Panduan Ringkas Cara Mengisi SPT 1770, Ikuti Alur Tanpa Ribet

Buat kamu yang memperoleh penghasilan dari pekerjaan bebas, wajib lapor pajak tahunan dengan formulir SPT 1770.

Apa sih SPT 1770 itu? SPT 1770 ini khusus diperuntukkan untuk WNI yang bekerja dengan kemampuan khusus dan memiliki penghasilan bebas.

Ada beberapa kategori pekerjaan bebas, yaitu seseorang yang bekerja dengan menawarkan jasa atau tenaga ahli, pekerja seni, pengajar, penerjemah, pekerjaan yang berhubungan dengan penjualan atau pemasaran, dan sebagainya.

Contohnya antara lain konsultan, pelaku usaha, penulis, musisi, influencer, serta pekerjaan bebas lainnya.

Selain itu, SPT 1770 juga diperuntukkan bagi mereka yang memiliki beberapa pekerjaan, dikenakan PPh Final, maupun mendapat royalti atas apa yang dikerjakannya.

Nah, gimana sih cara mengisi SPT 1770 ini? Cukup mudah lho, cara mengisi SPT 1770 bisa kamu lakukan melalui beberapa cara, seperti datang langsung ke KPP, kirim via pos atau kurir, dan dengan cara online.

Cara mengisi SPT 1770 secara online sangat direkomendasikan terutama selama masa pandemi virus covid-19 ini.

Kamu bisa menggunakan e-SPT/e-Filing dan e-Form untuk mengisi SPT 1770.

Untuk informasi lebih lanjut terkait e-Form SPT Tahunan 1770, bisa klik tautan berikut https://www.pajak.go.id/sites/default/files/2020-04/SKUP-02%20e-Form%20SPT%201770%20UMKM.pdf

Tahapan Mengisi SPT 1770

Supaya bisa mengisi SPT 1770 dengan mudah, kamu bisa ikuti cara-cara berikut ini:

  • Siapkan File Dokumen yang Diperlukan

Kamu bisa mempersiapkan file dokumen yang akan digunakan untuk mengisi SPT 1770, seperti:

  • Formulir permohonan pemberitahuan perpanjangan/penundaan penyampaian SPT Tahunan untuk Wajib Pajak Orang Pribadi
  • Formulir SPT Tahunan PPh Orang Pribadi 1770
  • Formulir daftar perincian peredaran bruto
  • Formulir daftar jumlah penghasilan bruto dan pembayaran PPh Final (PP 46 Tahun 2013) per masa pajak serta dari masing-masing tempat usaha
  • Formulir pemberitahuan penggunaan norma penghitungan penghasilan neto
  • Laporan laba rugi untuk wajib pajak orang pribadi
  • Formulir dan petunjuk pengisian formulir bukti pemotongan PPh 21 (1721 A1 untuk swasta dan 1721 A2 untuk pegawai negeri)
  • Menggunakan e-SPT Untuk Mengisi SPT 1770

Dalam pelaporan SPT tahunan, kamu bisa membuat formulir SPT 1770 menggunakan aplikasi e-SPT. Aplikasi ini resmi dari Direktorat Jenderal Pajak (DJP) untuk memudahkan wajib pajak melakukan pelaporan pajak dengan mudah. Kamu bisa langsung download aplikasinya, install dan langsung gunakan sesuai petunjuk yang tertera.

  • Ikuti Petunjuk Pengisian Formulir Digital SPT 1770

Langkah selanjutnya, kamu bisa menggunakan cara mengisi SPT 1770 seperti yang terlampir di tautan berikut https://www.pajak.go.id/sites/default/files/2020-04/SKUP-02%20e-Form%20SPT%201770%20UMKM.pdf Beberapa ketentuan yang harus kamu perhatikan untuk mempermudah cara mengisi SPT 1770 antara lain:

  • SPT hasil pencetakan ini wajib ditanda tangani dan tidak boleh dilipat atau kusut. Untuk pencetakan gunakan kertas HVS berukuran folio
  • Gunakan aplikasi Adobe Reader versi 8 atau yang lebih baru
  • Mengisi terlebih dahulu lampiran-lampiran yang ada
  • Rumus-rumus penjumlahan, pengurangan, kaitan dengan bagian tertentu dan lainnya telah tersedia di dalam form ini secara otomatis, sehingga kamu tidak perlu menghitung ulang
  • Mengisi Tiap Bagian dengan Seksama

