Tips dan Contoh Kata-Kata Promosi Efektif untuk Tingkatkan Penjualan

Pada setiap bisnis, kegiatan promosi adalah tugas yang harus kamu pikirkan dengan matang sebelum mengeksekusinya. Promosi yang baik akan membawa banyak keuntungan bagi keberlangsungan bisnis kamu. Syaratnya, kamu perlu memahami trik dan contoh kata-kata promosi yang nendang dan efektif menaikkan penjualan.

Menentukan kata-kata yang tepat dan ampuh menggelitik hasrat konsumen untuk membeli produkmu memang bukan perkara mudah. Namun, kamu bisa pelajari tips menggunakan kata-kata yang efektif dalam melakukan pemasaran produk pada artikel kali ini. 

Selengkapnya, silakan simak ulasan beserta contoh penggunaan kata-kata dalam pemasaran di bawah ini!

Tips Menggunakan Kata-Kata Promosi yang Efektif

Promosi atau pemasaran merupakan kegiatan mengiklankan brand maupun produk kepada masyarakat luas. Tujuan dari kegiatan promosi sendiri adalah untuk menghasilkan penjualan, menciptakan kesadaran merek, dan menjaga loyalitas para pelanggan terhadap merek tersebut.

Promosi yang berhasil adalah promosi yang dianggap mampu menarik para konsumen untuk menggunakan atau membeli produkmu. Dengan kata lain, promosi yang berhasil adalah promosi yang dapat meningkatkan angka penjualan dan keuntungan pada suatu bisnis.

Sejatinya, setiap promosi memerlukan media tertentu agar masyarakat luas bisa menemukan dan menerima pesan atau informasi penjualan yang ingin kamu sampaikan. Media iklan yang digunakan juga bervariasi seperti majalah, baliho, brosur, TV, postingan di platform media sosial, dan lain-lain. 

Jika kamu ingin melakukan promosi, kamu bisa bebas menggunakan media apapun yang kamu mau tergantung kebutuhan dan tujuan bisnismu. Adapun, salah satu hal yang wajib kamu pikirkan dalam mengiklankan produk adalah pemilihan contoh kata-kata promosi yang tepat dan efektif dalam menggaet konsumen baru.

Pemilihan kata-kata yang tepat dapat berpengaruh besar pada performa penjualan bisnis dan akan mengarah keberlangsungan bisnis itu sendiri. Upaya penyusunan kata-kata promosi memang tidak selalu berlangsung mudah. Namun, kamu bisa mempelajari tips menggunakan kata-kata promosi yang efektif berikut ini.

1. Gunakan Diksi yang Tepat Sesuai Target Konsumen

Kunci dari keberhasilan promosi adalah mengetahui karakter target pasar dan bisa menciptakan konten yang relevan dengan kebutuhan, kebiasaan, dan ketertarikan target audiens tersebut.

Untuk itu, kamu perlu cermat dalam mengenali persona dari target pasar yang disasar sebelum menghasilkan konten-konten promosi untuk bisnis. Kamu bisa riset diksi atau kosakata yang familiar di kalangan target pasar tertentu lalu aplikasikan diksi tersebut dalam proses pembuatan konten promosi.

Dengan begitu, para calon konsumen akan merasa relate dengan konten promosi milikmu dan tertarik untuk mempelajari produk jualanmu. Atau lebih bagusnya lagi, mereka akan otomatis tertarik untuk membeli maupun menggunakan produk yang kamu tawarkan dalam konten promosi tersebut.

Contohnya, kamu memiliki bisnis sabun cuci muka dengan target pasar perempuan usia remaja. Agar iklan kamu bisa mudah diterima oleh target konsumen, kamu bisa gunakan kata-kata kekinian yang sedang naik daun pada saat itu.

Atau, kamu juga bisa menggunakan kata-kata umum yang bersifat santai agar konten promosimu terkesan lebih dekat dan relevan. 

Begini contoh kata-kata promosi untuk menjual produk sabun cuci muka untuk remaja wanita.

