5 Cara Memulai Bisnis Baju Desain Sendiri, Dijamin Laris!

Bisnis baju merupakan salah satu jenis bisnis yang memiliki pasar sangat luas dan tidak lekang oleh waktu. Hal ini karena baju merupakan kebutuhan dasar bagi setiap orang. Namun, masih banyak yang belum memahami cara memulai bisnis baju desain sendiri. Jika kamu salah satunya, yuk, simak ulasan berikut ini!

Cara Memulai Bisnis Baju Desain Sendiri dengan Mudah

Membuat desain baju sendiri merupakan salah satu hal yang menantang, tetapi juga menguntungkan. Kamu perlu kreatif dalam menentukan dan membuat desain baju. Namun, keuntungan yang kamu miliki adalah dapat mempunyai keunikan dan identitas produk sendiri. Berikut ini 5 cara memulai bisnis baju desain sendiri:

1. Melakukan Survey Pasar dan Survey Kompetitor

Cara pertama dalam memulai bisnis baju adalah melakukan survey pasar dan survey kompetitor. Survei pasar diperlukan untuk mengetahui jenis baju apa yang paling diminati oleh target pasar. Sedangkan survey kompetitor diperlukan untuk mengetahui harga pasar serta produk paling banyak laku di pasar kompetitor.

Untuk melakukan survei pasar, berikut ini adalah beberapa hal yang dapat kamu lakukan:

  • Menentukan target pasar. Kamu dapat menentukan target pasar mu sesuai dengan jenis kelamin, batasan usia, hingga minat dan ketertarikan jenis baju.
  • Selanjutnya, kamu dapat melakukan wawancara langsung pada orang-orang yang termasuk target pasar yang telah kamu tetapkan.
  • Survei online merupakan salah satu cara survei yang cukup banyak digunakan pada era digital saat ini. Kamu dapat menggunakan survei online dengan cara membuat pertanyaan melalui Google Form atau Typeform.
  • Survei juga dapat dilakukan dengan mengamati perilaku calon target pasar, baik melalui sosial media ataupun secara langsung dengan mendatangi toko-toko baju terdekat.

Sedangkan survey kompetitor dapat kamu lakukan dengan cara sebagai berikut:

  • Melakukan analisa performa toko kompetitor secara online melalui akun sosial media resmi milik kompetitor ataupun akun e-commerce resmi.
  • Melakukan wawancara kepada pelanggan yang pernah membeli produk baju milik kompetitor.
  • Menjadi secret buyer dengan cara membeli produk kompetitor secara langsung dan melakukan analisa terhadapnya

Data hasil analisa dan survei kompetitor serta survei pasar dapat kamu jadikan acuan untuk pengembangan produk baju menurut jenis dan modelnya. 

2. Meningkatkan Skill Menjahit

Skill menjahit merupakan salah satu skill penting yang perlu dikembangkan dalam mengembangkan bisnis baju desain sendiri. Hal ini karena kamu sebagai pemilik berkewajiban untuk memberikan sampel jadi kepada karyawan maupun kepada vendor, jika kamu tidak memproduksinya sendiri.

Beberapa skill menjahit yang perlu kamu kembangkan untuk cara memulai bisnis baju desain sendiri, antara lain:

  • Skill menjahit manual dengan tangan. Kamu memerlukan skill menjahit dengan tangan, karena dalam membuat baju, terdapat pernak pernik khusus yang tidak bisa dijahit menggunakan mesin.
  • Skill menjahit menggunakan mesin. Kamu memerlukan skill menjahit dengan mesin untuk mengoptimalkan proses pembuatan produk baju agar lebih cepat dengan hasil yang tetap rapi.
  • Skill menggambar menggunakan software. Skill ini sangat diperlukan pada zaman serba digitalisasi saat ini. Kebanyakan client hingga vendor akan meminta gambaran desain baju secara digital. 
  • Ketelitian dan keuletan. Kamu tidak bisa mempelajari skill yang satu ini secara teoritis. Kamu membutuhkan jam terbang yang tinggi sebagai desainer dan penjahit untuk menguasai skill ini.

Berbagai skill di atas dapat kamu pelajari secara online melalui kanal Youtube yang sudah banyak menyediakan video tutorial menjahit, ataupun dapat kamu pelajari langsung secara offline dengan mengikuti pelatihan berbayar. 

3. Memilih Bahan yang Sesuai

Memilih bahan pakaian yang sesuai adalah hal menantang yang banyak terjadi ketika memulai bisnis fashion dengan brand sendiri. Kamu perlu menyesuaikan jenis kain dan kualitas kain sesuai dengan permintaan pasar atau klien. Namun, hal ini bukan berarti kamu harus memilih kain dengan kualitas yang tinggi.

Berikut ini adalah beberapa jenis kain yang sering dijadikan sebagai bahan pakaian beserta contohnya:

  • Kain baby kanvas merupakan kain yang bertekstur kasar. Jenis kain ini adalah bahan dasar baju jenis kemeja
  • Kain denim merupakan kain yang terbuat dari serat yang sangat kuat. Jenis kain ini adalah bahan dasar untuk jenis pakaian jeans
  • Kain drill merupakan perpaduan kain serat tetoron dan polyester. Jenis kain ini adalah bahan kain untuk jenis baju kaku, seperti baju pabrik dan topi pabrik.
  • Selanjutnya, kain satin merupakan kain mengkilap berbahan lembut. Seringkali dijadikan untuk bahan dress ataupun dipadukan dengan kebaya.
  • Kain brokat merupakan kain yang telah dibentuk pola tertentu, umumnya berlubang dan berjaring, banyak digunakan untuk dress dan kebaya.
  • Kain katun merupakan kain yang lembut dan nyaman digunakan di kulit. Jenis kain ini adalah bahan dasar dari baju jenis kemeja atau baju jenis blouse.

