Contoh Kerajinan Tangan dari Barang Bekas yang Mudah dan Praktis

Contoh Kerajinan Tangan Dari Barang Bekas – Di sekitar kita, telah banyak sampah yang terkumpul dan menjadi menumpuk. Baik itu sampah organik maupun non organik sekali pun. Barang bekas menjadi salah satu penyumbang sampah dalam bentuk yang besar, apalagi jika barang tersebut sudah lama tidak dipakai atau bisa dari hasil daur ulang.

Jika membahas mengenai sampai, maka tidak jauh dengan kardus, plastik, kertas, botol, dan barang bekas lainnya. Secara umum, barang bekas akan dibiarkan saja karena sudah tidak memiliki manfaat yang terpakai untuk pemiliknya.

Meskipun begitu, barang bekas juga dapat dijadikan sebagai hal yang bermanfaat. Misalnya saja koran dan kertas yang kerap menjadi bungkus makanan, kardus sebagai media bungkus paket, dan lain sebagainya. Walaupun tetap saja, nantinya akan berakhir di pembuangan sampah.

Jika di sekitar rumah atau bahkan kamu sendiri memiliki barang bekas, maka jangan terlebih dahulu membuang maupun membakarnya. Karena kamu dapat menjadikannya sebagai hal yang bermanfaat, seperti membuat kerajinan tangan dari barang bekas misalnya.

Selain dapat menjadi hiasan rumah, kamu juga bisa menjual kerajinan tersebut. Oleh sebab itu, pada ulasan kali ini kami akan membahas mengenai contoh kerajinan tangan dari barang bekas yang bisa kamu jadikan sebagai peluang usaha.

Bahan yang akan kamu butuhkan tidak terlalu banyak, hanya harus sesuai dengan keperluan dari masing-masing untuk membuat kerajinannya. Jika kamu memiliki barang bekas yang menganggur di rumah, maka gunakan saja sebagai bahannya. Sehingga, kamu pun tidak perlu repot untuk mencarinya.


Contoh Kerajinan Tangan dari Barang Bekas Untuk Ide Bisnis

Memanfaatkan barang-barang bekas untuk kerajinan tangan adalah peluang bisnis yang sangat menjanjikan. Selain dapat membantu kamu merapikan barang yang tidak terpakai, cara ini juga bisa memberikan manfaat yang banyak untuk kamu dalam kehidupan sehari-hari.

Dengan demikian, yuk langsung buat kerajinan tangan dari barang-barang bekas yang sudah menumpuk di sekitar area rumah kamu. Oleh karena itu, berikut kami sajikan beberapa contoh kerajinan tangan dari barang bekas yang bisa kamu jadikan sebagai referensi.

1. Pot Bunga dari Botol Bekas

Pot Bungan dari barang bekas

Botol adalah salah satu media dan bahan yang pas untuk kamu gunakan sebagai kerajinan tangan. Selain mudah ditemukan, proses pembuatan kerajinannya pun cukup mudah. 

Bahan yang akan kamu perlukan adalah botol bekas, pupuk tanaman, tanah, pisau, dan bunga atau tanaman yang akan ditaruh pada pot.

Untuk cara membuat, kamu harus menyiapkan semua perlengkapannya terlebih dahulu. Setelah semua bahan sudah ada, maka kamu bisa langsung memotong botol dengan menggunakan pisau. Sesuaikan ukuran botol dengan keinginan kamu.

Untuk menjadi lebih indah, kamu bisa menghiasnya secara menarik. Misalnya menjadikannya seperti bentuk boneka. Kemudian lubangi bagian bawah botol, sehingga air pun tidak mudah mengendap. Setelah itu, masukkan pupuk dan tanah ke dalam pot botol. Langkah terakhir, masukkan tanaman ke dalam pot botol tersebut.

 2. Lampu Hias dari Botol Bekas

Lampu Hias dari botol bekas

Contoh kerajinan tangan dari barang bekas berikutnya adalah membuat lampu hias dari botol bekas. Kamu harus menyiapkan bahan diantaranya adalah botol, lampu, lem dan tiang sebagai penyanggah lampu hias

Untuk cara membuat, kamu siapkan bahan yang diperlukan. Kemudian, kamu potong botol sesuai dengan keinginan. Jika sudah, masukkan dan pasang lampu ke dalam botol dengan menggunakan lem. Setelah itu, pasang tiang sebagai penyanggah lampu. Terakhir, lampu hias dari botol bekas siap kamu pakai.

