Bye Pembukuan Manual! Ini Cara Mencatat Buku Kas Harian Paling Praktis

Buku Kas Harian – Jika jeli mencari peluang bisnis, ada berbagai kesempatan dan potensi usaha yang menguntungkan bertebaran di sekitar kita. Apalagi kemajuan teknologi melalui aplikasi memudahkan para pelaku usaha untuk menjalankan bisnisnya.

Salah satu aspek penting dalam berwirausaha yang tidak boleh disepelekan adalah pencatatan keuangan untuk mendokumentasikan tiap transaksi jual-beli yang dilakukan dengan cara mencatat buku kas harian.

Dalam menjalankan usaha dan melakukan pencatatan keuangan, buku kas harian menjadi salah satu kunci sukses bisnis yang dijalankan. Pencatatan keuangan yang baik akan memudahkan pelaku usaha melakukan evaluasi serta menjalankan strategi bisnisnya.

Dengan cara mencatat buku kas harian yang baik, pelaku usaha dapat menelusuri serta merancang pencatatan keuangan yang akan membantu kesuksesan bisnisnya.

Apa Itu Buku Kas Harian?

Buku khas harian adalah sebuah buku yang berisi catatan setiap hal terkait keuangan perusahaan, seperti transaksi pemasukan serta pengeluaran yang dilakukan, rincian pembelanjaan barang, serta berbagai detail yang menggambarkan kondisi finansial perusahaan.

Intinya, setiap aktivitas terkait dengan keuangan akan dicatat dalam buku khas harian.

Cara mencatat buku kas harian memiliki peran penting untuk mengetahui informasi seputar alur pengeluaran dan pemasukan keuangan perusahaan. Tidak hanya ditulis secara manual dengan buku, kas harian juga bisa dicatat dengan menggunakan aplikasi secara online atau diketik menggunakan software tertentu.


Cara Membuat Buku Kas Harian dengan Mudah

Lantas, gimana ya cara mencatat buku kas harian yang baik dan benar? Ada beberapa langkah cara mencatat buku kas harian.

Cara membuat buku khas harian ini tidaklah sulit, cukup disesuaikan dengan kebutuhan serta kondisi finansial usaha kamu.

Ada 4 cara mencatat buku khas harian yang bisa kamu ikuti, antara lain:

1. Cara Mencatat Buku Kas Harian Folio 2 Halaman (Scontro)

Cara membuat buku khas harian satu ini terdiri dari 2 halaman berisi keterangan informasi debit dan kredit.

Format buku khas harian menggunakan jenis kertas ukuran folio atau HVS F4.

Cara membuat buku khas harian dengan format buku khas harian ini cukup mudah.

Halaman debit berisi informasi seputar transaksi pemasukan atau penambahan kas dengan menyebutkan sumber uangnya.

Ada 4 kolom dalam halaman debit, yaitu:

  • Kolom pertama berisi tanggal masuknya uang
  • Kolom kedua berisi keterangan singkat dan jelas
  • Kolom ketiga berisi nomor urut dari bukti dari pemasukan uang
  • Kolom keempat diisi dengan jumlah uang masuk pada tanggal tersebut

Selanjutnya yaitu halaman kredit. Halaman ini bermanfaat untuk mendata seputar uang yang keluar dengan alasan pengeluarannya.

Cara membuat buku kas harian halaman kredit ini mirip dengan halaman debit, yaitu:

  • Kolom pertama berisi tanggal keluarnya uang
  • Kolom kedua berisi keterangan pengeluaran yang dilakukan. Isilah tujuan pengeluaran yang dilakukan dan kepada siapa pengeluaran diberikan.
  • Kolom ketiga berisi nomor urut dari buku tentang pengeluaran uang tersebut
  • Kolom keempat berisi jumlah uang yang dikeluarkan pada tanggal tersebut

2. Cara Mencatat Buku Kas Harian Folio 1 Halaman (Camera)

Cara mencatat buku kas harian berikutnya dengan folio 1 halaman. Cara membuat buku khas harian ini menggunakan format buku khas harian HVS F4 1 halaman saja.

Cara mencatat buku kas harian ini menggabungkan pencatatan pemasukan serta pengeluaran uang dalam satu halaman.

Ada 5 kolom dalam buku kas harian ini, yaitu:

  • Kolom pertama berisi tanggal
  • Kolom kedua berisi keterangan sumber masuknya uang dalam penerimaan kas. Kolom kedua ini bisa juga diisi dengan keterangan tentang keperluan dari pengeluaran kas
  • Kolom ketiga berisi nomor urut dari bukti kas yang ada, baik itu untuk pemasukan atau pengeluaran kas
  • Kolom keempat berisi jumlah penerimaan uang pada kas terakhir beserta jumlah saldo kas yang ada
  • Kolom kelima berisi jumlah pengeluaran dari kas yang dilakukan

Cara mencatat buku khas harian ini terbilang mudah dan praktis, sangat direkomendasikan bagi pelaku usaha yang baru merintis bisnisnya maupun kantor-kantor kecil.