Masalah muka minyak bikin kamu jadi bete? Awas bisa jerawatan! Sebelum jerawat bermunculan, atasi masalah kulit wajah dengan sabun cuci muka A yang efektif mengangkat minyak berlebih sampai ke pori-pori

2. Buat Pembuka Iklan yang Bisa Buat Orang Tertarik

Setelah selesai menentukan diksi dan kosakata iklan yang sesuai, langkah berikutnya adalah mulai membuat konten promosi produk kepada para audiens. 

Dalam proses pembuatannya, kamu perlu memikirkan bagaimana cara membuat audiens agar mau meluangkan sedikit waktunya untuk mengikuti seluruh isi konten promosi tersebut sampai selesai. 

Adapun, cara awal yang paling ampuh dalam mengundang perhatian para audiens adalah dengan membuat pembuka iklan yang memikat dan dapat menciptakan rasa penasaran.

Cara mengundang rasa penasaran audiens bisa bermacam-macam mulai dari menyinggung masalah umum, menunjukkan fakta, memberikan peringatan, visual yang menarik, dan sebagainya.

Ingat, hindari membuat pembuka iklan yang tidak relevan dengan produk maupun isi alias iklan clickbait. Meskipun iklan clickbait terbilang efektif dalam mengundang rasa penasaran orang-orang yang melihatnya, pada akhirnya mereka akan kecewa karena merasa ‘dimanfaatkan’. 

Membuat calon konsumen kecewa sebelum mereka sempat mencari tahu informasi produk secara lebih detail adalah mimpi buruk yang harus kamu hindari agar tidak merugi.

Adapun, contoh kata-kata promosi pada pembuka iklan yang menarik adalah sebagai berikut.

Awas, nyamuk demam berdarah sedang mengintai keluarga Anda kapan saja! Basmi keberadaan dengan melakukan gerakan 3M (Menguras, Menutup, dan Mengubur) dan gunakan produk obat semprot nyamuk dari brand A. Produk ini dapat membunuh nyamuk dengan seketika hingga ke bagian kolong kursi dan meja

3. Fokus Pada Pemberian Solusi

Pada dasarnya, konsumen hanya ingin membeli produk yang bisa memberikan solusi. Jadi, fokuslah pada penyusunan kata-kata promosi yang mengarah ke pemberian solusi. 

Jika kamu menuliskan isi iklan promosi tentang fitur atau kandungan dari produk saja tanpa menjelaskan manfaatnya, maka akan sedikit calon konsumen yang tertarik untuk membeli produk tersebut. 

Hal ini karena, tidak semua calon konsumen bisa memahami maksud dari informasi tersebut tanpa menjelaskan makna atau manfaatnya.

Misalnya, kamu ingin menjual produk perawatan kulit atau skincare untuk kulit berjerawat dengan kandungan Salicylic Acid. Alih-alih menuliskan kandungannya saja, alangkah baiknya kamu tonjolkan saja manfaat apa saja yang bisa konsumen dapatkan dari pemakaian produk skincare yang mengandung bahan Salicylic Acid.

Dengan begitu, seluruh audiens akan dapat mencerna informasi produk dengan jelas dan terbebas dari kebingungan. Dan pada akhirnya, calon konsumen tidak akan ragu untuk memberikan uangnya untuk membeli solusi yang kamu tawarkan melalui penjualan produk tersebut.

Adapun contoh kata-kata promosi dalam konteks ini yakni,

Gunakan serum wajah ini untuk menghilangkan masalah jerawat dengan cepat tanpa meninggalkan bekas”.

4. Buat Kata Promosi Singkat

Alangkah baiknya, kamu perlu membuat konten-konten promosi dengan pilihan kata yang singkat, padat, dan jelas. Apalagi jika media iklan yang kamu gunakan membatasi jumlah penggunaan karakter tulisan.

Meski singkat, usahakan pesan yang akan kamu sampaikan bisa mudah dipahami oleh calon konsumen atau target pasar. Sebisa mungkin, hindari pembuatan kata-kata yang terlalu panjang karena terkesan terlalu bertele-tele dan menyita lebih banyak waktu audiens dalam memproses konteks iklan kamu.

