7 Contoh Label yang Menarik ini Dijamin Mampu Menarik Konsumen

7 Contoh Label yang Menarik ini Dijamin Mampu Menarik Konsumen – Konsumen kini semakin pintar dan teliti dalam memilih produk. Banyaknya edukasi terkait komposisi produk dan review pengguna di internet turut meningkatkan kewaspadaan konsumen.

Kamu bisa dengan menemukan orang-orang di pusat perbelanjaan yang sibuk membaca label produk sebelum memasukannya ke keranjang belanja. Kini sebuah produk tak hanya dinilai dari kualitas dan packaging, namun juga desain label yang menarik.

Jangan sampai kamu melewatkan detail ini dengan asal-asalan membuat label produk, ya. Label produk yang menarik juga akan membantu branding usaha kamu lho.

Di tengah ketatnya persaingan bisnis, para pelaku usaha mencoba tampil unggul dari produk kompetitor dengan label yang meyakinkan.

Label produk yang menarik mampu mengemas informasi terkait brand, kualitas, legalitas, kode produksi, petunjuk penggunaan, dll secara rinci namun mudah dibaca.


Perhatikan Hal ini Dalam Membuat Label Produk

Bagi kamu yang berbisnis produk olahan makanan, pastikan label produkmu mencakup keterangan berikut:

  1. Nama pangan olahan
  2. Nama dan alamat produsen atau distributor
  3. Berat Bersih
  4. Daftar bahan yang digunakan atau komposisi
  5. Nomor pendaftaran pangan (BPOM)
  6. Keterangan kadaluarsa
  7. Kode Produksi

Ada pula tambahan keterangan yang sering menjadi perhatian konsumen;

  1. Informasi kandungan gizi
  2. Tulisan Halal dari MUI
  3. Petunjuk penyimpanan
  4. Peringatan

Informasi di atas harus disajikan dalam label yang menarik dan jelas terbaca agar konsumen tidak kesulitan menganalisanya.


Cara Merancang Label Produk yang Menarik

1. Memastikan Nama Produk Terpampang Jelas

Tujuan utama memakai label produk adalah memperkenalkan produk kamu. Pastikan bahwa label produk kamu tidak tenggelam di antara produk kompetitor. Nama produk harus terlihat jelas dan menangkap perhatian orang.

contoh label yang menarik

2. Kreatif Membuat Desain Label

Jika hendak mengerjakannya sendiri, kamu bisa memakai software desain seperti Adobe Photoshop, Adobe Indesign, CorelDraw, hingga InkSpace yang tutorialnya mudah kamu temukan di internet.

Lakukan riset tentang label-label yang memiliki desain kreatif hingga viral. Jangan ragu meminta bantuan desainer agar hasil label kian menarik dan nampak profesional.

Baca juga: 3 Cara Memulai Bisnis Cemilan Singkong Keju

3. Memilih Warna Label yang Menarik

Definisi menarik memang subyektif, tapi kamu bisa menentukan warna yang tepat dengan riset dan observasi. Kesalahan dalam memilih warna akan membuat produk kamu “tenggelam” saat bersaing dengan produk kompetitor.

Contoh label yang menarik umumnya tidak memakai warna terlalu gelap agar tulisan mudah dibaca. Pemilihan warna untuk dicetak juga tak kalah penting.

Apabila kamu ingin desain gradasi atau penggunaan foto pada label produk, maka pakailah warna proses dalam pencetakannya. Pahami pula perbedaan harga berikut fungsi warna sebelum mencetak label produk.

Baca juga: Pentingnya Kemasan Produk dalam Berbisnis, Ini 5 Alasannya

4. Memilih Huruf yang Tepat

Tepat di sini tidak melulu harus unik dengan desain non-mainstream dan huruf keriting. Bisa-bisa malah susah dibaca. Ada ribuan jenis huruf yang bisa kamu kreasikan, namun tidak semua punya fungsi yang tepat.

Huruf seharusnya mewakili produk kamu. Misal huruf yang terkesan manis untuk produk mainan anak-anak atau huruf yang memberi kesan tegas untuk produk kesehatan dewasa.

Konsultasikan hal ini dengan desainer agar label bisnis kamu tepat sasaran dan mampu meraih perhatian target konsumen.

Baca juga: Review Strategi Marketing Maicih, Kunci Sukses Cemilan Lokal!

5. Memilih Bahan Label sesuai Produk

Desain label yang menarik juga harus mempertimbangkan nilai guna. Misalnya bahan label dari plastik khusus untuk produk makanan berminyak.