3. Tempat Tisu dari Kardus Bekas

contoh kerajinan tangan dari barang bekas tempat tisu

Kardus bekas bisa kamu jadikan sebagai kerajinan dan peluang untuk membuka usaha. Apalagi bagi kamu yang sedang butuh uang, cara ini terbilang bermanfaat sekali. Jadi, daripada membuang atau membiarkan kardus terbengkalai, lebih baik kamu jadikan kerajinan tangan saja.

Apakah kamu ingin memiliki tempat tisu yang bisa dijadikan sebagai hiasan rumah? Maka kamu dapat membuat tempat tisu dengan kardus bekas sebagai bahan utama. Dengan menggunakan konsep tempat tisu yang anti mainstream ini, tentu akan menambah dekorasi yang semakin indah dalam ruangan. 

Meskipun tidak sedikit orang masih jarang menggunakan tempat tisu dari kardus bekas, namun tidak mengurangi minat orang untuk mencobanya. Sehingga, bagi kamu yang ingin mengubah inovasi dengan kreativitas yang fresh, maka kamu bisa memanfaatkan waktu luang untuk membuat kerajinan tangan dari kardus bekas ini.

Kamu bisa menyiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan, yakni kardus bekas dengan jenis tebal, cat air dan kertas kado sesuai warna, lem, gunting, penggaris, pensil, serta tisu ukuran medium.

Untuk cara membuatnya, kamu perlu mengukur kardus bekas dengan panjang dan lebar yang sesuai tisu terlebih dahulu. Setelah itu, buat pola pada kotak tisu dengan menggunakan pensil dan juga penggaris. Kemudian, jika pola buatan kamu sudah selesai, maka potong pola itu dengan menggunakan gunting.

Jangan lupa untuk mengutamakan lubang bagian atas kardus, hal ini agar memudahkan kamu dalam mengambil helai tisu.

Utamakan lubang pada bagian atas kardus agar lebih mudah mengambil tisu. Untuk membuat tempat tisu semakin terlihat cantik, hiaslah kotak dengan menggunakan kertas kado pilihan kamu. 

4. Tempat Alat Tulis dari Kardus Bekas

contoh kerajinan tangan dari barang bekas tempat alas tulis

Dengan memiliki tempat khusus bagi alat tulis akan memberikan manfaat, sehingga alat tulis pun akan terlihat lebih tertata dan rapi. Sejatinya, kamu bisa dengan mudah membeli dan mendapatkannya di toko peralatan tulis, entah itu secara online maupun offline.

Namun, pernahkah kamu berpikir untuk membuat tempat alat tulis sendiri? Ternyata kamu juga bisa membuatnya sendiri dengan kardus bekas. Kamu hanya cukup menyiapkan beberapa bahan, yakni kardus bekas, kertas kado, gunting, lem  tembak, dan isolasi kertas.

Setelah menyiapkan semua bahan, kamu harus membersihkan kardus bekasnya terlebih dahulu agar bebas dari debu. Kemudian, potong kardus sesuai ukuran dan bentuk yang ingin kamu buat, misalnya lonjong. Lalu, lapisi semua bagian kardus dengan menggunakan kertas kado. 

Setelah itu, gunakan isolasi dan lembak untuk merekatkannya. Kemudian, setelah tempat alat tulis sudah berhasil jadi, maka kamu bisa menyusun semua alat tulis milikmu. Dan jangan lupa untuk menaruhnya pada meja belajar.

5. Bunga dari Sedotan Plastik

contoh kerajinan tangan dari barang bekas bunga dari sedotan

Sedotan plastik adalah benda yang sangat mudah ditemukan dalam kehidupan sehari-sehari. Tidak sedikit orang-orang menggunakannya sebagai perantara dalam meminum.

Terlepas dari kegunaan utamanya, sedotan plastik dapat dijadikan sebagai kerajinan tangan yang bermanfaat. Banyak kerajinan tangan yang bisa kamu buat dengan menggunakan barang bekas ini.