Jika memungkinkan, gunakanlah kata-kata singkat yang punya makna kuat dan mendalam. Sehingga, audiens akan merasa tersentuh dengan setiap rangkaian kata yang kamu hadirkan dalam konten promosi tersebut. 

Dengan begitu, audiens sasaranmu akan berubah menjadi konsumen potensial yang turut berkontribusi dalam peningkatan angka penjualan bisnismu.

Namun, kamu perlu tetap menyesuaikan jumlah kata pada konten promosi dengan jenis media promosi yang kamu gunakan. Jika kamu perlu menjelaskan detail produk secara menyeluruh, kamu bisa membuatnya dengan jumlah kata yang banyak tapi diatur menjadi susunan kalimat yang ringkas dan tetap jelas.

5. Gunakan Power Word

Cara menyusun kata-kata promosi yang ampuh mengundang pembeli selanjutnya adalah menggunakan kata-kata ‘ajaib’ atau power word. Coba kamu lihat contoh kata-kata promosi pada berbagai media iklan dan cari tahu mana kata-kata yang sekiranya bisa membuat dirimu tertarik untuk membeli produk tersebut.

Apakah kamu masih belum bisa mengidentifikasi kata-kata ‘ajaib’ tersebut? Jika belum, berikut adalah beberapa contoh power word yang efektif dalam meningkatkan penjualan produk sebagai berikut:

  • Asli: “Sepatu ini dibuat dari kulit asli bukan imitasi
  • Ori: “Kami menjual berbagai produk fashion dari Brand A 100% ori
  • Alami: “..terbuat dari bahan-bahan alami sehingga lebih aman dan menyehatkan
  • Eksklusif: “Peluncuran produk kecantikan A eksklusif, hanya berlaku untuk bulan ini
  • Lengkap, Terlengkap: “Dapatkan paket kelas persiapan tes CPNS terlengkap hanya dengan Rp100.000 saja
  • Instan: “Penurun berat badan instan dan cepat tanpa perlu olahraga berat
  • Dan masih banyak lagi

Jika kamu masih bingung menentukan pemilihan power word yang tepat, kamu bisa pelajari konten-konten promosi dari brand kompetitor lain.  

Intinya, kamu perlu bisa menempatkan kata-kata ajaib dengan tepat sampai-sampai konsumen akan menilai bahwa produkmu punya nilai plus tersendiri yang tidak dimiliki oleh produk serupa dari brand lain.


Contoh Kata-Kata Promosi Untuk Tingkatkan Penjualan Usaha

Untuk menambah referensi susunan kalimat promosi yang efektif untuk meningkatkan penjualan, kamu bisa menyimak contoh-contoh kata promosi sesuai jenis produk yang kamu tawarkan di bawah ini.

1. Contoh Kata-Kata Promosi Usaha Makanan

Adapun contoh kalimat beriklan dalam bisnis usaha makanan antara lain:

  • “Sering lapar sebelum masuk jam makan? Ganjal dulu dengan camilan enak dan sehat yang tersedia di toko kami”
  • “Beli 3 menu seharga Rp50.000, gratis 1 menu minuman favorit kamu”
  • “Diskon khusus hari raya untuk setiap pembelian semua varian produk di bakery kami”
  • “Promo khusus menu A setiap hari Jumat”
  • “Susu kedelai rendah gula pertama di Kota A yang terbuat menggunakan biji kedelai asli dari Amerika”
  • “Temukan kelezatan pada setiap seruputan mie pedas yang bikin ketagihan”
  • “Beli 3 produk A rasa mint, gratis 1 produk A rasa cokelat”

2. Contoh Kata-Kata Promosi Usaha Barang

Adapun beberapa contoh kalimat promosi dalam jenis usaha barang antara lain:

  • “Dapatkan potongan harga 10% setiap belanja minimal Rp300.000”
  • “Jangan lewatkan diskon besar-besaran pada tanggal 10 setiap bulan”
  • “Sedia berbagai macam produk secara lengkap dengan kualitas kelas atas”
  • “Dapatkan furnitur rumah tangga elegan dari kayu jati premium”
  • “Promo spesial hari raya”
  • “Jaminan garansi selama 3 tahun setiap pembelian produk elektronik di tempat kami”
  • “Berikan hadiah indah untuk orang spesial dengan paket kado di tempat kami” 

