan dokumen pendukung yang akan kamu lampirkan.

Lampiran ini akan kamu tulis dan beri keterangan agar penerima surat juga mengetahui jika ada dokumen lain yang bisa atau perlu mereka baca selain surat tersebut. Jika surat yang kamu buat tidak menggunakan dokumen lain atau tidak ada lampiran yang kamu sampaikan, maka bagian ini bisa kamu kosongkan.

5.Isi

Sesuai namanya, maka bagian ini merupakan bagian inti dari surat permohonan yang kamu buat. Ini merupakan bagian yang akan menjelaskan maksud dan tujuan dari surat yang kamu buat secara jelas dan detail. Bagian isi ini juga terbagi menjadi tiga bagian utama yaitu:

  • Pembuka. Ini merupakan bagian yang biasanya berisi salam dan perkenalan diri.
  • Inti. Ini merupakan bagian dari isi surat yang akan menjelaskan informasi utama dari surat tersebut. Pada bagian ini maka permohonan yang kamu maksud akan kamu tulis. Pada bagian inti surat ini juga jelaskanlah maksud dan tujuan yang kamu buat dengan jelas dan detail.
  • Penutup. Bagian akhir dari isi surat adalah bagian penutup. Pada bagian ini, maka biasanya akan berisi harapan dan ucapan terima kasih dari pengirim.

6. Nama dan Tanda Tangan

Bagian terakhir dari sebuah surat permohonan adalah nama dan tanda tangan. Tujuan dari bagian ini adalah memastikan keaslian dari surat tersebut. Pastikan kamu mencantumkan nama jelas dan juga tanda tangan, hal ini juga akan menunjukan surat tersebut memang resmi. Selain itu, pada beberapa kasus maka kamu juga akan membutuhkan materai pada bagian ini.


Hal yang Perlu Kamu Perhatikan Ketika Membuat Surat Permohonan

Karena sifatnya surat resmi, maka ketika kamu membuatnya juga tidak bisa sembarangan. Terutama ketika surat permohonan tersebut kamu buat untuk kebutuhan antar lembaga. 

Karena hal ini, maka penulisan dan pembuatan surat permohonan resmi ini juga perlu memperhatikan beberapa hal. Hal tersebut untuk memastikan informasi yang ingin kamu sampaikan tersampaikan dengan jelas.

Berikut adalah beberapa hal yang perlu kamu perhatikan ketika membuat surat permohonan:

1. Identitas

Dalam banyak hal, termasuk contoh surat permohonan maka identitas ini merupakan hal yang penting untuk kamu cantumkan. Pastikan kamu menggunakan identitas dengan jelas dan menggunakan identitas resmi. 

Salah satu tujuan dari pencantuman identitas ini adalah agar surat yang ingin kamu sampaikan bisa sampai dengan tepat pada orang yang kamu tuju.

Dalam beberapa contoh surat permohonan, maka penulisan identitas ini juga perlu kamu buat dengan lengkap. Dari mulai nama lengkap, termasuk gelar dan jabatan bila perlu, alamat tujuan, dan juga identitas penting pendukung lainnya.

2. Tata Letak

Surat permohonan yang termasuk ke dalam surat resmi, maka ketika pembuatannya juga kamu perlu memperhatikan masalah tata letak. Dalam hal ini maka pengaturan tata letak adalah pengaturan bagian yang harus kamu buat dengan berurutan dan terstruktur. 

Dalam surat permohonan, maka kamu perlu membuat secara berurutan, dari mulai kop surat, kepala surat, isi, dan seterusnya.

Selain itu, dalam pengaturan tata letak ini juga kamu perlu memperhatikan bagian mana yang harus rata kanan atau kiri. Dalam hal lain, tata letak ini juga akan membuat isi surat menjadi lebih untuk memahaminya.

3. Tulisan yang Jelas dan Rapi

Hal lain yang penting juga untuk kamu perhatikan dalam pembuatan surat permohonan adalah masalah tulisan yang harus rapi dan jelas. Tujuannya adalah agar mudah membacanya dan isi surat juga mudah untuk dipahami. Hal ini terutama ketika kamu membuat surat permohonan ini dengan menggunakan tulisan tangan. Maka kerapian dan kejelasan sangat perlu kamu perhatikan.

