Cara Bisnis Pulsa Mudah untuk Pemula, Pasti Berhasil!

Apakah kamu adalah salah satu orang yang ingin memiliki bisnis sendiri sebagai resolusi tahun ini? Jika iya, mungkin kamu menginginkan bisnis yang mudah dijalankan dan tidak memerlukan modal besar untuk memulainya. Bisnis pulsa dan kuota bisa menjadi salah satu pilihan untuk kamu tekuni, kamu hanya perlu memahami bagaimana cara bisnis pulsa dan kuota saja. 

Di masa sekarang, pulsa dan kuota sepertinya merupakan kebutuhan pokok bagi hampir semua orang. Hal ini tentu berkaitan dengan tingginya jumlah pengguna smartphone dan internet, jumlah ini bahkan masih terus meningkat setiap harinya. 

Semua orang bisa menekuni bisnis yang satu ini, tidak terbatas latar belakang pendidikan ataupun usia. Bagaimana cara bisnis pulsa dan kuota untuk pemula? Mari kita simak informasi lengkapnya.


Cara Bisnis Pulsa untuk Pemula

Saat ini, penggunaan internet sudah merambah seluruh aspek kehidupan. Terutama sejak datangnya pandemi yang mengharuskan semua orang untuk beraktivitas secara daring. Perkembangan teknologi ini tentunya mendorong lebih banyak orang untuk menggunakan internet secara aktif. 

Untuk mengakses internet, kamu tentu butuh pulsa dan kuota. Karena itulah, kedua hal ini menjadi kebutuhan dasar bagi masyarakat sekarang. Tentunya, bisa kamu jadikan peluang bisnis yang menjanjikan juga, lho. 

Bisnis konter pulsa adalah bisnis yang tidak sulit untuk pemula. Alasannya, karena untuk menjalankan bisnis ini kamu tidak perlu melakukan riset selera pasar, dan lain sebagainya karena produkmu adalah kebutuhan hampir semua orang. 

Bisnis ini juga bisa bertahan lama dan tidak akan redup dalam waktu dekat. Berikut adalah beberapa cara yang bisa kamu lakukan jika ingin memulai bisnis yang satu ini. 

1. Memilih Distributor Terpercaya

Sebagai pemilik bisnis, mencari distributor yang tepat merupakan hal terpenting. Kualitas distributor tentunya menentukan bisnismu akan sukses atau tidak. Ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan ketika memilih distributor. 

Misalnya, harga yang mereka tawarkan, jenis-jenis produk yang tersedia, serta minimal deposit kepada mereka. Semakin lengkap produk yang tersedia di distributor tentunya semakin baik. 

Hal ini membuatmu bisa menawarkan banyak produk kepada calon pelanggan, yang tentunya bisa membuat kualitas layananmu meningkat karena lengkapnya produk tersebut

2. Menentukan Harga Jual yang Tepat

Cara bisnis pulsa yang kedua adalah dengan menentukan harga jual yang tepat. Margin yang kamu tetapkan bisa disesuaikan lagi dengan harga yang kamu dapatkan dari distributormu. Selain itu, jangan lupa cari tahu berapa harga yang berlaku di kompetitor. 

Jika baru memulai bisnis, sebaiknya jangan menetapkan harga yang terlalu tinggi. Hal ini tentunya membuatmu sulit mendapatkan pelanggan nantinya. Namun, harga yang terlalu murah juga membuatmu tidak meyakinkan dan sulit mendapat keuntungan. Karena itu, perbanyaklah riset untuk menetapkan harga yang tepat. 

3. Berikan Pelayanan Maksimal

Cara bisnis pulsa yang ketiga adalah dengan mengutamakan kualitas pelayanan bagi pelanggan. Tak jarang kesuksesan dari sebuah bisnis adalah karena penjual selalu memberikan pelayanan yang terbaik dan membuat pelanggan senang berbelanja di tempat kita. 

Jika ada yang bertanya soal produk, jawablah dengan ramah dan jelaskan dengan bahasa yang mudah untuk dipahami. Selain itu, mengirim pulsa dengan cepat juga merupakan nilai plus di mata pelanggan. 

