11 Cara Mendapatkan Modal Usaha untuk Jenis Bisnis Apapun

Jika kamu memiliki ide bisnis yang keren dan kreatif, maka kamu perlu cari modal usaha untuk mewujudkan ide bisnis tersebut. Cara mencari modal usaha harus dilakukan menggunakan cara-cara tertentu, agar pihak pemberi modal tertarik dengan bisnis kamu. Berikut adalah cara mendapatkan modal usaha yang bisa kamu terapkan!

11 Cara Mendapatkan Modal Usaha

Dalam mewujudkan suatu ide bisnis, kamu perlu menggunakan cara mencari modal usaha yang tepat. Jika kamu sedang bingung bagaimana cari modal usaha yang tepat, berikut ini adalah beberapa cara mendapatkan modal usaha yang bisa kamu terapkan untuk bisnis apapun:

1. Dapatkan Pinjaman Modal dari Bank

Mendapatkan pinjaman dari bank merupakan salah satu solusi cari modal usaha yang umum dilakukan oleh para pelaku bisnis. Namun, biasanya bank hanya akan memberikan pinjaman modal usaha kepada bisnis yang sudah berjalan. 

Untuk mendapatkan pinjaman dari bank, kamu perlu melampirkan bukti keuangan dari usaha kamu. Bukti keuangan tersebut akan digunakan oleh pihak bank untuk memastikan jika kamu benar-benar sanggup membayar cicilan pinjaman modal usaha.

Baca Juga: Pinjaman Modal Usaha BCA: Syarat dan Cara Pengajuan

2. Menggadaikan Aset untuk Mendapatkan Pinjaman Modal

Cara mencari modal usaha selanjutnya, yaitu dengan memanfaatkan aset berharga yang kamu miliki. Kamu bisa menggadaikan aset berharga yang kamu miliki untuk mendapatkan modal usaha. Dengan cara tersebut, kamu bisa mendapatkan modal usaha tanpa harus kehilangan aset berharga tersebut.

Beberapa aset berharga yang bisa kamu gadaikan, yaitu barang elektronik, perhiasan, surat tanah, BPKB, dan lain sebagainya. Kamu bisa menggadaikan aset kamu ke berbagai lembaga pegadaian milik pemerintah maupun lembaga penyedia modal usaha lainnya. 

3. Ajukan Pinjaman ke Peer to Peer Lending

Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin ekspansif, pengajuan pinjaman modal usaha juga mengalami perkembangan yang signifikan. Saat ini, kamu tidak harus datang secara langsung ke bank atau menggadaikan barang berharga untuk mendapatkan pinjaman modal usaha.

Kamu bisa mengajukan pinjaman modal usaha melalui Peer to Peer Lending atau P2P Lending. P2P Lending, yaitu sistem pemberian pinjaman modal yang menghubungkan antara pemberi pinjaman dan peminjam secara online. Melalui P2P Lending, kamu bisa mengajukan atau memberikan pinjaman tanpa harus melalui lembaga perantara.

Pengajuan pinjaman modal usaha melalui P2P Lending memiliki banyak kelebihan, yaitu suku bunga yang rendah, proses yang mudah dan cepat, serta nominal pinjaman yang besar.

Salah satu startup yang menyediakan pinjaman modal usaha dengan sistem P2P Lending, yaitu KoinWorks. KoinWorks memiliki produk pinjaman yaitu KoinBisnis yang bisa kamu gunakan untuk mengembangkan usaha kamu. Melalui KoinBisnis, kamu bisa mendapatkan modal usaha mulai dari Rp5.000.000,00 hingga Rp2.000.000.000,00.

Jika kamu meminjam dana usaha melalui KoinBisnis, kamu juga akan dibebaskan dari biaya penalti, jika melunasi pinjaman lebih awal. Bunga pinjaman dari KoinBisnis juga lebih rendah, yaitu mulai dari 0,75% per bulan dengan tenor waktu pembayaran hingga 24 bulan.