Jika kamu membuat surat permohonan ini dengan menggunakan komputer, maka hal yang perlu kamu perhatikan adalah masalah pemilihan font dan ukurannya. Pastikan kamu tidak menggunakan font yang bentuknya rumit dan membuat sulit terbaca. Selain itu, pastikan juga ukuran font yang kamu gunakan sudah sesuai, tidak terlalu besar ataupun kecil.

Hal lain yang juga perlu kamu perhatikan adalah penggunaan tata bahasa. Karena sifatnya yang merupakan surat resmi, maka pastikan kamu juga menggunakan bahasa resmi yang baku, sesuai dengan kaidah bahasa yang benar. Perhatikan juga penggunaan tanda baca pada penulisan surat kamu.

4. Tujuan Surat Permohonan

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya jika surat permohonan ini memiliki banyak jenis dan juga tujuan. Untuk itu, maka ketika membuat surat permohonan ini, maka kamu perlu menulis tujuan kamu dengan jelas. Hal ini tentu saja agar maksud dan tujuan kamu tersebut bisa tersampaikan dengan baik.

Pada penggunaanya, inti dari tujuan surat ini biasanya akan kamu tuliskan di awal. Lalu penjelasannya akan kamu buat secara lebih rinci pada bagian isi. Untuk pembuatan tujuan surat ini, maka buatlah dengan sangat rinci dan jelas. Pastikan juga menggunakan bahasa yang akan mudah untuk orang memahaminya.

5. Dateline Surat

Hal lainnya yang juga perlu kamu perhatikan ketika membuat surat permohonan adalah informasi tentang dateline surat. Yang dimaksud dengan dateline surat di sini adalah kapan surat tersebut kamu buat, dan kapan surat tersebut harus direspon. Informasi ini cukup penting, terutama pada bagian kapan penerima harus merespon surat tersebut.

Bagian tersebut biasanya akan memberikan tenggat waktu sampai kamu menerima respon. Nantinya, penerima juga akan memiliki waktu untuk membalas surat kamu. Pada penggunaan dateline surat ini maka gunakanlah format penanggalan yang jelas. Dari mulai tanggal, bulan, dan tahun. Untuk penulisan bulan, maka sebaiknya kamu menggunakan nama bulan daripada angka. Hal ini agar tidak tertukar antara bulan dan tanggal.


Contoh Surat Permohonan yang Baik dan Benar

Pada penggunaanya, masing-masing permohonan akan memiliki maksud dan tujuannya tersendiri. Hal ini akan terlihat perbedaannya pada bagian isi dari surat tersebut. Berikut adalah beberapa contoh surat permohonan dan juga cara membuatnya:

1. Contoh Surat Permohonan Kerja 

Ini merupakan contoh surat permohonan yang akan kamu gunakan dalam lingkup pekerjaan, perkantoran, atau lingkup bisnis lainnya. Surat permohonan kerja ini juga akan ada banyak jenisnya. Seperti misalnya surat permohonan kerja magang, surat permohonan pindah kerja, dan lainnya.

Untuk contoh surat permohonan kerja magang misalnya, maka surat tersebut biasanya diperlukan mahasiswa atau siswa SMK untuk memenuhi syarat kelulusan mereka. Surat permohonan kerja magang ini biasanya juga akan melampirkan CV dan juga surat rekomendasi dari sekolah atau universitas mereka masing-masing. Berikut adalah contoh surat permohonan untuk magang

Contoh Surat Permohonan Kerja
Sumber: contohsurat.co

Contoh lain dari penggunaan surat permohonan kerja adalah untuk keperluan pindah kerja.hal ini biasanya terjadi pada lingkup perusahaan. Yang mana jika kamu ingin pindah divisi atau bagian, maka kamu bisa mengajukan dengan menggunakan surat permohonan pindah kerja.

Untuk surat permohonan pindah kerja ini, maka biasanya akan berisi detail informasi kamu dan alasan mengapa kamu ingin pindah. Selain itu, pada surat ini juga akan berisi lampiran tentang dokumen yang akan mendukung kepindahan kamu nantinya. Berikut adalah contoh suratnya.

