Cara Bayar Kartu Kredit BCA Anti Ribet dan Mudah

Bank Central Asia atau BCA merupakan salah satu bank terbesar di Indonesia dengan jumlah nasabah yang sangatlah banyak. Sebagai bank terbesar, BCA juga menghadirkan fasilitas kredit dengan cara bayar kartu kredit BCA yang sangatlah mudah.

Menggunakan kartu kredit sering menjadi pilihan banyak orang terutama dikota-kota besar seperti Jakarta. Hal tersebut karena dianggap lebih mudah, karena kamu bisa mendapatkan barang yang kamu inginkan dan kemudian untuk pembayarannya kamu bisa membayarnya dengan sistem kredit sesuai dengan kemampuan kamu.

Selain hal tersebut, banyak orang menggunakan kartu kredit BCA karena bisa mendapatkan banyak sekali bonus atau keuntungan ketika menggunakannya seperti potongan harga di suatu restoran, tiket nonton bioskop, sampai dengan tiket perjalanan wisata.


Cara Bayar Kartu Kredit BCA

Untuk kamu yang sudah atau ingin memiliki kartu kredit BCA, cara bayar kartu kredit BCA sangatlah mudah. Terdapat beberapa cara bayar kartu kredit BCA yang bisa kamu lakukan, dan cara-cara berikut ini tentunya sangatlah mudah.

Cara Bayar Kartu Kredit BCA Menggunakan Aplikasi

Cara bayar kartu kredit BCA yang pertama adalah dengan menggunakan aplikasi. BCA sendiri memiliki aplikasi yang mereka sediakan dan bisa kamu donwload, aplikasi tersebut bernama M Banking BCA.

Aplikasi tersebut merupakan aplikasi penting bagi kamu yang telah menjadi nasabah BCA. Melalui aplikasi tersebut, kamu dapat melakukan pengecekan saldo, transfer uang, melakukan berbagai macam pembayaran seperti listrik, paket internet, dan tentu saja kartu kredit. Berikut ini adalah cara bayar kartu kredit BCA melalui aplikasi M Banking BCA.

  1. Download aplikasi M Banking BCA
  2. Daftarkan kartu debit kamu terlebih dahulu
  3. Buat password yang akan kamu gunakan ketika ingin masuk kembali nantinya
  4. Buat kode PIN M Banking BCA
  5. Masuk ke dalam aplikasi
  6. Untuk pembayaran kartu kredit, kamu bisa memilih menu M-Payment
  7. Kemudian pilih menu kartu kredit
  8. Pilih bank BCA
  9. Masukan nomor kartu kredit kamu dan kamu juga bisa menyimpan nomor kartu kredit tersebut untuk bulan berikutnya dengan mengetuk button check list simpan nomor
  10. Masukan jumlah nominal pembayaran
  11. Gunakan kode PIN M Banking BCA kamu
  12. Setelahnya maka kamu telah berhasil membayar kartu kredit BCA kamu

Cara Bayar Kartu Kredit BCA Menggunakan Internet Banking

Cara bayar kartu kredit BCA yang kedua adalah bisa dengan menggunakan internet banking. Meskipun sudah tersedia aplikasi M Banking BCA yang dianggap praktis, internet banking bagi sebagian orang masih menjadi pilihan untuk melakukan aktivitas keuangan.

Untuk bisa menggunakan fasilitas internet banking, pertama-tama kamu harus mendaftarkan diri terlebih dahulu ke cabang bank BCA terdekat. Setelah mendaftarkan diri, maka kamu akan diberikan keyBCA yang akan sering kamu gunakan ketika menggunakan fasilitas yang satu ini. Cara bayar kartu kredit BCA menggunakan internet banking juga sangat mudah, dan berikut adalah caranya.

