Ketahui Cara Bayar Kartu Kredit Mandiri Super Cepat dan Gampang

Apakah Anda telah mengetahui bagaimana tata cara bayar kartu kredit Mandiri? Tentunya saat melakukan pengajuan kredit pertama kali pihak bank telah memberikan informasi mengenai pembayaran kartu kredit bagi para nasabah. Namun, pada saat tertentu tidak sedikit dari para nasabah yang lupa terhadap arahan dari pihak bank mengenai cara pembayaran kredit tersebut.

Lalu, bagaimana Anda bisa mengetahui cara bayar kartu kredit Mandiri saat waktu pembayaran telah tiba? Artikel ini akan menjelaskan mengenai tata cara pembayaran kartu kredit mandiri baik itu melalui aplikasi, ATM, bank, e-commerce, maupun minimarket. Dengan begitu Anda tidak perlu khawatir akan adanya keterlambatan pembayaran yang membuat Anda harus menanggung denda.


Cara Bayar Kartu Kredit Mandiri Menggunakan Aplikasi

Saat Anda memiliki banyak kesibukan dengan pekerjaan atau hal lain. Sedangkan waktu pembayaran kartu kredit telah tiba maka Anda bisa melakukan pembayaran tersebut dengan mudah dan cepat melalui aplikasi Mandiri secara online. Namun pastinya Anda harus mengunduh terlebih dahulu aplikasi Mandiri online dan menghubungkannya dengan akun Bank Mandiri yang Anda miliki.

Setelah aplikasi terinstal dan siap digunakan maka Anda bisa memasukkan user ID dan password dari akun Bank Mandiri yang Anda miliki. Lalu pilih menu Pembayaran pada layar utama aplikasi. Lanjutkan dengan mengklik Buat Pembayaran Baru dan Kartu Kredit. Setelah itu masukkan nomor rekening kartu kredit Mandiri yang Anda miliki dan tentukan nominal uang yang akan Anda bayarkan.

Hingga tahap akhir, masukkan nomor PIN dari mobile banking yang Anda miliki dan proses pembayaran kartu kredit pun selesai. Dengan ini Anda tidak perlu ke luar rumah atau beranjak dari tempat Anda berada. Sehingga penggunaan aplikasi sebagai alat untuk pembayaran kartu kredit memiliki fleksibilitas yang tinggi.


Cara Bayar Kartu Kredit Mandiri di ATM

Anda bisa melakukan pembayaran kredit Mandiri melalui Anjungan Tunai Mandiri (ATM). Dengan ini Anda tidak perlu menunggu antrian di teller bank yang membutuhkan waktu cukup panjang. Anda hanya perlu datang ke ATM Mandiri terdekat di daerah tempat tinggal Anda. Namun, Anda juga bisa melakukan pembayaran melalui ATM dari bank lain.

1. Cara bayar kartu kredit Mandiri melalui ATM Bank Internal

Anda bisa melakukan pembayaran kredit Mandiri melalui ATM bank dengan cara masukkan kartu ATM seperti biasanya lalu input pin kartu ATM yang Anda miliki. Setelah itu, Anda bisa memilih menu Bayar/Beli dan tekan tombol yang mengarahkan pada Pembayaran Kartu Kredit.

Kemudian Anda bisa memasukkan 16 digit dari nomor kartu kredit yang Anda miliki dan jangan lupa lakukan pemeriksaan ulang sebelum menekan tombol Benar. Kemudian pada layar akan ditampilkan nama Anda, nominal tagihan, dan jumlah minimal pembayaran kartu kredit. Dalam hal ini Anda bisa memasukkan nominal pembayaran yang Anda inginkan.

Dengan syarat nominal tersebut harus memenuhi jumlah pembayaran minimal yang tertera. Lalu, lakukan pengecekan ulang terkait dengan jumlah uang yang akan dibayarkan dan klik Benar. Tunggu beberapa saat maka akan muncul nama dan jumlah tagihan yang Anda bayarkan.

