Peluang Usaha Bisnis Voucher Game untuk Pemula

Game menjadi sarana hiburan yang paling populer saat ini. Biasanya, terdapat beberapa penawaran dalam sebuah game yang bisa kamu dapatkan dengan menggunakan voucher game. Hal ini menunjukkan adanya peluang bisnis voucher game yang sangat menarik di dalam dunia hiburan ini. 

Untuk melihat lebih jauh seperti apa peluang dari usaha voucher game ini, mari simak pembahasannya berikut ini! 

Peluang Usaha Voucher Game

Seperti yang sudah kamu ketahui, game menjadi hal yang sangat populer belakangan ini. Permainan game bisa menjadi hiburan baik untuk masyarakat yang sudah dewasa maupun untuk anak-anak. Hal ini karena jenis game yang sangat bervariasi sehingga bisa dimainkan di segala usia. 

Dari fakta tersebut, kamu dapat mengetahui bahwa orang yang menikmati game ini jumlahnya tidaklah sedikit. Kemudian dengan mengetahui bahwa ada beberapa game yang juga menerapkan sistem pembayaran menggunakan voucher game, kamu bisa mengambil sebuah peluang bisnis dalam kasus yang satu ini. 

Ketika seseorang ingin bertransaksi di dalam game, orang tersebut membutuhkan sebuah voucher game. Voucher game tersebut nantinya akan mereka gunakan untuk menukarkan sebuah item atau fitur berbayar. Lalu bagaimana caranya mereka bisa mendapatkan voucher tersebut? 

Nah, di sinilah kamu akan berperan sebagai orang yang menyediakan voucher game tersebut. Meskipun kamu perlu mengeluarkan modal awal terlebih dahulu, kamu tidak perlu meragukan peluang dari bisnis voucher game ini. 

Karena pengguna game yang sangat banyak, tentunya kebutuhan akan voucher game juga akan sangat besar. Hal tersebut tentu  akan membuat kamu semakin yakin untuk memulai bisnis yang sangat menguntungkan ini. 

Kamu tidak perlu kesulitan dalam mencari pelanggan. Mereka akan mendatangi atau menghubungimu setelah mengetahui bahwa kamu menyediakan dan menjual voucher game. 

Selain itu, bisnis yang satu ini juga bukan merupakan bisnis musiman yang hanya laris di waktu tertentu saja. Setiap orang akan memainkan game yang mereka sukai di setiap waktu. Sehingga mereka akan tetap membutuhkan voucher game untuk bisa mendapatkan fitur atau item yang mereka inginkan. 

Perlu kamu ketahui bahwa kamu juga perlu mengeluarkan modal untuk menyediakan voucher game ini. Seberapa besar modal yang kamu butuhkan? Berikut pembahasannya!


Modal Bisnis Voucher Game

Setelah tertarik dengan peluang yang ada, kamu pasti penasaran dengan modal awal untuk menjalankan bisnis voucher game ini. 

Nah, untuk modalnya sendiri, sebenarnya tidak ada batasan minimal modal yang harus kamu keluarkan. Sesuaikan saja dengan permintaan pasar. Apabila di daerah tempat kamu tinggal, biasanya terdapat banyak pemain game, kamu bisa mengisi saldo dengan jumlah yang cukup besar. Kira-kira sekitar 500 ribu sudah cukup. 

Namun, apabila permintaan pasar masih sedikit, kamu bisa mengisi saldo sekitar 100 ribu atau 200 ribu saja. Biasanya, ini berlaku saat kamu masih merintis sebuah bisnis. Orang-orang masih belum mengenal bisnis milik kamu sehingga mereka tidak membeli voucher game  di tempatmu. 

Selain itu, kamu juga bisa menjalankan bisnis voucher game ini dengan modal dari pembeli. Sebagai contoh, misalnya pembeli ingin membeli voucher game sebesar 100 ribu. Nah, kamu bisa meminta mereka untuk melakukan transfer terlebih dahulu ke rekening maupun e-wallet mu sebesar 100 ribu itu. 

Setelah dana tersebut sudah masuk, kamu bisa menggunakan dana itu untuk melakukan pembelian di agen voucher game. Namun, cara yang satu ini tidak bisa berjalan apabila kamu memberlakukan sistem bon. Orang-orang tidak bisa berhutang kepadamu karena mereka harus membayar di waktu itu juga.


Perkiraan Keuntungan Bisnis Voucher Game

Tujuan utama dari menjalankan suatu bisnis adalah untuk mencari keuntungan. Hal ini juga berlaku dalam bisnis voucher game ini. Pastinya kamu ingin mendapatkan keuntungan dari bisnis yang kamu jalankan itu. 

Dalam hal ini, usaha voucher game ini mampu menghasilkan keuntungan yang cukup besar. Kamu bisa melihatnya dari jumlah pemain game yang dari waktu ke waktu selalu mengalami peningkatan. Sekarang silahkan kamu lihat contoh kasus berikut ini. 

Anggap saja di daerah tempat tinggal kamu terdapat 30 orang bermain game. Karena tuntutan untuk memenuhi kebutuhan akan voucher game, mereka akan datang ke tempatmu. Tentunya mereka mengunjungi tempatmu karena ingin membeli voucher game. 