  1. Jika kamu sudah memiliki akun internet banking BCA, buka halaman klikbca.com
  2. Login ke dalam website dengan cara memasukan user dan juga password
  3. Pilih menu pembayaran kartu kredit
  4. Kemudian pilih kartu kredit BCA
  5. Masukan nomor kartu kredit BCA, setelahnya klik “lanjutkan”
  6. Setelahnya masukan nominal pembayaran kartu kredit yang kamu inginkan, lalu klik “lanjutkan”
  7. Aktifkan keyBCA kamu kemudian masukan kode pin dan setelahnya pilih APLY 1 
  8. Setelah itu akan muncul kode pada keyBCA kamu
  9. Masukan nomor dari keyBCA tersebut ke dalam kolom yang telah disediakan, kemudian pilih “kirim”
  10. Setelahnya transaksi pembayaran selesai maka akan muncul notifikasi “Transaksi Pembayaran Kartu Kredit Telah Selesai Diproses”

Cara Bayar Kartu Kredit BCA di ATM

Cara bayar kartu kredit BCA berikutnya adalah dengan menggunakan mesin ATM. Meskipun telah hadir aplikasi yang sangat membantu aktivitas keuangan kamu, namun tentunya kamu masih membutuhkan mesin ATM terutama untuk penarikan uang tunai.

Ketika kamu sedang menggunakan mesin ATM seperti untuk penarikan uang tunai, kamu juga bisa melakukan pembayaran kartu kredit melalui mesin ATM tersebut. Cara bayar kartu kredit BCA di ATM juga sangatlah mudah dan bisa kamu lakukan sendiri. Berikut ini adalah cara bayar kartu kredit BCA melalui di ATM.

  1. Masukan kartu debit BCA kamu
  2. Selanjutnya masukan kode pin untuk kartu debit BCA kamu
  3. Pilih menu “transaksi lainnya”
  4. Kemudian pilih menu “pembayaran”
  5. Pilih menu kartu kredit
  6. Masukan 16 digit nomor kartu kredit kamu
  7. Setelahnya akan muncul jumlah tagihan kamu pada layar mesin ATM
  8. Pastikan nomor kartu kredit dan nama sudah benar
  9. Kemudian pilih “benar”
  10. Setelahnya, masukan jumlah nominal pembayaran kartu kredit kamu
  11. Selesai, kamu telah melakukan pembayaran kartu kredit kamu

Cara Bayar Kartu Kredit BCA di Bank

Sebagai salah satu bank terbesar di Indonesia, BCA tentunya memiliki banyak sekali kantor cabang bank yang hadir di Indonesia. Kantor cabang ini juga bisa kamu kunjungi untuk melakukan pembayaran kartu kredit BCA kamu. 

Kantor-kantor cabang BCA ini bisa kamu sesuaikan dengan tempat tinggal kamu. Kamu bisa mengunjungi kantor cabang BCA terdekat untuk membayar tagihan kartu kredit BCA kamu. Berikut ini adalah cara bayar kartu kredit BCA di bank.

  1. Ketika kamu sampai di kantor cabang BCA, biasanya akan ada satpam atau orang yang akan menyambut kamu dan menanyakan tujuan kamu datang ke kantor cabang
  2. Sampaikan bahwa kamu ingin membayar kartu kredit BCA kamu
  3. Kamu akan diberikan nomor antrian
  4. Tunggu hingga giliran kamu sesuai dengan nomor antrian kamu
  5. Setelah nomor antrian kamu disebutkan, datangi customer service
  6. Sampaikan kepada customer bahwa kamu ingin membayar kartu kredit
  7. Customer services akan membantu kamu
  8. Bayar tagihan kartu kredit kamu
  9. Setelah membayar, maka tagihan kartu kredit kamu telah terbayarkan
  10. Kamu dapat kembali pulang ke rumah

Tips Menggunakan Kartu Kredit BCA

Setelah mengetahui cara bayar kartu kredit BCA, ada beberapa tips menggunakan kartu kredit BCA yang bisa kamu terapkan agar nantinya kamu tidak terlilit dengan hutang kartu kredit yang bisa saja menumpuk apabila kamu lalai dalam membayar kartu kredit kamu. Berikut ini adalah beberapa tips menggunakan kartu kredit BCA yang tepat

1. Pilih Produk Kartu Kredit yang Tepat

Tips menggunakan kartu kredit BCA yang pertama adalah tips yang sebenarnya harus kamu perhatikan ketika memilih akan menggunakan kartu kredit BCA yang seperti apa. BCA sebagai salah satu bank terbesar di Indonesia, memberikan nasabahnya berbagai jenis kartu kredit yang dapat kamu sesuaikan dengan kebutuhan kamu.

