Tips Jitu Membuat Katalog Online, Mempermudah Audiens!

Kesibukan yang padat membuat masyarakat mulai lebih mengandalkan belanja online. Apalagi sekarang banyak online shop yang menyediakan katalog online sehingga bisa bebas melihat-lihat koleksi sebelum membeli. Kamu yang memiliki online shop perlu tahu cara membuat katalog online untuk meningkatkan penjualan.

Tidak sekedar memudahkan calon pembeli untuk melihat produk yang kamu jual, namun katalog online juga bisa meningkatkan traffic website yang kamu miliki. Oleh sebab itu, kamu juga wajib tahu cara membuat katalog produk online yang menarik sehingga menyedot perhatian pengunjung.

Sudah tidak sabar, kan ingin tahu bagaimana cara membuatnya? Boleh ikuti tips-tips yang ada di artikel kali ini.

Tips dan Cara Membuat Katalog Online

Kamu bisa menerapkan beberapa tips-tips berikut untuk membuat katalog produk yang menarik:

1. Perhatikan Tampilan Visualnya

Mengingat audiens tidak bisa melihat fisik produk secara langsung, maka kamu wajib membuat tampilan visual katalog yang menarik. Gunakan foto produk yang dapat memanjakan mata dan kelihatan jelas.

Agar mendapatkan foto yang estetik, tentu kamu perlu menggunakan kamera dengan resolusi tinggi. Selain itu, siapkan background foto yang mendukung sehingga memberikan kesan profesional.

Kamu juga bisa menggunakan properti tambahan saat mengambil foto produk. Misal produk masker perawatan wajah dengan kandungan ekstrak tomat, maka kamu bisa menambahkan tomat segar sebagai pendukung. Meskipun properti bisa mendukung tampilan visual lebih menarik, namun jangan terlalu ramai juga. 

Kamu juga bisa menggunakan objek manusia sehingga membuat tampilan lebih nyata. Contoh produk yang cocok dikolaborasikan dengan model manusia yaitu pakaian, kacamata, skincare, kosmetik, dan sebagainya.

2. Menentukan Target

Saat melakukan cara membuat katalog online, kamu harus mengetahui sasaran target dari produk-produk yang kamu pasarkan. Jika kamu masih bingung dalam menentukan target, maka kamu bisa melakukan riset terlebih dahulu. Nah, hasil riset tersebut nantinya akan memudahkanmu dalam membuat ceruk pasar.

Bahan pertimbangan saat menentukan ceruk pasar yaitu jenis kelamin, profesi, usia, hobi, dll. Hal-hal itulah yang juga akan mempengaruhi minat dan daya beli target sasaran. 

Jika kamu sudah bisa menentukan target yang tepat, tentu akan lebih mudah dalam membuat tampilan katalog yang sesuai. 

Misalkan kamu menawarkan koleksi fashion untuk remaja dan anak muda, maka tampilan cover menggunakan foto dan bahasa yang kekinian. Selain itu, gunakan bahasa yang santai saat membuat deskripsi.

3. Menyertakan Informasi Lengkap

Mengingat ketika belanja online para calon pembeli tidak bisa menilai langsung produk tersebut, maka kamu wajib untuk menyertakan informasi produk secara detail. Apabila kamu memajang produk skincare, informasi yang harus kamu tuliskan yaitu komposisi yang digunakan, tanggal kadaluarsa, lolos BPOM, dll.

Selain itu, kamu juga perlu untuk menyertakan foto brand secara jelas, perusahaan yang memproduksi skincare tersebut, hingga kontak dan layanan customer service. Informasi detail ini akan membuat calon pembeli merasa lebih aman sehingga tidak ragu membelinya.

4. Memilih Desain yang Mendukung

Saat mempraktikkan cara membuat katalog online, kamu juga harus memperhatikan desain yang akan kamu gunakan. Jangan asal pilih karena bisa memengaruhi tampilan katalognya. 

Sebaiknya, pilih desain yang sederhana sehingga mampu menghadirkan kesan elegan. Selain itu, desain sederhana juga akan membuat produk terlihat lebih menonjol.

Alasan lain mengapa desain sederhana banyak direkomendasikan yaitu karena tidak berat sehingga lebih cepat dan mudah saat membukanya. Gunakan tampilan katalog user friendly supaya audiens lebih mudah memahaminya.