Gunanya agar minyak dari makanan tidak melunturkan tinta tulisan pada label. Bahan dari kertas atau kain, selain murah, juga bagus sebagai label produk tekstil.

Urusan desain dan proses pencetakan juga harus jadi perhatian utama. Misalnya untuk bahan label produk yang bertekstur, usahakan jangan memakai huruf berukuran kecil agar tak jadi masalah saat proses pencetakan.

Tidak semua bahan dan metode pencetakan dapat mewujudkan deain ideal kamu. Jika ragu, konsultasikan saja pada pegawai percetakan agar mendapat masukan yang tepat.

6. Menentukan Bentuk Tabel

Contoh label yang menarik memiliki bentuk dan ukuran label yang sesuai dengan kemasan produk. Tidak terlalu kecil maupun besar.

Kamu bebas memilih bentuk seperti bintang, bentuk hati, persegi panjang, kotak, oval, lingkaran, segitiga, dan lain sebagainya. Kamu bisa memilih label tunggal atau label dua sisi (depan dan belakang).

Tabel dua sisi akan membantu menegaskan branding produk kamu agar bisa terlihat dari segala sisi.

contoh label yang menarik - 2

7. Memilih Gambar untuk Desain Label

Tak perlu mengeluarkan dana besar untuk foto produk atau vector karena kini banyak foto bertebaran di dunia maya yang bisa kamu undudh. Beberapa website microstock seperti iStockPhoto, Alamay, BigStock, dan Freepik menyediakan ribuan foto, ilustrasi, hingga vector. baik foto maupun ilustrasi vector.

Jangan lupa untuk selalu memeriksa hak cipta/lisensi serta memberikan credit pada desainer yang mengunggah hasil kerja mereka secara gratis. Itu dia beberapa contoh label yang menarik beserta cara merangkainya.


Mau ekspansi bisnis tapi terhalang modal? Ajukan saja pinjaman modal ke KoinBisnis secara cepat dan mudah!

Dapatkan pinjaman modal mulai dari Rp5 juta – Rp 2 miliar dengan bunga flat terjangkau sebesar 0,75% – 1,67% setiap bulannya.

Tidak perlu khawatir dengan keamanannya, KoinBisnis sudah memiliki izin resmi dan diawasi langsung oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Nah, saat sudah memiliki produk usaha dan ditunjang label yang menarik, kini saatnya mengembangkan bisnis bersama Super Financial App KoinWorks.

Kalkulator Simulasi Pinjaman
Ketahui maksimum pinjaman dan cicilan per bulan
+62
Estimasi jumlah maksimum pinjaman

Rp

Estimasi cicilan bulanan
  • Tenor 6 bulan: Rp
  • Tenor 12 bulan: Rp
  • Tenor 24 bulan: Rp

Install aplikasi KoinWorks dan mulai ajukan pinjaman di KoinBisnis!

Ajukan Pinjaman Sekarang

Cek SKOR Kredit

Klik Gambar Dibawah!

Artikel Terpopuler

usaha bengkel mobil

Tertarik Usaha Bengkel Mobil? Ini Estimasi Modal dan Tips Suksesnya

Indonesia merupakan salah satu negara yang dikenal dengan tingginya jumlah pengguna mobil. Hal ini pun terlihat dari padatnya ruas jalan di kota-kota besar—yang dipenuhi oleh...
bisnis sambal kemasan

Alasan Untuk Segera Memulai Bisnis Sambal Kemasan

Alasan Untuk Segera Memulai Bisnis Sambal Kemasan - Sambal masih menjadi primadona yang identik dengan kebanyakan santapan khas Indonesia. Rasanya yang pedas dan lezat menambah...
cara memilih supplier usaha kuliner

7 Tips Mencari Supplier yang Tepat Untuk Usaha Kuliner Kamu

Peluang usaha kuliner semakin bersinar di tahun 2021. Meski di tengah pandemi corona, usaha kuliner tidak terlalu terkena dampak ekonomi yang menurun. Sebaliknya, justru semakin banyak keuntungan bisnis yang...
usaha-barbershop

Tips Sukses Memulai Usaha Barbershop

Tips Sukses Memulai Usaha Barbershop - Ingin memulai bisnis barbershop namun bingung mulai dari mana? Usaha barbershop (pangkas rambut) memang berkembang cukup pesat terutama...
foundation untuk kulit kering

5 Rekomendasi Foundation Lokal Untuk Kulit Kering

5 Rekomendasi Foundation Lokal Untuk Kulit Kering - Bicara soal foundation untuk kulit kering, brand lokal sudah bisa menjadi rekomendasi. Terlebih gaya dewy look yang...

Artikel Terkait