7 Cara Mudah Menjadi Reseller Baju Online Tanpa Modal

Sekarang ini, hampir semua orang tidak ingin menggantungkan finansialnya hanya dari satu sumber penghasilan. Banyak orang memiliki penghasilan tambahan melalui pekerjaan sampingan hingga berjualan. Contohnya para ibu rumah tangga yang sering mencari cara menjadi reseller baju online tanpa modal.

Walaupun ibu rumah tangga beraktivitas di rumah, namun mereka tetap dapat menghasilkan uang melalui berjualan secara online tersebut. Selain itu, kebanyakan para supplier menawarkan sistem reseller tanpa modal demi memperluas jangkauan bisnisnya. Mau tau caranya seperti apa? Simak ulasan di bawah ini! 

Cara Menjadi Reseller Baju Online Tanpa Modal

Memulai bisnis dengan berjualan online saat ini banyak dilakukan oleh ibu rumah tangga hingga mahasiswa untuk mencari penghasilan tambahan. Salah satu produk yang cocok untuk dijadikan bisnis online adalah baju. Berikut merupakan tips dan syarat jadi reseller baju online untuk kamu: 

1. Pilih Produk Baju yang Sesuai dengan Pasar Kamu

Baju memiliki bentuk, ukuran, dan jenis yang bermacam-macam. Mulai dari baju bayi hingga baju untuk dewasa. Tugas pertama kamu jika ingin menjadi reseller baju adalah menentukan produk baju mana yang akan kamu jual. 

Kamu bisa menentukannya dengan melihat orang orang disekelilingmu. Jika kebanyakan adalah remaja, maka kamu cocok untuk menjual baju remaja. Melihat orang-orang sekelilingmu sangatlah penting, karena merekalah nantinya yang akan menjadi pembeli dan pasar pertamamu. 

Selain melihat orang di sekelilingmu, lihatlah juga trend mode baju terkini yang sedang digandrungi banyak orang. Ada baiknya, kamu menjual baju yang sesuai dengan trend saat ini, agar barang dagangan yang kamu jual laris manis.

2.  Memilih Supplier

Apabila produk baju yang akan kamu jual sudah ditentukan, cara menjadi reseller baju online tanpa modal selanjutnya adalah memilih supplier

Sebagai reseller, kamu tidak akan memproduksi bajumu sendiri, melainkan ada pihak yang memproduksi baju secara massal. Kemudian, akan disalurkan kepada tangan kedua, yaitu reseller untuk dijual. 

Apabila kamu ingin menjadi reseller tanpa modal, ada baiknya kamu memilih supplier yang menawarkan sistem dropship. Sistem reseller ini memungkinkan kamu untuk mempromosikan baju yang akan kamu jual, tanpa kamu harus membeli terlebih dahulu.

Apabila kamu menggunakan sistem dropship, maka kamu dapat langsung mempromosikan baju yang akan kamu jual di platform penjualan onlinemu. Kemudian, nantinya baju tersebut akan dikirimkan oleh pihak supplier

Ada beberapa supplier yang langsung mengirimkan ke customer, namun ada juga yang mengirimkan melalui reseller. Bebas saja kamu memilih yang mana, asal sesuai dengan keinginanmu dan profitnya juga bagus, tancap gas saja.

3. Buat Situs E-commerce Online Gratis 

Salah satu hal yang penting dalam dunia reseller online adalah pemasarannya. Kamu bisa memasarkan produk-produk baju yang kamu miliki melalui sosial media pribadimu. 

Tapi, tentu saja audiensnya hanya teman-teman dan keluarga disekitarmu. Bagaimana cara memperluas target penjualan? Membuat akun e-commerce adalah salah satu solusi yang tepat. 

Akun e-commerce membantumu memperluas target penjualan secara otomatis. Jika ada konsumen yang ingin membeli baju, maka pembeli itu akan menuliskan keyword pada kolom pencarian. Kemudian, secara otomatis sistem dari e-commerce akan menuntunnya pada produkmu. 

Apakah membuat akun e-commerce ini sulit? Tentu saja tidak. Kamu cukup mendaftarkan toko kamu secara online. Mengisi form pendaftaran secara online yang dapat dilakukan di mana saja. 

