Cara Bisnis Token Listrik untuk Pemula, Sangat Mudah!

Saat ini, listrik menjadi kebutuhan primer bagi setiap orang. Tak dapat dipungkiri lagi bahwa hampir setiap manusia sudah sangat bergantung dengan adanya listrik ini. Hal ini merupakan peluang bagus di dunia bisnis. Kamu bisa mencoba cara bisnis token listrik untuk memanfaatkan peluang yang satu ini. 

Token listrik ini bisa kamu perjual belikan dengan mengambil keuntungan dari setiap transaksi yang terjadi. Melihat penggunaan listrik dengan sistem token mulai banyak pada saat ini, kamu tidak perlu ragu lagi untuk mulai berjualan token listrik. 

Untuk itu, langsung saja, berikut cara untuk memulai bisnis yang satu ini!


Cara Bisnis Token Listrik Untuk Pemula

Apa saja yang harus kamu lakukan untuk memulai bisnis token listrik ini? Diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Mencari Agen

Cara bisnis token listrik yang pertama adalah sudah pasti mencari agen. Kamu bisa menghubungi agen penjual token listrik untuk menanyakan prosedur pendaftaran sebagai reseller mereka.

Namun, perlu kamu ketahui bahwa kamu bisa juga menggunakan fitur pada e-wallet atau e-commerce untuk memulai bisnis yang satu ini. Meskipun ini lebih mudah, tapi biasanya harga yang ditawarkan akan sedikit lebih mahal.

2. Mengisi Saldo

Cara bisnis token listrik yang selanjutnya adalah mengisi saldo. Setelah menemukan agen yang tepat dan sudah menyelesaikan proses pendaftaran, sekarang saatnya mengisi saldo. Dalam hal ini, ada beberapa agen yang memberikan batasan minimal deposito atau minimal pengisian saldo yang harus kamu lakukan. 

Namun, ada juga agen yang tidak memberlakukan hal semacam ini. Jadi, kamu bisa bebas mengisi saldo berapapun sesuai kondisi modal yang kamu miliki. Hal ini tentunya akan sangat cocok untuk pemula yang ingin memulai bisnis token listrik ini.

Biasanya, kamu bisa mengisi saldo dengan melakukan pembayaran melalui transfer antar bank. Namun, ada juga beberapa agen yang menyediakan pembayaran melalui e-wallet. 

Kemudian apabila kamu mengenal agen tersebut secara langsung, kamu juga bisa mengisi saldo dengan uang cash secara langsung. Kamu hanya perlu mengunjungi tempat agen tersebut dan langsung memberikan uang sebesar saldo yang ingin kamu tambahkan pada akun reseller milik kamu.

3. Menentukan Harga dan Mulai Berjualan

Setelah saldo sudah berhasil masuk, cara bisnis token listrik yang berikutnya adalah menentukan harga dan mulai berjualan. Untuk menentukan harga, kamu bisa melihat daftar harga setiap transaksi yang ditawarkan oleh agen. Biasanya agen akan memberikan daftar harga tersebut kepada reseller mereka.

Nah, dari situlah kamu bisa memperkirakan harga jual yang akan kamu berikan untuk setiap transaksi. Setelah mendapatkan harga yang pas, kamu bisa membuat daftar harga untuk bisnis kamu ini. Kemudian kamu bisa menyebarkannya baik melalui media sosial maupun secara langsung.

Setelah orang-orang sudah mulai mengetahui bisnis milik kamu dan juga harga yang kamu tawarkan, kamu bisa langsung mulai berjualan. Orang-orang akan mulai berdatangan ke tempatmu untuk membeli token listrik. Layanilah mereka sebaik mungkin agar mereka bisa menjadi pelanggan tetap pada bisnis milik kamu ini.

Selain itu, untuk memulai sebuah bisnis, tentunya kamu perlu yang namanya modal. Nah, lalu, seberapa banyak modal yang dibutuhkan untuk memulai bisnis yang satu ini? Berikut pembahasannya!