Jika kamu ingin membuat meja ruang tamu menjadi lebih cantik, maka hiasilah dengan menggunakan bunga tanpa perawatan. Oleh karena itu, kamu bisa menggunakan bunga yang terbuat dari sedotan.

Kamu perlu menyiapkan beberapa bahan untuk membuatnya, diantaranya adalah sedotan, gunting, double tape, dan cotton bud. Untuk cara membuatnya, pertama gunting bagian atas sedotan dan buang potongan tersebut.

Setelah itu, lapisi sisi sedotan dengan double tape. Kemudian, tekan sedotan menggunakan jari. Jangan lupa untuk memastikan bahwa sisi yang telah dilapisi dengan double tape adalah acuan.

Langkah selanjutnya, gunting sisi yang tidak ada double tape, namun tidak sampai putus. Ulangi sampai kamu melihat rumbai pada sedotan. Kemudian, buka double tape dan tempelkan cotton bud ke sedotan. Gunakan double tape untuk merekatkan kembali. Kamu juga bisa menambahkan daun agar bunga terlihat lebih indah.

6. Kotak Pensil dari Sedotan Plastik

contoh kerajinan tangan dari barang bekas kotak pensil

Selain dapat menjadi bunga, kamu juga bisa membuat kotak pensil dari sedotan plastik yang tidak terpakai. Kamu hanya cukup mengumpulkan sedotan plastik yang banyak, kemudian lipat sisi sedotan sebanyak empat kali sampai terbentuk menjadi bangun persegi.

Setelah itu, tumpuk sedotan plastik yang sebelumnya sudah kamu tekuk, kemudian tempelkan ke tabung karton untuk menjadikannya sebagai kotak pensil. Agar lebih cantik, kamu bisa menghiasnya dengan hiasan bunga kecil dari sedotan plastik juga. Kotak pensil pun siap kamu pakai untuk menaruh alat tulis, misalnya pensil, penghapus, dan lain sebagainya.

7. Tas dari Koran Bekas

contoh kerajinan tangan dari barang bekas tas dari koran

Kreasi kerajinan tangan dari koran bekas memiliki varian barang yang beragam, hal ini karena bahan dasarnya yang mudah untuk ditemukan. Kamu bisa membuat kerajinan tangan dari koran bekas setiap saat, baik membeli koran maupun mengumpulkannya sendiri. 

Kamu bisa membuat tas jinjing yang menarik dari gulungan kecil koran dengan cara menyusunnya. Untuk caranya, kamu perlu menyambungkan gulungan koran dengan menggunakan benang sampai terbentuk menjadi rangkaian yang panjang.

Kemudian, ulangi proses pembuatan rangkaian gulungan kertas sampai beberapa kali. Setelah itu, susun rangkaian dari gulungan koran dengan menggunakan benang agar terbentuk menjadi sisi tas yang unik. 

Jangan lupa untuk membuatnya pada sisi depan, kanan, kiri, dan juga belakang. Setelah itu, kamu dapat merangkainya menjadi empat sisi dengan menggunakan bantuan dari benang.

Langkah terakhir, buatlah pegangan tas. Kamu bisa membuatnya dari kertas kawat sebagai bentuk dasar, lalu jadikan juga kawat sebagai penyangga dengan melilitkan koran. Setelah kedua pegangan tas sudah berhasil dibuat, maka pasangkan ke tas dengan menggunakan benang agar menjadi kuat.

8. Jam dinding dari Koran Bekas

Jam dinding dari barang bekas

Kerajinan tangan barang bekas berikut terbuat dari koran bekas biasanya akan dibentuk menjadi lintingan dengan lidi sebagai penyangganya terlebih dahulu. Untuk caranya, gulung koran pada lidi, kemudian rekatkan lem pada ujungnya.

Kamu bisa membuat jam dinding dengan menggunakan koran bekas. Buatlah lintingan kayu dengan panjang yang berbeda-beda. Gunakan karton dan tripleks sebagai alas dengan ukuran yang sesuai.

Setelah itu, tempel lintingan koran dengan menggunakan lem. Kamu bisa menempelnya dari tengah ke tepi, mulai dari lintingan koran yang memiliki ukuran pendek. Langkah terakhir, jangan lupa untuk membuat lubang pada tengah-tengah agar kamu dapat memasang mesin dan jarum jam.