Berbagai pilihan kartu tersebut tersedia dengan menyesuaikan dengan batasan maksimal limit dari kartu tersebut. Masing-masing kartu tersebut memiliki limitasi kredit yang berbeda-beda. Selain limit, fasilitas, biaya dan juga bonus yang hadir dalam masing-masing kartu tersebut juga berbeda-beda.

Bijaklah dalam memilih limit kartu kredit kamu dan jangan hanya tertarik dengan limit yang tinggi dari sebuah kartu kredit. Sesuaikanlah limit kartu kredit BCA kamu dengan kemampuan kamu untuk membayar tagihan kartu kredit nantinya.

2. Membayar Tagihan Tepat Waktu

Tips menggunakan kartu kredit BCA yang kedua adalah membayar tagihan tepat waktu. Membayar tagihan tepat waktu sangat penting untuk kamu yang sudah menggunakan kartu kredit. Hal tersebut karena ketika kamu menggunakan kartu kredit, maka kamu sama saja seperti meminjam uang kepada bank yang harus kamu bayar atau kembalikan.

Jangan sampai kamu telat membayar tagihan kartu kredit kamu, hal tersebut karena jika kamu terlambat membayar, nantinya kamu bisa terkena denda yang apabila semakin lama bila ditumpuk bisa semakin membesar dan bisa nantinya sulit untuk kamu bayarkan.

Keterlambatan membayar tagihan kartu kredit bahkan dalam waktu yang cukup lama, bisa saja membuat kamu menerima panggilan dari penagih hutang atau debt collector. Selain itu, keterlambatan membayar kartu kredit juga bisa mempengaruhi status kredibilitas pembayaran kamu menjadi buruk. Kredibilitas pembayaran ini sering menjadi acuan apabila seseorang ingin membeli aset seperti rumah.

3. Membayar Tagihan Secara Penuh

Tips menggunakan kartu kredit BCA yang selanjutnya adalah membayar tagihan secara penuh. Salah satu fasilitas yang dihadirkan kartu kredit termasuk kartu kredit BCA adalah adanya fasilitas untuk membayar dengan jumlah sekitar hanya 10% dari jumlah total tagihan secara keseluruhan.

Banyak orang yang memanfaatkan fasilitas ini dengan terus menerus hanya membayar 10% dari tagihannya saja atau bisa dikatakan hanya membayar minimal bayar saja karena beranggapan bahwa tagihannya akan selesai pada suatu hari nanti. Sebaiknya kamu jangan menggunakan cara tersebut ketika sudah memiliki tagihan kartu kredit.

Hal tersebut karena tanpa kamu sadari bahwa dengan membayar minimal bayar saja, sebenarnya bisa saja kamu hanya membayar biaya admin dan biaya-biaya lainnya yang sebenarnya tidak mengurangi jumlah tagihan kamu.

Jika kamu merasa memang sulit untuk langsung membayar secara penuh, maka kamu dapat menentukan sendiri berapa kali kamu akan melakukan pembayaran untuk sebuah barang yang sudah kamu beli. Hal tersebut jauh lebih efektif jika membandingkannya dengan hanya membayar dengan jumlah minimum saja.

4. Maksimalkan Satu Kartu Kredit

Tips menggunakan kartu kredit yang berikutnya adalah memaksimalkan satu kartu kredit saja. Setelah kamu mengetahui cara bayar kartu kredit BCA, menggunakan kartu kredit BCA, mungkin terlintas untuk menggunakan kartu kredit dari bank lainnya.

