Contoh Proposal Kewirausahaan PKM DIKTI, Berhasil Lolos dan Didanai!

PKM atau Program Kreativitas Mahasiswa merupakan usaha dari Direktur Penelitian dan Dedikasi Warga Ditjen Pengokohan Penelitian dan Peningkatan Kemenristekdikti di bawah Kementerian Penelitian dan Perguruan Tinggi. Saat ini sudah terdapat beberapa contoh proposal kewirausahaan PKM DIKTI yang telah lolos.

Proposal-proposal tersebut juga telah mendapatkan dana dari DIKTI. Untuk membuat kamu semakin memahami program untuk mahasiswa ini, berikut adalah contoh-contoh beserta pengertian, manfaat, dan syarat dari proposal kewirausahaan.


Pengertian Proposal Kewirausahaan PKM DIKTI

Sebelum melihat contoh proposal kewirausahaan PKM DIKTI yang telah lolos, kamu sebaiknya memahami pengertiannya terlebih dahulu. Seperti yang telah dibahas sebelumnya Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) dibentuk oleh Kemenristek Dikti. 

Sedangkan proposal kewirausahaan adalah rencana yang dituangkan mahasiswa untuk menjelaskan programnya. Jika lolos, mahasiswa juga akan mendapat keuntungan karena bisa mendapatkan dana dan dukungan untuk menjalankan usaha tersebut.

Tujuan dari program ini adalah adalah untuk meningkatkan minat dan ketertarikan mahasiswa untuk berwirausaha. Tujuan lainnya, yaitu agar mahasiswa juga dapat meningkatkan keterampilan hingga dapat menghasilkan komoditas yang unik dan menghasilkan usaha yang berorientasi pada profit.

Kesadaran akan adanya ketimpangan antara teori dan praktik yang mahasiswa peroleh selama masa perkuliahan juga menjadi salah satu faktor terbentuknya PKM Kewirausahaan. Karena itu, diharapkan banyak mahasiswa akan tertarik dan ikut berpartisipasi dalam program ini.


Manfaat Proposal Kewirausahaan PKM DIKTI

Mungkin saat ini kamu mulai tertarik, namun masih bertanya-tanya apa saja manfaat dari pembuatan proposal kewirausahaan ini. Tentu saja dengan membuat proposal kewirausahaan kamu sebagai mahasiswa dapat menuangkan ide kreatif serta mengasah kemampuan menulismu.

Kamu juga bisa mendapatkan pengalaman baru, mendapatkan koneksi, mendapatkan pengalaman, serta ikut mengambil bagian dari upaya pembangunan Indonesia. Ide dari PKM juga tidak harus rumit, kamu bisa menggunakan ide yang sederhana namun tetap bermanfaat bagi masyarakat luas.

Dalam mendapatkan ide dan menuangkannya dalam proposal, mahasiswa dapat melakukan ATM (Amati, Tiru, dan Modifikasi). Karena itu, mahasiswa dapat melihat contoh proposal kewirausahaan PKM DIKTI dan menjadikannya sebagai bahan referensi serta menambah informasi.


Syarat Mengikuti PKM Kewirausahaan

Apabila kamu tertarik untuk mengikuti Program Kreativitas Mahasiswa, terdapat beberapa syarat yang perlu kamu perhatikan. Berikut adalah daftar syaratnya.

  • Setiap mahasiswa aktif, baik program Diploma maupun Sarjana dapat mengikuti PKM Kewirausahaan. Baik mahasiswa dari kampus negeri maupun swasta dapat mengikuti mengikuti program ini. Namun, mahasiswa yang menyandang gelar sarjana dan sedang mengikuti pendidikan profesi tidak bisa berpartisipasi.
  • Semua mahasiswa dapat mengikuti PKM Kewirausahaan tanpa tidak terikat bidang ilmu. Namun, akan lebih baik jika bidang kegiatan sesuai dengan bidang ketua kelompok.
  • Setiap mahasiswa dapat mengikuti lebih dari dua (2) tim pengusul. Namun, mahasiswa hanya dapat mengikuti dua (2) tim untuk judul proposal yang berhasil lolos. Dalam dua judul yang lolos tersebut mahasiswa harus menjadi ketua dan anggota atau menjadi anggota untuk keduanya.
  • PKM Kewirausahaan merupakan program berkelompok. Dalam satu kelompok setidaknya dapat terdiri dari tiga (3) hingga lima (5) orang mahasiswa. Satu (1) ketua kelompok dan dua (2) atau empat (4) anggotanya.
  • Mahasiswa dapat berasal dari berbagai bidang studi. Setiap kelompok minimal berasal dari dua (2) angkatan yang berbeda.
  • Dana yang bisa mahasiswa dapatkan untuk PKM Kewirausahaan adalah minimum Rp 5 juta hingga maksimum Rp 10 juta.