Modal Bisnis Token Listrik

Berbicara mengenai modal yang dibutuhkan, pastinya kamu berpikiran bahwa sebuah usaha haruslah membutuhkan modal yang cukup besar. Bisnis token listrik sendiri merupakan sebuah bisnis yang mampu kamu jalankan meskipun modal yang kamu miliki sangat terbatas. 

Cara bisnis token listrik ini memerlukan modal yang bervariatif. Kamu hanya perlu menyesuaikan jumlah saldo yang ingin kamu isikan agar bisa melakukan transaksi pengisian token listrik. 

Pengisian saldo ini memiliki besaran minimal yang berbeda-beda tergantung agen yang kamu jadikan mitra kerja sama. Biasanya, minimal nominal pengisian saldo adalah 50 ribu. Namun, mengingat orang-orang biasanya membeli token listrik dengan nominal yang besar, kamu bisa mengisi saldo dengan nominal lebih besar. 

Misalnya sebesar 300 ribu atau 400 ribu. Dengan memiliki saldo sebanyak itu, kamu bisa melayani lebih dari satu transaksi tanpa harus mengisi ulang lagi saldo milikmu. Semakin banyak transaksi yang kamu layani, tentunya akan semakin besar juga keuntungan yang bisa kamu dapatkan. 

Selain itu, kamu juga memerlukan modal untuk pendaftaran awal menjadi reseller. Meskipun begitu, kamu tidak perlu terlalu menghiraukan biaya yang satu ini. Karena saat ini sudah banyak agen token listrik yang membuka pendaftaran reseller secara gratis tanpa ada pungutan biaya sedikitpun. 

Perkiraan Keuntungan Bisnis Token Listrik

Setelah mengetahui modal yang kamu butuhkan, kamu juga perlu mengetahui perkiraan keuntungan yang akan kamu dapatkan nantinya. Cara bisnis token listrik ini terbukti mampu memberikan keuntungan yang cukup banyak. 

Kamu bisa mendapatkan keuntungan dari setiap transaksi yang kamu lakukan. Dalam setiap transaksi, maka akan ada selisih harga antara harga dari agen dengan harga jual yang kamu tetapkan. Nah, selisih harga inilah yang akan menjadi keuntungan mu. 

Misalnya agen memberikan harga sebesar 51 ribu untuk transaksi token listrik sebesar 50 ribu. Kemudian kamu bisa menjualnya dengan harga sekitar 53 ribu kepada pembeli. Dari satu transaksi ini, kamu akan mendapatkan keuntungan sebesar 2 ribu rupiah. 

Bayangkan saja dalam satu hari ada sekitar 10 transaksi. Maka, dalam satu bulan, kamu bisa melayani kurang lebih sekitar 300 transaksi. Apabila satu transaksi mampu memberikan keuntungan sebesar 2 ribu, maka 300 transaksi akan memberikan keuntungan sekitar 600 ribu. 

Keuntungan ini sudah merupakan keuntungan bersih. Kamu bisa menikmati uang sebesar 600 ribu setiap bulannya hanya dengan melakukan cara bisnis token listrik ini. 

Apabila bisnis kamu ini semakin ramai, bukan tidak mungkin kamu bisa mendapatkan keuntungan bersih dengan jumlah 1 juta lebih setiap bulannya.


Tips Sukses Cara Bisnis Token Listrik

Selain mengetahui modal dan perkiraan keuntungannya, kamu perlu memperhatikan beberapa tips berikut ini. Tips ini sangat penting agar bisnis token listrik milik kamu bisa berjalan dengan lancar. Sehingga kamu bisa memperoleh keuntungan sebanyak-banyaknya dan bisnis milik kamu juga terus mengalami pertumbuhan.