Ketika data sudah sesuai maka Anda bisa menekan tombol Ya. Selanjutnya Anda hanya perlu menunggu bukti pembayaran yang akan keluar dari mesin ATM yang menunjukkan proses pembayaran telah selesai dan berhasil.

2. Cara bayar kartu kredit Mandiri melalui ATM bank non Mandiri

Ketika ATM Bank Mandiri berada jauh dengan tempat tinggal Anda maka alternatif yang bisa Anda lakukan adalah melakukan pembayaran kredit melalui ATM bank lain seperti BNI, BRI, BCA, atau bank yang lain. Anda bisa melakukan pembayaran dengan langkah awal yang sama seperti menggunakan ATM Bank Mandiri.

Setelah Anda memasukkan PIN maka pilihlah menu Transaksi Lainnya kemudian pilih Transfer. Lalu klik tombol Transfer ke rekening bank lain dan masukkan kode Bank Mandiri yaitu 008. Kemudian masukkan nominal tagihan yang akan dibayarkan dan lakukan pengisian nomor rekening kartu kredit Mandiri lalu tekan tombol Benar.

Lanjutkan proses pembayaran dengan mengkonfirmasi data yang muncul pada layar dan pastikan seluruh data sudah benar. Klik tombol Benar dan tunggu beberapa saat untuk memperoleh bukti pembayaran.


Cara Bayar Kartu Kredit Mandiri di Bank

Anda juga bisa melakukan pembayaran kartu kredit langsung melalui Bank Mandiri. Anda hanya perlu menyerahkan buku tabungan kepada teller bank. Kemudian lakukan konfirmasi nominal uang yang akan Anda bayarkan kepada pihak teller bank. Setelah itu, tunggu beberapa saat hingga teller bank menyelesaikan proses pembayaran tagihan kartu kredit dan memberikan bukti pembayaran.


Cara Bayar Kartu Kredit Mandiri melalui Minimarket

Anda juga bisa melakukan pembayaran kartu kredit Mandiri melalui minimarket seperti Alfamart dan Indomaret. Anda hanya perlu memberikan kartu kredit Mandiri kepada kasir. Lalu, masukkan PIN dari nomor kartu kredit yang Anda miliki serta tentukan nominal tagihan yang akan dibayarkan. Setelah itu, bukti pembayaran akan segera keluar dan proses pembayaran kartu kredit selesai.


Cara Bayar Kartu Kredit Mandiri melalui E-commerce

Alternatif lain yang bisa Anda gunakan untuk membayar tagihan kredit Mandiri yakni melalui e-commerce. Dengan ini Anda tidak perlu repot untuk datang ke bank atau ATM. Cukup lakukan pembayaran di rumah secara online dengan cepat dan mudah. Terdapat beberapa e-commerce yang bisa Anda gunakan. Berikut panduannya untuk Anda.

1. Pembayaran melalui Shopee

Ketika Anda memilih Shopee sebagai media pembayaran kartu kredit maka Anda bisa log in ke akun Shopee yang Anda miliki. Lalu klik Pulsa pada bagian menu utama, lalu klik Tagihan dan Hiburan, setelah itu klik Kartu Kredit. Langkah selanjutnya Anda perlu memasukkan nomor kartu kredit dan nominal tagihan lalu pilih akun Bank Mandiri.

Lanjutkan proses pembayaran dengan mengklik Lanjut dan cek kembali rincian data yang telah Anda masukkan. Pilih Cara atau Metode Pembayaran dan klik Bayar Sekarang. Setelah itu, akan muncul konfirmasi pembayaran kartu kredit pada bagian pesanan pada bagian pojok kanan atas.