Isi Proposal Kewirausahaan PKM DIKTI

Kamu juga perlu mengetahui konten atau isi dari proposal kewirausahaan PKM Dikti. Berikut adalah isi proposal yang penting dan perlu kamu perhatikan, sebelum kamu melihat contoh proposal kewirausahaan PKM DIKTI yang telah lolos dan didanai:

1. Pendahuluan

Bagian pendahuluan terdiri dari latar belakang, rumusan masalah, tujuan, luaran yang diharapkan, dan manfaat. Latar belakang biasanya terdiri uraian mengenai alasan yang menjadi dasar penyusunan proposal PKM Kewirausahaan.

Kamu juga harus dapat menjabarkan rumusan masalah dan tujuan dari kegiatan. Pada luaran kamu dapat menyebutkan dan menjelaskan aktivitas dan hasil usaha yang akan kelompok PKM lakukan. Terakhir, paparkan mengenai manfaat, keunikan dari usaha, serta target konsumen.

2. Gambaran Umum

Bab ini terdiri dari gagasan kegiatan usaha, peluang pasar, analisis kelayakan usaha, dan keberlanjutan usaha. Selain itu, kamu bisa menjelaskan tentang kondisi yang dapat menunjukkan potensi peluang pasar dan sumber daya. 

Analisis dari segi ekonomi juga harus kamu jabarkan dengan lengkap dan singkat. Analisis ini meliputi kelayakan usaha dan keuangan atau cash flow untuk satu tahun ke depan yang dapat menunjukkan potensi keberlanjutan usaha. Secara lebih detail dan jelas, kamu bisa melihat contoh proposal kewirausahaan PKM DIKTI.

3. Metode Pelaksanaan 

Bab metode pelaksanaan menguraikan tentang teknik atau tata cara pembuatan produk, cara pengemasan produk, sekaligus tahapan dalam melakukan promosi. Kamu juga dapat menjabarkan mengenai setiap keperluan, seperti alat atau bahan untuk pembuatan produk

4. Biaya dan Jadwal Kegiatan 

Komponen pertama dari bab ini adalah anggaran biaya. Pada bagian ini kamu harus menjabarkan pengalokasian dana dengan memperhatikan besaran dana yang telah tercantum di bagian syarat. Pengalokasian dana harus terencana secara efektif dan efisien.

Bagian kedua adalah jadwal kegiatan. Kamu dapat menjabarkan mengenai rencana kegiatan dengan batasan waktu selama 3 hingga 4 bulan. Penyusunan jadwal dapat menggunakan bar chart. Kamu bisa melihat lebih detail melalui contoh proposal kewirausahaan PKM DIKTI yang ada di bawah.

5. Daftar Pustaka

Pada bagian ini penyusunan harus mengikuti pedoman dari Harvard Style. Selain itu, pustaka yang dapat tercantum adalah pustaka yang kamu telah kamu kutip di dalam proposal.

6. Lampiran

Pada proposal lampiran meliputi biodata anggota dan dosen pendamping. Kedua, justifikasi anggaran dari kegiatan, susunan organisasi dan pembagian tugas. Terakhir adalah surat pernyataan ketua pelaksana. 


Contoh Proposal Kewirausahaan PKM DIKTI

Berikut adalah contoh proposal kewirausahaan PKM DIKTI yang telah lolos dan mendapatkan dana. Kamu bisa menggunakannya sebagai referensi dan pedoman dalam membuat proposal milikmu sendiri.

1. PKM Kewirausahaan Kasmokal

PKM Kewirausahaan pertama merupakan karya mahasiswa dari Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa. Produknya adalah Kasmokal (Kue Talas Motif Kain Tradisional). Kamu bisa mengaksesnya di sini.

2. PKM Kewirausahaan BUTIEK

Proposal PKM Kewirausahaan ini berasal dari mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta. Nama produknya adalah BUTIEK (Bungkus Plastik Ekonomis). Silahkan akses contoh proposalnya di sini.

3. PKM Kewirausahaan Sabun Kertas Anagotus

Contoh selanjutnya berasal dari mahasiswa Universitas Muhammadiyah Jakarta. Nama produk wirausaha tersebut adalah Sabun Kertas Anagotus: Portable Disinfecting Paper Soap Trips. Silahkan klik di sini untuk melihat proposal lengkapnya.

4. PKM Kewirausahaan Silky Puding

Proposal PKM Kewirausahaan ini berasal dari mahasiswa Universitas Muhammadiyah Jakarta. Nama produk wirausahanya adalah Silky Puding. Kamu bisa mengakses proposalnya di sini.