5. Gunakan Software Khusus Katalog

Kamu bisa melakukan cara membuat katalog online gratis dengan menggunakan software khusus katalog digital. Jika menggunakan cara ini, kamu tidak akan pusing memikirkan cara membuat katalog yang menarik. 

Software ini tentu akan membuat proses pengerjaan katalog lebih mudah dan tidak memakan waktu sangat lama.

Saat ingin menggunakan software katalog digital, kamu harus download aplikasinya terlebih dahulu. Selanjutnya, install dan ikuti semua petunjuk yang diberikan. Kamu perlu menyiapkan file-file untuk katalog dalam bentuk PDF. File PDF akan membuat software lebih mudah untuk memprosesnya.

6. Jangka Waktu

Tahukah kamu jika katalog online memiliki jangka waktu pemakaian? Nah, jika kamu mengetahui hal ini dari awal, sebaiknya gunakan katalog yang memiliki jangka waktu lama. 

Kenapa begitu? Ketika proses membuat katalog online, kamu akan menghabiskan banyak waktu seperti mengunggah foto, mengisi deskripsi, dll. Selain itu, proses ini juga memerlukan tenaga dan biaya yang cukup banyak. Nah, supaya lebih hemat dan efisien, maka penting untuk mempertimbangkan jangka waktu tersebut.

7. Mencari Banyak Referensi

Agar kamu mendapatkan banyak gambaran ide menarik tentang katalog yang akan kamu buat, maka perbanyaklah referensi. Kamu bisa melihat-lihat katalog milik orang lain, sehingga bisa mengkolaborasikannya dengan ide yang kamu miliki.

Jangan menjadikan referensi untuk membuat tampilan yang sama persis, melainkan kamu harus mampu menonjolkan keunikan katalogmu sendiri. Referensi katalog online juga bisa kamu dapatkan dari aplikasi untuk smartphone. Nah, kamu bisa mengasah dan menuangkan kreatifitas dalam membuat desain.

8. Mempromosikan Katalog

Jika kamu sudah mengikuti tips dan cara membuat katalog online yang disebutkan di atas, maka sekarang saatnya untuk mempromosikannya. Kamu bisa menggunakan media e-mail atau landing page yang mengarahkan audiens ke halaman katalog.

Landing page ini penting karena saat audiens mengklik tautan pada halaman, maka akan langsung memuat informasi produk-produk tersebut. Supaya pengunjung yang tertarik dan ingin membeli produk bisa memprosesnya dengan mudah, sertakan tombol CTA (call to action).

Penting juga untuk membuat tombol CTA yang jelas agar pengunjung bisa menemukannya dengan mudah. Agar promosi katalog lebih maksimal, kamu juga bisa memanfaatkan media sosial untuk mempromosikannya.

Manfaat Pembuatan Katalog Online

Memangnya harus ya memahami cara membuat katalog online? Sebenarnya tidak harus juga sih, tapi ada banyak manfaat menarik jika kamu memiliki katalog produk sendiri. Nah, biar kamu lebih tertarik, coba simak sederet manfaat berikut ini:

1. Memberikan Akses yang Lebih Mudah

Keberadaan katalog online akan membuat proses belanja menjadi lebih mudah dan praktis. Bagi kamu yang sibuk dengan urusan kerja, tentu akan sulit menyempatkan waktu untuk memilih belanjaan secara langsung.

Nah, dengan adanya katalog online ini akan memungkinkan calon pembeli melihat-lihat barang akan dibeli pada sela-sela waktu luang. Selain itu, siapa pun bisa mengakses halaman katalog tanpa terhalang ruang dan waktu.

2. Menjangkau Pasar Lebih Luas

Mengingat siapa pun, kapanpun ,dan di manapun bisa mengakses katalog, maka hal ini tentu menjadi manfaat yang menguntungkan untuk usahamu. Kamu bisa menjangkau target lebih luas bahkan di tempat yang paling jauh sekalipun. Semakin luas jangkauan, tentu akan semakin meningkatkan peluang penjualan. 

3. Proses Adaptasi dengan Konsumen Lebih Mudah

Membuat katalog online juga memberikan manfaat seperti lebih mudah mengenali perilaku calon pembeli. Dengan begitu, kamu pun bisa melakukan adaptasi katalog sehingga mampu menyentuh pangsa pasar.

Proses adaptasi ini bisa dilakukan karena umumnya software pembuat katalog akan terhubung dengan software analytics. Kamu bisa memantau jumlah pengunjung berdasarkan usia, jenis kelamin, pekerjaan, pendidikan, dll. 