2. Pembayaran melalui Tokopedia

Pembayaran kartu kredit Mandiri melalui Tokopedia bisa Anda lakukan via website atau aplikasi. Namun, akan lebih mudah jika Anda melakukan pembayaran tersebut melalui aplikasi Tokopedia karena bisa mengontrol status pembayaran dengan mudah dan cepat.

Langkah awal yang perlu Anda lakukan saat melakukan pembayaran kredit melalui Tokopedia adalah memilih menu Top up dan Tagihan. Setelah itu klik menu Tagihan Kartu Kredit dan masukkan nomor rekening kartu kredit Mandiri yang kamu miliki lalu klik Bayar. Langkah selanjutnya Anda akan mengetahui jumlah tagihan yang belum terbayar dan tentukan nominal tagihan yang akan Anda bayarkan.

Setelah itu, klik lanjut dan pilih metode pembayaran yang akan Anda gunakan. Lakukan pembayaran sesuai dengan petunjuk yang tertera pada aplikasi dan tunggu proses verifikasi selama 3 x 24 jam. Setelah proses pembayaran tagihan kartu kredit selesai maka akan ada notifikasi melalui aplikasi dan email yang Anda daftarkan pada aplikasi Tokopedia. Sedangkan untuk bukti pembayaran berupa soft file bisa Anda akses melalui email tersebut.

3. Pembayaran melalui Bukalapak

Anda bisa melakukan pembayaran kartu kredit melalui Bukalapak dengan cara klik Kartu Kredit atau Lainnya lalu pilih menu Pascabayar dan klik Kartu Kredit. Setelah itu pilih akun Bank Mandiri dan masukkan nomor rekening kartu kredit yang Anda miliki. Selanjutnya masukkan nominal tagihan yang akan Anda bayarkan dan lakukan pengecekan terhadap data informasi yang tampil pada layar smartphone.

Jika semua data telah benar maka klik Bayar dan pilih metode pembayaran yang Anda inginkan. Setelah itu lakukan pembayaran seperti pada petunjuk dan proses pembayaran tagihan kartu kredit pun selesai.

Proses pembayaran melalui e-commerce ini dapat Anda lakukan dengan mudah dengan memilih metode pembayaran menggunakan akun bank, minimarket, bahkan e-commerce tersebut. Apabila Anda memilih metode pembayaran melalui bank dan minimarket maka tata cara pembayaran kartu kredit sama seperti pembayaran melalui bank dan minimarket. Hal ini nantinya akan mengurangi daya fleksibilitas bagi Anda saat melakukan pembayaran.

Supaya hal tersebut tidak terjadi maka saat tahap pemilihan metode pembayaran Anda bisa memilih menggunakan e-commerce tersebut untuk melunasi tagihan kartu kredit. Namun tentunya Anda perlu melakukan top up terlebih dahulu pada akun e-commerce yang Anda miliki sehingga terdapat saldo yang cukup. Sehingga sesuai dengan nominal tagihan yang akan Anda bayarkan.


Cara Bayar Kartu Kredit Mandiri melalui e-wallet

E-wallet memiliki banyak peranan dalam transaksi secara online bagi sebagian orang. Bahkan e-wallet seperti DANA, Link Aja, dan OVO bisa menjadi alternatif bagi Anda untuk melakukan pembayaran kartu kredit Mandiri. Anda hanya perlu memiliki akun dari salah satu e-wallet tersebut dan memastikan terdapat saldo yang cukup pada akun e-wallet yang Anda miliki.

Kemudian Anda bisa melakukan pembayaran dengan cara klik transfer atau kirim uang pada halaman utama e-wallet. Kemudian pilih opsi akun Bank Mandiri dan masukkan nomor rekening kartu kredit yang Anda miliki. Setelah itu klik lanjut dan tuliskan nominal tagihan yang akan Anda bayarkan.