Surat Permohonan Kerja Contoh
Sumber: www.akseleran.co.id

2. Contoh Surat Permohonan Izin 

Ini merupakan inti dari hampir semua contoh surat permohonan. Pada surat permohonan izin ini maka pihak pertama akan meminta pada pihak lainnya untuk tidak melakukan sesuatu yang menjadi tugasnya atau akan melakukan sesuatu yang bukan tugasnya. Pada penggunaan lebih lanjut, maka penggunaan surat permohonan izin ini juga menjadi lebih luas.

Contohnya adalah surat permohonan izin keramaian. Ini merupakan contoh surat permohonan yang akan kamu perlukan ketika kamu akan membuat keramaian di tempat umum. surat permohonan ini akan kamu tujukan kepada pihak berwajib dengan tujuan memberi tahu maksud dan tujuan kamu melakukan keramaian tersebut. Di bawah ini adalah contoh surat permohonan untuk izin keramaian

Contoh Surat Permohonan Izin
Sumber: www.lezgetreal.com

3. Contoh Surat Permohonan Kerjasama 

Sesuai namanya, maka ini merupakan surat yang dibuat suatu pihak untuk mengajak kerja sama pada pihak lain. Ini merupakan surat yang akan kamu gunakan ketika kamu akan mengadakan sebuah kegiatan dan kamu membutuhkan bantuan pihak lain, entah dalam bentuk sponsor ataupun kerja sama lain.

Pada pembuatan surat permohonan kerja sama ini juga biasanya kamu akan melampirkan detail acara yang kamu buat. Kamu juga perlu menjelaskan kerja sama dalam bentuk apa yang kamu butuhkan. Hal ini untuk memastikan jika bentuk kerja sama yang terjadi sesuai dengan harapan. Berikut adalah contohnya.

Contoh Surat Permohonan Kerjasama
Sumber: lezgetreal.com

4. Contoh Surat Permohonan Bantuan Dana 

Ini juga salah satu contoh surat permohonan yang sering digunakan. Bentuk dan tujuan dari surat permohonan ini biasanya akan sama dengan surat permohonan kerja sama. Namun pada surat ini, kamu akan dengan jelas meminta bantuan dana bukan kerjasama dalam bentuk lain.

Surat permohonan bantuan dana ini juga bisa kamu gunakan untuk kegiatan lain. Misalnya pembangunan sarana dan fasilitas umum. Pada pembuatan surat permohonan bantuan dana ini, maka hal penting yang perlu kamu lakukan adalah membuat rincian dana yang kamu butuhkan.

Jelaskan dengan sangat detail berapa dana yang kamu butuhkan dan untuk kebutuhan apa saja. Jelaskan juga maksud dan tujuan dari penggunaan dana tersebut. Berikut adalah contoh surat yang dimaksud.

Contoh Surat Permohonan Bantuan Dana
Sumber: www.suratkerja.com

5. Contoh Surat Permohonan Izin Peminjaman Tempat 

Hal lain yang juga bisa menjadi contoh surat permohonan adalah ketika kamu akan menggunakan sebuah tempat. Biasanya, ketika kamu akan menggunakan tempat umum untuk acara yang kamu buat maka kamu akan memerlukan surat permohonan ini. surat permohonan tersebut akan kamu tujukan kepada pihak yang berwenang ataupun memiliki tempat tersebut.

Biasanya, untuk surat permohonan peminjaman tempat ini maka kamu memberikan detail acara yang akan kamu buat. Kapan acara tersebut akan terselenggara. Berikan informasi yang jelas tentang kapan mulai dan selesainya. Berikan juga keterangan berapa orang yang akan hadir. Biasanya, dalam beberapa kasus, maka surat permohonan izin peminjaman tempat ini juga akan berkatan surat permohonan izin keramaian. Berikut adalah contohnya

Contoh Surat Permohonan Izin Peminjaman Tempat
Sumber: www.lezgetreal.com

6. Contoh Surat Permohonan Beasiswa

Contoh surat permohonan lainnya adalah ketika kamu akan mengajukan beasiswa. Biasanya surat ini akan kamu butuhkan untuk mengajukan suatu beasiswa dari sebuah program pendidikan. Sesuai namanya, maka surat ini akan dibutuhkan oleh pelajar atau akademisi yang ingin melanjutkan pendidikan dengan biaya yang lebih murah. Pengajuan surat permohonan ini akan kamu berikan untuk lembaga atau organisasi yang menyediakan bantuan beasiswa tersebut.