Memiliki kartu kredit lebih dari satu bank bukanlah hal yang dilarang di Indonesia dan bahkan banyak orang yang melakukan hal tersebut. Bahkan biasanya ketika kamu memiliki kartu kredit dan memiliki status kredit yang bagus, akan ada beberapa pihak bank lainnya yang akan menawarkan kamu kartu kredit mereka.

Namun ternyata cara tersebut sangatlah tidak tepat. Dengan memiliki berbagai kartu kredit, maka biaya tentunya juga akan menjadi bertambah untuk berbagai kartu tersebut. Akan jauh lebih baik untuk kamu memaksimalkan satu kartu saja, dan apabila kamu merasa kurang, maka kamu dapat meminta kenaikan limit pada bank yang kamu gunakan fasilitas kartu kreditnya.


Kartu Kredit Dapat Mempermudah Hidup Kamu

Itulah beberapa informasi mengenai kartu kredit BCA, yaitu tentang cara bayar kartu kredit BCA, dan juga beberapa tips menggunakan kartu kredit yang perlu kamu ketahui. Banyak orang yang merasa menggunakan kartu kredit adalah sebuah beban, namun sebenarnya kartu kredit dapat membantu kamu jika kamu menggunakannya dengan tepat. Dari beberapa cara bayar kartu kredit BCA tersebut, manakah yang menurutmu paling mudah?


Belum memutuskan mau usaha apa? Kamu bisa temukan inspirasi dan tips bisnis lainnya melalui situs #LokalSupportLokal, wadah berbagi dukungan untuk para pebisnis pemula.

Baca juga:

Mimpinya kembangkan bisnis di pasar global
Kenyataannya masih kurang modal


Eits .. Jangan sedih!
KoinBisnis bisa kasih kamu pinjaman modal sampai dengan Rp. 2 Miliar

Simulasikan pinjamanmu sekarang!
Kalkulator Simulasi Pinjaman
Ketahui maksimum pinjaman dan cicilan per bulan
+62
Estimasi jumlah maksimum pinjaman

Rp

Estimasi cicilan bulanan
  • Tenor 6 bulan: Rp
  • Tenor 12 bulan: Rp
  • Tenor 24 bulan: Rp

Install aplikasi KoinWorks dan mulai ajukan pinjaman di KoinBisnis!

Ajukan Pinjaman Sekarang

Cek SKOR Kredit

Klik Gambar Dibawah!

Artikel Terpopuler

usaha-barbershop

Tips Sukses Memulai Usaha Barbershop

Tips Sukses Memulai Usaha Barbershop - Ingin memulai bisnis barbershop namun bingung mulai dari mana? Usaha barbershop (pangkas rambut) memang berkembang cukup pesat terutama...
usaha bengkel mobil

Tertarik Usaha Bengkel Mobil? Ini Estimasi Modal dan Tips Suksesnya

Indonesia merupakan salah satu negara yang dikenal dengan tingginya jumlah pengguna mobil. Hal ini pun terlihat dari padatnya ruas jalan di kota-kota besar—yang dipenuhi oleh...
Simply Fresh Laundry

Simple, Ini Cara Raih Untung dengan Bisnis Waralaba Simply Fresh Laundry!

Bagi kamu yang pernah tinggal di kawasan pemukiman dan daerah kampus di Yogyakarta, pasti sudah tidak asing dengan brand Simply Fresh Laundry. Berawal dari usaha...
bisnis sambal kemasan

Alasan Untuk Segera Memulai Bisnis Sambal Kemasan

Alasan Untuk Segera Memulai Bisnis Sambal Kemasan - Sambal masih menjadi primadona yang identik dengan kebanyakan santapan khas Indonesia. Rasanya yang pedas dan lezat menambah...
cara memilih supplier usaha kuliner

7 Tips Mencari Supplier yang Tepat Untuk Usaha Kuliner Kamu

Peluang usaha kuliner semakin bersinar di tahun 2021. Meski di tengah pandemi corona, usaha kuliner tidak terlalu terkena dampak ekonomi yang menurun. Sebaliknya, justru semakin banyak keuntungan bisnis yang...

Artikel Terkait