Lalu akan muncul secara detail data yang telah Anda masukkan termasuk nama Anda, nomor rekening kartu kredit Mandiri, dan nominal tagihan yang akan Anda bayarkan. Jika semua data yang tertera benar maka Anda bisa klik Bayar dan menunggu beberapa saat hingga menampilkan bukti pembayaran kartu kredit secara otomatis. Anda bisa mencetak bukti pembayaran tersebut dengan mengunduhnya terlebih dahulu dengan mudah dan cepat.

Pada dasarnya sistem pembayaran melalui e-wallet ini hampir sama dengan proses pembayaran kartu kredit melalui aplikasi online Bank Mandiri. Namun, terdapat perbedaan jika Anda menggunakan e-wallet untuk pembayaran kartu kredit maka terdapat biaya admin yang harus Anda bayarkan.


Kesimpulan

Banyaknya pilihan metode pembayaran kredit Mandiri menjadikan Anda lebih mudah untuk melunasi tagihan setiap bulannya. Anda bisa memilih salah satu cara bayar kartu kredit Mandiri yang paling mudah dan fleksibel bagi Anda. Dengan demikian, tagihan kartu kredit akan terlunasi tepat waktu dan tidak mengganggu aktivitas Anda sehari-hari.


Belum memutuskan mau usaha apa? Kamu bisa temukan inspirasi dan tips bisnis lainnya melalui situs #LokalSupportLokal, wadah berbagi dukungan untuk para pebisnis pemula.

Baca juga:

Mimpinya kembangkan bisnis di pasar global
Kenyataannya masih kurang modal


Eits .. Jangan sedih!
KoinBisnis bisa kasih kamu pinjaman modal sampai dengan Rp. 2 Miliar

Simulasikan pinjamanmu sekarang!
Kalkulator Simulasi Pinjaman
Ketahui maksimum pinjaman dan cicilan per bulan
+62
Estimasi jumlah maksimum pinjaman

Rp

Estimasi cicilan bulanan
  • Tenor 6 bulan: Rp
  • Tenor 12 bulan: Rp
  • Tenor 24 bulan: Rp

Install aplikasi KoinWorks dan mulai ajukan pinjaman di KoinBisnis!

Ajukan Pinjaman Sekarang

Cek SKOR Kredit

Klik Gambar Dibawah!

Artikel Terpopuler

usaha-barbershop

Tips Sukses Memulai Usaha Barbershop

Tips Sukses Memulai Usaha Barbershop - Ingin memulai bisnis barbershop namun bingung mulai dari mana? Usaha barbershop (pangkas rambut) memang berkembang cukup pesat terutama...
Simply Fresh Laundry

Simple, Ini Cara Raih Untung dengan Bisnis Waralaba Simply Fresh Laundry!

Bagi kamu yang pernah tinggal di kawasan pemukiman dan daerah kampus di Yogyakarta, pasti sudah tidak asing dengan brand Simply Fresh Laundry. Berawal dari usaha...
usaha bengkel mobil

Tertarik Usaha Bengkel Mobil? Ini Estimasi Modal dan Tips Suksesnya

Indonesia merupakan salah satu negara yang dikenal dengan tingginya jumlah pengguna mobil. Hal ini pun terlihat dari padatnya ruas jalan di kota-kota besar—yang dipenuhi oleh...
bisnis sambal kemasan

Alasan Untuk Segera Memulai Bisnis Sambal Kemasan

Alasan Untuk Segera Memulai Bisnis Sambal Kemasan - Sambal masih menjadi primadona yang identik dengan kebanyakan santapan khas Indonesia. Rasanya yang pedas dan lezat menambah...
cara memilih supplier usaha kuliner

7 Tips Mencari Supplier yang Tepat Untuk Usaha Kuliner Kamu

Peluang usaha kuliner semakin bersinar di tahun 2021. Meski di tengah pandemi corona, usaha kuliner tidak terlalu terkena dampak ekonomi yang menurun. Sebaliknya, justru semakin banyak keuntungan bisnis yang...

Artikel Terkait