Kemudian dalam satu bulan, rata-rata setiap orang akan membeli 5 voucher game. Nah, dari sini, maka kamu dapat mengetahui bahwa setiap bulan, akan ada kurang lebih 150 voucher game terjual kepada 30 orang pemain game itu. 

Apabila kamu mengambil keuntungan sebesar 3 ribu untuk setiap transaksi, maka kamu akan mendapatkan keuntungan sebesar 450 ribu setiap bulannya. Keuntungan itu sudah merupakan keuntungan bersih dan bisa kamu gunakan untuk berbagai macam keperluan.


Tips Sukses Usaha Voucher Game

Nah, bisnis voucher game ini, tentunya tidak bisa kamu jalankan dengan asal-asalan saja. Untuk bisa menjadi sebuah bisnis yang sukses, kamu perlu memperhatikan beberapa tips. Di antaranya adalah sebagai berikut :

1. Memilih Agen Voucher Game Terbaik

Tips agar bisnis voucher game ini bisa berjalan dengan sukses yang pertama adalah terkait pemilihan agen. Agen merupakan pihak yang akan menjadi supplier voucher game yang akan kamu jual nantinya. Terdapat dua aspek penting yang harus kamu perhatikan saat memilih agen. 

Aspek yang pertama adalah harga yang ditawarkan. Semakin rendah harga dari agen, maka akan semakin baik kualitas agen tersebut. Hal ini karena agen dengan harga yang rendah, memungkinkan kamu untuk menjual voucher game dengan harga yang lebih rendah dari penjual voucher lainnya. 

Dengan harga jual yang rendah, kamu akan memiliki keunggulan tersendiri dibanding dengan bisnis lainnya. 

Kemudian aspek yang kedua adalah terkait pelayanan dari agen. Semakin cepat proses order, maka akan semakin baik kinerja dari agen tersebut. Hal ini juga akan mempengaruhi kepuasan pelanggan mu nantinya. Semakin cepat voucher game mereka dapatkan, maka mereka juga akan semakin puas dengan bisnis mu itu. 

2. Menentukan Harga Jual yang Tepat

Selain agen, harga jual juga menjadi hal penting yang harus kamu perhatikan. Di dalam bisnis voucher game, kamu tidak boleh mengambil keuntungan terlalu besar. Namun, kamu juga tidak boleh mengambil keuntungan terlalu sedikit. 

Nah, patokannya adalah harga yang ditawarkan oleh agen. Ambil saja selisih sekitar 2 ribu hingga 3 ribu dari harga agen. Selisih sebesar itu merupakan jumlah yang wajar di kalangan penjual voucher game. 

Sebagai contoh, misalnya agen menawarkan voucher game 50 ribu dengan harga 51 ribu. Nah, kamu bisa menjual voucher tersebut kepada pelanggan dengan harga sekitar 53 ribu hingga 54 ribu. 

Dengan selisih harga itu, pelanggan akan menganggap bahwa selisih tersebut merupakan hal yang wajar sebagai keuntungan yang akan kamu dapatkan. 

3. Melakukan Promosi

Sebuah bisnis memerlukan adanya pelanggan untuk bisa berjalan. Kedatangan pelanggan tidak akan pernah terjadi apabila mereka tidak mengenal bisnis yang kamu jalankan. Untuk itu, kamu perlu melakukan kegiatan promosi agar bisnis voucher game ini bisa kamu jalankan dengan sukses. 

Kegiatan promosi ini bisa kamu lakukan dengan berbagai cara. Salah satunya dengan memanfaatkan media sosial. Kamu bisa mengunggah postingan yang menarik pada akun media sosial dari bisnis mu ini. Kemudian kamu bisa membagikannya melalui akun pribadi mu agar teman-temanmu mengetahuinya. 

Jika tindakan tersebut kurang bidan mendatangkan banyak pelanggan, kamu bisa menggunakan fitur berbayar. Meskipun harus mengeluarkan uang, tapi jangkauan promosi bisa sangat luas. Dengan begitu, tentunya kegiatan promosi yang kamu lakukan akan memberikan keuntungan yang sangat besar. 

4. Menyediakan Berbagai Jenis Voucher Game

Terdapat banyak sekali game yang memberlakukan sistem voucher game ini. Contohnya seperti Mobile Legends, PUBG, Free Fire, dan lain sebagainya. Melihat hal itu, tentunya semakin lengkap voucher game yang kamu sediakan, maka akan semakin baik juga bisnis yang kamu jalankan.

Selain pelayanan yang semakin bagus, pertumbuhan bisnis juga akan semakin cepat. Jangkauan pelanggan akan menjadi semakin luas saat kamu menyediakan berbagai jenis voucher game ini. Untuk lebih memahaminya, simak perumpamaan berikut ini. 

Misalnya kamu hanya menyediakan voucher game PUBG. Maka, hanya pemain game PUBG lah yang akan menjadi pelanggan mu. Selain jangkauan pelanggan yang kecil, keuntungan yang kamu dapatkan juga akan sangat sedikit. 