Sebagai pemilik bisnis, kamu harus cekatan dalam melayani customer dan prioritaskan kepuasan mereka terhadap layanan yang kamu berikan. 

4. Jangan Menerima Pembelian dengan Cara Hutang

Jika ingin memulai, cara bisnis pulsa yang satu ini harus kamu perhatikan dengan baik. Usaha pulsa dan kuota biasanya hanya mengambil keuntungan kecil dari tiap pembelian. Karena itu, kamu pasti menginginkan modal yang kamu tanamkan berputar dengan cepat agar bisnismu bisa terus berjalan dengan lancar. 

Karena alasan inilah, sebaiknya kamu tidak memperbolehkan seorang pelanggan membeli produkmu dengan cara berhutang. Hutang-hutang ini nantinya akan membuat perputaran modal lebih lambat, dan tentunya juga menyulitkanmu ketika ingin deposit pulsa lagi kepada distributor. 

Tak jarang, pembelian dengan berhutang ini bisa menjadi kebiasaan yang lama-lama justru merugikan bisnismu. Jadi hati-hati, ya. Kamu perlu menegaskan bahwa “Tidak Menerima Bon” agar pelangganmu tidak kebiasaan berhutang.


Modal yang Dibutuhkan untuk Bisnis Pulsa

Memulai bisnis pulsa sebetulnya tidak butuh modal besar. Uang yang kamu investasikan bahkan nyaris nol rupiah jika kamu menggunakan smartphone milik pribadi. Namun, jika kamu ingin memisahkan HP untuk berbisnis dan kebutuhan personal, maka kamu bisa menginvestasikan modal untuk membeli ponsel lagi. 

Smartphone yang kamu gunakan pun tidak harus mahal. Kamu bisa menggunakan smartphone bekas dan membeli yang harganya sesuai dengan kemampuanmu. Yang terpenting adalah, ponsel tersebut bisa berkirim SMS dan berfungsi dengan baik untuk melakukan transaksi ke server atau distributor. 

Kami menyarankanmu untuk menggunakan smartphone android. Alasannya, karena perintah untuk transaksi saat ini kebanyakan dikirim lewat internet. Baik via website, atau aplikasi chat seperti Telegram dan WhatsApp. 

Sebagian orang mungkin juga perlu menginvestasikan modal untuk menyewa kios di tempat yang strategis. Namun, jika kamu adalah pebisnis pemula yang ingin memulai dengan modal kecil, kamu bisa menjalankan usaha ini dari rumah dan memasarkannya dari mulut ke mulut pada orang terdekat. 

Mungkin bisa mulai menawarkan kepada keluarga, saudara, teman-teman, hingga tetangga. Nantinya, mereka akan mempromosikan bisnismu dari mulut ke mulut pada kenalan mereka. Ini adalah teknik marketing yang sangat murah dan cocok untuk bisnis kecil seperti ini. 

Cara bisnis pulsa biasanya mengharuskanmu untuk mendaftar ke agen atau distributor terlebih dahulu. Setelah itu,kamu harus mendepositkan modal untuk produk yang ingin kamu jual. 

Sebagai awalan, pilihlah produk yang bisa kamu jual dengan modal kecil misalnya 500 ribu rupiah. Bahkan, untuk meringankan modal saat ini banyak agen yang menggratiskan biaya pendaftaran bagi agen pulsa dan kuota yang baru bergabung. Sangat menguntungkan, bukan?

Berdasarkan penjelasan di atas, biaya yang harus kamu keluarkan jika ingin berbisnis pulsa dan kuota kira-kira sebagai berikut:

  1. Deposit pulsa dan kuota ke distributor: Rp 500.000,-
  2. Membeli HP bekas: Rp 750.000,-
  3. Pulsa dan paket data untuk HP: Rp 100.000,-

Perkiraan Keuntungan Bisnis Pulsa

Dalam berbisnis pulsa, tentunya kamu tidak bisa mematok harga yang terlalu mahal. Karena itu, kebanyakan pebisnis pulsa hanya mengambil margin keuntungan yang kecil dari tiap transaksi. Mari kita asumsikan kamu mendapat keuntungan Rp 1.500,- untuk setiap transaksi. 