Baca Juga: 7 Tips Memulai Usaha Sablon Kaos yang Menjanjikan

4. Bekerja Sama dengan Konveksi atau Garment

Dalam cara memulai bisnis baju desain sendiri, kamu dapat memiliki banyak opsi untuk memproduksi baju. Opsi pertama adalah memasarkan baju handmade dengan sistem pre-order, opsi kedua adalah membuat baju secara masal menggunakan mesin sendiri, dan opsi ketiga adalah bekerja sama dengan pabrik konveksi.

Pebisnis banyak menjalankan opsi ketiga. Hal ini karena dengan bekerja sama melalui konveksi, kamu tidak perlu bingung mengadakan mesin produksi hingga melakukan monitoring produksi. Semuanya akan terselesaikan jika kamu bekerjasama dengan konveksi.

Konsep bekerja sama dengan konveksi adalah kamu melakukan pemesanan sejumlah produk baju yang desainnya telah kamu tentukan. Umumnya, konveksi menyediakan paket percobaan pada klien sebelum memproduksinya secara masal. Hal ini akan sangat menguntungkan bagi perkembangan bisnis mu.

5. Memasarkan Produk dengan Baik

Apabila kamu telah memiliki produk dan mempelajari cara menjahit dengan baik, maka tugas kamu selanjutnya adalah melakukan pemasaran produk dengan baik. Kamu dapat memasarkannya secara offline maupun secara online mengikuti perkembangan zaman saat ini.

Berikut ini adalah beberapa cara memasarkan produk secara online saat memulai bisnis baju desain sendiri

  • Menggunakan media sosial seperti Instagram dan Tiktok.
  • Menggunakan platform e–commerce seperti Shopee, Tokopedia, Tiktok shop, dan Lazada.
  • Melakukan endorsement menggunakan influencer atau selebgram terkenal. 
  • Melakukan promosi berbayar menggunakan layanan iklan dari Instagram. Shopee, maupun Tiktok.

Sedangkan untuk pemasaran produk baju secara offline, berikut ini adalah beberapa caranya:

  • Memasarkan produk baju dengan mengikuti event, seperti fashion runaway, thrifting event, dan sebagainya.
  • Memasarkan baju di keramaian spontan, seperti pasar minggu, car free day, dan sebagainya.
  • Membuka offline store pada lokasi strategis.
  • Memasang banner dan menyebarkan brosur produk di keramaian, sehingga menarik minat pembeli.

Baca Juga: 7 Strategi Pemasaran Produk Beserta Contohnya yang Wajib Kamu Coba

Yuk, Segera Kembangkan Bisnis Baju dengan Desain Sendiri!

Berikut tadi adalah beberapa tips dan cara untuk memulai bisnis baju dengan desain sendiri. Memulai sebuah bisnis memang adalah suatu hal yang sangat menantang di era saat ini. Kamu tentu harus mempelajari banyak hal sebelum turun ke lapangan. Oleh karena itu, terus semangat dalam menjalankan bisnis, ya!

Kalkulator Simulasi Pinjaman
Ketahui maksimum pinjaman dan cicilan per bulan
+62
Estimasi jumlah maksimum pinjaman

Rp

Estimasi cicilan bulanan
  • Tenor 6 bulan: Rp
  • Tenor 12 bulan: Rp
  • Tenor 24 bulan: Rp

Install aplikasi KoinWorks dan mulai ajukan pinjaman di KoinBisnis!

Ajukan Pinjaman Sekarang

Cek SKOR Kredit

Klik Gambar Dibawah!

Artikel Terpopuler

usaha bengkel mobil

Tertarik Usaha Bengkel Mobil? Ini Estimasi Modal dan Tips Suksesnya

0
Indonesia merupakan salah satu negara yang dikenal dengan tingginya jumlah pengguna mobil. Hal ini pun terlihat dari padatnya ruas jalan di kota-kota besar—yang dipenuhi oleh...
bisnis sambal kemasan

Alasan Untuk Segera Memulai Bisnis Sambal Kemasan

0
Alasan Untuk Segera Memulai Bisnis Sambal Kemasan - Sambal masih menjadi primadona yang identik dengan kebanyakan santapan khas Indonesia. Rasanya yang pedas dan lezat menambah...
usaha-barbershop

Tips Sukses Memulai Usaha Barbershop

0
Tips Sukses Memulai Usaha Barbershop - Ingin memulai bisnis barbershop namun bingung mulai dari mana? Usaha barbershop (pangkas rambut) memang berkembang cukup pesat terutama...
cara memilih supplier usaha kuliner

7 Tips Mencari Supplier yang Tepat Untuk Usaha Kuliner Kamu

0
Peluang usaha kuliner semakin bersinar di tahun 2021. Meski di tengah pandemi corona, usaha kuliner tidak terlalu terkena dampak ekonomi yang menurun. Sebaliknya, justru semakin banyak keuntungan bisnis yang...
Peluang Usaha Franchise Teh Tong Tji

Tips Sukses Peluang Usaha Franchise Teh Tong Tji

0
Peluang Usaha Franchise Teh Tong Tji - Gerai aneka minuman manis yang disajikan dingin selalu menarik minat masyarakat terutama di hari yang terik. Mulai dari bisnis...

Artikel Terkait