3. Contoh Kata-Kata Promosi Bisnis Online Shop

Adapun beberapa contoh kalimat promosi dalam bisnis online shop antara lain:

  • “Gratis ongkir setiap belanja minimal Rp300.000”
  • “Diskon 10% setiap belanja di jam-jam tengah malam”
  • “Promo spesial untuk pelanggan baru”
  • “Udah gajian nih! Yuk check-out keranjang belanjaan Anda sekarang juga”
  • “Buruan beli produk ini sekarang karena stok sangat terbatas!”
  • “Flash sale produk A hanya sampai jam 9 malam”
  • “Pingin belanja tapi bokek di tanggal tua? Manfaatkan diskon di sini saja! Hati senang, uang tetap aman” 

Kesimpulan

Promosi adalah salah satu bagian terpenting dalam setiap bisnis. Karena promosi dapat berpengaruh terhadap performa penjualan produk termasuk kelangsungan bisnis kamu.

Untuk itu, buatlah konten promosi yang efektif dan tepat sasaran agar omzet dan keuntungan bisnismu bisa naik berlipat-lipat. Jika masih kesulitan dalam membuat konten promosi yang baik, tak ada salahnya untuk mempelajari contoh kata-kata promosi dari berbagai sumber.


Belum memutuskan mau usaha apa? Kamu bisa temukan inspirasi dan tips bisnis lainnya melalui situs #LokalSupportLokal, wadah berbagi dukungan untuk para pebisnis pemula.

Baca juga: 

Mimpinya kembangkan bisnis di pasar global
Kenyataannya masih kurang modal


Eits .. Jangan sedih!
KoinBisnis bisa kasih kamu pinjaman modal sampai dengan Rp. 2 Miliar

Simulasikan pinjamanmu sekarang!
Kalkulator Simulasi Pinjaman
Ketahui maksimum pinjaman dan cicilan per bulan
+62
Estimasi jumlah maksimum pinjaman

Rp

Estimasi cicilan bulanan
  • Tenor 6 bulan: Rp
  • Tenor 12 bulan: Rp
  • Tenor 24 bulan: Rp

Install aplikasi KoinWorks dan mulai ajukan pinjaman di KoinBisnis!

Ajukan Pinjaman Sekarang

Cek SKOR Kredit

Klik Gambar Dibawah!

Artikel Terpopuler

usaha-barbershop

Tips Sukses Memulai Usaha Barbershop

Tips Sukses Memulai Usaha Barbershop - Ingin memulai bisnis barbershop namun bingung mulai dari mana? Usaha barbershop (pangkas rambut) memang berkembang cukup pesat terutama...
Simply Fresh Laundry

Simple, Ini Cara Raih Untung dengan Bisnis Waralaba Simply Fresh Laundry!

Bagi kamu yang pernah tinggal di kawasan pemukiman dan daerah kampus di Yogyakarta, pasti sudah tidak asing dengan brand Simply Fresh Laundry. Berawal dari usaha...
usaha bengkel mobil

Tertarik Usaha Bengkel Mobil? Ini Estimasi Modal dan Tips Suksesnya

Indonesia merupakan salah satu negara yang dikenal dengan tingginya jumlah pengguna mobil. Hal ini pun terlihat dari padatnya ruas jalan di kota-kota besar—yang dipenuhi oleh...
bisnis sambal kemasan

Alasan Untuk Segera Memulai Bisnis Sambal Kemasan

Alasan Untuk Segera Memulai Bisnis Sambal Kemasan - Sambal masih menjadi primadona yang identik dengan kebanyakan santapan khas Indonesia. Rasanya yang pedas dan lezat menambah...
cara memilih supplier usaha kuliner

7 Tips Mencari Supplier yang Tepat Untuk Usaha Kuliner Kamu

Peluang usaha kuliner semakin bersinar di tahun 2021. Meski di tengah pandemi corona, usaha kuliner tidak terlalu terkena dampak ekonomi yang menurun. Sebaliknya, justru semakin banyak keuntungan bisnis yang...

Artikel Terkait