Tips tersebut di antaranya adalah sebagai berikut :

1. Mengeluarkan Modal Secukupnya

Tips cara bisnis token listrik yang pertama adalah mengeluarkan modal secukupnya. Jangan terlalu berlebihan tapi jangan juga terlalu sedikit. 

Ketika kamu mengeluarkan modal secara berlebihan, maka bisa saja kondisi keuangan kamu bisa saja memburuk nantinya. Hal ini terjadi karena saldo yang tidak kunjung habis dan bisa kembali menjadi uang untuk kamu putar lagi.

Kemudian kamu juga jangan sampai mengeluarkan modal terlalu sedikit. Dengan modal yang terlalu sedikit, maka kamu perlu mengisi saldo berulang kali. Takutnya, pelanggan membeli di tempat kamu pada saat saldo dalam keadaan kosong sehingga membuat pelanggan harus menunggu proses isi saldo.

Hal ini akan menurunkan kualitas pelayanan yang kamu berikan. 

2. Mengambil Keuntungan Sewajarnya

Tujuan utama dari cara bisnis token listrik ini adalah untuk mendapatkan keuntungan sebanyak mungkin. Meskipun begitu, kamu harus memperhatikan keuntungan yang akan kamu ambil. Jangan sampai kamu terlalu banyak mengambil keuntungan dari setiap transaksi.

Misalnya untuk pembelian token listrik 50 ribu. Apabila harga dari agen adalah sebesar 51 ribu, maka kamu bisa mengambil keuntungan sebesar 2 ribu. Sehingga kamu bisa menjual ke pelanggan dengan harga sekitar 53 ribu.

Kemudian di agen yang sama, ada penjual lain yang mengambil keuntungan lebih tinggi, misalnya 4 ribu. Karena mengambil keuntungan 4 ribu, maka harga jual ke pelanggan menjadi 55 ribu.

Dalam hal ini, dengan keuntungan sewajarnya, kamu menjual token listrik seharga 53 ribu. Sedangkan penjual lain menjual dengan harga 55 ribu. Meskipun hanya selisih 2 ribu, pelanggan akan lebih memilih untuk membeli di tempat yang lebih murah. 

Inilah kenapa penting untuk kamu dalam mengambil keuntungan sewajarnya dari bisnis token listrik ini.

3. Melakukan Pembukuan

Kemudian kamu juga harus memastikan bahwa kamu sudah melakukan pembukuan dalam cara bisnis token listrik yang kamu jalankan. Pembukuan menjadi hal yang sangat penting dalam bisnis yang satu ini. Hal ini karena kamu akan menjalankan bisnis dengan jumlah keuntungan yang kamu dapatkan secara sedikit demi sedikit.

Keuntungan sebesar 2 ribu akan terlihat sangat kecil apabila kamu tidak melakukan pembukuan. Dengan melakukan pembukuan, maka kamu bisa melihat transaksi apa saja yang sudah kamu lakukan dalam satu hari atau bahkan dalam satu bulan. 

Kamu bisa melihat total keuntungan yang kamu dapatkan dari setiap 2 ribu yang terkumpul.

Selain itu, pembukuan juga bisa membuat kamu mengetahui apakah bisnis kamu berkembang dengan baik atau tidak. Apabila jumlah transaksi yang kamu lakukan di bulan ini lebih banyak dari bulan sebelumnya, maka bisnis milik kamu telah bertumbuh.

Begitu juga sebaliknya. Apabila ternyata jumlah transaksi semakin menurun dari bulan ke bulan, maka ini bukan merupakan hal yang baik. Kamu harus segera melakukan evaluasi agar penurunan tidak terus terjadi kedepannya.

4. Menanggapi Komplain Dengan Baik

Setiap bisnis atau usaha yang berhubungan langsung dengan masyarakat, pasti tidak akan bisa lepas dari yang namanya komplain. Begitu juga dalam cara bisnis token listrik ini. Pasti ada saja masyarakat yang merasa kurang puas dengan pelayanan yang kamu berikan.