9. Lampu dari Sendok

contoh kerajinan tangan dari barang bekas lampu dari sendok

Sendok menjadi salah satu benda penting yang kerap ada di rumah, baik berfungsi sebagai alat makan maupun hiasan. Loh hiasan? yap benar! Jika kamu sedang kebingungan karena banyaknya sendok bekas yang sudah layak untuk dipakai, maka buat saja kerajinan barang bekas dari sendok, yakni lampu hias.

Oleh karena itu, jika memiliki sendok jangan kamu buang terlebih dahulu. Kamu dapat mengumpulkannya dan memanfaatkannya untuk menjadi lampu hias yang memiliki nilai art tinggi.

Hal ini pun dapat membuat kamu terhindar dari sesuatu yang mubazir, karena lampu hias dari sendok bisa kamu jadikan sebagai hiasan untuk rumah yang bernilai seni. Selain itu, kamu juga menjadikannya peluang bisnis yang menguntungkan.

10. Tempat Sendok dari Kaleng

contoh kerajinan tangan dari barang bekas tempat sendok

Dalam kehidupan sehari-hari, tentu saja kamu akan mudah menemukan kaleng. Kaleng sendiri berfungsi sebagai tempat berbagai jenis hal, mulai dari minuman, makanan beku, mainan anak-anak, dan lain sebagainya.

Untuk membuat kerajinan dari kaleng sangatlah mudah, kamu juga bisa membuatnya menjadi tempat sendok. Ini berfungsi agar sendok tidak berceceran dan mudah hilang. Sehingga, sendok pun terlihat lebih rapi dan tertata.

Jika kamu masih bingung ingin membuatnya menjadi seperti apa, maka kamu bisa melihat dan mencari inspirasinya dengan cara browsing melalui internet. Sehingga kamu pun akan lebih berkembang dalam menentukan ide tempat sendok yang kreatif.

11. Keset dari Kaos

contoh kerajinan tangan dari barang bekas keset dari kaos

Memiliki kaos-kaos bekas yang sudah tidak terpakai, tentu akan sangat membingungkan. Selain dapat dijual kembali, ternyata kamu juga bisa menjadikannya sebagai kerajinan tangan. 

Daripada hanya menumpuk dan memenuhi isi lemari, lebih baik jadikan hal yang bermanfaat. Salah satunya adalah membuatnya menjadi keset. Keset dari kaos bekas akan memberikan manfaat agar kamu tetap bersih ketika melangkah ke dalam rumah.

Namun, jika ternyata kaos-kaos yang kamu miliki masih layak untuk dipakai, maka kamu bisa menyumbangkannya saja kepada orang yang lebih membutuhkan. Setelah itu, sisa dari kaos bisa kamu buat menjadi keset untuk alas kaki di dalam rumah.

12. Tas dari Bungkus Kopi

contoh kerajinan tangan dari barang bekas tas dari bungkus kopi

Contoh kerajinan dari barang bekas selanjutnya adalah menggunakan bungkus kopi. Kerajinan yang satu ini sudah familiar di kalangan masyarakat, karena sering terlihat sehingga mudah untuk menemukannya.

Dengan menggunakan bungkus kopi yang sudah melalui proses daur ulang, kamu bisa menjadikannya tas dengan varian bentuk yang beragam. Selain itu, kamu juga bisa menjualnya dengan harga yang sesuai pasaran. 

Adanya kerajinan tangan ini, sampah plastik akan ikut berkurang. Dengan kata lain, sampah plastik yang sangat sulit untuk terurai oleh tanah bisa kamu manfaatkan sebagai peluang bisnis yang menjanjikan. 

13. Hiasan dinding dari CD

contoh kerajinan tangan dari barang bekas hiasan dinding

Jika kamu adalah orang yang gemar mengoleksi DVD atau CD, namun bingung untuk menaruhnya dimana. Maka kamu bisa menjadikannya sebagai hiasan dinding yang memiliki nilai seni.

Terdengar sangat indah bukan? Oleh sebab itu, kamu bisa mempertimbangkannya. Dengan membuat CD menjadi hiasan dinding, tentu akan menambah rumah kamu terlihat lebih cantik. Selain itu, kamu juga tidak akan merasa khawatir jika CD rusak. 