3. Cara Mencatat Buku Kas Harian Tabelaris

Cara membuat buku khas harian berikutnya menggunakan format buku khas harian berisi lajur-lajur atau kolom-kolom yang bisa diisi sesuai dengan kebutuhan.

Cara mencatat buku khas harian ini hampir serupa dengan cara membuat buku khas harian dengan folio yang telah disebutkan.

Pada halaman sebelah kiri berisi debit dan sebelah kanan dengan kredit.

Untuk cara pecatatan buku khas harian lainnya, kamu bisa simak selengkapnya dalam panduan lengkap cara buat laporan keuangan.


4. Memanfaatkan Aplikasi Buku Kas Harian

Enggan mencatat secara manual? Kamu bisa temukan beragam aplikasi buku khas harian di PlayStore yang menawarkan kemudahan pembukuan secara digital.

Salah satu aplikasi yang gencar memasarkan fiturnya adalah BukuKas, yakni aplikasi keuangan berbasis smartphone yang dapat membantu para pelaku usaha dalam mencatat hasil pembukuan secara digital.

Pengguna aplikasi buku kas harian nantinya dapat melihat laporan transaksi beserta keuntungan dan kerugiannya yang dapat diunduh dalam format PDF.

Kamu bisa mencatat semua transaksi secara detail, memantau arus kas, memonitor performa bisnis, dan merencanakan keuangan usaha agar bisnismu makin strategis.


Itu dia cara mencatat buku kas harian paling praktis yang cocok untuk pebisnis pemula. Kalau sudah begini kamu akan memiliki pencatatan keuangan yang lebih rapi. Sehingga, jika ingin mengajukan pinjaman modal akan lebih mudah.

Mengapa demikian? karena saat ini banyak penyedia peminjaman modal yang mengharuskan pebisnis melampirkan laporan keuangannya. Begitu halnya dengan KoinBisnis dari KoinWorks.

KoinBisnis dari KoinWorks berkomitmen membantu para pebisnis yang ingin mengembangkan dana atau memerlukan modal usaha.

Tak hanya memudahkan laporan keuangan, melalui KoinWorks kamu juga bisa mendapatkan pinjaman modal usaha mulai dari Rp 10 juta hingga Rp 2 miliar, dengan bunga rendah mulai dari 0,75% hingga 1,67% flat per bulan.


Belum memutuskan mau usaha apa? Kamu bisa temukan inspirasi dan tips bisnis lainnya melalui situs #LokalSupportLokal, wadah berbagi dukungan untuk para pebisnis pemula.

Cek SKOR Kredit

Klik Gambar Dibawah!

Artikel Terpopuler

bisnis sambal kemasan

Alasan Untuk Segera Memulai Bisnis Sambal Kemasan

Alasan Untuk Segera Memulai Bisnis Sambal Kemasan - Sambal masih menjadi primadona yang identik dengan kebanyakan santapan khas Indonesia. Rasanya yang pedas dan lezat menambah...
usaha bengkel mobil

Tertarik Usaha Bengkel Mobil? Ini Estimasi Modal dan Tips Suksesnya

Indonesia merupakan salah satu negara yang dikenal dengan tingginya jumlah pengguna mobil. Hal ini pun terlihat dari padatnya ruas jalan di kota-kota besar—yang dipenuhi oleh...
foundation untuk kulit kering

5 Rekomendasi Foundation Lokal Untuk Kulit Kering

5 Rekomendasi Foundation Lokal Untuk Kulit Kering - Bicara soal foundation untuk kulit kering, brand lokal sudah bisa menjadi rekomendasi. Terlebih gaya dewy look yang...
bisnis singkong keju - cemilan singkong keju

3 Cara Memulai Bisnis Cemilan Singkong Keju

3 Cara Memulai Bisnis Cemilan Singkong Keju - Olahan singkong memang selalu menarik perhatian para pengusaha pemula. Singkong merupakan bahan makanan rendah lemak, rendah kolesterol...
bunga pinjaman bank mandiri

Cari Modal Usaha? Yuk Cermati Bunga Pinjaman Bank Mandiri tahun 2021!

Cari Modal Usaha? Yuk Cermati Bunga Pinjaman Bank Mandiri tahun 2021! - Bingung mencari pinjaman modal usaha terbaik? Bagi kamu yang berniat merintis bisnis,...

Artikel Terkait