4. Up To Date

Manfaat keempat menggunakan katalog online yaitu bisa lebih up-to-date. Kamu bisa mengunggah foto produk-produk terbaru tanpa harus menunggu lama. Kondisi ini tentu berbeda jika menggunakan katalog fisik karena kamu harus mencetaknya lebih dulu. Selain itu, penerbitan katalog fisik juga menunggu cukup lama.

Jika kamu rajin mengunggah foto-foto produk baru, tentu akan semakin menarik animo calon pembeli. Setiap ada produk baru, mereka pasti penasaran dan ingin mencobanya. Nah, kamu bisa mengambil peluang ini jika ingin mempraktikkan cara membuat katalog online.

5. Marketing dan Branding yang Efektif

Hampir semua masyarakat sekarang sudah melek internet dan teknologi. Mereka yang sedang selancar di dunia maya, memiliki potensi besar untuk menemukan promosi katalog online. Menariknya hanya dengan sekali klik, tautan akan mengarahkan pada landing page katalog. 

Hal ini tentu akan menjadi sarana marketing yang lebih praktis dan efisien. Katalog online juga bisa digunakan untuk branding perusahaan dan produk-produk yang ditawarkan. Apabila semakin banyak yang mengunjungi halamannya, maka akan semakin meningkat pula branding perusahaan dan produk tersebut.

Tertarik Mencoba Cara Membuat Katalog Online?

Kamu yang mulai tertarik tapi masih mikir-mikir dengan budget, jangan khawatir. Ada banyak cara membuat katalog online gratis sehingga dapat membantu menarik perhatian pengunjung dan mendongkrak penjualan. 

Katalog online tidak hanya membuat produk terlihat professional, namun juga mempunyai banyak manfaat seperti yang telah kamu baca pada penjelasan di atas.


Temukan inspirasi seputar tips bisnis hanya di lokalsupportlokal.id

Mimpinya kembangkan bisnis di pasar global
Kenyataannya masih kurang modal


Eits .. Jangan sedih!
KoinBisnis bisa kasih kamu pinjaman modal sampai dengan Rp. 2 Miliar

Simulasikan pinjamanmu sekarang!
Kalkulator Simulasi Pinjaman
Ketahui maksimum pinjaman dan cicilan per bulan
+62
Estimasi jumlah maksimum pinjaman

Rp

Estimasi cicilan bulanan
  • Tenor 6 bulan: Rp
  • Tenor 12 bulan: Rp
  • Tenor 24 bulan: Rp

Install aplikasi KoinWorks dan mulai ajukan pinjaman di KoinBisnis!

Ajukan Pinjaman Sekarang

Cek SKOR Kredit

Klik Gambar Dibawah!

Artikel Terpopuler

usaha-barbershop

Tips Sukses Memulai Usaha Barbershop

Tips Sukses Memulai Usaha Barbershop - Ingin memulai bisnis barbershop namun bingung mulai dari mana? Usaha barbershop (pangkas rambut) memang berkembang cukup pesat terutama...
Simply Fresh Laundry

Simple, Ini Cara Raih Untung dengan Bisnis Waralaba Simply Fresh Laundry!

Bagi kamu yang pernah tinggal di kawasan pemukiman dan daerah kampus di Yogyakarta, pasti sudah tidak asing dengan brand Simply Fresh Laundry. Berawal dari usaha...
usaha bengkel mobil

Tertarik Usaha Bengkel Mobil? Ini Estimasi Modal dan Tips Suksesnya

Indonesia merupakan salah satu negara yang dikenal dengan tingginya jumlah pengguna mobil. Hal ini pun terlihat dari padatnya ruas jalan di kota-kota besar—yang dipenuhi oleh...
cara memilih supplier usaha kuliner

7 Tips Mencari Supplier yang Tepat Untuk Usaha Kuliner Kamu

Peluang usaha kuliner semakin bersinar di tahun 2021. Meski di tengah pandemi corona, usaha kuliner tidak terlalu terkena dampak ekonomi yang menurun. Sebaliknya, justru semakin banyak keuntungan bisnis yang...
bisnis sambal kemasan

Alasan Untuk Segera Memulai Bisnis Sambal Kemasan

Alasan Untuk Segera Memulai Bisnis Sambal Kemasan - Sambal masih menjadi primadona yang identik dengan kebanyakan santapan khas Indonesia. Rasanya yang pedas dan lezat menambah...

Artikel Terkait