Bisnis Warmindo Kekinian: Modal Kecil tapi Menguntungkan

Warung makan Indomie atau yang terkenal dengan nama warmindo merupakan salah satu bisnis yang sangat menguntungkan selama beberapa tahun terakhir. Apalagi sekarang ini banyak pelaku usaha yang membuka bisnis warmindo kekinian dengan konsep menyesuaikan selera anak mudah.

Meski namanya adalah warung makan Indomie, namun pebisnis warmino tidak hanya menyediakan menu Indomie dengan tampilan biasa saja, tetapi juga melakukan berbagai macam variasi untuk menghadirkan menu yang berbeda. Hal inilah yang membuat banyak orang tertarik untuk makan di warmindo.

Biasanya warmindo banyak ditemukan di daerah kampus dan mayoritas pedagangnya berasal dari Kuningan, Jawab Barat. Saat ini bisnis warmindo kekinian memang memiliki peluang yang cukup besar. Apalagi modal awal untuk memulainya juga relatif kecil.


Apa Itu Warmindo?

Warmindo adalah salah satu ide bisnis kuliner yang tidak pernah ada matinya. Menu Indomie yang tersedia memang menjadi favorit bagi banyak orang. Jadi, meski kebanyakan menunya adalah mie instan, tetapi tidak membuat bisnis ini terlihat membosankan.

Tidak dapat dipungkiri jika Indomie menjadi brand mie instan yang sering menjadi pilihan masyarakat Indonesia di akhir bulan. Nama warmindo sendiri berasal dari merk Indomie yang menjadi menu utama di warung makan tersebut. Namun, bukan berarti menu yang tersedia hanya Indomie saja, ya.

Seiring dengan perkembangannya, warmindo kini telah banyak menghadirkan inovasi menu lainnya yang juga menjadi favorit banyak orang, seperti roti bakar, nasi omelet, nasi sarden, dan lain sebagainya.

Lingkup target pasar dari bisnis warmindo kekinian juga cukup luas karena bisa berasal dari berbagai kalangan. Mulai dari anak-anak muda, mahasiswa, hingga orang kantoran. Jadi, tidak heran jika bisnis warmindo berhasil menarik perhatian para pelaku usaha.

Baca juga: 8 Ide Bisnis Makanan Ringan Khas Indonesia


Berapa Modal yang Dibutuhkan untuk Bisnis Warmindo?

Meskipun bisnis warmindo kekinian terlihat cukup sederhana, namun kamu perlu melakukan perhitungan modal dengan tepat agar bisnis berjalan dengan lancar. Secara umum, bisnis warmindo ini membutuhkan modal yang kecil, tetapi memiliki peluang keuntungan yang relatif besar.

Untuk kamu yang tertarik membuka bisnis warmindo kekinian dan masih bingung berapa besaran modal yang sekiranya dibutuhkan, simak rinciannya berikut ini, ya.

1. Modal Awal

Berikut adalah rincian modal awal yang kamu perlukan untuk membuka bisnis warmindo kekinian. Namun, perlu kamu ketahui bahwa kisaran harga di bawah ini akan berbeda, tergantung dari daerah dan tempat kamu membeli peralatan dan perlengkapan tersebut.

Pengeluaran Harga
Sewa lapak satu tahun Rp 30.000.000,-
Sendok dan garpu 50 unit Rp 80.000,-
Mangkok 50 unit Rp 700.000,-
Gas elpiji 12 kg 2 buah Rp 1.100.000,-
Meja dan kursi Rp 3.500.000,-
Gelas 50 buah Rp 500.000,-
Total Rp 35.880.000,-

Modal awal tersebut bisa lebih kecil jika kamu tidak perlu menyewa lapak serta membeli peralatan lain yang sudah kamu miliki sebelumnya.

2. Biaya Operasional

Selain modal awal, kamu juga perlu memperhitungkan biaya operasional selama menjalani bisnis warmindo kekinian agar terhindar dari kemungkinan mengalami kerugian. Selain itu, biaya operasional ini juga akan membantumu dalam menentukan harga jual yang sesuai. Berikut adalah rinciannya.

Pengeluaran Harga
Indomie 1 dus (40 bungkus) Rp 92.500,-
Sambal 3 kg Rp 50.000,-
Kopi instan 100 sachet Rp 60.000,-
Listrik Rp 300.000,-
Telur 50 butir Rp 70.000,-
Kornet Rp 17.000,-
Keju Rp 17.000,-
Sayuran Rp 50.000,-
Total Rp 656.500,-

Gambaran biaya operasional tersebut adalah rincian dalam waktu sehari. Jadi, untuk mendapatkan nominal per bulan, kamu perlu mengalikannya sebanyak 30 kali.

3. Perhitungan Laba

Dari rincian modal awal dan biaya operasional di atas, kira-kira berapa perkiraan perhitungan laba bisnis warmindo kekinian? Berikut adalah perhitungannya dalam satu hari.

Menu Harga Jual Seporsi Harga Jual untuk Beberapa Porsi
Indomie dengan telur Rp 10.000,- Rp 100.000,- (10 porsi)
Indomie dengan telur dan kornet Rp 13.000,- Rp 260.000,- (20 porsi)
Indomie dengan telur, kornet, dan keju Rp 15.000,- Rp 150.000,- (10 porsi)
Telur omelette (2 telur) Rp 15.000,- Rp 300.000,- (20 porsi)
Telur dadar (1 telur) Rp 5.000,- Rp 100.000,- (20 porsi)
Kopi Rp 5.000,- Rp 350.000,0 (70 gelas)
Omzet per hari Rp 1.260.000,-

Omzet per hari tersebut merupakan laba kotor. Jadi, besaran laba bersih yang bisa kamu dapat setiap harinya adalah Rp 1.260.000 – Rp 656.500 = Rp 603.500,-. Apabila kamu menghitung laba bersih per bulan, maka hasilnya adalah Rp 603.500 – x 30 = Rp 18.105.500,-.