Jika ingin mengunggah produk yang akan kamu jual, cukup siapkan foto produk terbaikmu dan berikan deskripsi serta judul yang menarik agar para pembeli tertarik pada produkmu.

Kebanyakan e-commerce akan memperlakukan sistem laba untuk pihak e-commerce. Jadi, sebelum menjual produk mu, pastikan produkmu dijual dengan telah memperhitungkan laba pribadi dan laba e-commerce ya. Jangan sampai kamu rugi!

4. Tingkatkan Penjualan Melalui Promosi Berbayar

Salah satu cara untuk meningkatkan penjualan kamu, khususnya ketika menjadi reseller baju online tanpa modal adalah melakukan promosi berbayar online. Promosi berbayar secara online sendiri memiliki berbagai banyak pilihan dan cara. 

Kamu bisa menggunakan jasa selebgram untuk meningkatkan brand awareness produkmu. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan jasa Google Ads yang memungkinkan produkmu bisa muncul di timeline audiens tanpa harus di follow oleh audiens tersebut. 

Cara pertama adalah menggunakan jasa selebgram. Selebgram adalah akun perseorangan atau pribadi yang memiliki ribuan hingga jutaan followers. Biasanya, para selebgram membuka jasa endorse untuk berbagai produk, termasuk baju. 

Produk baju kamu akan dipakai dan dipromosikan secara langsung melalui story hingga postingan Instagram. Sehingga, kemungkinan produkmu dilihat banyak orang semakin tinggi. 

Cara selanjutnya adalah menggunakan promosi berbayar Google Ads atau Facebook  Ads. Jika menggunakan platform ini, produkmu akan otomatis di promosikan ke target pasar dengan cara memunculkan iklan produk pada timeline audiens tanpa harus di follow oleh audiens. 

Tidak usah khawatir dengan harga, Facebook Ads dan Google Ads tidak mematok harga mahal. Konsep jasa yang ditawarkan adalah sesuai dengan budget. Mulai dari Rp 10.000 kamu sudah bisa mempromosikan produkmu.

Lalu, jika kamu menggunakan e-commerce sebagai tempatmu berjualan, kamu bisa melakukan promosi pada e-commerce tersebut. Ketika mengiklankan produkmu dengan biaya tertentu, maka produkmu akan menempati posisi teratas pada tabel pencarian. Sehingga, kemungkinan produkmu dibeli akan semakin tinggi. 

5. Konsisten Memperbaharui dan Melakukan Promosi

Selain butuh kreativitas, memasarkan dan menjual baju secara online juga butuh up to date dan konsistensi. Trend baju cepat sekali berubah, bahkan dalam kurun waktu satu tahun banyak trend baju yang bermunculan dan menghilang. 

Jika kamu tidak up to date terhadap dunia fashion, maka kemungkinan produkmu akan kalah saing dengan kompetitor. 

Salah satu cara agar tetap mengikuti trend fashion adalah dengan mengikuti akun sosial media orang-orang ternama, seperti artis, selebgram, penyanyi, model, dan lain sebagainya. 

Karena, kebanyakan orang memiliki kiblat fashion yang didapat dari para selebritis ternama. Sehingga, apapun yang dipakai oleh orang-orang terkenal itu, pasti akan laku keras untuk dijual.

Selain kamu harus mengikuti trend fashion, kamu juga harus konsisten melakukan promosi dan melakukan update penjualan kamu di platform pribadi atau akun jualan kamu. 

Konsistensi untuk update dan melakukan promosi akan membuat produk yang kamu miliki punya kesempatan lebih untuk melanglang buana di timeline audience dan target pasar kamu. Jadi, jangan malas untuk selalu upload koleksi jualan kamu ya! 

6. Berikan Layanan Terbaik Kepada Konsumen 

Jadikan pembeli sebagai raja. Pembeli merupakan kunci utama keberhasilan penjualan kamu. Apabila pembeli merasa puas dengan produk dan layanan yang kamu berikan, maka pembeli tersebut cenderung akan melakukan pembelian ulang bahkan akan merekomendasikan produk bajumu kepada teman-temannya. 

Review pembeli merupakan hal yang sangat penting dalam cara menjadi reseller baju online tanpa modal. Terlebih lagi di era digitalisasi saat ini, apabila pembeli merasa kurang puas terhadap produk atau pelayanan yang kamu berikan. 