Sebagai pengingat, jumlah keuntunganmu dalam bisnis ini tidak tergantung dari seberapa besar jumlah pendapatan, tapi berapa banyak transaksi yang terjadi. Misalnya, dengan modal yang kamu miliki, kamu hanya menjual pulsa dengan nominal Rp 50.000,- atau Rp 100.000,- saja. 

Hal ini tidak akan menguntungkan karena uang depositmu akan cukup hanya untuk 5-10 transaksi saja. Laba kotornya hanya sekitar Rp 7.500,- sampai Rp 15.000,- saja. 

Namun, jika kamu menjual pulsa dengan nominal Rp 5.000,- maka kamu bisa melayani sekitar 100 transaksi. Laba kotor yang kamu dapatkan bisa mencapai Rp 150.000,-. Sebagai strategi, kamu bisa membatasi penjualan pulsa dengan nominal maksimal 20.000 agar jumlah transaksi dan keuntunganmu lebih banyak. 

Bila kita asumsikan kamu mendapatkan 25 transaksi dalam sehari, maka keuntungan yang akan kamu dapatkan adalah sebagai berikut:

1.500 x 25 x 30 = Rp 1.125.000,-

Ini baru laba kotor saja. Untuk mengetahui laba bersih, maka harus kamu kurangi dengan pengeluaran paket data 

Rp 1.125.000, – Rp 100.000 = Rp 1.025.000,-


Tips Sukses Cara Bisnis Pulsa 

Setelah membahas modal dan perkiraan keuntungan, apakah kamu semakin tertarik ingin mencoba peluang bisnis ini? Simak tips-tips yang bisa kamu lakukan agar jadi pebisnis pulsa dan kuota yang sukses!

1. Manfaatkan Penjualan Online

Perkembangan internet membuat bisnis pulsa lebih mudah untuk kamu lakukan. Kamu bisa memanfaatkan internet dan berjualan secara online. Bahkan, pebisnis yang memperluas usaha mereka ke ranah online biasanya lebih sukses, lho

2. Sediakan Beberapa Metode Pembayaran

Saat ini pembayaran secara tunai sudah mulai berkurang penggunanya. Perkembangan industri fintech perlahan-lahan mengubah cara masyarakat bertransaksi dalam keseharian. Karena itu, mengikuti teknologi dan menyediakan beberapa alternatif metode pembayaran merupakan cara bisnis pulsa dan kuota yang bisa kamu lakukan. 

Banyaknya alternatif metode pembayaran tentunya memberikan konsumenmu kemudahan. Hal ini bisa saja membuat mereka semakin puas berbelanja di tempatmu

3. Manajemen Keuangan yang Baik

Seorang pebisnis sukses tentunya harus memiliki pembukuan yang baik. Ini penting untuk mencatat progres bisnismu sehingga kamu bisa memantau apa saja transaksi yang terjadi secara harian, mingguan, atau bulanan. 

Dengan manajemen keuangan yang baik, kamu bisa melihat berapa besar keuntungan dan kerugian selama menjalankan bisnis pulsa dan kuota ini. Sebaiknya, pisahkan juga keuangan pribadi dengan bisnis agar bisa kamu kelola dengan baik. 

4. Memberikan Diskon

Salah satu cara bisnis pulsa dan kuota yang bisa kamu terapkan adalah memberikan promo atau diskon untuk pelanggan setia. Karena mereka sudah sering berbelanja, tidak ada salahnya memberi pelayanan khusus demi kepuasan mereka. 

Jika pelanggan puas, nantinya mereka bisa jadi mempromosikan bisnismu secara spontan dari mulut ke mulut, lho. Hal ini tentunya akan membawa keuntungan bagimu juga. Promosi dari mulut ke mulut seperti ini biasanya lebih dipercaya dan bisa membantumu mengembangkan bisnis dengan media promosi yang gratis. 

5. Menggunakan Beberapa Server Pulsa

Tips cara bisnis pulsa dan kuota yang terakhir adalah dengan memanfaatkan beberapa server pulsa. Hal ini bisa jadi antisipasi jika salah satu server atau distributor sedang mengalami kendala dalam melayani transaksimu. 

