Contoh Kata Pengantar untuk Proposal Usaha yang Menarik

Menulis merupakan aktivitas penting yang tidak sulit dan sebenarnya bisa dilakukan semua orang jika mau menekuni aturan-aturan dalam kepenulisan. Contohnya menulis kata pengantar pada proposal, meskipun tidak panjang, namun terdapat ketentuan tertentu yang harus kamu taati. Karena akan menjadi hal yang sangat menyedihkan jika kamu sudah menulis proposal hingga akhir, namun ternyata ada kesalahan pada kata pengantar. Artikel ini akan memberikan contoh kata pengantar proposal usaha.

Dalam menulis kata pengantar, kamu harus memahami isinya agar bisa runtut, padu, dan lebih menarik. Kata pengantar dalam proposal usaha berfungsi untuk menyampaikan ucapan terima kasih kepada pihak-pihak tertentu yang membantu dalam penyusunan proposal. Selain itu juga sebagai pendahuluan yang berfungsi untuk menyampaikan permintaan maaf jika terdapat kekurangan dalam proposal.

Saat menulis proposal, kamu sebaiknya tidak hanya fokus pada kata pengantar saja, namun harus memperhatikan rencana bisnis dengan baik. Karena proposal usaha sangat penting baik untuk calon investor maupun pemilik usaha. Fungsinya yaitu untuk menguji apakah ide bisnis tersebut layak atau tidak, merencanakan kerja agar efektif, serta mengatur pendanaan dalam usaha.


Fungsi Kata Pengantar Proposal

Beberapa fungsi kata pengantar yang perlu kamu ketahui sebagai berikut :

  • Menjadi pengantar pembaca menuju isi sebuah proposal.
  • Menjelaskan tentang gambaran singkat isi proposal.
  • Menyampaikan harapan penulis dari proposal yang telah disusun.
  • Menjadi pengingat waktu penulisan proposal.
  • Sebagai mediator untuk mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam penulisan proposal atau karya ilmiah.

Cara Menulis Kata Pengantar Proposal Usaha

Menulis kata pengantar sebenarnya memang terlihat mudah, namun belum tentu semua orang memahami caranya. Berikut ini beberapa cara yang harus kamu ikuti agar mudah untuk menulis kata pengantar pada proposal usaha :

  • Pertama, ucapkan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa karena sudah dapat menyelesaikan proposal yang kamu tulis.
  • Kedua, tulis penjelasan singkat yang berisi rencana usaha dan bagaimana pelaksanaannya.
  • Ketiga, uraikan tentang pihak-pihak terkait yang sudah membantu, membimbing, serta memberi arahan dalam penulisan proposal maupun pelaksanaan usaha.
  • Keempat, tulis apa saja harapan kamu sebagai penulis terhadap pembaca proposal tersebut.
  • Kelima, uraikan tentang manfaat proposal bagi pembaca.
  • Terakhir, tulis nama kota, tanggal, bulan, tahun pembuatan proposal, serta nama lengkap penulis tanpa tanda tangan.

Secara garis besar, kata pengantar pada proposal terdiri dari pembuka, isi, dan penutup. Berikut ini penjelasan ketiga bagiannya :

  • Pembukaan yang berisi ucapan puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa.
  • Isi yang berupa penjelasan tentang usaha yang akan kamu jalankan. Penjelasan dalam isi harus kamu buat semenarik mungkin agar membuat pembaca penasaran dan tertarik.
  • Penutup berisi tentang permohonan maaf kepada pembaca jika terdapat kekurangan dalam penulisan proposal. Selain itu juga berisi tentang harapan penulis kepada pembaca setelah membaca isi dari proposal usaha tersebut.

Kata pengantar yang baik tentu dapat menambah kualitas isi proposal usaha yang telah kamu susun. Adanya kata pengantar juga memberi kesan kesopanan kamu sebagai penulis kepada pembaca proposal tersebut. Oleh karena itu, sebaiknya kamu perlu mencari berbagai contoh kata pengantar proposal usaha sebagai bahan referensi untuk menulis semenarik mungkin. 