Baca juga: Pengertian Laba Bersih, Contoh dan Cara Menghitungnya


Tips Sukses Bisnis Warmindo Kekinian

Setelah menyimak penjelasan tentang rincian modal awal, biaya operasional, dan perhitungan laba, kamu pasti merasa semakin tertarik untuk membuka bisnis warmindo kekinian. Nah, berikut ini adalah beberapa tips sukses membuka bisnis warmindo yang bisa kamu coba aplikasikan.

1. Menentukan Lokasi

Tips pertama yang wajib kamu lakukan sebelum membuka bisnis warmindo kekinian adalah menentukan lokasi. Kamu bisa memanfaatkan area kosong di depan rumah atau menyewa ruko khusus. Selain menentukan letak lokasi, kamu juga perlu mempertimbangkan modal yang dimiliki.

Jika modal terbatas, maka kamu bisa mulai membuka bisnis warmindo di rumah saja. Begitupun sebaliknya. Hal ini karena dengan mencari lokasi lain, berarti kamu juga harus siap mengeluarkan modal lebih untuk berinvestasi.

2. Menyiapkan Peralatan dan Perlengkapan

Setelah mendapatkan lokasi yang cocok, selanjutnya kamu perlu menyiapkan segala peralatan dan perlengkapan untuk bisnis warmindo ini. Lalu kamu bisa membeli bahan baku di pemasok agar mendapatkan harga miring. Jika kamu berencana menyediakan menu tambahan, maka siapkan modal lebih.

3. Menyiapkan Modal

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, modal membuka bisnis warmindo kekinian sebenarnya tidak terlalu besar. Akan tetapi, kamu tetap harus menyiapkan modal awal dengan baik agar nantinya tidak mengalami kekurangan modal.

Kamu bisa menggunakan rincian modal seperti penjelasan di atas dengan tetap menyesuaikan kondisi di daerah masing-masing. Dengan begitu, maka kamu akan mendapatkan angka yang pas sebagai modal awal membuka bisnis ini.

4. Melakukan Promosi

Promosi menjadi tips penting jika kamu ingin meraih kesuksesan saat merintis bisnis warmindo. Promosi bisa dilakukan dengan berbagai macam cara, seperti menggunakan spanduk, promosi dari mulut ke mulut, bekerja sama dengan influencer, hingga memanfaatkan media sosial.

Baca juga: Lakukan 7 Hal Ini untuk Menjadi Pengusaha Sukses

Kamu juga bisa memberikan diskon pada hari atau acar khusus sehingga akan ada banyak pengunjung yang tertarik untuk datang ke warmindo kekinian milikmu.

Itulah penjelasan lengkap tentang warung makan Indomie, mulai dari modal yang dibutuhkan hingga tips sukses untuk membuka bisnis warmindo kekinian. Jadi, apakah kamu semakin tertarik untuk menjadi pebisnis warmindo?


Temukan berbagai ide bisnis dan tips bisnis menarik lainnya untuk meningkat perkembang bisnis dan usaha kamu.

Kalkulator Simulasi Pinjaman
Ketahui maksimum pinjaman dan cicilan per bulan
+62
Estimasi jumlah maksimum pinjaman

Rp

Estimasi cicilan bulanan
  • Tenor 6 bulan: Rp
  • Tenor 12 bulan: Rp
  • Tenor 24 bulan: Rp

Install aplikasi KoinWorks dan mulai ajukan pinjaman di KoinBisnis!

Ajukan Pinjaman Sekarang

Cek SKOR Kredit

Klik Gambar Dibawah!

Artikel Terpopuler

usaha bengkel mobil

Tertarik Usaha Bengkel Mobil? Ini Estimasi Modal dan Tips Suksesnya

Indonesia merupakan salah satu negara yang dikenal dengan tingginya jumlah pengguna mobil. Hal ini pun terlihat dari padatnya ruas jalan di kota-kota besar—yang dipenuhi oleh...
bisnis sambal kemasan

Alasan Untuk Segera Memulai Bisnis Sambal Kemasan

Alasan Untuk Segera Memulai Bisnis Sambal Kemasan - Sambal masih menjadi primadona yang identik dengan kebanyakan santapan khas Indonesia. Rasanya yang pedas dan lezat menambah...
cara memilih supplier usaha kuliner

7 Tips Mencari Supplier yang Tepat Untuk Usaha Kuliner Kamu

Peluang usaha kuliner semakin bersinar di tahun 2021. Meski di tengah pandemi corona, usaha kuliner tidak terlalu terkena dampak ekonomi yang menurun. Sebaliknya, justru semakin banyak keuntungan bisnis yang...
usaha-barbershop

Tips Sukses Memulai Usaha Barbershop

Tips Sukses Memulai Usaha Barbershop - Ingin memulai bisnis barbershop namun bingung mulai dari mana? Usaha barbershop (pangkas rambut) memang berkembang cukup pesat terutama...
foundation untuk kulit kering

5 Rekomendasi Foundation Lokal Untuk Kulit Kering

5 Rekomendasi Foundation Lokal Untuk Kulit Kering - Bicara soal foundation untuk kulit kering, brand lokal sudah bisa menjadi rekomendasi. Terlebih gaya dewy look yang...

Artikel Terkait