Dengan menggunakan beberapa server sekaligus, kamu tidak perlu khawatir bisnismu akan terhambat hanya karena ada satu server yang bermasalah. Kamu bisa menggunakan server lain yang masih berjalan lancar. Hal ini tentunya akan meminimalisir masalah dan komplain dari pelanggan juga.


Kesimpulan

Demikianlah penjelasan tentang cara bisnis pulsa dan kuota yang mudah untuk kamu ikuti. Peluang bisnis yang satu ini diperkirakan akan terus berkembang sehingga kamu tidak perlu takut bisnismu akan surut dalam beberapa bulan lagi. Pulsa dan kuota sudah menjadi kebutuhan pokok bagi setiap pemilik smartphone. 

Beberapa hal yang perlu kamu lakukan jika ingin menekuni bisnis ini adalah memastikan produkmu lengkap, memberikan pelayanan maksimal bagi para pelanggan, serta konsisten dan sabar dalam menjalankan bisnismu. Karena modalnya kecil dan dalam bisnis jumlah pelanggan biasanya tidak menentu, setiap pelaku bisnis pulsa dan kuota akan memiliki jangka waktu balik modal yang berbeda-beda. 

Beberapa orang mungkin bisa balik modal hanya dalam 1 bulan usaha, sementara orang lain bisa saja harus menjalani 3 bulan dulu untuk mendapat hasil yang sama. Namun, tetaplah bekerja keras agar bisnismu semakin berkembang. Semoga artikel ini bermanfaat buat kamu yang ingin menekuni bisnis pulsa dan kuota!


Belum memutuskan mau usaha apa? Kamu bisa temukan inspirasi dan tips bisnis lainnya melalui situs #LokalSupportLokal, wadah berbagi dukungan untuk para pebisnis pemula.

Baca juga:

Mimpinya kembangkan bisnis di pasar global
Kenyataannya masih kurang modal


Eits .. Jangan sedih!
KoinBisnis bisa kasih kamu pinjaman modal sampai dengan Rp. 2 Miliar

Simulasikan pinjamanmu sekarang!
Kalkulator Simulasi Pinjaman
Ketahui maksimum pinjaman dan cicilan per bulan
+62
Estimasi jumlah maksimum pinjaman

Rp

Estimasi cicilan bulanan
  • Tenor 6 bulan: Rp
  • Tenor 12 bulan: Rp
  • Tenor 24 bulan: Rp

Install aplikasi KoinWorks dan mulai ajukan pinjaman di KoinBisnis!

Ajukan Pinjaman Sekarang

Cek SKOR Kredit

Klik Gambar Dibawah!

Artikel Terpopuler

usaha-barbershop

Tips Sukses Memulai Usaha Barbershop

Tips Sukses Memulai Usaha Barbershop - Ingin memulai bisnis barbershop namun bingung mulai dari mana? Usaha barbershop (pangkas rambut) memang berkembang cukup pesat terutama...
Simply Fresh Laundry

Simple, Ini Cara Raih Untung dengan Bisnis Waralaba Simply Fresh Laundry!

Bagi kamu yang pernah tinggal di kawasan pemukiman dan daerah kampus di Yogyakarta, pasti sudah tidak asing dengan brand Simply Fresh Laundry. Berawal dari usaha...
usaha bengkel mobil

Tertarik Usaha Bengkel Mobil? Ini Estimasi Modal dan Tips Suksesnya

Indonesia merupakan salah satu negara yang dikenal dengan tingginya jumlah pengguna mobil. Hal ini pun terlihat dari padatnya ruas jalan di kota-kota besar—yang dipenuhi oleh...
cara memilih supplier usaha kuliner

7 Tips Mencari Supplier yang Tepat Untuk Usaha Kuliner Kamu

Peluang usaha kuliner semakin bersinar di tahun 2021. Meski di tengah pandemi corona, usaha kuliner tidak terlalu terkena dampak ekonomi yang menurun. Sebaliknya, justru semakin banyak keuntungan bisnis yang...
bisnis sambal kemasan

Alasan Untuk Segera Memulai Bisnis Sambal Kemasan

Alasan Untuk Segera Memulai Bisnis Sambal Kemasan - Sambal masih menjadi primadona yang identik dengan kebanyakan santapan khas Indonesia. Rasanya yang pedas dan lezat menambah...

Artikel Terkait