Kalau kamu sudah mempersiapkan file dokumen yang dibutuhkan, dan mengikuti petunjuknya, maka kamu akan bisa mengisi SPT 1770 dengan mudah. Ringkasnya, tahapan-tahapan cara mengisi SPT 1770 ini sebagai berikut:

  • Buka aplikasi e-SPT Anda, kemudian pilih menu “Surat Pemberitahuan (SPT)” – klik kolom “SPT Tahunan OP 1770”. Ganti tahun pajak sesuai dengan yang akan dilaporkan, lalu klik “OK”
  • Klik menu “Surat Pemberitahuan (SPT)”, lalu pilih submenu “1770”, nanti akan muncul daftar lampiran yang harus diisi
  • Di lampiran pertama, akan ditampilkan panel “Penghasilan Neto Dalam Negeri Dari Usaha dan/atau Pekerjaan Bebas” di Bagian B. Isi sesuai data yang kamu miliki dengan cermat, periksa kembali rincian jumlah dan angkanya, klik “Simpan”
  • Berikutnya muncul ‘Bagian C’, kamu akan melihat panel yang berisi tentang penghasilan neto dalam negeri. Isi sesuai data yang kamu miliki, lalu klik “Simpan”
  • Lalu, pada “Bagian D” akan muncul panel berisi informasi tentang penghasilan neto dalam negeri lainnya. Isi dengan teliti, klik “Simpan”.
  • Ikuti petunjuk untuk mengisi setiap bagian dan Lampiran I hingga Lampiran IV sampai selesai

Kalau kamu sudah mengikuti semua tahapan cara mengisi SPT 1770 dengan baik, kamu bisa kembali ke menu utama dan langsung memilih opsi “Lapor SPT” lalu klik “Lapor SPT ke KPP”.

Nanti akan muncul panel berisi jumlah PPh dan SSP pada bagian yang diberi highlight warna kuning, isi dan klik “OK”. File SPT 1770 yang sudah selesai diisi akan tersimpan dalam format excel.

Gimana, cukup mudah kan mengikuti tahapan cara mengisi SPT 1770 ini? Kamu bisa melakukan pelaporan wajib pajak tanpa ribet dengan langkah-langkah cara mengisi SPT 1770 di atas.

Baca juga: Stop Bingung! Ini Cara Lapor Pajak Pribadi Paling Ringkas

Kalkulator Simulasi Pinjaman
Ketahui maksimum pinjaman dan cicilan per bulan
+62
Estimasi jumlah maksimum pinjaman

Rp

Estimasi cicilan bulanan
  • Tenor 6 bulan: Rp
  • Tenor 12 bulan: Rp
  • Tenor 24 bulan: Rp

Install aplikasi KoinWorks dan mulai ajukan pinjaman di KoinBisnis!

Ajukan Pinjaman Sekarang

Cek SKOR Kredit

Klik Gambar Dibawah!

Artikel Terpopuler

usaha bengkel mobil

Tertarik Usaha Bengkel Mobil? Ini Estimasi Modal dan Tips Suksesnya

Indonesia merupakan salah satu negara yang dikenal dengan tingginya jumlah pengguna mobil. Hal ini pun terlihat dari padatnya ruas jalan di kota-kota besar—yang dipenuhi oleh...
bisnis sambal kemasan

Alasan Untuk Segera Memulai Bisnis Sambal Kemasan

Alasan Untuk Segera Memulai Bisnis Sambal Kemasan - Sambal masih menjadi primadona yang identik dengan kebanyakan santapan khas Indonesia. Rasanya yang pedas dan lezat menambah...
cara memilih supplier usaha kuliner

7 Tips Mencari Supplier yang Tepat Untuk Usaha Kuliner Kamu

Peluang usaha kuliner semakin bersinar di tahun 2021. Meski di tengah pandemi corona, usaha kuliner tidak terlalu terkena dampak ekonomi yang menurun. Sebaliknya, justru semakin banyak keuntungan bisnis yang...
usaha-barbershop

Tips Sukses Memulai Usaha Barbershop

Tips Sukses Memulai Usaha Barbershop - Ingin memulai bisnis barbershop namun bingung mulai dari mana? Usaha barbershop (pangkas rambut) memang berkembang cukup pesat terutama...
foundation untuk kulit kering

5 Rekomendasi Foundation Lokal Untuk Kulit Kering

5 Rekomendasi Foundation Lokal Untuk Kulit Kering - Bicara soal foundation untuk kulit kering, brand lokal sudah bisa menjadi rekomendasi. Terlebih gaya dewy look yang...

Artikel Terkait