Cara mendapatkan modal usaha melalui KoinBisnis juga terbilang sangat mudah dan cepat. Kamu hanya perlu download aplikasi KoinWorks dan lakukan proses pendaftaran melalui aplikasi tersebut. Setelah itu, kamu sudah bisa melakukan pengajuan pinjaman KoinBisnis secara online melalui aplikasi KoinWorks tersebut. Mudah sekali bukan?

4. Pinjam Modal Usaha dari Koperasi

Cara mencari modal usaha selanjutnya juga bisa kamu dapatkan melalui Koperasi Simpan Pinjam atau KSP. Pinjaman melalui koperasi biasanya hanya bisa dilakukan jika kamu adalah anggota dari koperasi tersebut. 

Oleh karena itu, jika kamu melakukan pinjaman modal usaha ke koperasi, maka kamu secara otomatis akan menjadi anggota dari koperasi tersebut. Hal ini karena koperasi merupakan salah satu badan usaha yang dijalankan atas asas kekeluargaan.

5. Pinjaman Modal Usaha dari Pemerintah

Pinjaman modal usaha yang diberikan oleh pemerintah merupakan salah satu program pemerintah yang bekerjasama dengan pihak perbankan. Program tersebut bernama Kredit Usaha Rakyat atau KUR yang ditujukan untuk Usaha Mikro Kecil, Menengah, dan UMKMK atau Koperasi.

Karena ditujukan untuk usaha kecil hingga menengah, bunga yang ditawarkan dari program KUR ini juga relatif lebih rendah, karena telah mendapatkan subsidi dari pemerintah.

Baca Juga: Perhitungan Modal dan Keuntungan Usaha Jual Beli dan Sewa Sepeda

6. Menggunakan Modal Usaha dari Dana Pribadi

Menggunakan dana pribadi untuk modal usaha merupakan salah satu cara mendapatkan modal usaha tanpa berhutang. Namun, kamu perlu memperhatikan jika penggunaan dana pribadi untuk modal usaha hanya bisa kamu lakukan jika jumlah tabungan kamu sudah cukup memadai.

Jangan gunakan dana pribadi yang berasal dari dari dana darurat, dana pensiun, dana asuransi, maupun dana pendidikan sebagai modal usaha. Gunakan dana pribadi yang berasal dari dana tabungan yang benar-benar tidak terpakai sebagai modal usaha, agar biaya kehidupan sehari-hari kamu tidak terganggu.

7. Ikuti Seminar dengan Para Investor

Selain beberapa cara sebelumnya, cara lain untuk cari modal usaha, yaitu melalui dukungan investor. Kamu bisa mencari dukungan dari para investor dengan cara mengikuti acara seminar yang diadakan oleh perusahaan atau lembaga ekonomi dan keuangan lainnya.

Hal ini karena acara seminar yang diadakan oleh lembaga-lembaga tersebut biasanya mengundang investor sebagai pembicara. Untuk mendapatkan dukungan dari para investor tersebut, pastikan jika kamu sudah memiliki ide bisnis yang matang terlebih dahulu.

Baca Juga: Cara Jitu Membuat Business Plan untuk Menarik Investor

8. Modal Ventura

Modal ventura merupakan cara mendapatkan modal usaha yang bisa kamu lakukan melalui lembaga non bank, berdasarkan perjanjian kerjasama. Pada umumnya, lembaga non bank yang memberikan modal ventura tidak akan meminta jaminan atau menerapkan syarat yang ketat, seperti lembaga perbankan.

9. Melakukan Kampanye Crowdfunding

Cara mencari modal usaha selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah melalui kampanye crowdfunding. Kampanye crowdfunding ini bisa kamu lakukan jika kamu sudah memiliki konsep bisnis yang matang. Kamu bisa melakukan kampanye crowdfunding di berbagai situs penyedia layanan donasi untuk modal usaha.

Hal yang harus kamu perhatikan saat melakukan kampanye crowdfunding, yaitu bagaimana cara meyakinkan donatur agar mau memberikan modal untuk bisnis kamu. Kelebihan dari cara ini, yaitu kamu tidak membutuhkan jaminan apapun untuk mendapatkan modal usaha dan kamu tidak harus mengembalikan dana usaha tersebut.