Untuk cara membuatnya, kamu hanya cukup mengumpulkan CD koleksi yang kamu miliki. Setelah itu, agar hiasan dinding dari CD semakin terlihat cantik, kamu bisa menambahkan motif lukisan atau gambar sesuai selera. Langkah selanjutnya, tempelkan hiasan dinding dari CD tersebut dengan menggunakan lem khusus.

14. Miniatur Keren dari Kardus Bekas

contoh kerajinan tangan dari barang bekas miniatur

Kerajinan barang bekas unik terakhir yang patut kamu coba adalah miniatur yang terbuat dari kardus bekas. Secara umum, banyak masyarakat yang menaruh minat pada kerajinan tangan satu ini.

Hal ini karena hasilnya yang sangat menakjubkan dengan sentuhan seni yang begitu kental. Oleh sebab itu, bagi kamu yang gemar dan penyuka seni, maka wajib untuk mencoba membuat miniatur dari kardus.

Miniatur satu ini bisa kamu jadikan sebagai hadiah untuk orang terdekat, hiasan rumah, atau bahkan menjadi kado untuk ulang tahun seseorang. Tentu saja, jika kamu menjadikannya sebagai bisnis, maka peluang yang menjanjikan akan kamu dapatkan.

Sebenarnya, contoh kerajinan dari barang bekas memiliki jenis yang beragam bentuknya. Jika kita membahasnya, tentu tidak akan pernah habis. Karena kerajinan tangan akan tergantung dari kreativitas seseorang ketika membuatnya. Demikianlah contoh kerajinan tangan dari barang bekas yang bisa kalian jadikan untuk ide bisnis dalam memulai bisnis.


Temukan berbagai informasi dan tips bisnis lainnya hanya di LokalSupportLokal.

Baca juga:

Mimpinya kembangkan bisnis di pasar global
Kenyataannya masih kurang modal


Eits .. Jangan sedih!
KoinBisnis bisa kasih kamu pinjaman modal sampai dengan Rp. 2 Miliar

Simulasikan pinjamanmu sekarang!
Kalkulator Simulasi Pinjaman
Ketahui maksimum pinjaman dan cicilan per bulan
+62
Estimasi jumlah maksimum pinjaman

Rp

Estimasi cicilan bulanan
  • Tenor 6 bulan: Rp
  • Tenor 12 bulan: Rp
  • Tenor 24 bulan: Rp

Install aplikasi KoinWorks dan mulai ajukan pinjaman di KoinBisnis!

Ajukan Pinjaman Sekarang

Cek SKOR Kredit

Klik Gambar Dibawah!

Artikel Terpopuler

usaha-barbershop

Tips Sukses Memulai Usaha Barbershop

Tips Sukses Memulai Usaha Barbershop - Ingin memulai bisnis barbershop namun bingung mulai dari mana? Usaha barbershop (pangkas rambut) memang berkembang cukup pesat terutama...
Simply Fresh Laundry

Simple, Ini Cara Raih Untung dengan Bisnis Waralaba Simply Fresh Laundry!

Bagi kamu yang pernah tinggal di kawasan pemukiman dan daerah kampus di Yogyakarta, pasti sudah tidak asing dengan brand Simply Fresh Laundry. Berawal dari usaha...
usaha bengkel mobil

Tertarik Usaha Bengkel Mobil? Ini Estimasi Modal dan Tips Suksesnya

Indonesia merupakan salah satu negara yang dikenal dengan tingginya jumlah pengguna mobil. Hal ini pun terlihat dari padatnya ruas jalan di kota-kota besar—yang dipenuhi oleh...
cara memilih supplier usaha kuliner

7 Tips Mencari Supplier yang Tepat Untuk Usaha Kuliner Kamu

Peluang usaha kuliner semakin bersinar di tahun 2021. Meski di tengah pandemi corona, usaha kuliner tidak terlalu terkena dampak ekonomi yang menurun. Sebaliknya, justru semakin banyak keuntungan bisnis yang...
bisnis sambal kemasan

Alasan Untuk Segera Memulai Bisnis Sambal Kemasan

Alasan Untuk Segera Memulai Bisnis Sambal Kemasan - Sambal masih menjadi primadona yang identik dengan kebanyakan santapan khas Indonesia. Rasanya yang pedas dan lezat menambah...

Artikel Terkait