Rating buruk akan terpajang di toko online yang kamu miliki, sehingga akan menurunkan minat beli konsumen lain.

Demi melakukan pelayanan maksimal, kamu dapat melakukan pengiriman tepat waktu, mengemas produk dengan baik dan rapi hingga memberikan hadiah sebagai bentuk apresiasi kepada konsumenmu. Hal-hal kecil yang terlihat remeh seperti itu, sebenarnya sangat penting dilakukan. 

Keuntungan Reseller Baju Online

Pada saat menjadi reseller baju online, keuntungan yang akan kamu peroleh merupakan hasil dari selisih harga jual kamu dan harga jual supplier. Maka dari itu, sebelum menawarkan kepada konsumen, kamu perlu menaikkan harga jual produk terlebih dahulu.

Contohnya, harga baju dari supplier Rp 50.000. Kemudian, kamu tawarkan menjadi Rp 70.000 kepada konsumen. Maka,  keuntungan bersih yang akan kamu dapatkan sebesar Rp 20.000 per produk.

Sudah Siap Memulai Bisnis Jadi Reseller Baju Online?

Berikut tadi adalah tips dan cara jadi reseller baju online tanpa modal. Kamu bisa memulai bisnismu sekarang, karena tidak ada kata terlambat untuk memulai. Reseller online shop baju murah menjadi pilihan yang sangat tepat untuk memulai bisnis kamu. 

Jika kamu ingin mengetahui dan belajar lebih banyak terkait bisnis reseller baju online, kamu dapat mengikuti berbagai pelatihan gratis atau membaca buku seputar bisnis. Semoga bisnis kamu lancar, ya!


Temukan inspirasi seputar tips bisnis dan lain-lain haya di lokalsupportlokal.id

Mimpinya kembangkan bisnis di pasar global
Kenyataannya masih kurang modal


Eits .. Jangan sedih!
KoinBisnis bisa kasih kamu pinjaman modal sampai dengan Rp. 2 Miliar

Simulasikan pinjamanmu sekarang!
Kalkulator Simulasi Pinjaman
Ketahui maksimum pinjaman dan cicilan per bulan
+62
Estimasi jumlah maksimum pinjaman

Rp

Estimasi cicilan bulanan
  • Tenor 6 bulan: Rp
  • Tenor 12 bulan: Rp
  • Tenor 24 bulan: Rp

Install aplikasi KoinWorks dan mulai ajukan pinjaman di KoinBisnis!

Ajukan Pinjaman Sekarang

Cek SKOR Kredit

Klik Gambar Dibawah!

Artikel Terpopuler

usaha-barbershop

Tips Sukses Memulai Usaha Barbershop

Tips Sukses Memulai Usaha Barbershop - Ingin memulai bisnis barbershop namun bingung mulai dari mana? Usaha barbershop (pangkas rambut) memang berkembang cukup pesat terutama...
Simply Fresh Laundry

Simple, Ini Cara Raih Untung dengan Bisnis Waralaba Simply Fresh Laundry!

Bagi kamu yang pernah tinggal di kawasan pemukiman dan daerah kampus di Yogyakarta, pasti sudah tidak asing dengan brand Simply Fresh Laundry. Berawal dari usaha...
usaha bengkel mobil

Tertarik Usaha Bengkel Mobil? Ini Estimasi Modal dan Tips Suksesnya

Indonesia merupakan salah satu negara yang dikenal dengan tingginya jumlah pengguna mobil. Hal ini pun terlihat dari padatnya ruas jalan di kota-kota besar—yang dipenuhi oleh...
cara memilih supplier usaha kuliner

7 Tips Mencari Supplier yang Tepat Untuk Usaha Kuliner Kamu

Peluang usaha kuliner semakin bersinar di tahun 2021. Meski di tengah pandemi corona, usaha kuliner tidak terlalu terkena dampak ekonomi yang menurun. Sebaliknya, justru semakin banyak keuntungan bisnis yang...
bisnis sambal kemasan

Alasan Untuk Segera Memulai Bisnis Sambal Kemasan

Alasan Untuk Segera Memulai Bisnis Sambal Kemasan - Sambal masih menjadi primadona yang identik dengan kebanyakan santapan khas Indonesia. Rasanya yang pedas dan lezat menambah...

Artikel Terkait