Contoh Kata Pengantar Proposal Usaha yang Menarik

Berikut ini beberapa contoh kata pengantar proposal usaha yang bisa kamu jadikan sebagai referensi sebelum menulis proposal.


Contoh Kata Pengantar Proposal Usaha Makanan -1

Puji syukur kami panjatkan kepada Allah SWT yang telah memberikan kesempatan dan kemampuan untuk menyelesaikan proposal usaha makanan ini. Sholawat serta salam semoga tetap tercurah kepada Nabi Muhammad SAW sebagai suri tauladan pemimpin yang berakhlakul karimah dan kami nantikan syafaatnya pada hari kiamat.

 

Proposal usaha makanan yang berbentuk wisata kuliner malam ini disusun setelah kami melakukan kajian ulang mengenai peluang usaha kuliner pada malam hari di Yogyakarta. Banyak wirausahawan kuliner yang mendapatkan keuntungan lebih tinggi dengan usaha kuliner malam hari.

 

Kami sebagai pendiri usaha kuliner “Nasi Maknyus” akan merasa bangga jika berhasil membantu mengurangi tingginya angka pengangguran di wilayah Yogyakarta. Selain itu tujuan usaha ini untuk menumbuhkan rasa cinta terhadap makanan khas Yogyakarta dengan segala jenis nasi dan lauk pauknya. Harapan kami, Yogyakarta dapat menjadi kota kuliner Indonesia selain sebagai kota pelajar.

 

Demikian proposal usaha makanan kuliner malam “Nasi Maknyus” ini kami selesaikan atas ridho Allah SWT. Kami mengucapkan terimakasih kepada keluarga dan seluruh rekan yang terlibat dalam usaha ini atas segala motivasi, dorongan, serta bantuan. 

 

Tidak lupa kami juga mengharapkan kritik dan saran agar lebih baik dalam menjalankan usaha kuliner malam “Nasi Maknyus” ini, sehingga menjadi berkembang dan semakin maju.

 

Yogyakarta, 22 Januari 2022

 

Penulis


Contoh Kata Pengantar Proposal Usaha Makanan – 2

Puji dan syukur kami panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa karena atas berkat-Nya kami dapat menyelesaikan penyusunan proposal untuk usaha makanan yang akan bermanfaat untuk pemilik usaha maupun masyarakat. 

 

Masya Food merupakan nama yang kami ciptakan untuk usaha makanan ini. Kami membangun usaha makanan yang bergerak di bidang produksi kue di wilayah Jepara. Harapan kami, usaha makanan ini dapat membantu membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat dan membantu para konsumen untuk lebih mengenal aneka ragam kue.

 

Kami mengucapkan terima kasih kepada pihak yang telah membantu, memberi saran, masukan, serta selalu mendukung kami dalam membangun usaha makanan ini dan menyusun proposal. Harapan kami, proposal ini dapat bermanfaat untuk pembaca dan investor.

 

Jepara, 23 Januari 2022

 

Penulis 

 


Contoh Kata Pengantar Proposal Usaha Minuman – 1 

Puji syukur kami panjatkan kepada Allah SWT yang telah memberikan kesempatan dan kemampuan untuk menyelesaikan proposal usaha minuman ini. Sholawat serta salam semoga tetap tercurah kepada Nabi Muhammad SAW sebagai suri tauladan pemimpin yang berakhlakul karimah dan kami nantikan syafaatnya pada hari kiamat.

 

Proposal usaha minuman yang ini disusun setelah kami melakukan kajian ulang mengenai peluang usaha kuliner minuman di wilayah Kota Semarang. Banyak wirausahawan minuman yang mendapatkan keuntungan lebih tinggi di Kota Semarang, khususnya saat hari libur.

