Cari Modal Usaha? Yuk Cermati Bunga Pinjaman Bank Mandiri tahun 2021!

Cari Modal Usaha? Yuk Cermati Bunga Pinjaman Bank Mandiri tahun 2021! – Bingung mencari pinjaman modal usaha terbaik? Bagi kamu yang berniat merintis bisnis, urusan modal memang wajib jadi perhatian utama.

Terlebih di situasi pandemi yang belum usai, tentu segala pengeluaran uang harus dihitung matang-matang.

Ada berbagai cara mengajukan pinjaman modal usaha, baik itu melalui fintech, e-commerce, atau pemerintah yang bekerja sama dengan bank.

Salah satu bank yang kerap menjadi incaran masyarakat terkait pinjaman modal adalah Bank Mandiri.

Pandemi Covid-19 tak menyurutkan semangat Bank Mandiri untuk mendorong kemajuan UMKM dan bisnis rintisan.

Melanjutkan optimisme Bank Indonesia (BI) atas pertumbuhan ekonomi dan industri perbankan di tahun 2021, bank pelat merah ini akan menetapkan strategi dan target bisnis yang berfokus pada penyaluran kredit di sektor-sektor seperti telekomunikasi, jasa kesehatan, dan agrikultur yang kemungkinan pulih lebih cepat.


Dukungan Bank Mandiri untuk Pegiat UMKM

Umumnya, masyarakat yang mencari tahu berapa besaran suku bunga pinjaman Bank Mandiri adalah para pelaku UMKM.

Pasalnya, Bank Mandiri memang kerap menyampaikan dukungannya terhadap sektor usaha kecil dan menengah melalui program pelayanan KUR (Kredit Usaha Rakyat).

KUR adalah program pemerintah Indonesia yang bertujuan untuk membantu Usaha mikro kecil menengah atau (UMKM) dengan memberikan pinjaman modal secara mudah dan cepat.

Pengajuan KUR Mandiri dapat dilakukan dengan mudah bagi perorangan, pemilik usaha rumah tangga, nelayan, usaha perikanan, pertanian, dan sebagainya.

Adapun jumlah nominal pengajuan KUR Mandiri bisa mencapai Rp 500.000.000. Menarik, bukan?


Kuota KUR Mandiri 2021

Meski sempat terhambat karena pandemi Covid-19, di kuartal III tahun 2020 penyaluran kredit oleh Bank Mandiri kembali normal.

Bahkan tercatat Bank Mandiri mampu menyalurkan dana sekitar 24,76 triliun tahun lalu.

Di tahun 2021, Bank Mandiri kembali dipercaya untuk menyalurkan dana KUR sebesar Rp 31 triliun.

Dilansir dari laman resmi Bank Mandiri, ada 4 jenis kredit yang bisa kamu pilih, yakni; KUR Mikro, KUR Ritel, KUR Penempatan TKI, KUR Khusus.

Suku bunga pinjaman Bank Mandiri untuk KUR adalah 6% yang efektif per tahun.

Limit Kredit untuk KUR Mikro maksimal Rp 25 juta, KUR Kecil adalah Rp 25 juta s.d Rp 500 juta, KUR TKI maksimal Rp 25 juta, dan KUR Khusus sebesar > Rp 25 juta s.d Rp 500 juta

Simak tabel berikut untuk mengetahui besaran bunga pinjaman Bank Mandiri untuk KUR 2021:

bunga pinjaman bank mandiri

Selain bunga pinjaman Bank Mandiri sebesar 6% untuk KUR, kamu juga bisa mendapatkan keuntungan lain.

Misalnya, proses pengajuan KUR yang mudah dan cepat, agunan mendapatkan kredit berupa objek yang dibiayai, bebas agunan untuk KUR Mikro dan KUR TKI, serta tingkat suku bunga terbilang cukup efektif.

Tentunya sebelum pencairan dana akan dilakukan proses survey usaha. Pastikan nilai barang yang kamu jadikan agunan minimal 70% dan maksimal 100% dari nilai limit kredit.


Cara Mengajukan KUR Mandiri 2021

Setelah mengetahui suku bunga Bank Mandiri untuk KUR 2021, apakah kamu makin mantap untuk mencairkan dana?

  • Terlebih dahulu, kamu harus membuat Surat Keterangan Usaha yang didapatkan di kantor Balai Desa masing-masing daerah.
  • Siapkan pula jaminan yang akan digunakan untuk pengajuan KUR Mandiri. Jaminannya bisa BPKB motor, BPKB Mobil, dan sertifikat tanah.
  • Lalu, tunggu sampai pihak bank memeriksa kelengkapan dokumen persyaratan pengajuan KUR Bank Mandiri milikmu.
  • Setelah lolos survey dan pinjaman disetujui, maka dana bisa cair dalam waktu 1-2 Minggu saja lho.

Nah, setelah mengetahui alur pengajuan dan suku bunga pinjaman Bank Mandiri untuk KUR tersebut, kini saatnya kamu merancang anggaran bisnismu!


Selain meminjam dari Bank, ada banyak cara mengajukan pinjaman modal untuk raih keuntungan. Salah satunya dengan mengajukan pinjaman pada fintech, tentunya harus yang sudah terjamin kredibilitasnya ya.

Urusan modal usaha, kamu bisa percayakan pada KoinBisnis dari KoinWorks, perusahaan fintech yang resmi berizin dan diawasi langsung oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Ajukan pinjaman secara mudah hingga Rp 2 miliar dengan bunga mulai dari 0.75%  flat setiap bulannya.

Tunggu apa lagi? Ayo wujudkan bisnis impianmu di tahun 2021!


Belum memutuskan mau usaha apa? Kamu bisa temukan inspirasi  dan tips bisnis lainnya melalui situs #LokalSupportLokal, wadah berbagi dukungan untuk para pebisnis pemula.

Artikel Terpopuler

bunga pinjaman bank mandiri

Cari Modal Usaha? Yuk Cermati Bunga Pinjaman Bank Mandiri tahun 2021!

Cari Modal Usaha? Yuk Cermati Bunga Pinjaman Bank Mandiri tahun 2021! - Bingung mencari pinjaman modal usaha terbaik? Bagi kamu yang berniat merintis bisnis,...
alasan bisnis gagal

5 Ide Bisnis yang Bisa Berkembang di Era New Normal

5 Ide Bisnis yang Bisa Berkembang di Era New Normal - Saat ini, pasti kita sering mendengar sebuah istilah yang bernama ‘New Normal’. Baik...
bisnis saat new normal

Bisnis Saat New Normal, Ini 6 Hal yang Harus Diperhatikan

Bisnis Saat New Normal, Ini 6 Hal yang Harus Diperhatikan - Selamat datang di era new normal. Setelah pandemi berlangsung berbulan-bulan di Indonesia, inilah saat...
cara membuat buku kas harian

Bye Pembukuan Manual! Ini Cara Mencatat Buku Kas Harian Paling Praktis

Jika jeli mencari peluang bisnis, ada berbagai kesempatan dan potensi usaha yang menguntungkan bertebaran di sekitar kita.Apalagi kemajuan teknologi melalui aplikasi memudahkan para pelaku usaha untuk...
rekomendasi sneakers lokal wanita

4 Rekomendasi Sneakers Wanita Lokal dengan Desain Unik

4 Rekomendasi Sneakers Wanita Lokal dengan Desain Unik - Sepatu alas karet, atau sneakers, awalnya difungsikan sebagai sepatu olahraga sebelum beralih menjadi...

Artikel Menarik Lainnya

Artikel Terkait