Nah, komplain semacam ini harus kamu anggap sebagai suatu hal yang membangun bisnis milik kamu untuk lebih berkembang ke depannya. Inilah kenapa kamu harus menanggapi komplain dengan sebaik mungkin.

Terimalah komplain dari masyarakat dengan senang hati. Kemudian lakukan evaluasi terkait komplain tersebut. Setelah itu, buatlah perubahan apabila diperlukan. Inilah yang akan membuat bisnis milik kamu berkembang ke arah yang lebih baik dan tentunya akan meningkatkan kualitas pelayanan yang kamu berikan.


Mulailah Bisnis Token Listrik Sekarang Juga!

Setelah mengetahui caranya yang sangat mudah, sekarang kamu siap untuk menjalankan bisnis yang satu ini. Dalam menjalankannya, jangan lupa untuk tetap memperhatikan tips yang sudah ada pada pembahasan di atas. 

Dengan begitu, bisnis token listrik milik kamu bisa terus berkembang dan menghasilkan keuntungan sebanyak-banyaknya!


Belum memutuskan mau usaha apa? Kamu bisa temukan inspirasi dan tips bisnis lainnya melalui situs #LokalSupportLokal, wadah berbagi dukungan untuk para pebisnis pemula.

Baca juga:

Mimpinya kembangkan bisnis di pasar global
Kenyataannya masih kurang modal


Eits .. Jangan sedih!
KoinBisnis bisa kasih kamu pinjaman modal sampai dengan Rp. 2 Miliar

Simulasikan pinjamanmu sekarang!
Kalkulator Simulasi Pinjaman
Ketahui maksimum pinjaman dan cicilan per bulan
+62
Estimasi jumlah maksimum pinjaman

Rp

Estimasi cicilan bulanan
  • Tenor 6 bulan: Rp
  • Tenor 12 bulan: Rp
  • Tenor 24 bulan: Rp

Install aplikasi KoinWorks dan mulai ajukan pinjaman di KoinBisnis!

Ajukan Pinjaman Sekarang

Cek SKOR Kredit

Klik Gambar Dibawah!

Artikel Terpopuler

usaha-barbershop

Tips Sukses Memulai Usaha Barbershop

Tips Sukses Memulai Usaha Barbershop - Ingin memulai bisnis barbershop namun bingung mulai dari mana? Usaha barbershop (pangkas rambut) memang berkembang cukup pesat terutama...
Simply Fresh Laundry

Simple, Ini Cara Raih Untung dengan Bisnis Waralaba Simply Fresh Laundry!

Bagi kamu yang pernah tinggal di kawasan pemukiman dan daerah kampus di Yogyakarta, pasti sudah tidak asing dengan brand Simply Fresh Laundry. Berawal dari usaha...
usaha bengkel mobil

Tertarik Usaha Bengkel Mobil? Ini Estimasi Modal dan Tips Suksesnya

Indonesia merupakan salah satu negara yang dikenal dengan tingginya jumlah pengguna mobil. Hal ini pun terlihat dari padatnya ruas jalan di kota-kota besar—yang dipenuhi oleh...
bisnis sambal kemasan

Alasan Untuk Segera Memulai Bisnis Sambal Kemasan

Alasan Untuk Segera Memulai Bisnis Sambal Kemasan - Sambal masih menjadi primadona yang identik dengan kebanyakan santapan khas Indonesia. Rasanya yang pedas dan lezat menambah...
cara memilih supplier usaha kuliner

7 Tips Mencari Supplier yang Tepat Untuk Usaha Kuliner Kamu

Peluang usaha kuliner semakin bersinar di tahun 2021. Meski di tengah pandemi corona, usaha kuliner tidak terlalu terkena dampak ekonomi yang menurun. Sebaliknya, justru semakin banyak keuntungan bisnis yang...

Artikel Terkait