 

Kami sebagai pendiri usaha minuman “Es Seger” akan merasa bangga jika berhasil membantu mengurangi tingginya angka pengangguran di wilayah Kota Semarang. Selain itu tujuan usaha ini untuk menumbuhkan rasa cinta terhadap minuman asli Semarang dengan segala jenis varian rasa. Harapan kami, Semarang menjadi lebih terkenal dengan minuman-minuman khasnya.

 

Demikian proposal usaha minuman “Es Seger” kami selesaikan atas ridho Allah SWT. Kami mengucapkan terimakasih kepada keluarga dan seluruh rekan yang terlibat dalam usaha ini atas segala motivasi, dorongan, serta bantuan. 

 

Tidak lupa kami juga mengharapkan kritik dan saran agar lebih baik dalam menjalankan usaha minuman  “Es Seger” ini, sehingga menjadi berkembang dan semakin maju.

 

Semarang, 22 Januari 2022

 

Penulis

 


Contoh Kata Pengantar Proposal Usaha Minuman – 2

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT atas limpahan rahmat dan karunia-Nya sehingga penyusunan proposal ini dapat berjalan dengan lancar. Sholawat serta salam semoga tetap tercurah kepada Nabi Muhammad SAW sebagai suri tauladan pemimpin yang berakhlakul karimah dan kami nantikan syafaatnya pada hari kiamat.

 

Usaha yang akan kami bangun adalah rumah jus di wilayah Kabupaten Banjarnegara. Awal dari usaha ini adalah karena pada wilayah tempat tinggal saya belum terdapat rumah yang khusus menjual berbagai macam jus. Oleh karena itu, ide usaha tersebut saya ajukan pada daerah ini. Namun untuk memulai usaha minuman kami membutuhkan modal yang tidak sedikit, sehingga kami berharap bantuan dari pembaca melalui pengajuan proposal ini. 

 

Kami berharap proposal ini dapat bermanfaat bagi kami sebagai pemohon maupun pembaca yang bersangkutan. Kami juga menyadari bahwa dalam proposal ini tentu masih terdapat banyak kekurangan. Oleh karena itu, kami mengharapkan kritik dan saran yang membangun dari pembaca untuk meningkatkan kualitas proposal maupun usaha minuman ini.

 

Banjarnegara, 23 Januari 2022

 

Penulis

 


Contoh Kata Pengantar Proposal Usaha Pakaian

Contoh kata pengantar proposal usaha selanjutnya adalah untuk pakaian. Berikut ini contohnya :

Puji syukur kami panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa atas segala limpahan rahmat dan karunia-Nya sehingga memberikan kesempatan dan kemampuan untuk menyelesaikan proposal usaha pakaian ini sebagai bentuk membangun kemandirian.

 

Usaha rintisan kami bergerak pada distribusi dan jasa desain pakaian yang ada di Indonesia, khususnya Semarang. “Beauty Fashion” adalah nama usaha yang kami bangun dengan konsep keindahan pada pakaian dengan ciri khas tertentu.

 

Namun kebutuhan modal yang sangat besar dalam merintis usaha ini, menjadi salah satu alasan untuk mengajukan proposal dengan harapan dapat memperoleh modal dari para investor. Kami menyadari bahwa dalam penulisan proposal usaha ini masih terdapat kekurangan seperti pada penyusunan konsepnya. Oleh karena itu, kami mengharapkan kritin dan saran dari pembaca sebagai bahan untuk memperbaiki usaha pakaian agar lebih maju dan berkembang.

 

Semarang, 22 Januari 2022

 

Penulis

 


Contoh Kata Pengantar Proposal Usaha Kerajinan

Kata Pengantar :

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT atas rahmat dan karunia-Nya, kami dapat menyelesaikan penyusunan proposal usaha kerajinan ini. Sholawat serta salam semoga tetap tercurah kepada Nabi Muhammad SAW sebagai suri tauladan pemimpin yang berakhlakul karimah dan kami nantikan syafaatnya pada hari kiamat.