Dalam beberapa kasus, surat permohonan beasiswa ini memiliki format tersendiri. Biasanya, format surat permohonan ini sudah disediakan oleh lembaga atau organisasi yang bersangkutan. Kamu hanya tinggal mengisi sesuai format yang sudah ada dan melengkapi beberapa dokumen pendukung yang kamu perlukan. Berikut adalah contohnya:

Contoh Surat Permohonanan Beasiswa
Sumber: www.lezgetreal.com

Itulah beberapa contoh surat permohonan yang biasa digunakan saat ini. penggunaan surat permohonan menjadi salah satu cara penting ketika kamu akan membuat sebuah kegiatan ataupun ketika kamu akan mengajukan sebuah perizinan. 

Dalam hal lain, penggunaan surat permohonan ini juga biasanya akan kamu perlukan ketika kamu mengajukan sebuah proposal untuk kebutuhan tertentu.

Karena sifatnya yang termasuk surat resmi, maka pembuatan surat permohonan juga perlu memikirkan beberapa hal. Dari mulai struktur surat sampai dengan cara penulisan. Hal ini untuk memastikan informasi yang ingin kamu sampaikan bisa mudah untuk dimengerti.


Temukan berbagai informasi dan tips bisnis lainnya hanya di LokalSupportLokal.

Baca juga: 

Mimpinya kembangkan bisnis di pasar global
Kenyataannya masih kurang modal


Eits .. Jangan sedih!
KoinBisnis bisa kasih kamu pinjaman modal sampai dengan Rp. 2 Miliar

Simulasikan pinjamanmu sekarang!
Kalkulator Simulasi Pinjaman
Ketahui maksimum pinjaman dan cicilan per bulan
+62
Estimasi jumlah maksimum pinjaman

Rp

Estimasi cicilan bulanan
  • Tenor 6 bulan: Rp
  • Tenor 12 bulan: Rp
  • Tenor 24 bulan: Rp

Install aplikasi KoinWorks dan mulai ajukan pinjaman di KoinBisnis!

Ajukan Pinjaman Sekarang

Cek SKOR Kredit

Klik Gambar Dibawah!

Artikel Terpopuler

usaha-barbershop

Tips Sukses Memulai Usaha Barbershop

Tips Sukses Memulai Usaha Barbershop - Ingin memulai bisnis barbershop namun bingung mulai dari mana? Usaha barbershop (pangkas rambut) memang berkembang cukup pesat terutama...
Simply Fresh Laundry

Simple, Ini Cara Raih Untung dengan Bisnis Waralaba Simply Fresh Laundry!

Bagi kamu yang pernah tinggal di kawasan pemukiman dan daerah kampus di Yogyakarta, pasti sudah tidak asing dengan brand Simply Fresh Laundry. Berawal dari usaha...
usaha bengkel mobil

Tertarik Usaha Bengkel Mobil? Ini Estimasi Modal dan Tips Suksesnya

Indonesia merupakan salah satu negara yang dikenal dengan tingginya jumlah pengguna mobil. Hal ini pun terlihat dari padatnya ruas jalan di kota-kota besar—yang dipenuhi oleh...
cara memilih supplier usaha kuliner

7 Tips Mencari Supplier yang Tepat Untuk Usaha Kuliner Kamu

Peluang usaha kuliner semakin bersinar di tahun 2021. Meski di tengah pandemi corona, usaha kuliner tidak terlalu terkena dampak ekonomi yang menurun. Sebaliknya, justru semakin banyak keuntungan bisnis yang...
bisnis sambal kemasan

Alasan Untuk Segera Memulai Bisnis Sambal Kemasan

Alasan Untuk Segera Memulai Bisnis Sambal Kemasan - Sambal masih menjadi primadona yang identik dengan kebanyakan santapan khas Indonesia. Rasanya yang pedas dan lezat menambah...

Artikel Terkait