10. Pinjaman dari E-Commerce, E-Wallet, dan Digital Banking

Kehadiran berbagai platform keuangan digital, seperti e-commerce, e-wallet, dan digital banking saat ini tidak hanya menyediakan layanan belanja dan penyimpanan uang untuk para penggunanya. Berbagai platform tersebut juga menyediakan layanan pinjaman modal usaha untuk para penggunanya.

Salah satu program dari berbagai platform keuangan digital tersebut yang bisa kamu gunakan untuk mendapatkan modal usaha, yaitu fitur PayLater. Kamu bisa mendapatkan pinjaman modal usaha melalui berbagai platform keuangan digital tersebut dan mengembalikan dana usaha tersebut pada saat jatuh tempo. 

11. Mengajukan Pinjaman Kredit Tanpa Agunan

Pinjaman modal usaha yang kamu lakukan dengan menggunakan agunan atau jaminan merupakan salah satu cara yang cukup beresiko. Oleh karena itu, beberapa pelaku bisnis lebih memilih untuk mengajukan pinjaman modal usaha melalui Kredit Tanpa Agunan atau KTA.

Saat ini sudah banyak lembaga keuangan baik perbankan maupun non perbankan yang menawarkan pinjaman modal usaha KTA. Namun, meskipun begitu, kamu tetap harus berhati-hati dan selalu perhatikan syarat dan ketentuannya sebelum kamu melakukan pinjaman modal usaha di lembaga tersebut.

Sudah Tahu Bagaimana Cara Mendapatkan Modal Usaha?

Dari uraian di atas, ada berbagai cara mendapatkan modal usaha yang bisa kamu lakukan. Kamu bisa menyesuaikan metode pinjaman modal usaha dengan kebutuhan dan skala bisnis kamu. Perhatikan juga setiap syarat atau ketentuan dari pinjaman yang kamu ambil, agar kamu tidak merasa dirugikan. Selamat mencoba!

Kalkulator Simulasi Pinjaman
Ketahui maksimum pinjaman dan cicilan per bulan
+62
Estimasi jumlah maksimum pinjaman

Rp

Estimasi cicilan bulanan
  • Tenor 6 bulan: Rp
  • Tenor 12 bulan: Rp
  • Tenor 24 bulan: Rp

Install aplikasi KoinWorks dan mulai ajukan pinjaman di KoinBisnis!

Ajukan Pinjaman Sekarang

Ajukan Modal Usaha UMKM

Artikel Terpopuler

Contoh Buku Kas

3 Contoh Buku Kas Harian yang Sederhana dan Mudah Dimengerti

0
Contoh buku kas harian apa yang mudah untuk dicoba? Mengelola keuangan harus dilakukan dengan baik. Selain bisa bantu mengontrol pengeluaran, mengelola keuangan juga bisa mempermudah...
13 Rekomendasi Sepatu Running Lokal Terbaik dan Tahan Lama

13 Rekomendasi Sepatu Running Lokal Terbaik dan Tahan Lama

0
Running atau jogging merupakan olahraga yang paling murah dan gampang. Sebab, kamu hanya butuh sepatu untuk melakukannya. Saat ini, banyak sekali sepatu running lokal...
Contoh Kata Pengantar untuk Proposal yang Menarik

6 Contoh Kata Pengantar untuk Proposal Usaha yang Menarik

0
Menulis merupakan aktivitas penting yang tidak sulit dan sebenarnya bisa dilakukan semua orang jika mau menekuni aturan-aturan dalam kepenulisan. Contohnya menulis kata pengantar pada...
11 Rekomendasi Merek Sepatu Kulit Lokal Terbaik dan Awet

11 Rekomendasi Merek Sepatu Kulit Lokal Terbaik dan Awet

0
Mencari sepatu kulit lokal berkualitas? Pada dasarnya, sepatu memiliki peran yang sangat penting untuk menunjang penampilan. Mengenakan sepatu berkualitas memberikan rasa percaya diri, terutama...

8 Merek Teh Terbaik di Indonesia dan Cara Pemasarannya

0
Apa saja merek teh terbaik yang tersedia di Indonesia? Siapa yang tidak kenal minuman teh? Di Indonesia sendiri, teh merupakan minuman yang digemari oleh semua...

Artikel Terkait