 

Dalam penulisan proposal ini, kami menawarkan produk “Kerajinan Tangan Miniatur dari Kertas Koran”. Kami menyadari bahwa terdapat banyak kekurangan dalam penulisan proposal usaha kerajinan ini. Oleh karena itu kami mengharapkan kritik dan saran demi memperbaiki penulisan proposal maupun dalam menjalankan usaha. Tidak lupa kami juga mengucapkan terima kasih kepada pihak-pihak yang telah membantu dalam penyusunan proposal kerajinan ini.

 

Akhir kata dari kami, semoga proposal ini dapat menjadi manfaat bagi para pembaca dan menambah wawasan dalam berwirausaha.

 

Semarang, 23 Januari 2022

 

Penulis

 


Kesimpulan

Kata pengantar merupakan sebuah halaman tertentu dalam kreasi ilmiah seperti proposal yang berisi perkataan dari penulis tentang pujian, rasa syukur, ucapan terima kasih, hingga gambaran singkat dari isi sebuah proposal atau karya ilmiah lain. Artikel ini sudah memberikan beberapa contoh kata pengantar proposal usaha makanan, minuman, pakaian, dan kerajinan yang dapat menjadi referensi sebelum kamu menulis kata pengantar.


Temukan berbagai informasi dan tips bisnis lainnya hanya di LokalSupportLokal.

Baca juga: 

Mimpinya kembangkan bisnis di pasar global
Kenyataannya masih kurang modal


Eits .. Jangan sedih!
KoinBisnis bisa kasih kamu pinjaman modal sampai dengan Rp. 2 Miliar

Simulasikan pinjamanmu sekarang!
Kalkulator Simulasi Pinjaman
Ketahui maksimum pinjaman dan cicilan per bulan
+62
Estimasi jumlah maksimum pinjaman

Rp

Estimasi cicilan bulanan
  • Tenor 6 bulan: Rp
  • Tenor 12 bulan: Rp
  • Tenor 24 bulan: Rp

Install aplikasi KoinWorks dan mulai ajukan pinjaman di KoinBisnis!

Ajukan Pinjaman Sekarang

Cek SKOR Kredit

Klik Gambar Dibawah!

Artikel Terpopuler

usaha-barbershop

Tips Sukses Memulai Usaha Barbershop

Tips Sukses Memulai Usaha Barbershop - Ingin memulai bisnis barbershop namun bingung mulai dari mana? Usaha barbershop (pangkas rambut) memang berkembang cukup pesat terutama...
Simply Fresh Laundry

Simple, Ini Cara Raih Untung dengan Bisnis Waralaba Simply Fresh Laundry!

Bagi kamu yang pernah tinggal di kawasan pemukiman dan daerah kampus di Yogyakarta, pasti sudah tidak asing dengan brand Simply Fresh Laundry. Berawal dari usaha...
usaha bengkel mobil

Tertarik Usaha Bengkel Mobil? Ini Estimasi Modal dan Tips Suksesnya

Indonesia merupakan salah satu negara yang dikenal dengan tingginya jumlah pengguna mobil. Hal ini pun terlihat dari padatnya ruas jalan di kota-kota besar—yang dipenuhi oleh...
bisnis sambal kemasan

Alasan Untuk Segera Memulai Bisnis Sambal Kemasan

Alasan Untuk Segera Memulai Bisnis Sambal Kemasan - Sambal masih menjadi primadona yang identik dengan kebanyakan santapan khas Indonesia. Rasanya yang pedas dan lezat menambah...
cara memilih supplier usaha kuliner

7 Tips Mencari Supplier yang Tepat Untuk Usaha Kuliner Kamu

Peluang usaha kuliner semakin bersinar di tahun 2021. Meski di tengah pandemi corona, usaha kuliner tidak terlalu terkena dampak ekonomi yang menurun. Sebaliknya, justru semakin banyak keuntungan bisnis yang...

Artikel Terkait