5. PKM Kewirausahaan Cuka Mekar

Selanjutnya adalah proposal PKM Kewirausahaan dengan nama produk Cuka Mekar (Cup Cake Edamane Kartun). Proposal ini merupakan karya dari mahasiswa Universitas Jember. Akses di sini.

6. PKM Kewirausahaan TAJER

Proposal ini merupakan karya dari mahasiswa Institut Pertanian Bogor. Nama produknya adalah TAJER (Nata de Genjer), yaitu merupakan cemilan sehat dengan harga yang bersahabat. Akses proposalnya di sini.

7. PKM Kewirausahaan JAMIK

Proposal Kewirausahaan selanjutnya merupakan karya mahasiswa Universitas Esa Unggul. Nama karyanya adalah JAMIK (Jam Dinding Unik). Kamu bisa mengakses proposal di sini.

8. PKM Kewirausahaan Boost Charger

Proposal PKM ini merupakan karya dari mahasiswa Universitas Pendidikan Ganesha dengan nama produk Boost Charger. Bagi kamu yang ingin melihat proposalnya, klik di sini.

9. PKM Kewirausahaan ANGEL

Contoh proposal yang terakhir juga merupakan karya mahasiswa Universitas Pendidikan Ganesha. Di mana produknya adalah ANGEL (Anggur Laut Shooting Gel). Akses proposal di sini.


Sudah Dapat Contoh Proposal Kewirausahaan PKM DIKTI?

Dalam membuat sebuah karya kamu membutuhkan ketekunan dan banyak pertimbangan, termasuk ketika membuat proposal PKM-K. Jika kamu merupakan salah satu mahasiswa yang tertarik mengikuti program ini, maka contoh proposal kewirausahaan PKM DIKTI di atas dapat membantumu. 

Melalui contoh proposal kewirausahaan tersebut kamu bisa mendapatkan gambaran yang lebih detail dan lengkap. Semoga informasi di atas bisa membantu dan bermanfaat ketika kamu ingin menyusun proposal karyamu sendiri. Semangat dan semoga sukses!


Temukan berbagai informasi dan tips bisnis lainnya hanya di LokalSupportLokal.

Baca juga:

Mimpinya kembangkan bisnis di pasar global
Kenyataannya masih kurang modal


Eits .. Jangan sedih!
KoinBisnis bisa kasih kamu pinjaman modal sampai dengan Rp. 2 Miliar

Simulasikan pinjamanmu sekarang!
Kalkulator Simulasi Pinjaman
Ketahui maksimum pinjaman dan cicilan per bulan
+62
Estimasi jumlah maksimum pinjaman

Rp

Estimasi cicilan bulanan
  • Tenor 6 bulan: Rp
  • Tenor 12 bulan: Rp
  • Tenor 24 bulan: Rp

Install aplikasi KoinWorks dan mulai ajukan pinjaman di KoinBisnis!

Ajukan Pinjaman Sekarang

Cek SKOR Kredit

Klik Gambar Dibawah!

Artikel Terpopuler

usaha-barbershop

Tips Sukses Memulai Usaha Barbershop

Tips Sukses Memulai Usaha Barbershop - Ingin memulai bisnis barbershop namun bingung mulai dari mana? Usaha barbershop (pangkas rambut) memang berkembang cukup pesat terutama...
Simply Fresh Laundry

Simple, Ini Cara Raih Untung dengan Bisnis Waralaba Simply Fresh Laundry!

Bagi kamu yang pernah tinggal di kawasan pemukiman dan daerah kampus di Yogyakarta, pasti sudah tidak asing dengan brand Simply Fresh Laundry. Berawal dari usaha...
usaha bengkel mobil

Tertarik Usaha Bengkel Mobil? Ini Estimasi Modal dan Tips Suksesnya

Indonesia merupakan salah satu negara yang dikenal dengan tingginya jumlah pengguna mobil. Hal ini pun terlihat dari padatnya ruas jalan di kota-kota besar—yang dipenuhi oleh...
cara memilih supplier usaha kuliner

7 Tips Mencari Supplier yang Tepat Untuk Usaha Kuliner Kamu

Peluang usaha kuliner semakin bersinar di tahun 2021. Meski di tengah pandemi corona, usaha kuliner tidak terlalu terkena dampak ekonomi yang menurun. Sebaliknya, justru semakin banyak keuntungan bisnis yang...
bisnis sambal kemasan

Alasan Untuk Segera Memulai Bisnis Sambal Kemasan

Alasan Untuk Segera Memulai Bisnis Sambal Kemasan - Sambal masih menjadi primadona yang identik dengan kebanyakan santapan khas Indonesia. Rasanya yang pedas dan lezat menambah...

Artikel Terkait