Berbeda halnya saat kamu juga menyediakan voucher game lain seperti Mobile Legends dan Free Fire. Tidak hanya pemain PUBG saja yang akan menjadi pelanggan mu. Namun, pemain dari game lain juga akan pergi untuk membeli voucher game di tempatmu. 

Selain mendapat keuntungan yang lebih banyak, bisnis mu juga akan terlihat semakin bertumbuh. Melihat hal ini, orang-orang akan semakin percaya pada bisnis mu dan menjadi pelanggan setia dari bisnis voucher game yang kamu jalankan. 

5. Mencatat Transaksi yang Terjadi

Tips terakhir yang tidak kalah penting adalah mencatat setiap transaksi yang terjadi. Seperti yang sudah kamu ketahui, bisnis voucher game mengandalkan banyaknya transaksi untuk bisa mendapatkan keuntungan yang besar. 

Hal ini karena keuntungan yang besar itu, bisa kamu dapatkan dari setiap transaksi yang hanya memberikan keuntungan sebesar 2 ribu hingga 3 ribu saja. Apabila kamu tidak mencatatnya, maka keuntungan sebesar itu akan terasa sangatlah kecil. 

Berbeda halnya jika kamu mencatat setiap transaksi yang terjadi. Kamu bisa mengetahui seberapa banyak keuntungan yang berhasil kamu dapatkan. Biasanya, keuntungan akan terlihat besar di setiap bulannya. Jadi, catatlah transaksi dalam periode waktu bulanan untuk mengetahui keuntungan mu di bulan itu. 

Selain itu, pencatatan ini juga mampu menjadi bahan evaluasi. Sehingga kamu bisa melakukan evaluasi setiap bulannya. Dengan begitu, bisnis yang kamu jalankan juga akan semakin membaik dari waktu ke waktu. 

Siap Menjalankan Bisnis Voucher Game? 

Melihat peluangnya yang sangat besar, tentunya kamu sudah tidak sabar untuk segera memulai bisnis yang satu ini. Dengan begitu, kamu bisa menikmati berbagai keuntungan yang bisa kamu dapatkan dari peluang bisnis yang satu ini. 

Untuk itu, buang rasa ragu di dalam hatimu dan segeralah memulai usaha voucher game milikmu sekarang juga! Jangan sampai ketinggalan dengan kompetitor lain!


Belum memutuskan mau usaha apa? Kamu bisa temukan inspirasi dan tips bisnis lainnya melalui situs #LokalSupportLokal, wadah berbagi dukungan untuk para pebisnis pemula.

Baca juga: 

Mimpinya kembangkan bisnis di pasar global
Kenyataannya masih kurang modal


Eits .. Jangan sedih!
KoinBisnis bisa kasih kamu pinjaman modal sampai dengan Rp. 2 Miliar

Simulasikan pinjamanmu sekarang!
Kalkulator Simulasi Pinjaman
Ketahui maksimum pinjaman dan cicilan per bulan
+62
Estimasi jumlah maksimum pinjaman

Rp

Estimasi cicilan bulanan
  • Tenor 6 bulan: Rp
  • Tenor 12 bulan: Rp
  • Tenor 24 bulan: Rp

Install aplikasi KoinWorks dan mulai ajukan pinjaman di KoinBisnis!

Ajukan Pinjaman Sekarang

Cek SKOR Kredit

Klik Gambar Dibawah!

Artikel Terpopuler

usaha-barbershop

Tips Sukses Memulai Usaha Barbershop

Tips Sukses Memulai Usaha Barbershop - Ingin memulai bisnis barbershop namun bingung mulai dari mana? Usaha barbershop (pangkas rambut) memang berkembang cukup pesat terutama...
Simply Fresh Laundry

Simple, Ini Cara Raih Untung dengan Bisnis Waralaba Simply Fresh Laundry!

Bagi kamu yang pernah tinggal di kawasan pemukiman dan daerah kampus di Yogyakarta, pasti sudah tidak asing dengan brand Simply Fresh Laundry. Berawal dari usaha...
usaha bengkel mobil

Tertarik Usaha Bengkel Mobil? Ini Estimasi Modal dan Tips Suksesnya

Indonesia merupakan salah satu negara yang dikenal dengan tingginya jumlah pengguna mobil. Hal ini pun terlihat dari padatnya ruas jalan di kota-kota besar—yang dipenuhi oleh...
cara memilih supplier usaha kuliner

7 Tips Mencari Supplier yang Tepat Untuk Usaha Kuliner Kamu

Peluang usaha kuliner semakin bersinar di tahun 2021. Meski di tengah pandemi corona, usaha kuliner tidak terlalu terkena dampak ekonomi yang menurun. Sebaliknya, justru semakin banyak keuntungan bisnis yang...
bisnis sambal kemasan

Alasan Untuk Segera Memulai Bisnis Sambal Kemasan

Alasan Untuk Segera Memulai Bisnis Sambal Kemasan - Sambal masih menjadi primadona yang identik dengan kebanyakan santapan khas Indonesia. Rasanya yang pedas dan lezat menambah...

Artikel Terkait